doa sesudah sholat fardhu yang pendek

Setelah selesai melaksanakan sholat wajib lima waktu, apakah Sedulur langsung melanjutkan aktivitas yang tertunda? Kalau jawabannya adalah iya, maka ubah kebiasaan tersebut, ya. Biasakan untuk membaca dzikir dan doa sesudah sholat fardhu yang pendek agar pahala Sedulur semakin bertambah dan juga untuk memperkuat keimanan.

Meskipun berdzikir setelah melaksanakan shalat merupakan sunnah untuk dilakukan, namun ada baiknya untuk dilakukan apalagi ketika waktu senggang. Ada berbagai manfaat yang bisa Sedulur terima saat berdzikir. Mulai dari mendekatkan diri, sampai mendatangkan rezeki bagi kita semua. Berikut adalah ulasan berbagai macam doa yang bisa dipanjatkan. Simak dan baca, ya.

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Subuh dengan Niat & Doa Qunut, Lengkap!

1. Doa setelah sholat membaca istighfar

doa sesudah sholat fardhu yang pendek pdf
unsplash

Doa sesudah sholat fardhu yang pendek pertama adalah membaca istighfar. Bacaan ini membuat seseorang akan selalu memohon ampunan atas segala tindakan yang pernah diperbuat kepada sang maha kuasa. Berikut adalah doanya:

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi. (sebanyak 3x)

“Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.” HR. Ahmad

Selain membaca istighfar, ada lagi doa sayyidul istighfar yang mempunyai bacaan yang lebih panjang. Bacaan ini diambil dari bahasa arab yang berarti penghulu istighfar. Keutamaan memanjatkan doa ini adalah memiliki keutamaan yang lebih tinggi dari bacaan istighfar yang lainnya. Dibawah ini merupakan bacaan doa sayyidul istighfar:

للَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ، وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ،

أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ، وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma Anta Rabbi Laa Ilaaha Illaa Anta Khalaqtnii Wa Anna ‘Abduka Wa Anaa ‘Alaa ‘Ahdika Wa Wa’dika. Mastatha’tu a’uudzu Bika Min Syarri Maa Shana’tu Abuu u Laka Bini’ Matika ‘Alayya Wa Abuu-uBidzanbii Faghfir Lii Fa Innahu Laa Yagfirudz Dzunuuba Illa Anta

Artinya: ”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku, sedang aku adalah hamba-Mu dan aku diatas ikatan janji-Mu. Dan Aku berjanji kepada-Mu dengan semampuku,  Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat. Aku mengakui-Mu atas nikmat-Mu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku pada-Mu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau”. (HR. Bukhari).

Keutamaan yang terkandung dalam bacaan sayyidul istighfar adalah sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

“Barang siapa mengucapkannya di siang hari dalam keadaan yakin dengannya kemudian dia mati pada hari itu sebelum petang hari, maka dia termasuk penduduk surga. Dan siapa yang mengucapkannya di waktu malam hari dalam keadaan dia yakin dengannya, kemudian dia mati sebelum subuh maka dia termasuk penduduk surga.” (HR. Al-Bukhari).

Peluang untuk mendapatkan ampunan dosa dari Allah SWT atas semua dosa yang sudah diperbuat adalah lebih tinggi. Doa sayyidul istighfar ini membuat umat Allah SWT akan senantiasa memohon dibukakan pintu taubatnya. Maka dari itu, bacalah doa sesudah sholat ini secara rutin.

2. Membaca dzikir setelah sholat allahumma antassalam

doa sesudah sholat fardhu yang pendek
pikiranrakyat

Dzikir doa sesudah sholat fardhu yang pendek berikut ini disebut juga dengan dzikir keselamatan. Berikut adalah lafadz serta isi yang terkandung dalam bacaannya:

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Allahumma antassalam, wa minkas salam, wa ilaika ya’udussalam, fa hayyina rabbana bissalam, wa adkhilnal jannata daarossalam, tabarakta rabbana wa ta’aalayta, yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, Ya Tuhan kami, hidupkanlah kami dengan sejahtera. Masukanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.”

Arti dan makna dari dzikir ini adalah untuk memohon pengampunan dan keselamatan kepada Allah SWT. Baca dzikir allahumma antassalam sebanyak satu kali setelah melaksanakan sholat fardhu.

BACA JUGA: Doa Mau Tidur dan Sebelum Tidur Lengkap Beserta Artinya

3. Membaca kalimat tauhid dan bacaan tasbih

doa setelah sholat
orami

Membaca kalimat tauhid yang pendek adalah laa ilaaha ilallah yang berarti tidak ada yang patut untuk disembah selain Allah SWT. kalimat tauhid yang juga merupakan doa sesudah sholat fardhu yang pendek ini mempunyai lafadz yang lebih panjang sebagai berikut:

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ. لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ، وَلاَ نَعْبُدُ إِلاَّ إِيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الْفَضْلُ وَلَهُ الثَّنَاءُ الْحَسَنُ، لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ مُخْلِصِيْنَ لَهُ الدِّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُوْنَ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir. Laa hawla wa laa quwwata illa billah. Laa ilaha illallah wa laa na’budu illa iyyaah. Lahun ni’mah wa lahul fadhlu wa lahuts tsanaaul hasan. Laa ilaha illallah mukhlishiina lahud diin wa law karihal kafirun.

Artinya: Tiada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah, Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan pujaan. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali (dengan pertolongan) Allah. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah. Kami tidak menyembah kecuali kepada-Nya. Bagi-Nya nikmat, anugerah dan pujaan yang baik. Tiada Rabb (yang hak disembah) kecuali Allah, dengan memurnikan ibadah kepadaNya, sekalipun orang-orang kafir sama benci. (HR. Muslim no 594).

Saat sudah selesai membaca doa diatas, lanjutkan dengan melafadzkan pujian kepada Allah berupa bacaan tasbih, takbir, dan tahmid sebanyak 33 kali. Berikut adalah dzikir setelah sholatnya:

سُبْحَانَ اللهِ (x33)

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ (x33)

اَللهُ أَكْبَرُ (x33)

Subhanallah (33x)

Alhamdulillah (33x)

Allahu akbar (33 x)

Artinya: “Maha Suci Allah (33 x), segala puji bagi Allah (33 x), Allah Maha Besar (33 x).”

4. Doa untuk keselamatan orang tua

dzikir setelah sholat
pexels

Sebagai anak yang berbakti kepada orang tua, tentunya Sedulur harus selalu mendoakan mereka sesudah melaksanakan ibadah. Berikut adalah bacaan doa sesudah sholat fardhu yang pendek untuk orang tua:

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ ذُنُوْبِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا

“Allahumma Fighfirlii Wa Liwaa Lidhayya Warhamhuma Kamaa Rabbayaani Shaghiraa.”

Artinya: “Ya Allah, ampunilah semua dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, serta berbelas kasihlah kepada mereka berdua seperti mereka berbelas kasih kepada diriku di waktu aku kecil.”

BACA JUGA: Bacaan Doa Setelah Sholat Dhuha Arti dan Keutamaannya!

5. Doa setelah sholat membaca ayat kursi

bacaan tasbih
saintif

Doa sesudah sholat fardhu yang pendek latin selanjutnya adalah ayat kursi. Bacaan ayat yang juga memiliki kedudukan yang cukup besar ini adalah sebagai berikut:

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلْحَىُّ ٱلْقَيُّومُ ۚ لَا تَأْخُذُهُۥ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ ۚ لَّهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَمَا فِى ٱلْأَرْضِ ۗ مَن ذَا ٱلَّذِى يَشْفَعُ عِندَهُۥٓ إِلَّا بِإِذْنِهِۦ ۚ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۖ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَىْءٍ مِّنْ عِلْمِهِۦٓ إِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ ۖ 

وَلَا يَـُٔودُهُۥ حِفْظُهُمَا ۚ وَهُوَ ٱلْعَلِىُّ ٱلْعَظِيمُ

Alloohu laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta khudzuhuu sinatuw walaa naum. Lahuu maa fissamaawaati wa maa fil ardli man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahuu illaa biidznih, ya’lamu maa baina aidiihim wamaa kholfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’ wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardlo walaa ya’uuduhuu hifdhuhumaa wahuwal ‘aliyyul ‘adhiim

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (Qs Al Baqarah 255)

Selain memiliki kedudukan yang cukup tinggi, ayat dalam al quran ini juga mempunyai berbagai keutamaan. Doa setelah sholat fardhu ini seperti yang sudah disebutkan Rasulullah SAW di dalam sebuah hadits HR An Nasa’i yaitu:

مَن قرأَ آيةَ الكرسيِّ دبُرَ كلِّ صلاةٍ مَكْتوبةٍ ، لم يمنَعهُ مِن دخولِ الجنَّةِ ، إلَّا الموتُ

Artinya: “Barangsiapa membaca ayat kursi setiap selesai shalat wajib, maka tidak ada yang bisa menghalanginya untuk masuk surga kecuali kematian.” (HR An Nasa’i)

Hadits diatas memiliki makna bahwa ketika setelah menunaikan sholat fardhu kemudian membaca doa dan ayat kursi, maka seseorang akan masuk surga.

Demikianlah beberapa bacaan dzikir dan doa sesudah sholat fardhu yang pendek pdf dan tentunya memiliki keutamaan yang luar biasa. Semoga Sedulur bisa senantiasa membaca doa-doa tersebut meskipun hukumnya adalah sunnah. Semoga bermanfaat!