direct and indirect speech

Apakah Sedulur tahu apa yang dimaksud dengan direct and indirect speech? Secara sederhana, direct and indirect speech artinya adalah kalimat langsung dan tidak langsung. Ragam kalimat dalam bahasa Inggris ini berkaitan erat dengan penyampaian kembali pernyataan orang lain maupun diri sendiri.

Ingin tahu lebih jauh tentang direct and indirect speech? Berikut sudah dirangkum informasi selengkapnya dengan disertai contoh kalimat dan latihan soal.

BACA JUGA: Simple Past Tense: Pengertian, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Mengenal direct and indirect speech

direct and indirect speech
Freepik

Sebelumnya sudah disinggung bahwa direct and indirect speech adalah salah satu ragam kalimat dalam tata bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai kalimat langsung dan tidak langsung. Dihimpun dari berbagai sumber, pengetahuan tentang kalimat langsung dan tidak langsung diperlukan untuk memahami konteks kalimat terutama dalam suatu percakapan, baik secara lisan maupun tertulis.

Pengertian direct speech

Menurut Cambridge Dictionary, direct speech atau kalimat langsung adalah penyampaian kembali ujaran seseorang dengan kata-kata yang sama. Sehingga ketika Sedulur menggunakan direct speech, artinya Sedulur mengulangi ujaran seseorang secara tepat tanpa mengubah kata-kata yang digunakan.

Pengertian indirect speech

Sementara, indirect speech adalah kebalikan dari direct speech. Sederhananya, indirect speech artinya kalimat tidak langsung. Menurut Cambridge Dictionary, indirect speech merupakan pengulangan kembali ujaran yang disampaikan seseorang namun tidak menggunakan kata yang persis sama. Sehingga ketika menggunakan indirect speech, Sedulur menyampaikan kembali ujaran seseorang tanpa mengulangi kata-kata yang diucapkan orang tersebut.

Berdasarkan uraian tentang direct speech dan indirect speech di atas, dapat disimpulkan bahwa ragam kalimat tersebut digunakan untuk menyampaikan kembali ujaran yang diucapkan seseorang. Dalam menyampaikan ujaran seseorang, Sedulur dapat menggunakan kalimat langsung ataupun kalimat tidak langsung.

BACA JUGA: Recount Text: Pengertian, Struktur, Kaidah & Contoh Soalnya

Karakteristik

direct and indirect speech
Freepik

Dikutip dari BBC via Kompas.com, terdapat beberapa karakteristik direct and indirect speech. Karakteristik tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menggunakan huruf kapital di awal kalimat.
  • Dalam direct speech, tanda baca seperti titik, tanda tanya, dan tanda seru diletakkan di antara tanda petik.
  • Tanda petik dalam direct speech digunakan untuk menandai ucapan ucapan yang disampaikan kembali.
  • Dalam indirect speech, seorang penulis atau penutur tidak menyampaikan ujaran seseorang secara utuh.
  • Dalam indirect speech tidak menggunakan tanda baca berupa petik yang menandai kutipan.

Rumus direct and indirect speech

direct and indirect speech
Freepik

Perlu digarisbawahi, direct dan indirect speech merupakan ragam kalimat yang digunakan untuk menyampaikan kembali ujaran seseorang. Dalam tata bahasa Inggris, penyampaian kembali ujaran ini disebut dengan reported speech.

Mengutip dari Cambridge Dictionary, definisi reported speech adalah bagaimana kita menyampaikan apa yang diucapkan oleh orang lain atau diri sendiri. Untuk melakukan reported speech, Sedulur dapat menggunakan dua cara, yaitu direct speech atau kalimat langsung dan indirect speech atau kalimat tidak langsung.

Lalu, direct and indirect speech rumusnya bagaimana?

Membahas rumus atau struktur kalimat langsung dan tidak langsung artinya juga membahas rumus dari reported speech. Masih mengutip dari Cambridge Dictionary, struktur reported speech terbagi menjadi dua bagian, yaitu reporting clause atau klausa melaporkan dan reported clause atau klausa yang dilaporkan. 

Dalam bentuk direct speech, kedua bagian ini dapat diletakkan secara bebas, artinya Sedulur dapat menuliskan reporting clause terlebih dahulu dan kemudian diikuti reported clause ataupun sebaliknya.

Reporting clause terdiri atas kata kerja seperti say, tell, ask, reply, dan lain sebagainya yang ditulis atau diucapkan dalam bentuk lampau. Sedangkan, reported clause memuat ucapan asli seseorang yang ditandai dengan tanda petik.

Adapun rumus direct speech dapat dituliskan sebagai berikut:

(reporting clause), “(reported clause).”

atau

“(reported clause),” (reporting clause).

Contoh direct speech:

  • William said, “I need your help.”
  • “I don’t need you any more,” said Rita.

Sementara itu, indirect speech umumnya didahului oleh reporting clause dan diikuti reported clause. Selain itu, tidak digunakan tanda koma untuk memisahkan antara reporting clause dan reported clause. Apabila reporting clause diletakkan di akhir kalimat, tanda koma diperlukan sebagai pemisah antara kedua bagian tersebut. Namun bentuk kalimat ini tidak umum digunakan.

Perlu diperhatikan juga bahwa dalam kalimat tidak langsung, Sedulur tidak menyampaikan ujaran orang lain sama persis seperti ujaran alisnya. Selain itu tidak digunakan tanda petik dua maupun tanda baca seperti tanda tanda dan seru pada reported clause.

Sehingga dapat dituliskan bahwa rumus indirect speech adalah sebagai berikut.

(reporting clause) + (reported clause)

atau

(reported clause), (reporting clause). 

Contoh indirect speech:

  • He asked me why I was so upset.
  • Maria told me she’s thinking of moving to Canada.

BACA JUGA: Simple Present Tense: Pengertian, Rumus & Contoh Kalimatnya

Perubahan direct speech menjadi indirect speech

Freepik

Telah diketahui bersama bahwa direct and indirect speech merupakan bagian dari reported speech. Pertanyaan selanjutnya yang mungkin ada di benak Sedulur adalah, bagaimana cara mengubah direct speech menjadi indirect speech?

Pada umumnya, perubahan dari direct speech ke indirect speech dapat dilakukan dengan menghilangkan tanda baca yang menjadi ciri direct speech, yakni tanda koma pemisah reporting clause dan reported clause serta tanda petik dua yang membatasi bagian reported clause. Selain ada beberapa hal lain yang perlu Sedulur perhatikan.

Pertama, setelah tanda koma pemisah dihilangkan, Sedulur perlu menambahkan kata penghubung seperti “that” atau “to” di antara reporting clause dan reported clause. Aturan ini berlaku untuk direct speech dengan struktur kalimat reporting clause mendahului reported clause.

Berikutnya, gunakan kata ganti orang sesuai dengan penutur yang ujarannya dikutip atau disampaikan kembali.

Contoh perubahan kalimat langsung ke kalimat tidak langsung:

Contoh 1

  • Direct speech: Maria said, “I will leave the country.”
  • Indirect speech: Maria said that she will leave the country.

Dapat diperhatikan bahwa pada contoh di atas tanda koma dan tanda petik dua dihilangkan. Kemudian digunakan kata hubung “that” di antara reporting clause dan reported clause.

Contoh 2

  • Direct speech: My mother told me, “please, open the door.”
  • Indirect speech: My mother told me to open the door.

Pada contoh di atas, digunakan disisipkan kata “to” karena reported clause berupa kalimat perintah. Selain itu kata “please” dihilangkan.

BACA JUGA: Linking Verb: Pengertian, Fungsi, Penggunaan & Contohnya

Jenis-jenis

direct and indirect speech
Freepik

Secara umum, terdapat tiga jenis perubahan dari direct speech ke indirect speech. Pertama adalah pergantian tenses, pergantian keterangan waktu, dan pergantian keterangan tempat. Berikut penjelasannya.

1. Pergantian tenses

Mengutip dari laman EF, dalam proses mengubah kalimat langsung menjadi tidak langsung, tidak jarang Sedulur perlu mengganti jenti tenses. Umumnya pergantian tenses berupa perubahan dari present tense menjadi past tense.

Contoh: 

  • Direct speech: She said, “I take yoga class twice a week.” 
  • Indirect speech: She said that she took yoga class twice a week.”

Namun aturan perubahan tenses ini tidak berlaku apabila reporting clause pada direct speech dalam bentuk present tense atau future tense. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Direct speech: She says, “I am ill.”
  • Indirect speech: She says that she is ill.

2. Perubahan keterangan waktu

Jenis direct and indirect speech berikutnya adalah mensyaratkan adanya perubahan keterangan waktu. Hal ini perlu diperhatikan jika dalam direct speech terdapat keterangan waktu seperti now, tomorrow, yesterday, dan sebagainya. Sebab keterangan waktu ini dapat menyebabkan perubahan makna ketika direct speech diubah menjadi indirect speech.

Berikut daftar perubahan keterangan waktu yang bisa menjadi catatan Sedulur sebagaimana dikutip dari Gramedia Blog.

  • now menjadi then
  • today menjadi that day
  • yesterday menjadi the day before, the previous day
  • last night menjadi the night before
  • last week menjadi the week before
  • a week ago menjadi a week before
  • a month ago menjadi a month before
  • tomorrow menjadi the following day, the next day
  • next week menjadi the following week
  • next month menjadi the following month
  • next year menjadi the following year

3. Perubahan keterangan tempat

Selain keterangan waktu, keterangan tempat pada kalimat langsung juga perlu diperhatikan ketika mengubahnya ke kalimat tidak langsung. Adapun contoh perubahan keterangan tempat adalah sebagai berikut.

  • here menjadi there
  • this menjadi that
  • these menjadi those

BACA JUGA: Phrasal Verb: Pengertian, Jenis-Jenisnya dan Contoh Kalimatnya

Contoh kalimat

Freepik

Untuk lebih memahami tentang kalimat langsung dan tidak langsung, tak ada salahnya bagi Sedulur menyimak contoh-contoh kalimat termasuk perubahan dari kalimat langsung ke kalimat tidak langsung. Direct and indirect speech contohnya adalah sebagai berikut.

Contoh 1

  • Direct speech: My mom said, “I am going to your school today.”
  • Indirect speech: My mom said that she was going to my school that day.

Contoh 2

  • Direct speech: Andriana said, “We are watching a movie.”
  • Indirect speech: Andriana said that they were watching a movie.

Contoh 3

  • Direct speech: Mario said to me, “You should find a job.”
  • Indirect speech: Mario advised me that he should find a job.

Contoh 4:

  • Direct speech: She said, “I’m waiting for my boyfriend.”
  • Indirect speech: She said that she was waiting for her boyfriend.

Contoh 5

  • Direct speech: Lani asked me, “Can you help me?”
  • Indirect speech: Lani asked me if  I could help her.

BACA JUGA: Penggunaan Was dan Were yang Benar dalam Bahasa Inggris

Latihan soal direct and indirect speech

Freepik

Di samping menyimak contoh-contoh perubahan kalimat langsung menjadi kalimat tidak langsung seperti yang telah dipaparkan di atas, Sedulur juga dapat mencoba menyelesaikan direct and indirect speech latihan soal berikut ini.

Contoh soal 1

  • Direct speech: Debora said, “I have completed the task.”
  • Indirect speech: _____________________________

Contoh soal 2

  • Direct speech: He said, “My parents will go to museum tomorrow.”
  • Indirect speech: _____________________________

Contoh soal 3

  • Direct speech: Karina asked me, “Please, switch on the fan.”
  • Indirect speech: _____________________________

Contoh soal 4

  • Direct speech: My brother said, “I need a new laptop.”
  • Indirect speech: _____________________________

Contoh soal 5

  • Direct speech: They said, “We want to go home now.”
  • Indirect speech: _____________________________

Demikian tadi pembahasan tentang direct and indirect speech atau kalimat langsung dan tidak langsung. Dapat dipahami bahwa kedua bentuk kalimat tersebut digunakan untuk melaporkan atau menyampaikan kembali suatu ujaran, baik yang diucapkan oleh orang lain maupun diri sendiri. Di samping itu, Super juga merangkum lima contoh soal yang bisa Sedulur kerjakan sebagai latihan untuk lebih memahami materi tersebut. Selamat belajar!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.