Sering mengalami kedutan mata kanan atas? Simak penjelasannya menurut primbon Jawa dan secara medis di bawah ini!

Kedutan mata kanan atas merupakan salah satu fenomena yang dialami oleh tubuh kita. Bukan hanya bagian mata kanan atas saja, namun juga bagian tubuh lain seringkali mengalami kedutan. Hanya saja, ketika terjadi kedutan di bagian mata sebelah kanan, kita akan lebih menyadarinya.

Terdapat beberapa penjelasan terkait kedutan mata kanan atas yang kita alami. Umumnya mengandung arti dan makna, terutama jika dikaitkan dengan mitos dan penjelasan berdasarkan primbon Jawa. Namun jika diliat secara medis, kedutan juga merupakan fenomena yang dapat dijelaskan. Mari kita simak terlebih dahulu arti dan makna berdasarkan primbon Jawa di bawah ini.

Baca Juga: 6 Mitos Arti Telinga Berdenging Sebelah Kiri, Benarkah?

-->

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Berdasarkan Primbon Jawa

1. Memperoleh keberuntungan

Kedutan mata kanan atas memperoleh keberuntungan
kumparan.com

Sebagian besar masyarakat yang mempercayai primbon Jawa beranggapan ketika kita mengalami kedutan mata kanan atas, hal tersebut berarti kita akan memperoleh keberuntungan dalam waktu dekat. Keberuntungan yang dimaksud bisa dalam hal bisnis yang sedang dijalankan atau juga pekerjaan yang sedang dilakukan.

Terdapat juga makna kedutan mata kanan atas saat hamil, hal ini biasanya diartikan bahwa ibu hamil akan mendapatkan kemudahan dan menghasilkan anak yang berbakti. Namun, persoalan keberuntungan memang tidak bisa kita kira dan prediksi. Kadangkala, keberuntungan sifatnya kejutan. Kembali kepada kepercayaan Sedulur untuk mempercayai hal ini, karena setiap hari pun sebenarnya kita selalu mendapatkan keberuntungan.

2. Mengalami kesedihan

Kedutan mata kanan atas mengalami kesedihan
dream.co.id

Arti kedutan mata kanan atas menurut primbon yang kedua, seringkali di artikan dengan hal yang menyedihkan. Berdasarkan kepercayaan Jawa, kedutan yang dialami akan berujung pada kesedihan yang dialami, hal tersebut karena berikaitan dengan air mata yang akan dikeluarkan.

Penafsiran ini erat kaitannya dengan kondiri arti kedutan mata kanan atas pada wanita. Meskipun kebenarannya sangat sulit dijelaskan secara logis. Juga jika dipikirkan lebih dalam lagi, dalam setiap hidup yang kita jalani, kita akan bertemu dengan banyak kemungkinan. Termasuk kemungkinan terjadinya kesedihan yang tidak bisa diprediksi.

3. Mendapatkan kebahagiaan

Kedutan mata kanan atas mendapatkan Kebahagiaan
liputan6.com

Penafsiran lain mengatakan bahwa kedutan mata kanan atas juga bisa diartikan sebagai kebahagiaan yang kita hadapi. Secara logis, penjelasan ini sama dengan poin sebelumnya. Kita bisa mendapatkan perasaan apapun dalam setiap kegiatan yang kita hadapi sehari-hari, termasuk perasaan bahagia.

Tapi dalam primbon Jawa, kedutan mata yang dialami, terutama disebelah kanan, merujuk pada hal bahagia yang akan kita hadapi. Tapi sebelum sampai pada hal bahagia yang dimaksud, kita akan mengalami kesedihan dan kesusahaan terlebih dahulu. Hal ini juga sebenarnya dapat dijelaskan secara logis.

Pola kehidupan manusia sudah lumrah naik dan turun. Saat sedang bahagia kita merasa sedang dalam keadaan naik, ketika sedih berada di posisi bawah. Hidup ibarat sebuah roda, kadang naik dan turut. Sudah lumrah, jika sebuah kesulitan dan kesedihan kita hadapi, kita akan bisa mendapatkan kebahagiaan. Begitu juga sebaliknya, setelah kebahagiaan berlalu, kita akan mengalami kesedihan dan permasalahan yang mungkin tidak bisa kita kira.

4. Disembuhkan dari penyakit

4. Disembuhkan dari penyakit
hellosehat.com

Pemaknaan lain dalam arti kedutan mata kanan atas menurut jam, juga sering dimaknai sebagai pertanda kita akan segera sembuh dari penyakit yang kita derita. Kondisi ini akan dipercayai oleh sebagian besar masyarakat, terutama ketika sedang menderita sakit. Hal ini juga ada baiknya jika dipandang dalam sudut pandang psikologi.

Bisa merangsang dan memberi sugesti untuk segera sembuh. Karena saat proses penyembuhan, sugesti untuk sembuh merupakan hal yang penting. Kondisi ini tidak sepenuhnya salah, meskipun secara logis sulit dijelaskan. Namun untuk kepentingan penyembuhan, hal ini dapat membantu proses penyembuhan.

5. Bertemu dengan seseorang

5. Bertemu Seseorang
howieandbelle.com

Selanjutnya, menurut primbon Jawa, bagi Sedulur yang mengalami kedutan kelopak mata kanan atas, terutapa bagian ekor mata kanan bawah, pertanda akan segera dipertemukan dengan seseorang yang akan berjasa pada kehidupan kita. Bagi yang belum menikah dan jomblo, kedutan bisa diartikan akan segera dipertemukan dengan jodoh yang dinantikan.

Namun bagi yang telah berumahtangga, kedutan bisa diartikan bertemu dengan seseorang yang akan menyelamatkan atau membantu kita keluar dari permasalahan hidup. Intinya, bertemu dengan seseorang yang mungkin akan sangat berjasa dengan kehidupan kita.

Alih-alih primbon, perihal makna kedutan mata yang berarti akan bertemu dengan seseorang ini, bisa dijelaskan secara logis. Dalam kehidupan sehari-hari, sangat besar kemungkinan kita bertemu dengan orang banyak. Di antara orang banyak tersebut, sangat mungkin ada di antaranya sebagai orang yang akan berjasa pada kehidupan kita.

Baca Juga: 11 Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik atau Buruk?

Arti kedutan mata kanan atas secara medis

Arti Kedutan Mata Kanan Atas Secara Medis
tribunnews.com

Berbeda dengan kepercayaan secara primbon, mata kedutan sebelah kanan atas dilihat sebagai sebuah gejala medis yang terjadi akibat beberapa sebab dan merupakan hal yang wajar belaka. Dokter dan para ahli medis menyimpulkan, bahwa ketika mata kanan atas kedutan, terdapat beberapa penyebab, diantaranya:

  • Stress dan kurang tidur.
  • Pola makan yang buruk atau kurangnya magnesium dalam tubuh.
  • Mata kering, terjadi di usia senja (di atas 50 tahun).
  • Mengalami alergi pada bagian mata.
  • Mata tegang karena terlalu lelah.

Para ahli medis menyampaikan bahwa fenomena kedutan mata kanan atas disebut dengan istilah myokymia. Semoga fenomena ketika mata mengalami kejang otot di bagian kelopak mata, yang selalu berulang dan di luar kontrol kesadaran. Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini, karena merupakan gejala umum dan tidak perlu di atasi.

Kedutan mata kanan atas tidak terasa sakit dan tidak menimbulkan bahaya, juga akan menghilang dengan sendirinya tanpa harus diobati. Kedutan pada bagian mata kanan atas juga bukan merupakan penyakit neurologis, yang perlu pengobatan atau penanganan secara khusus. Berikut ini secara medis ada beberapa jenis kedutan yang bisa dijelaskan:

1. Kedutan minor

Jenis pertama adalah kedutan minor. Jika Sedulur mengalami kedutan ini, Sedulur akan mengalami sedikit rasa nyeri, namun tidak berbahaya. Kedutan ini bisa dialami karena gaya hidup, seperti kelelahan, kurang istirahan, stress, dan kebiasaan mengkonsumsi alkohol, merokok dan kafein secara berlebih. Selain itu, kedutan minor biasa terjadi akibat iritasi pada kornea atau konjungtiva (lapisan kelopak mata).

2. Blefarospasme Esensial jinak

Kedutan jenis ini biasa terjadi akibat konsumsi alkohol dan kafein secara berlebihan dan lepas kendali. Selain itu, seringkali terpapar cahaya yang terang, kurang tidur, dan iritasi mata akibat polisi juga menjadi penyebab utama. Namun umumnya, kedutan jenis ini dipicu oleh stress yang terjadi tanpa disadari. Biasanya, kedutan ini dialami oleh orang dewasa dan lanjut usia. Dan biasanya dialami oleh wanita. Faktor keturunan juga turut mempengaruhi terjadinya kedutan jenis ini.

3. Hemificial Spasm

Hemificial spasm atau dalam bahasa sederhana kita mengenalnya dengan kejang salah satu sisi wajah. Kondisi ini jarang terjadi, terutama yang menyebabkan kedutan hingga pada mata. Namun, jarang terjadi bukan berarti tidak mungkin. Kedutan jenis ini terjadi akibat tekanan arteri pada saraf yang melibatkan bagian otot wajah. Selain berdampak terjadinya kedutan pada mata, akibat gejala ini juga akan terjadi pada kedutan di bagian mulut.

Tips mengatasi kedutan mata kanan atas

Terdapat beberapa cara yang bisa Sedulur lakukan untuk meredakan kedutan yang sekiranya membuat Sedulur terganggu karena aktivitasnya yang berlebihan. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya:

  • Kompres mata, atau bagian yang sering mengalami kedutan selama 10 menit. Gunakan air hangat dan kompres salam 10 menit.
  • Kurangi konsumsi alkohol dan kafein. Hindari juga mengkonsumsi minuman berenergi dan obat penghilang rasa sakit. Hal tersebut dapat menyebabkan saraf dan otot mengalami kejang-kejang. Sebagai pengganti, Sedulur bisa mengkonsumi air tonik atau air kelapa, sebagai minuman berenergi.
  • Jangan menjadikan kebiasaan tidur telat. Jika ingin kedutan Sedulur hilang, Sedulur bisa tidur lebih awal dan teratur bangun pagi. Jika bisa tidur lebih awal 30 menit hingga satu jam. Karena begadang dapat memberatkan kerja kelopak mata dan membuat mata menjadi kejang-kejang.
  • Sedulur bisa melakukan sauna wajah. Sauna wajah dapat bertujuan untuk menenangkan dan menghidrasi wajah. Sedulur bisa menggunakan uap air panas atau juga menggunakan uap nasi ketika menanak nasi. Sauna wajah ini bertujuan untuk membuka pori-pori dan melancarkan peredaran darah dalam wajah. Sedulur juga bisa menambahkan minyak esensial, untuk mendapatkan aroma yang menyegarkan wajah.

Semoga penjelasan terkait kedutan mata kanan, baik secara medis dan berdasarkan primbon Jawa, bisa menjawab rasa penasaran Sedulur terkait kondisi kedutan yang di alami. Sedulur bisa mempercayainya ataupun berpijak pada penjelasan secara medis, semuanya dikembalikan kepada kebijaksanaan Sedulur. Terpenting, Sedulur harus terus memerhatikan kesehatan dan jika kedutan terasa mengganggu, segera periksakan ke dokter.