doa ziarah kubur singkat

Nyekar atau ziarah kubur menjadi sebuah hal yang lumrah di Indonesia. Biasanya, tradisi ini selalu dilaksanakan ketika mendekati Hari Raya Idul Fitri. Membaca doa ziarah kubur singkat adalah yang wajib dibaca ketika mengunjungi makam. Sebenarnya sah-sah saja kalau kamu tidak hafal, yang penting adalah dibaca dengan lengkap.

Tahukah kamu jika ziarah kubur bisa membantu mengingatkan kita sebagai umat manusia  dengan hari akhir? Hal tersebut sudah disabdakan oleh Rasullulah SAW di HR Muslim:

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ

Artinya: “Dulu aku melarangmu melakukan ziarah kubur. Sekarang, lakukanlah ziarah kubur, karena akan mengingatkan kalian terhadap akhirat.”

Hukum ziarah kubur sendiri adalah sunnah. Hal ini sudah ditegaskan oleh Rasullulah SAW dalam riwayat Ahmad, Malik, dan Nasa’i.

“Dan Aisyah pun berkata, ‘Rasulullah keluar pada suatu malam. Aku pun mengutus Barirah untuk mengikuti beliau agar memerhatikan ke mana beliau pergi. Ternyata beliau berjalan menuju Baqi’ Al-Garqad. Beliau berdiri dekat Baqi lalu mengangkat kedua tangannya lalu pergi. Keesokan harinya, aku bertanya kepada Nabi. Aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, ke mana engkau pergi tadi malam?” Beliau menjawab, ‘Aku diperintahkan menuju ke penghuni kuburan Baqi’ untuk mendoakan mereka.”

Selama nyekar, kamu bisa membaca doa ziarah kubur singkat untuk mengirimkan doa kepada yang sudah meninggalkan dunia. Lafalkan dan hafalkan, ya.

BACA JUGA: Tata Cara Tayamum: Syarat, Niat dan Doanya, Lengkap!

1. Membaca salam

salam
idntimes

Aktivitas ini merupakan doa ziarah kubur singkat umum yang perlu dilakukan saat baru tiba di depan makam. Berikut  ini adalah bacaannya”

السَّلامُ عَلَيْكُمْ دَارَ قَوْمٍ مُؤْمِنينَ وَأتاكُمْ ما تُوعَدُونَ غَداً مُؤَجَّلُونَ وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّهُ بِكُمْ لاحقُونَ

Assalamu’alaìkum dara qaumìn mu’mìnîn wa atakum ma tu’adun ghadan mu’ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun.

Artinya: Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami Insya Allah akan menyusul kalian.

BACA JUGA: Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi & Keluar, Beserta Artinya

2. Membaca istigfar

bacaan doa ziarah kubur singkat
kumparan

Tata cara ziarah kubur selanjutnya setelah membaca salam adalah mengucapkan membaca doa istigfar. Berikut ini adalah bacaan istigfar yang disunnahkan:

أَسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ اَلَّذِي لآ إِلَهَ إِلَّا هُوَ اْلحَيُّ اْلقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi

Artinya: Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.

BACA JUGA: 8 Doa Nabi Yusuf Agar Dicintai Wanita & Diberi Ketampanan

3. Membaca surat pendek

surat pendek
idntimes

Bacaan doa ziarah kubur singkat maka selanjutnya kamu membaca surat-surat pendek. Seperti, surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq dan membaca surat Al-Ikhlas.

Al-Fatihah juga disebut sebagai surat pembuka. Sebelum membaca doa yang lain, awali dengan membaca surat ini. Setelah itu baru dilanjutkan dengan surat pendek lainnya. Membaca surat pendek melakukan ziarah kubur bisa menjadikan sebuah pahala buat almarhum dan almarhumag yang ada di dalam kubur.

Membaca surat pendek ini sesuai dengan hadis Rasullulah SAW yang artinya adalah sebagai berikut:  

Dalam riwayat al-Marwazi dari Ahmad bin Hanbal, beliau pernah mengatakan bahwa: ‘Bila kalian masuk ke dalam taman makam (kuburan), maka bacalah Al-Fatihah, surat Ikhlas, dan al-Muawwidzatain (Al-Falaq dan An-Naas). Jadikanlah pahalanya untuk mayat-mayat kuburan tersebut, karena sungguh pahalanya sampai kepada mereka.'”

BACA JUGA: Mari Baca Doa-Doa Ini Ketika Mendengar Petir yang Menyambar

4. Membaca tahlil

doa ziarah kubur singkat umum
nujatimonline

Membaca kalimat tahlil merupakan rangkaian doa yang dibaca setelah surat pendek. Apabila membacakan doa tahlil, kamu bisa dikirimkan pahala sebagai sedekah atas nama orang yang sudah meninggal. Cara doa ziarah kubur ke makam orang tua ini juga berlaku ketika kamu berziarah ke makam orang lain untuk memberikan doa.

Berikut ini adalah bacaan doa tahlil kubur yang wajib dipahami dan diresapi artinya:

لَا إِلَهَ إِلَّا اللهَ Laailaaha Illallah

Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah.”

إِنَّ بِكُلِّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةً وَكُلِّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةً

Artinya: “Sesungguhnya pada setiap kalimat tasbih adalah sedekah, setiap kalimat takbir adalah sedekah, setiap kalimat tahmid adalah sedekah, setiap kalimat tahlil adalah sedekah.” (HR. Muslim)

BACA JUGA: Doa Ketika Turun Hujan Lebat Sesuai Sunnah, Agar Terlindungi

5. Membaca doa ziarah kubur

doa tahlil kubur
tribunjabar

Terakhir hal yang kamu lakukan adalah membaca doa ziarah kubur orang tua kita singkat dan umum. Di bawa ini terdapat bacaan Arab, latin, beserta artinya.

Berikut ini adalah bacaan doa ziarah kubur yang shahih:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار, وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa’fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì’ madholahu, waghsìlhu bìl maa’ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.”

Artinya: “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.

Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” (HR. Muslim).

Demikian penjelasan lengkap mengenai bacaan doa ziarah kubur singkat lengkap beserta arti dan penjelasannya. Dengan memahami dan membaca doa ini, diharapkan amalan yang dilakukan bisa memberikan pahala bagi yang nyekar serta menerangkan jalan almarhum dan almarhumah di alam kubur. Bila sekarang masih belum hafal, baca saja doanya.

Lakukan adab dan tata caranya sambil mendoakan dengan khusyuk. Setelah itu, jangan lupa untuk menyebarkan ilmu ini kepada saudara dan orang terdekat supaya sama-sama bisa mengamalkan dan mendapat pahala.