sholawat nabi mudah dihafal

Sebagai umat Muslim yang taat, mengamalkan dan membaca sholawat nabi pendek dalam keseharian merupakan perilaku yang baik untuk dilakukan. Dengan memanjatkan sholawat untuk Nabi Muhammad SAW, banyak sekali fadhilah atau keutamaan yang bisa didapatkan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Ada banyak sekali sholawat yang bisa kita panjatkan. Mulai dari sholawat pendek hingga panjang, semua bisa kita amalkan dalam keseharian. Namun bagi beberapa orang, sholawat nabi pendek lebih banyak dipilih karena dinilai lebih mudah dihapalkan. Nah, kira-kira apa saja sholawat nabi pendek yang mudah dihapal tersebut? Simak informasi di bawah ini, yuk! 

BACA JUGA: Kisah Ashabul Kahfi Singkat Beserta Pelajaran Pentingnya

1. Sholawat Khawwash

sholawat nabi pendek
iStock

Sholawat khawwash merupakan sholawat yang memiliki banyak keutamaan. Mulai dari mendapatkan rahmat dari Allah SWT dan keberkahan usaha, ditinggikan derajatnya, diselamatkan dari malapetaka, memperoleh syafaat dari Rasulullah SAW,  hingga dicintai oleh orang-orang mukmin.

Berikut adalah bacaan sholawat khawwash dalam tulisan arab dan latin.

صَلَّى اللهُ عَلَى مُحَمَّد

Shallallaahu ‘alaa Muhammadin.

Artinya: “Semoga Allah SWT memberikan rahmat-Nya kepada Nabi Muhammad SAW.”

2. Sholawat Nariyah

sholawat nabi pendek
iStock

Bacaan sholawat pendek selanjutnya adalah Sholawat Nariyah. Dinamakan dengan istilah Nariyah sebab bacaan ini disusun dan dibuat oleh salahh satu Syekh bernama Syekh Nariyah yang pernah hidup  pada zaman Nabi Muhammad SAW. Sholawat nariyah memiliki banyak keutaamaan dan khasiat bagi yang mengamalkannya. Misalnya adalah diberikan kelancaran rezeki, terhindar dari segala kejahatan serta dijaga dari adanya musibah dan malapetaka. 

Lantas, bagaimana bacaan sholawat nariyah dalam arab beserta dengan latinnya? Berikut ini adalah penjelasannya secara lengkap:

اللَّهُمَّ صَلِّ صَلاَةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلاَمًا تَامًّا عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الَّذِيْ تُنْحَلُ بِهَ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضَى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِيْمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ عَدَدَ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allahumma shollì sholaatan kaamìlatan Wa sallìm salaaman taaman ‘ala sayyìdìnaa Muhammadìn Alladzì tanhallu bìhìl ‘uqadu, wa tanfarìju bìhìl kurabu. Wa tuqdhaa bìhìl hawaa’ìju Wa tunaalu bìhìr raghaa’ìbu wa husnul khawaatìmì wa yustasqal ghomaamu bì wajhìhìl karììmì, wa ‘alaa aalìhì, wa shahbìhì ‘adada kullì ma’luumìn laka.

 Artinya: “Ya Allah, berikanlah sholawat yang sempurna dan salam yang sempurna kepada junjunganku Baginda Nabi Muhammad yang dengannya terlepas dari ikatan (kesusahan) dan dibebaskan dari kesulitan. Dan dengannya juga ditunaikan hajat dan diperoleh segala keinginan dan kematian yang baik, serta memberi siraman (kebahagiaan) kepada orang yang sedih dengan wajahnya yang mulia, juga kepada keluarganya, para shahabatnya, dengan seluruh ilmu yang Engkau miliki.”

BACA JUGA: Arti Lauhul Mahfudz dan Sifatnya yang Disebut Dalam Al Quran

3. Sholawat Adrikiyah

sholawat nabi pendek
iStock

Sholawat nabi pendek berikutnya adalah sholaway adrikiyah. Sholawat ini dipercaya dapat menjadi perantara diwujudkannya keinginan dan dikabulkan semua hajat oleh Allah SWT dengan cepat. Tak heran, banyak orang mengamalkan sholawat ini dalam kehidupan sehari-harinya. 

Adapun bacaan sholawatnya dalam arab dan latin adalah sebagai berikut:

الصَلاَةُ وَالسلامُ علَيْكَ يَاسَيِّدِيْ يَارَسْوْلَ اللهِ قَدْ ضَاقَتْ حِيلَتِى أَدْرِكْنِى

Ashshalaatu wa-salaamu ‘alaika yaa sayyidii yaa rasulallahi khudz biyadii qallat hiilatii adriknii.

Artinya: “Rahmat dan keselamatan semoga tetap atas engkau wahai penghulu ami ya Rasulullah, peganglah tanganu, habis daya upayaku, semoga engkau berkenan menolongku”.

4. Sholawat Ta’dzhimul Qiyam

sholawat nabi pendek
iStock

Sholawat nabi pendek berikutnya adalah sholawat ta’dzimul qiyam. Sholawat yang dapat dibaca ketika sedang berdiri atau duduk ini memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, yakni akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah SWT. 

Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Anas bin Malik, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang mengucapkan sholawat ta’dzhimul qiyam ketika berdiri, maka dosa-dosanya akan diampuni sebelum ia duduk. Dan barang siapa yang mengucapkannya ketika duduk, maka dosa-dosanya akan diampuni sebelum ia berdiri.” (HR. Anas bin Malik)

Adapun bacaan sholawat ta’dzhimul qiyam dalam arab dan latinnya adalah sebagai berikut:

اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّدٍ وَّعَلى الِه وَسَلِّم

Allaahumma shalli’ala Muhammadin wa’alaa aalihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan atas Nabi Muhammad SAW dan Keluarganya.

BACA JUGA: Doa Bercermin, Bacaan Arab, Latin, Arti & Keutamaannya

5. Sholawat nabi pendek sholawat Fatih

sholawat nabi pendek
iStock

Bacaan sholawat pendek yang mudah dihapal berikutnya dalah sholawat fatih. Sholawat yang memiliki keutamaan akan dibebaskan dari api neraka ini dapat dijadikan amalan harian yang baik.

Bahkan, sebagian ulama juga menyebutkan bahwa seseorang yang membaca sholawat fatih meski hanya sekali dalam seumur hidupnya, maka ia akan terbebas dari siksa neraka. Hal ini juga diartikan jika seorang muslim itu tidak akan masuk ke dalam neraka untuk waktu selama-lamanya.

Berikut lafal bacaan sholawat fatih dalam arab dan latinnya.

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي اِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allahumma shalli wa sallim wa barik ‘ala sayyidina Muhammadinil Fatihi lima ughliqa, wal khatimi lima sabaqa, wan nashiril haqqa bil haqqi, wal hadi ila shiratin mustaqim (ada pula yang baca shiratikal mustaqim). Shallallahu ‘alayhi, wa ‘ala alihi, wa ashhabihi haqqa qadrihi wa miqdarihil ‘adzhim.

 Artinya : “Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan keberkahan kepada junjungan kami, Nabi Muhammad SAW, pembuka apa yang terkunci, penutup apa yang telah lalu, pembela yang hak dengan yang hak, dan petunjuk kepada jalan yang lurus. Semoga Allah limpahkan shalawat kepadanya, keluarga dan para sahabatnya dengan hak derajat dan kedudukannya yang agung.”

BACA JUGA : Kisah Nabi Zakaria, dan Penantiannya Mengharap Anak

Dalil membaca sholawat nabi pendek

sholawat nabi pendek
iStock
 

Ada beberapa ayat Al-Qur’an dan hadits mengenai keutamaan sholawat yang perlu Sedulur ketahui.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (Q.S Al- Ahzab : 56).

مَن صلَّى عليَّ صلاةً واحدةً صلَّى اللَّهُ عليهِ عشرَ صلَواتٍ ، وحُطَّت عنهُ عشرُ خطيئاتٍ ، ورُفِعَت لَهُ عشرُ درجاتٍ

Artinya: “Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula.” (HR Ahmad).

(عَنْ عَبْدِاللهِ بْنِ عَمْرٍو بْنِ الْعَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُوْلُ مَنْ صَلَّى عَلَيَّ صَلاَةً صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ بِهَا عَشْرًا( رواه مسلم.

Artinya: “Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i)

Keutamaan membaca sholawat nabi pendek

sholawat nabi pendek
iStock

Membaca sholawat memiliki banyak sekali keutamaan. Beberapa keutamaan tersebut antara lain, yaitu: 

  • Mendapatkan balasan sholawat langsung dari Allah SWT.
  • Mendapat sambutan sholawat dari Rasululullah SAW.
  • Mendapatkan ampunan dosa.
  • Salah satu sebab doa cepat terkabul.
  • Mendapat syafaat dari Rasulullah SAW.
  • Mengalirkan keberkahan hidup.
  • Mendapat pahala.
  • Penghibur di alam kubur.
  • Sebagai pembeda diri dari orang kafir dan munafik.
  • Mendapat sholawat dari malaikat.

Demikianlah penjelasan mengenai bacaan sholawat nabi pendek yang dapat Sedulur amalkan setiap harinya. Dengan membaca sholawat tersebut, tentu saja ada banyak fadhilah yang bisa didapatkan. Semoga bermanfaat, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.