doa masuk kamar mandi

Bagi Muslim yang taat, membaca doa masuk kamar mandi dan ketika keluar adalah hal yang wajib. Kemudian doa tersebut wajib untuk diamalkan setiap hari. Tidak hanya membaca doa, ada juga adab-adab tertentu yang harus Sedulur amalkan.

Seperti yang telah diketahui, dalam ajaran agama Islam ada banyak sekali doa yang harus dibaca dan diamalkan pada saat melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan membaca doa, kamu tidak hanya akan mendapatkan pahala, namun juga kebaikan-kebaikan yang lainnya.

Hal yang dimaksud ini juga termasuk dengan ketika masuk dan keluar dari kamar mandi. Oleh karena itu, langsung saja ketahui doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi beserta artinya yang harus kamu baca setiap saat.

BACA JUGA: Bacan Doa Sapu Jagat Lengkap, Keutamaannya & Waktu Membacanya

Doa masuk kamar mandi beserta artinya

doa masuk kamar mandi dan artinya
pexels

Perlu untuk diketahui bahwa tempat-tempat yang kotor seperti kamar mandi dan toilet menjadi tempat bagi setan dan jin bermukim. Maka dari itu, Rasulullah SAW menganjurkan agar kita membaca dzikir sebelum masuk ke dalam kamar mandi atau toilet.

Seperti yang ada pada Hadist Riwayat Muslim No. 375 dan Hadist Riwayat Bukhari No. 142, berikut ini doa masuk kamar mandi dan artinya.

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِث

“Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni ‘audzu bika minal khubutsi wal khobaits.”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan-setan lelaki dan setan-setan perempuan.”

Doa keluar kamar mandi beserta artinya

doa masuk keluar mandi
pexels

Jika sebelumnya sudah dijelaskan doa masuk kamar mandi latin dan artinya, kali ini dikupas doa yang wajib dibaca saat keluar dari kamar mandi. Usai menggunakan kamar mandi, Sedulur bisa membaca bacaan doa yang cukup singkat seperti berikut.

غُفْرَانَكَ

“Ghufronaka.”

Artinya: “Ya Allah, aku mengharap ampunan-Mu.”

Doa masuk kamar mandi dan artinya sesuai sunnah itu dibaca dengan mengharapkan keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT. Lantas apa tujuan kita membaca doa pada saat keluar dari kamar mandi? Mengapa bacaan dzikir ini perlu dilafalkan?

Menurut penjelasan dari Syaikh Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin rahimahullah, pada saat ada di dalam kamar mandi kita sudah dipermudahkan segala urusannya oleh Allah SWT. Misalnya saja seperti mengeluarkan kotoran yang jika tidak dibuang akan berbahaya bagi tubuh.

Itulah yang jadi sebuah pengingat kepada manusia agar senantiasa selalu memohon kepada Allah supaya setiap dosa yang pernah diperbuat, turut diampuni semudah kotoran yang tadi telah dibuang.

BACA JUGA: Doa Agar Dagangan Laris, Berkah dan Kaya [Lengkap Arab dan Latin]

Adab di dalam kamar mandi

adab di kamar mandi
pexels

Setelah kita membahas tentang doa masuk dan keluar kamar mandi, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas mengenai adab pada saat berada di dalam kamar mandi. Langsung saja, berikut ini di antaranya.

1. Tidak membawa barang yang bertuliskan nama Allah

tidak membawa barang suci
pexels

Seperti yang tadi sudah dikatakan jika kamar mandi dan toilet itu adalah tempat-tempat yang kotor dan penuh najis. Oleh sebab itu, sangat dilarang bagi kita untuk membawa benda atau barang apapun yang bertuliskan nama Allah yang suci, seperti kitab suci Al-Quran, cincin, dan lain sebagainya.

Jadi jika misalnya Sedulur mengenakan cincin atau perhiasan yang terdapat nama Allah, alangkah lebih baik jika dilepas terlebih dahulu. Setelah urusan di kamar mandi sudah selesai dan Sedulur sudah keluar, baru dipakai lagi perhiasan tersebut.

2. Masuk dengan kaki kiri dulu dan keluar dengan kaki kanan dulu

kaki
pexels

Mendahulukan kaki kiri ketika akan masuk kamar mandi dan mendahulukan kaki kanan di saat keluar itu adalah sunnah Rasulullah. Hal ini dilakukan sebagai wujud bahwa umat muslim itu selalu mendahulukan tubuh bagian kanan untuk hal baik dan tubuh bagian kiri untuk yang kurang baik.

Selain itu, disunnahkan untuk cebok dengan menggunakan tangan kiri. Hal ini karena tangan kanan kita digunakan untuk menyuapkan makanan ke dalam mulut. Rasanya tidak etis jika kita menggunakan tangan yang sama untuk makan dan cebok, ‘kan?

3. Tidak menghadap kiblat

tidak menghadap kiblat
pexels

Tentu saja terkesan sangat tidak etis ketika kita sedang membuang air besar atau air kecil, tubuh kita menghadap ke arah kiblat, arah tempat yang selalu kita tuju pada saat menjalani ibadah sholat wajib dan sholat sunnah.

Oleh karena itu, usahakan agar Sedulur tidak menghadap ke arah kiblat ketika buang air, bagaimanapun caranya. Sedulur bisa mencoba untuk menghadap ke arah selatan atau utara pada saat berada di dalam kamar mandi dan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu.

4. Tidak bicara saat di kamar mandi

tidak bicara di kamar mandi
pexels

Berbicara, berkata-kata, maupun bernyanyi di dalam kamar mandi, merupakan perbuatan yang dinilai kurang terpuji. Syaikh Ali Basam juga pernah menjelaskan jika perbuatan-perbuatan tersebut tidak mencerminkan sikap malu dari seorang muslim, lho.

Bahkan, Rasulullah SAW pernah tidak menjawab ucapan salam dari seseorang karena beliau sedang buang hajat.

أَنَّ رَجُلاً مَرَّ وَرَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَبُولُ فَسَلَّمَ فَلَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ.

Ada seseorang yang melewati Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau sedang kencing. Ketika itu, orang tersebut mengucapkan salam, namun beliau tidak membalasnya.

Itulah penjelasan mengenai adab, doa keluar, dan juga doa masuk kamar mandi latin, arab, dan terjemahannya. Silahkan Sedulur pahami semua informasi di atas, dan jangan lupa untuk rutin mengamalkannya setiap hari.

Bagi Sedulur yang punya momongan kecil, jangan lupa untuk mengajarkan semua hal di atas. Jika Sedulur mengajarkan kepadanya sedari kecil, Insha Allah dia akan selalu mengingat hal-hal tersebut sampai dewasa nanti.