Saat mendengar petir menyambar, manusia biasanya refleks akan menutup telinga untuk menghindari sensasi kaget yang diciptakan dari getaran dan suara gemuruhnya. Memekakkan telinga dan dianggap sebagai pertanda buruk, ternyata petir dan kilat adalah berkah dari Allah. Mereka bisa menstabilkan energi listrik di bumi dan melindungi lapisan ozon.

Namun, tahukah Sedulur bahwa di saat petir menyambar, kita bisa membaca doa-doa tertentu seperti yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Doa petir tergolong singkat, tetapi maknanya baik dan mendalam. Silakan coba dicermati dan dihapal. 

BACA JUGA: Doa Sayyidul Istighfar: Arti, Keutamaan dan Waktu Membacanya

1. Doa ketika ada petir 

doa petir
pexels.com

Doa ketika mendengar petir adalah sebagai berikut. Silakan dilafalkan dan diingat. 

اللَّهُمَّ لا تَقْتُلْنَا بِغَضَبِكَ، وَلا تُهْلِكْنَا بِعَذَابِكَ ، وَعَافِنَا قَبْلَ ذَلِكَ

Allahuma laa taqtulna bighadlabika wala tuhlikna biadzabika wa afina qabla dzalik 

Artinya: Ya Allah, janganlah Engkau binasakan kami dengan AmarahMu, dan jangan Engkau hancurkan kami dengan adzabmu dan selamatkan kami sebelum itu terjadi. 

2. Doa yang bisa dibaca ketika ada petir latin

pexels.com

Bila petir lebih dari satu dan datang bertubi-tubi, Sedulur bisa baca doa lainnya, yaitu. 

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمِدِهِ وَالْمَلاَئِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Subhanalladzii yusabbigur ro’du bi hamdihi wal mala’ikatu min khiifatih. 

Artinya: Maha Suci Allah, petir dan malaikat memuji, Allah menyucikanNya karena kuasaNya. 

Doa di atas juga berlaku saat Sedulur melihat kilat yang menyambar-nyambar. Tidak ada doa khusus untuk kilat, tetapi kurang lebih sama. Kita berdoa agar kilat dan petir yang bergemuruh tidak melukai dan merusak apapun di bumi, walaupun semua itu semua tetap kuasa Allah.

Melansir University Corporation for Atmospheric Research (UCAR), petir dan kilat adalah sesuatu yang berbeda. Kilat merupakan tenaga listrik yang dikeluarkan bumi dan bisa menghangatkan udara sampai 30.000 derajat Celcius. Terbayang betapa fatalnya ia saat mengenai benda atau makhluk hidup. Proses inilah yang membuat langit tampak seperti terbelah seperti meledak dan akhirnya mengeluarkan gelombang suara gemuruh yang sangat keras.

Gelombang tersebut biasanya datang terlambat dan disebut petir. Keterlambatan tersebut juga dipengaruhi oleh kecepatan cahaya yang jauh lebih cepat dibanding suara. Beberapa dari kita pernah menemukan kilat yang tidak diikuti gemuruh petir, ternyata bukan karena petir tidak terbentuk melainkan sesederhana ia terlalu jauh untuk didengar manusia di satu lokasi. 

BACA JUGA: Bacaan Doa Nurbuat dan 12 Manfaatnya Untuk Dunia Akhirat

3. Doa saat hujan datang 

doa petir
pexels.com

Petir dan kilat biasanya juga diikuti dengan hujan. Ternyata terbalik, hujanlah yang diikuti kilat dan petir. Merujuk pada The New York Times , badai petir bisa tercipta jika ada kelembaban dan suhu udara yang tidak stabil. Kelembaban ini diambil dari air yang menguap ke awan dari wilayah bumi yang lebih hangat menuju atmosfer yang lebih dingin. Udara dingin tersebut akan jatuh dalam bentuk hujan yang turun secara horizontal maupun diagonal jika terkena angin. 

Saat hujan deras, kita bisa mengucapkan doa berikut. 

اللَّهُمَّصَيِّباًنَافِعاً

Allahumma shoyyiban nafi an 

Artinya: Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat. 

Singkat tapi doanya sangat mengena, berlaku untuk semua umat manusia yang merasakan hujan tersebut. Seperti kita tahu hujan membantu kehidupan makhluk hidup yang ada di bumi dan kedatangannya sangat dinantikan. Hanya saja manusia sendiri yang merusak alam dengan membabat hutan untuk mengeruk komoditas tertentu tanpa memikirkan dampak jangka panjangnya. 

Bila hujan yang datang sangat deras dan menyeramkan, Sedulur bisa membaca doa berikut. 

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Allahuma haawalaina wa laa’alaina. Allahuma alal aakami wal jibaali wazh zhirobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari

Artinya: Allah turunkanlah hujan di sekitar kamu, bukan untuk merusak. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, pegunungan, bukit, lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan. 

4. Doa saat ada angin kencang 

pexels.com

Setelah tahu doa mendengar petir, kini saatnya mencoba melafalkan dia saat ada angin kencang di rumah atau lokasi Sedulur berada. Angin juga fenomena alam yang bisa mematikan bila datang dengan intensitas tinggi dan kekuatan luar biasa. Sungguh hanya Allah yang bisa melindungi kita. 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Allahuma inni as aluka khoiroha wa khoiro ma fiha wa khoiro ma’ursilat bihi wa auzubika min syarriha wa syarri ma fiha syarri ma ursilat bihi

Arti: Ya Allah sesungguhnya aku memohon pada-Mu kebaikan angin ini dan kebaikan yang ada padanya, dibawanya, dan aku berlindung pada-Mu dari keburukan angin ini, baik keburukan yang ada padanya dan keburuakn yang dibawanya. 

Doa petir dan artinya sudah Sedulur cek, sangat singkat, bukan? Sedulur bisa menghapalnya dalam waktu pendek. Jika kelupaan, sesungguhnya Allah Maha Tahu dan akan menerima doa-doa baik Sedulur yang diucap dalam berbagai bahasa. 

Tentunya selain berdoa, Sedulur juga wajib berlindung di dalam rumah saat terjadi hujan dan badai petir yang memekakkan telinga.