Sudahkah Sedulur mengetahui bacaan doa turun hujan? Hujan merupakan fenomena alam yang terjadi akibat kebesaran Allah SWT. Sebagai mahlukNya yang taat, kita sudah seharunya membaca doa atas setiap kebesaran dari Allah SWT yang ditunjukan kepada setiap mahluknya di muka bumi ini.

Berikut ini beberapa doa yang bisa Sedulur panjatkan ketika menyaksikan hujan turun di dekat Sedulur. Selain sebagai bagian syukur, juga merupakan sebentuk permohanan terhindar dari marabahaya dan senantiasa diberikan pertolongan. Yuk, mari langsung saja kita simak doanya di bawah!

BACA JUGA: Doa Sayyidul Istighfar: Arti, Keutamaan dan Waktu Membacanya

Kedudukan berdoa saat hujan

doa saat turun hujan
freepik

Dalam Islam, setiap ibadah dan amalan diatur dengan jelas. Termasuk kedudukan terkait doa turun hujan. Berdasarkan penjelasan Ibnu Qudamah dalam Al Mughni, menjelaskan bahwa saat turun hujan setiap umat muslim dianjurkan untuk membaca doa. Hal ini berdasarkan hadist dari Rasullah SAW, yaitu:

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ : عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya: “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan: Bertemunya dua pasukan, Menjelang sholat dilaksanakan, dan saat hujan turun.

Selain itu terdapat juga hadist lain yang dirunutkan dari Sahl bin Sa’ad. Rasulullah SAW bersabda:

ثِنْتَانِ مَا تُرَدَّانِ الدُّعَاءُ عِنْدَ النِّدَاءِوَ تَحْتَ المَطَرِ

Artinya: “Dua doa yang tidak akan ditolak: Doa ketika azan dan doa ketika ketika turunnya hujan.”

Bahwa sesungguhnya hujan adalah sebuah nikmat dan rejeki. Maka dari itu sudah seharusnya umat muslim bersyukur ketika hujan turun, karena seyogya dalam hujan terdapat banyak rezeki. Berikut ini terdapat beberapa bacaan doa saat turun hujan. Yuk, mari langsung simak daftarnya.

BACA JUGA: Doa Setelah Sholat Istikharah & Cara Meminta perunjuk yang Tepat

Doa turun hujan bermanfaat

doa hujan bermanfaat
freepik

Doa turun hujan yang pertama adalah doa saat hujan agar menjadi bermanfaat. Bacaan yang umum kita kenal adalah allahumma shoyyiban nafi’an Arab. Diriwayatkan dalam hadis Bukhari nomor 1032, dari Ummul Mukminin, Aisyah radhiyallahu ‘anha mengatakan:

الله شوييبان نفيعان

Allahumma shoyyiban nafi’an.

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat.”

Doa ini merupakan yang umum dibacakan saat hujan. Sekaligus doa ketika turun hujan yang sangat umum dan populer dibaca oleh setiap umat muslim. Selain doa ini, terdapat beberapa bacaan doa yang umum dipanjatkan. Tergantung kebutuhan dan kondisi hujan yang terjadi

Doa ketika turun hujan lebat

doa saat turun hujan
freepik

Berikut ini doa hujan turun yang dibacakan terutama ketika hujan yang turun sangat lebat. Bacaan doanya adalah:

الله ما هوالينا ولا علينا. الله علال العكامي والجبالي ، وجزيروبي ، وبثنيل عديتي ، ومنابيتيسي سياجاري.

Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

Terkadang, hujan dengan kondisi yang sangat lebat bisa membuat kita ketakukan dan gelisah tidak jelas. Terutama biasanya ketika hujan lebat yang berpotensi untuk membawa kerusakan. Doa ini dipanjatkan untuk memohon kepada Allah agar hujan yang hadir senantiasa tidak memberikan kerusakan.  Maka dari itu, jika Sedulur mendapati terdapat hujan lebat, doa ketika hujan turun bisa dipanjatkan.

BACA JUGA: Bacaan Doa Nurbuat dan 12 Manfaatnya Untuk Dunia Akhirat

Doa hujan angin kencang

hujan berdoa
freepik

Selain doa turun hujan allahumma shoyyiban nafi’an bacaan doa yang bisa Sedulur panjatkan ketika hujan adalah doa:

الله يما إنّي ألوكا خويروها و خويرو ما فيها و خويرو ما أورسيلات بيه. وأودزوبيكا من سوريا وسري ما فيها و خويرو ما أورسيلات بيه.

Allahumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’ uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.”

Riwayat doa ini disampaikan berdasarkan hadist Rasulullah SAW. Dari Sayyidina Abu Hurairah ra. Rasulullah berkata:

Aku mendengar Nabi SAW bersabda: “Angin adalah bagian dari pemberian Allah, bisa membawa rahmat dan juga bisa membawa azab. Jika kalian melihatnya, jangan mencelanya, mohonlah kepada Allah kebaikannya dan berlindunglah kepada Allah dari keburukannya.

Agar selalu mendapatkan perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT, sudah wajib kita membaca doa di atas untuk menghindari segala marabahaya dan senantiasa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT. Lebih baik Sedulur menghafalkan doa ini, agar senantiasa terhindari dari segala hal buruk yang tidak bisa diprediksi.

BACA JUGA: Doa Minum Air Zamzam dan 8 Manfaatnya Untuk Kesehatan

Doa hujan dan petir

doa saat turun hujan
freepik

Terdapat juga bacaan doa yang bisa Sedulur panjatkan, yaitu doa turun hujan yang disertai dengan petir. Bacaan doa yang dimaksud adalah:

سوبهانالادزي يوساببيهور رودو بيهامديهي ومالايكاتو من خيفاتيه

Subhanalladzi yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya: “Maha suci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepada-Nya.

Sama seperti angin, petir juga menjadi sebuah rahmat dari Allah SWT dan juga kebesaran Allah SWT. Namun petir juga menjadi azab bagi manusia di muka bumi ini. Maka dari itu, hendaknya Sedulur berdoa pada Allah SWT untuk meminta perlindungan serta kebaikan atas petir yang datang bersama hujan. Memanjatkan doa turun hujan merupakan sebuah kewajiban bagi Sedulur ketika mengalaminya.

BACA JUGA: Bacaan Doa Tahiyat Awal & Tahiyat Akhir Sesuai Rukun Sholat

Berdoa saat hujan reda

doa saat turun hujan
freepik

Bukan hanya membaca doa saat hujan, namun juga saat reda. Sedulur juga bisa membaca doa merupakan sebentuk rasa syukur kepada Allah SWT. Bacaan doa yang bisa Sedulur panjatkan adalah:

مثيرنا بفض لله والرحماتي.

“Muthirna bi Fadlillah Wa Rahmatihi.

Artinya: “Kita diberi hujan karena karunia dan Rahmat Allah.

Islam merupakan agam yang sangat menganjurkan umatnya untuk memanjatkan dan memohon doa ketika hujan turun, saat hujan lebat, dan setelah hujan reda. Hal ini sebagai wujud rasa syukur dan memohon perlindungan agar saat hujan turun tidak mendatangkan bahaya. Tidak hanya saat hujan, saat kondisi apapun Islam mengatur dengan setiap doa yang ditetapkan.

Imam Syafi’i telah meriwayatkan dalam kitab al-Umm dengan sanad yang mursal, dari Nabi SAW, beliau bersabda, “Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan.” Sedana dengan itu, Imam an-Nawawi juga mengatakan doa pada saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada saat itu tengah turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim. 

Bahwa pada dasarnya hujan merupakan rahmat dan rezeki dari Allah SWT. Dikatakan pula bahwa Allah SWT khusus memerintahkan malaikat untuk menurunkan hujan. Hal ini memberikan kita pelajaran bahwa hujan bukan semata fenomena alam normal saja. Bahwa dalam hujan terdapat rezeki, rahmat dan segala kebaikan dari Allah SWT.

Sekian penjelasan terkait doa turun hujan yang telah dijelaskan di atas. Sedulur bisa membaca doa di atas setiap turun hujan. Jangan sampai Sedulur menjadi golongan muslim yang tidak bersyukur dengan turunnya hujan. Untuk bisa menjadi muslim yang baik, Sedulur bisa membaca doa di atas sebagai bentuk rasa syukur. Dan tentu saja agar senantiasa mendapatkan rezeki dan rahmat dari Allah SWT atas setiap kebesarannya.