contoh autobiografi diri sendiri

Autobiografi adalah jenis teks berisi catatan riwayat hidup yang ditulis sendiri. Selain menjadi salah satu materi pelajaran di sekolah, autobiografi juga kerap disyaratkan ketika mengurus administrasi untuk melanjutkan pendidikan maupun dalam dunia profesional. Untuk itu, penting bagi Sedulur mengetahui contoh autobiografi diri sendiri sehingga bisa membuatnya ketika diperlukan.

Nah, pada artikel kali ini Super telah merangkum beberapa contoh autobiografi diri sendiri. Selain itu juga akan dipaparkan informasi mengenai pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks autobiografi. Yuk, langsung disimak!

BACA JUGA: 15 Contoh Biografi Diri Sendiri yang Singkat, Lengkap & Menarik

Apa itu autobiografi?

contoh autobiografi diri sendiri
Depositphotos

Sebelum menyimak contoh autobiografi diri sendiri, ada baiknya Sedulur memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan teks autobiografi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), autobiografi adalah riwayat hidup pribadi yang ditulis sendiri. Sementara, Eriyanto dalam buku Analisis Jaringan Komunikasi (2014) menjelaskan pengertian autobiografi sebagai catatan riwayat hidup yang ditulis oleh diri tokoh itu sendiri.

Autobiografi biasanya ditulis untuk menunjukkan riwayat hidup seseorang kepada orang lain, baik untuk keperluan pendidikan maupun pekerjaan atau profesional. Namun karena ditulis oleh tokoh itu sendiri, autobiografi memiliki kecenderungan bersifat subjektif.

Dilansir Detik.com, catatan sejarah menyebut bahwa mulanya autobiografi dikenal sebagai jenis teks yang digunakan untuk mencatat peristiwa sejarah. Hal ini terjadi hingga sekitar abad ke-19. Barulah pada abad ke-20, autobiografi menjadi lambang kepekaan pribadi di antara perubahan budaya dan tidak lagi dilihat sebagai catatan empiris suatu peristiwa sejarah.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Film Biografi Tentang Tokoh Terkenal Dunia

Ciri-ciri autobiografi

contoh autobiografi diri sendiri
iStock

Terdapat lima ciri autobiografi yang perlu Sedulur perhatikan, sebagaimana dikutip dari Kompas.com.

  • Berisikan riwayat atau kisah perjalanan hidup si penulis.
  • Dibuat untuk memperkenalkan diri kepada orang lain, termasuk mengenai latar belakang pendidikan atau pekerjaan.
  • Selain untuk memperkenalkan diri, autobiografi juga bisa menjadi sarana untuk memberikan motivasi kepada orang lain.
  • Ditulis menggunakan sudut pandang orang pertama.
  • Umumnya ditulis oleh tokoh itu sendiri namun juga bisa dengan bantuan orang lain sesuai penuturan tokoh tersebut.

Struktur autobiografi

Freepik

Mengutip dari Zenius.net, struktur teks autobiografi secara umum terdiri atas lima bagian, sebagai berikut.

  1. Judul, biasanya diambil dari nama tokoh terkait atau juga bisa dalam bentuk judul lainnya.
  2. Latar belakang keluarga termasuk informasi mengenai kelahiran, pekerjaan orang tua, dan lain sebagainya.
  3. Latar belakang pendidikan tokoh hingga jenjang terakhir yang diperoleh atau yang sedang dijalani.
  4. Latar belakang pekerjaan tokoh apabila sudah bekerja.
  5. Hasil karya, prestasi, penghargaan atau berbagai pencapaian yang pernah diraih, khususnya yang berkaitan dengan tujuan penulisan autobiografi.

BACA JUGA: Pengertian Struktur Teks Biografi Beserta Ciri & Contohnya

Contoh autobiografi diri sendiri untuk pelajar

Depositphotos

Berikut contoh autobiografi diri sendiri untuk pelajar.

Aku lahir di Tangerang, 19 Desember 1996. Namun, saat ini aku tinggal di Bandung dan menginjak bangku kelas 2 SMA di SMA Negeri 1 dengan jurusan IPA. Hobiku adalah bernyanyi dan berolahraga, terutama renang. Bagiku, renang sudah seperti makanan sehari-hari yang menyehatkan tubuh.

Waktu umur 6 tahun, aku tinggal di dekat Sungai Cisadane. Setiap musim hujan, sungai tersebut meluap hingga banjir. Aku akhirnya sering mengungsi ke tempat lain, terkadang juga menginap di rumah keluarga lain. Hal itu terus berulang hingga kami memutuskan pindah kota.

Setelah memasuki bangku SMA, aku menyadari bahwa banjir tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga masyarakat. Banyaknya orang yang membuang sampah sembarangan menyebabkan sungai meluap tanpa henti. Masyarakat perlu memperbaiki perilaku buruk yang merugikan lingkungan ini.

Oleh karena itu, aku akhirnya bergabung dengan Komunitas Go Earth. Komunitas ini mengajak banyak orang untuk aktif sebagai sukarelawan dalam membersihkan sampah-sampah di pantai dan sungai yang berserakan. Komunitas ini juga menjelaskan gaya hidup baru yang dapat memperbaiki lingkungan secara perlahan.

Kini, aku merasa bangga dengan pencapaian yang mau berusaha memperbaiki lingkungan. Semoga orang lain juga dapat tergerak dengan aksiku dan membantu menyehatkan lingkungan yang mulai rusak ini.

(Sumber: Detik.com)

BACA JUGA: Kumpulan Contoh Teks Cerita Sejarah Singkat dan Strukturnya

Contoh autobiografi diri sendiri untuk profesional

iStock

Contoh 1

Sedulur yang ingin menulis autobiografi untuk keperluan pekerjaan atau profesional bisa menyimak contoh berikut.

Nama saya Yudi Prasetyo. Saya seorang guru SD. Mungkin bagi Anda sekalian, pekerjaan ini mudah dan bahkan terkesan remeh. Namun, saya merasakan sendiri bagaimana beratnya menjadi seorang guru. Apalagi honorer. Meskipun banyak kesulitan yang saya lalui, tidak pernah sedetik pun saya menyesal menjadi guru. Sebab, menjadi guru adalah panggilan jiwa saya.

Saya senang mengajar sejak kecil. Saya menyadari ini dari kebiasaan saya mengajar dua adik saya ketika masih duduk di bangku sekolah. Saya mulai mengajar di tempat les sejak SMA pada 2002. Kegembiraan yang saya rasakan selama mengajar di tempat les membuat saya tidak ragu memilih jurusan PGSD di bangku kuliah.

Awalnya, menjadi guru dengan status PNS adalah tujuan utama saya. Namun, takdir berkata lain. Setiap seleksi CPNS guru, saya selalu gagal. Pada 2010, saya sempat berpikir untuk berhenti menjadi guru dan banting setir menjadi pengusaha saja. Namun, ada satu momen di mana jiwa saya kembali terpanggil, yakni ketika anak saya minta diajari pelajaran sekolah.

Sekarang sudah 15 tahun saya mengabdi sebagai guru honorer.

Contoh 2

Di sisi lain, berikut adalah contoh autobiografi untuk seorang pengusaha yang bisa Sedulur jadikan referensi.

Orang mengenal saya dengan sebutan ‘Raja Perabot Dapur’. Nama saya mungkin sulit diingat karena terlalu biasa, Agus Susanto, sehingga orang memberi julukan yang unik. Julukan itu sendiri tidak asal disematkan. Saya merintis usaha produsen perabot dapur sejak tahun 1956.

Saya awali usaha kecil saya di gudang dekat rumah, menyulapnya menjadi tempat produksi kecil-kecilan. Saya melakukannya sambil belajar tentang bisnis dan ekonomi. Pelan-pelan, saya mengembangkan bisnis dari gudang dekat rumah ke pabrik ukuran sedang. Karyawan saya yang awalnya hanya 5 orang, berkembang menjadi 500 orang pada 1965.

Saya mematenkan produk perabot dapur buatan saya, MasAgus, pada 1968. Sejak saat itu, usaha saya berkembang pesat hingga bisa berproduksi di pabrik besar di beberapa kota. Pada 2000, produk saya resmi mendapatkan penghargaan sebagai produk perabot dapur terbaik di Indonesia.

(Sumber: Detik.com)

BACA JUGA: 10 Contoh Teks Editorial Beserta Pengertian & Strukturnya

Contoh autobiografi diri sendiri bahasa Inggris

Freepik

Sedulur juga bisa membuat tulisan autobiografi dalam bahasa Inggris seperti contoh berikut.

I was born on a cold winter night, when even time seemed to stand still, in my native Bennington, Oklahoma. I do not remember much of my early childhood, but my mom said I was a very active, curious, and communicative child. I would ask dozens of questions each minute, even without waiting for the answers. I suppose this is why my parents offered me books and educational movies as early as my third birthday.

Fortunately, my thirst for knowledge did not come to an end when I was at school. I was passionate about history and science. This passion helped me gain a profound knowledge of these areas, and I was admitted to the college of my dreams. Today, I am a student at a law school, and I feel very happy about it.

I am certain that my degree will become my ticket to a better tomorrow. I want to become a renowned lawyer in the field of employment legislation. I study hard and devote my free time to reading scholarly reviews and watching interviews with recognized specialists in the field.

Of course, I understand that life is not just a bed of roses, and challenges and hardships are an integral element of life. Since my parents could not help me cover my college expenses in full, paying off my student loan has become an important challenge for me. I combine a part-time job and full-time study to earn my living and my education. I feel triumphant at the beginning of every month when I receive my salary and plan how I will spend my money.

I have come to believe that two main factors determine success. The first is a person’s determination and will to succeed. Are you ready to make sacrifices to achieve your goal, like working and studying at the same time? Are you prepared to recover after failure and proceed to your goal again? Without strong internal motivation, it is nearly impossible to become successful.

Equally important is the support of people around you. Being determined to succeed does not mean alienating everyone and stepping on other people to achieve your goal. On the contrary, success is about recognizing your weaknesses and accepting support from people who genuinely want to help you. For instance, if it were not for my parents’ support of my educational endeavors, I might not be attending law school today.

(Sumber: Custom-Writing.org)

Demikian contoh autobiografi diri sendiri yang menarik dan singkat yang dapat kamu jadikan untuk referensimu. Di samping juga telah dipaparkan penjelasan singkat mengenai pengertian, ciri-ciri, dan struktur teks autobiografi. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.