doa perjalanan

Saat melakukan perjalanan, baik melalui jalur darat, laut, maupun udara, kita dianjurkan untuk memperbanyak amalan, salah satunya yaitu membaca doa. Selain untuk memohon kelancaran dan keselamatan, membaca doa perjalanan juga dapat mendatangkan perasaan tenang saat bepergian.

Hal ini sesuai dengan kebiasaan Rasulullah saw. sebagaimana diceritakan oleh Imam An Nawawi dalam Kitab al Adzkar. Diterangkan, Rasulullah selalu meminta perlindungan dari beratnya perjalanan, buruknya tempat kembali, kebengkokan setelah lurus, serta buruknya pandangan ketika sedang safar atau bepergian jauh.

Nah, apakah Sedulur sudah tahu apa saja doa yang dianjurkan untuk dibaca dalam perjalanan? Berikut ini Super telah merangkum tujuh doa perjalanan yang bisa Sedulur ikuti.

BACA JUGA: 5 Bacaan Doa Sholawat Nabi untuk Perbanyak Amalan

1. Doa keluar rumah

doa perjalanan
Freepik

Meski terlihat sebagai hal yang sepele, ternyata sebagai umat Islam, kita dianjurkan untuk membaca doa keluar rumah ketika akan bepergian. Hal ini sebagaimana tertuang dalam hadits riwayat Tirmidzi dari Anas bin Malik sebagai berikut.

“‏ مَنْ قَالَ – يَعْنِي إِذَا خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ – بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ ‏.‏ يُقَالُ لَهُ كُفِيتَ وَوُقِيتَ ‏.‏ وَتَنَحَّى عَنْهُ الشَّيْطَانُ ‏”‏ ‏.‏ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ غَرِيبٌ لاَ نَعْرِفُهُ إِلاَّ مِنْ هَذَا الْوَجْهِ

Artinya: 

“Siapa saja yang mengatakan ini ketika hendak keluar rumah, “Dengan nama Allah SWT, aku percayakan urusanku pada Allah SWT, tidak ada kekuatan kecuali Allah SWT (Bismillāh, tawakkaltu `alallāh, lā ḥawla wa lā quwwata illā billāh),” maka akan dikatakan padanya, “Kamu telah dicukupkan dan dilindungi,” dan setan akan menjauh darinya.” (HR Tirmidzi).

Sementara, berikut adalah bacaan doa keluar rumah beserta artinya.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَحَوْلَ وَلاَقُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah.

2. Doa sebelum melakukan perjalanan

doa perjalanan
Freepik

Setelah membaca doa keluar rumah, Sedulur dapat membaca doa berikut ini untuk memohon perlindungan bagi keluarga yang menunggu di rumah. Doa ini terkandung dalam hadits riwayat Tirmidzi sebagaimana diceritakan oleh Salim.

عَنْ سَالِمٍ، أَنَّ ابْنَ عُمَرَ، كَانَ يَقُولُ لِلرَّجُلِ إِذَا أَرَادَ سَفَرًا ادْنُ مِنِّي أُوَدِّعْكَ كَمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم يُوَدِّعُنَا ‏.‏ فَيَقُولُ ‏ “‏ أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ ‏”

Artinya:

Salim mengatakan, ketika seseorang akan melakukan perjalanan Ibnu Umar terbiasa berkata pada orang tersebut, “Mendekatlah padaku sehingga aku bisa berpamitan seperti Rasulullah SAW berpamitan pada kami.” Lalu dia berkata, “Aku titipkan pada Allah SWT agamamu, amanatmu, dan amalanmu yang terakhir (Astawdi`ullāha dīnaka wa amānataka wa khawātīma `amalik),” (HR Tirmidzi).

BACA JUGA: Bacaan Doa Istighosah Lengkap Beserta Dalil dan Artinya

3. Doa perjalanan jauh

Freepik

Sementara, berikut adalah doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika melakukan safar atau bepergian jauh. Jika melihat artinya, doa ini dimaksudkan untuk memohon kemudahan dan perlindungan selama melakukan safar.

اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allahumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa wathwi ‘anna bu’dahu allahumma anta ashshoohibu fissafari walkholiifatu fil-ahl

Artinya:

Ya Allah, mudahkanlah kami bepergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam bepergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.

Sebelum melakukan perjalanan, Sedulur juga dapat membaca doa berikut ini.

سُبْحَانَ الَّذي سَخَّرَ لَنا هَذَا وَما كُنَّا لَهُ مُقْرِنينَ، وَإِنَّا إلَى رَبِّنَا لَمُنْقََلِبُونَ

Subhanallazi sakhara lana haza wama kunnaa lahuu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun

Artinya:

Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami (di hari kiamat).

4. Doa perjalanan darat

Freepik

Selanjutnya Sedulur dapat membaca doa naik kendaraan. Bagi Sedulur yang menempuh perjalanan melalui jalur darat, berikut adalah doa perjalanan naik mobil atau kendaraan darat yang dapat dilafalkan beserta artinya.

بِاسْمِ اللَّهِ الْحَمْدُ لِلَّهِ { سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ } { وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنقَلِبُونَ } (3x) الْحَمْدُ لِلَّهِ (3x) اللَّهُ أَكْبَرُ سُبْحَانَكَ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي، فَاغْفِرْ لِي، فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Bismillah. Alhamdulillah (Subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun). Alhamdulillah (3x), Allaahu akbar (3x). Subhanaka inni zhalamtu nafsi, faghfirli, fa innahu la yaghfirudz-dzunuba illaa anta.

Artinya:

Dengan nama Allah, segala puji bagi Allah, Maha Suci Rabb yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami (di hari kiamat). Segala puji bagi Allah (3x), Allah Maha Besar (3x), Maha Suci Engkau Ya Allah, sesungguhnya aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.” (HR Abu Dawud dan Tirmidzi).

BACA JUGA: Doa Tahun Baru Islam Lengkap Beserta Latin & Terjemahannya

5. Doa perjalanan laut

Freepik

Sementara itu, bagi Sedulur yang menempuh perjalanan laut dapat membaca doa perjalanan bahasa Arab berikut ini.

بِسْمِ اللهِ مَجْرَهَا وَمُرْسَهَآاِنَّ رَبِّىْ لَغَفُوْرٌرَّحِيْمٌ

Bismillahi majreha wa mursaha inna rabbi laghafuurur rahiim

Artinya:

Dengan nama Allah yang menjalankan kendaraan ini berlayar dan berlabuh, sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

6. Doa perjalanan udara

Freepik

Berikut adalah doa perjalanan pesawat yang bisa Sedulur baca.

للهُ أَكْبَر، اللهُ أكْبر، الله أكْبَر، سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا، وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِي سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى، وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى، اللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا، وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ، اللهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِي السَّفَرِ، وَالْخَلِيفَةُ فِي الْأَهْلِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ، وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ، وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas’aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal ‘amal maa tardho, allahumma hawwin ‘alaina safarona hadza wa athwi ‘anna ba’dahu, allahumma antash shohibu fis safari wal khalifatu fil ahli, allahumma inni a’udzubika min wa’tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli

Artinya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kebaikan dan takwa dalam perjalanan ini, kami mohon perbuatan yang Engkau ridhoi.

Ya Allah, permudahkanlah perjalanan kami ini, dan dekatkanlah jaraknya bagi kami. Ya Allah, Engkaulah pendampingku dalam bepergian dan mengurusi keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelelahan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan kepulangan yang buruk dalam harta dan keluarga.

7. Doa setelah tiba di tujuan

doa perjalanan
Freepik

Setelah menyelesaikan perjalanan dan tiba di tempat tujuan, kita juga dianjurkan untuk membaca doa sebagai wujud rasa syukur atas perlindungan dan keselamatan yang telah Allah Swt. berikan. Selain itu, doa ini juga sebagai permohonan untuk mendapat perlindungan selama berada di tempat tersebut.

اَللّٰهُمَّ إِنِّىْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ أَهْلِهَا وَخَيْرَ مَافِيْهَا وَأَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ أَهْلِهَا وَشَرِّ مَافِيْهَا

Allaahumma innii as aluka lhairohaa wakhairo ahlihaa wakhairo maa fiihaa wa a’udzubika min syarrihaa wa syaarri ahlihaa wa syarri maa fiihaa.

Artinya:

Ya Allah, saya mohon kepada-Mu kebaikan negeri ini dan kebaikan penduduknya serta kebaikan yang ada di dalamnya. Saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan negeri ini dan kejahatan penduduknya serta kejahatan yang ada di dalamnya.

Selain itu, Sedulur juga dapat membaca doa berikut setelah sampai di tempat tujuan.

اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِىْ سَلَّمَنِىْ وَالَّذِىْ آوَانِى وَالَّذِىْ جَمَعَ الشَّمْلَ بِىْ

Alhamdulillahillazi sallamanii walladzii awaanii walladzi jama’assyamla bii.

Artinya:

Segala puji milik Allah yang telah menyelamatkan aku dan yang telah melindungiku dan yang mengumpulkan aku dengan keluargaku.

BACA JUGA: Doa Hujan Lebat dan Setelah Hujan Lengkap dengan Artinya

Bacaan zikir saat safar

Freepik

Selain membaca doa, terdapat sejumlah amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat bepergian jauh. Mulai dari menunaikan ibadah salat sunah dua rakaat dengan niat safar, berpamitan kepada keluarga atau kedua orang tua, dan memperbanyak zikir.

Adapun bacaan zikir yang disunnahkan adalah sebagai berikut.

سُبْحٰنَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هٰذَا وَمَا كُنَّا لَهٗ مُقْرِنِيْنَۙ

Subhanallazi sakhara lana haza wama kunnaa lahu muqriniin.

Artinya: 

Maha suci Allah yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya.

Bacaan zikir tersebut kemudian dapat dilanjutkan dengan membaca kalimat tayyibah lainnya, seperti subhanallah, alhamdulillah, Allahu Akbar, dan laa ilaaha illallaah.

Demikian tadi tujuh doa perjalanan yang bisa Sedulur ikuti. Selain itu, juga dipaparkan mengenai beberapa amalan yang dianjurkan ketika bepergian beserta bacaan zikir saat safar. Semoga informasi ini dapat membawa manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.