innalilahi wa innalilahi rojiun

Bagi sebagian besar orang, arti innalilahi wa innalilahi rojiun pasti dikaitkan dengan ungkapan bela sungkawa. Biasanya, kalimat ini akan diucapkan menjadi ini telah berpulang ke rahmatullah diikuti nama orang yang meninggal menggunakan pengeras suara pada masjid. Bagi yang mendengarnya, mereka juga akan menjawab dengan ucapan innalillahi wa innalillahi rojiun semoga husnul khotimah.

Namun, ternyata mengucapkan innalilahi wa innalilahi rojiun arab juga memiliki keutamaan selain digunakan sebagai ucapan belasungkawa saja. Ingin tahu apa arti beserta keutamaan jika membacanya? Simak artikel berikut ini, ya!

BACA JUGA:8 Bacaan Doa Agar Hati Tenang dari Gelisah & Gundah Gulana

Innalillahi wa innailaihi rojiun artinya

innalilahi wa innalilahi rojiun arab
iStock

Innalillahi wa innailaihi rojiun merupakan potongan dari ayat Al Quran pada surah Al-Baqarah Ayat 156. Arti ucapan ini adalah bahwa setiap makhluk adalah milik Allah SWT. Pengucapan kalimat ini ternyata tidak hanya dilakukan saat ada kabar seseorang meninggal, namun secara keseluruhan digunakan ketika seseorang tertimpa musibah. 

Jika seorang muslim ditimpa musibah dan ia bersabar serta mengucapkan kalimat innalillahi wa inna ilaihi raji’un, maka Allah SWT akan memberikannya pahala. Ucapan Innalillahi wa inna ilaihi rojiun juga dapat dijadikan sebagai pengingat bahwa manusia diciptakan oleh Allah SWT dan setiap manusia pasti akan kembali kepada-Nya. Ini juga menunjukkan bahwa segala macam cobaan yang menimpa seorang hamba adalah atas kehendak Allah SWT.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, innalilahi wa innalilahi rojiun turut berduka cita berasal dari potongan ayat Al Qur’an pada surah Al-Baqarah ayat 156, yaitu:

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ

Artinya:

(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali).

Sehingga jika diambil pada kalimat اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ, artinya akan menjadi “sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali.

Bacaan doa untuk orang meninggal dunia

innalilahi wa innalilahi rojiun allahummaghfirlahu
iStock

Karena sering digunakan sebagai ungkapan belasungkawa, maka Sedulur juga perlu mengetahui bacaan doa yang lain ketika mendengar kabar duka saat ada seseorang yang meninggal dunia. Berikut adalah bacaan doa saat mendengar kabar duka.

Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, wa inna ila rabbina lamunqalibun, allahummak tubhu ‘indaka fil muhsinin, waj’al kitabahu fi ‘illiyyiin, wakhlu fhu fi ahlihi fil ghabirin, wa la tahrimnaa ajrahu wala taftinna ba’dahu.

Artinya:

Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada Tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisiMu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang meninggalkan. Janganlah Engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat, Arab Latin & Artinya

Bacaan doa untuk orang meninggal dunia laki-laki

Bacaan doa untuk orang meninggal dunia laki-laki
iStock

Selain mengucapkan kalimat innalilahi wa innalilahi rojiun allahummaghfirlahu, Sedulur juga dapat membacakan doa yang lebih lengkap untuk orang yang meninggal dunia laki-laki. Berikut adalah bacaannya.

Allaahummaghfir lahu warham hu wa’aafi hii wa’fu anhu wa akrim nuzula hu wa wassi’ madkhola hu waghsil hu bilmaai wats-tsalji walbarodi wanaqqi hi minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minaddanasi wa abdil hu daaron khoiron min daari hi wa ahlan khoiron min ahli hi wazaujan khoiron min zaoji hi wa adkhil hul jannata wa ‘aidz hu min ‘adzaabil qobri wa fitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta istri yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.”

Bacaan doa untuk orang meninggal dunia perempuan

untuk orang perempuan
iStock

Sementara itu, berikut adalah bacaan doa untuk orang meninggal dunia perempuan.

Allaahummaghfir laha warham ha wa’aafi ha wa’fu anha wa akrim nuzula ha wa wassi’ madkhola ha waghsil ha bil maa-i wats-tsalji wal barodi wa naqqi ha minal khothooyaa kamaa yunaqqots tsaubul abyadlu minad danasi wa abdil ha daaron khoiron min daari ha wa ahlan khoiron min ahli ha wazaujan khoiron min zaoji ha wa adkhil hal jannata wa ‘aidz ha min ‘adzaabil qobri wafitnati hi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:

Yaa Allah, ampunilah, rahmatilah, bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah dia. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk, dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran, dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkan, serta suami yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia ke dalam surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnah nya, dan dari siksa api neraka.

BACA JUGA: Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi & Keluar, Beserta Artinya

Innalilahi wa innalilahi rojiun juga dikenal sebagai kalimat istirja. Apabila seorang muslim membacanya ketika tertimpa musibah, maka ia akan mendapatkan beberapa keutamaan sebagai berikut. 

1. Beban di hati menjadi ringan

keutamaan
iStock

Saat mendengar adanya kabar duka dari orang yang kita cintai, tentu kita akan merasa beban kesedihan yang begitu mendalam. Bahkan, sebagian orang bisa menjadi stress dan depresi ketika kehilangan orang yang dicintainya. Mereka sangat meratapi kejadian hingga menjadi lupa diri dan beban dalam hati semakin berat karena dipikirkan terus menerus.

Kalimat Inna Lillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun dapat menjadi solusi untuk membuat hati menjadi ringan. Kalimat ini akan mendinginkan hati sehingga beban berat akan terangkat karena sudah berpasrah kepada Allah. Rasa sedih dan apapun yang berkecamuk dalam diri juga akan perlahan menghilang seiring berjalannya waktu.

Kalimat Istirja memberikan makna bahwa tidak semua keinginan manusia di dunia dapat terpenuhi. Adanya musibah yang datang kadang juga merupakan bentuk rasa sayang Allah SWT dan bisa saja menjadi pertanda bahwa sesungguhnya Allah SWT sedang mempersiapkan sesuatu yang lebih baik.

2. Menjadikan pribadi yang lebih ikhlas

manfaat
iStock

Menjadi pribadi yang ikhlas tentu tidak semudah yang diucapkan. Ikhlas merupakan perbuatan yang ringan diucapkan namun berat untuk dilakukan. Apalagi jika keikhlasan dihubungkan dengan kehilangan seseorang yang dicintai. 

Ketika seseorang ditinggalkan oleh orang yang dicintainya, pasti ia akan merasa dunia berhenti berputar dan seakan tidak percaya pada kenyataan yang terjadi. Namun, perlu diketahui dengan baik bahwa segala hal di dunia ini hanyalah titipan dari Allah SWT yang sewaktu-waktu dapat diambil.

Dengan mengucapkan kalimat istirja, maka kita akan belajar untuk menjadi ikhlas dan belajar melepas rasa sedih perlahan-lahan. Ucapan ini setidaknya akan membuat kita merasa kuat dan berserah sepenuhnya kepada takdir yang telah Allah SWT tentukan.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu yang Pendek, Yuk Amalkan!

3. Melatih diri agar lebih sabar

innalilahi wa innalilahi rojiun turut berduka cita
iStock

Selain menjadikan diri pribadi yang lebih sabar, kalimat istirja juga dapat melatih diri untuk lebih sabar. Hal ini karena rasa sabar dapat membantu kita melewati semua musibah yang ada dalam hidup. Dengan mengucap kalimat istirja juga, kita akan terhindar dari mengucapkan kalimat buruk yang lainnya.

Kalimat ini sangat tepat sekali diucapkan ketika seseorang sedang menghadapi musibah dalam hidupnya. Tidak memandang ringan ataupun berat, kalimat istirja pada dasarnya adalah bentuk penyerahan diri kepada Allah SWT. 

4. Membuat hati lebih tegar

hati lebih tegar
iStock

Mengucapkan kalimat istirja juga mampu membuat hati menjadi lebih tegar. Dengan memiliki sudut pandang yang luas mengenai cara menghadapi berbagai masalah kehidupan, seseorang akan menjadi lebih tegar dan kuat dari sebelumnya. Apalagi jika ia menerima bahwa semuanya terjadi atas takdir Allah SWT, maka ia akan semakin tangguh dan berhati baja.

Seseorang akan lebih kuat menghadapi permasalahan hidup dengan bersandar pada pertolongan Allah SWT. Ia akan lebih mudah mengucapkan doa-doa baik, dan semakin termotivasi untuk mencari solusi paling mungkin dengan tetap menjalankan ikhtiar yang dirahmati dan diridhoi oleh Allah SWT.

Sekian informasi mengenai arti innalilahi wa innalilahi rojiun beserta bacaan doa untuk orang yang sudah meninggal serta keutamaan membacanya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Sedulur semua dan membuat semakin bertambah keimanan kepada Allah SWT.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.