Biografi diri sendiri adalah sesuatu yang saat ini menempati status penting dalam sebuah resume dan profil Linkedin. Keberadaannya bisa menunjang kemajuan dan perkembangan karirmu. Untuk itu perlu bagi Sedulur membuat biografi yang elegan dan terkesan profesional. Berikut belasan contoh biografi diri sendiri untuk melamar pekerjaan beserta tips membuat yang autentik.

BACA JUGA: Apa itu Copywriter: Pengertian, Tugas, Syarat, serta Potensinya

Apa itu biografi profesional?

Sebelum ke contoh biografi diri sendiri yang menarik, ada baiknya Sedulu tahu dulu apa definisi biografi profesional. Intinya adalah sebuah paragraf yang berisikan informasi mengenai posisi pekerjaan saat ini, latar belakang pendidikan, pencapaian, dan minat. 

Bio profesional biasanya disematkan dalam resume atau CV, media sosial seperti Linkedin, hingga profil di situs pribadi maupun situs tertentu yang mencatutmu sebagai kontributor atau bagian dari sebuah instansi tertentu. Tujuan dari pembuatannya sendiri adalah memudahkan calon recruiter mengenalmu sebagai seorang profesional di bidang yang sedang digeluti.

Cara menulis biografi sendiri 

Ada beberapa cara menulis biografi diri sendiri yang baik. Berikut ini jawabannya.

1. Tentukan dulu target audiens atau sasaran.

Apakah Sedulur menulisnya untuk melamar sebuah pekerjaan, kampus, atau program beasiswa? Atau menulis bio untuk kebutuhan disematkan dalam buku karangan maupun artikel yang dipublikasikan oleh situs daring, dan lain sebagainya.

2. Pilih sudut pandang yang dipakai

Biasanya untuk tujuan profesional, biografi ditulis dari sudut pandang orang ketiga. Dengan begitu, Sedulur tidak menggunakan kata ganti ‘aku’, melainkan ‘dia’ dan silakan sebut nama. Namun, untuk media sosial dan deskripsi di vlog, Sedulur boleh menggunakan kata ganti orang perrtama.

3. Kenalkan diri sendiri dan posisimu saat ini

Di kalimat pertama, Sedulur harus sudah mencantumkan nama dan posisi yang diemban saat ini. Bila dalam keadaan sedang menganggur, silakan cantumkan posisimu sebelumnya.

4. Cantumkan kelebihan dan pencapaianmu

Tentunya kelebihan dan pencapaian ini yang paling relevan dengan pekerjaan atau posisi yang sedang disasar. Tidak perlu mencantumkan semuanya mengingat jumlah kata di biografi profesional terbatas.

5. Sebutkan pula proyek yang digarap saat ini

Dalam biografi profesional, penting pula untuk menyebutkan proyek yang sedang Sedulur garap atau hal yang sedang dipelajari. Ini bentuk bahwa Sedulur orang yang suka belajar dan tidak malas berusaha.

6. Boleh memasukkan hal di luar ranah profesional 

Misalnya hobi atau hal yang disuka saat luang atau tidak sedang bekerja. Ini adalah pengingat bahwa Sedulur adalah manusia yang juga butuh waktu rehat.

7. Jangan lupa cantumkan kontak yang bisa dihubungi

Bisa berupa alamat email, tautan Linkedin, dan situs portofoliomu. Jangan memasukkan nomor telepon mengingat ini merupakan informasi yang sensitif dan sangat personal.

Tips menulis biografi 

  • Gunakan bahasa baku, tata bahasa dan ejaan yang benar.
  • Hanya cantumkan informasi yang mendukung dan relevan dengan tujuanmu menulis biografi.
  • Daripada menggunakan kata sifat untuk menjelaskan kelebihanmu, gunakan contoh dan kata kerja lebih banyak untuk menunjukkan pencapaianmu dan cara kerjamu selama ini.
  • Selalu perbarui biografi sesuai dengan perkembanganmu sebagai seorang profesional, mungkin ada pengalaman baru yang lebih mumpuni dan relevan.
  • Tulis biografi seperti cerita, bukan daftar pengalaman dan pencapaian biasa.
  • Baca ulang dan jangan ragu buat mengulang bila memang Sedulur kurang puas dengan performa biografimu 

BACA JUGA: Apa itu Desainer Grafis: Pengertian, Tugas, & Prospek Kerja

1. Contoh biografi diri sendiri singkat 

contoh biografi diri sendiri
Pexels

Biografi singkat ini cocok diletakkan di profil media sosial, blog, atau portofolio milikmu sebagai pengantar sebelum orang menengok pengalaman-pengalaman profesional yang Sedulur sertakan.

“Julio Pambudi adalah jurnalis lepas yang bekerja untuk beberapa media nasional seperti Kompos, Tempa, dan Vize. Tertarik dengan isu-isu ekonomi digital dan keamanan siber. Twitter:@juliopamb.”

2. Biografi bahasa Inggris dengan grammar yang tepat 

contoh biografi diri sendiri
Pexels

Berikut contoh biografi diri sendiri bahasa Inggris yang bisa Sedulur sertakan di profil Linkedin.

Galang Rahya had worked as a junior SEO specialist for an emerging local startup in his hometown. He currently earned a Master Degree in Data Science and is working on several data visualization projects for several international and national media. When he is not behind a computer screen, he will be found exploring cities to take photos.”

3. Biografi diri sendiri yang netral 

contoh biografi diri sendiri
Pexels

Berikut contoh biografi diri sendiri yang menarik dan tidak bertele-tele. Bisa dipakai untuk situs portofolio atau Linkedin.

“Amelia Wardani adalah seorang fotografer produk yang sudah bekerja sama dengan banyak brand lokal dan nasional. Karyanya sudah membantu banyak bisnis berkembang pesat. Gaya fotografi yang diusungnya adalah minimalis dan elegan sehingga memberikan kesan profesional serta mewah pada produk. Saat ini Amelia sedang tertarik mengeksplorasi keterampilan motion photography dan videografinya.”

4. Biografi dengan sudut pandang orang pertama 

Pexels

Sedulur juga boleh menengok contoh biografi diri sendiri sudut pandang orang pertama seperti berikut ini.

“Setelah mengundurkan diri dari posisi manajerial di perusahaan kosmetik internasional untuk fokus membesarkan anak, saya mulai memulai bisnis dari rumah berbekal pada misi saya untuk memproduksi skincare berkualitas dengan harga terjangkau. Di samping mengurus bisnis dan keluarga, saya kadang mengisi webinar tentang bisnis dan membuat video tutorial di media sosial.”

BACA JUGA: 12 Cara Perkenalan Diri saat Interview beserta Contohnya

Bila ingin membuat yang lebih imersif, Sedulur boleh juga mencoba cerita tentang diri sendiri yang lebih menyeluruh. Begini contohnya.

“Miska Andini adalah seorang pengacara, penulis, dan ibu dua anak. Ia pernah mengabdi sebagai staf khusus Kementerian Luar Negeri selama 10 tahun sebelum akhirnya mengundurkan diri dan membangun firma hukum bersama rekan-rekannya. Misinya kini adalah membantu orang-orang kurang mampu mendapatkan bantuan hukum yang layak. Saat luang, Miska suka menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah atau nonton drama Korea favoritnya. Saat ini ia juga disibukkan dengan studi Master di Fakultas Hukum Universitas Harvard yang ia kejar secara daring.”

6. Biografi buat mahasiswa

Pexels

Mahasiswa juga butuh biografi profesional. Misalnya untuk mendaftar studi Master atau magang di sebuah perusahaan. Berikut contoh biografi diri sendiri mahasiswa.

“Sukarno Basuki adalah mahasiswa Ilmu Ekonomi tahun terakhir di Universitas Dua Belas Maret yang kini sedang mengerjakan skripsinya. Ia sedang mempertimbangkan karir di bidang finance dan consulting setelah bertahun-tahun menyaksikan sendiri bagaimana kedua orang tuanya membangun bisnis laundry dari tradisional sampai versi modern. Pengalaman ini turut memberinya sejumlah pengetahuan tentang bisnis. Ia berharap mendapat pengalaman dan ilmu lebih di bidang keuangan dan manajemen bisnis agar bisa membantu pebisnis lain menentukan keputusan dengan lebih tepat serta terarah. Selain belajar dan membantu bisnis orang tuanya, Sukarno rutin berlatih skate dengan komunitas di kotanya.”

7. Biografi bahasa Inggris untuk mahasiswa 

Pexels

Bila tertarik memperluas pengalaman ke luar negeri, Sedulur wajib nih membuat biografi profesional dalam bahasa Inggris. Tak terkecuali mahasiswa. Begini contohnya.

Rai Dahlan Suryono is finishing his studies in International Relations after successfully defending his thesis on Southeast Asia’s democracy future. While waiting for the graduation ceremony, Rai would like to gain experience on negotiation and policy formulation by joining local or international NGOs or IGOs. Rai has excellent English proficiency and has been learning French for the past year. When he is not busy reading about current affairs in Asia, he enjoys drawing and creating custom fonts.”

BACA JUGA: 10 Contoh Surat Perjanjian serta Panduan Lengkap Membuatnya

8. Contoh biografi untuk kontributor buku atau penulis artikel fitur 

Pexels

Jika Sedulur membutuhkan biografi diri sendiri untuk dicantumkan dalam buku yang menyertakanmu sebagai penulis atau kontributor, cobalah contoh di bawah.

“Winda Ningrum adalah seorang psikiater yang berpengalaman menangani sejumlah pasien demensia sepanjang karirnya. Pengalamannya bersentuhan langsung dengan pasien dan keluarganya membuat Winda punya banyak insight yang kemudian ia tuliskan dalam blog pribadinya. Winda bisa dihubungi lewat gmail@windaningrum.com atau media sosial @ulikdemensia.”

9. Biografi unik untuk pekerja lepas 

Pexels

Jika Sedulur adalah pekerja lepas yang ingin menarik klien, coba bahasa biografi yang unik berikut ini, deh. Siapa tahu bikin banyak calon klien menghubungimu.

I always thought I would land in a corporate job as it is the only thing I knew was pursued by most of my family members. I ended up getting one after months of applying. Prior to my fifth year there, I unintentionally found a Python course advertisement on YouTube. That’s when I realized I could pursue another career path. I took the course for several months and started to create a personal project. It was fun and I could not stop. I dared myself to approach and offer service to several local startups with limited resources. From there, my career took off. I have been in this industry for 5 years now. My specialties include programming languages and website optimization.”

10. Biografi diri sendiri buat pegiat industri kreatif 

Pexels

Buat Sedulur yang bergerak di industri kreatif, jangan malu-malu untuk membuat gebrakan. Seperti contoh di bawah ini, nih. Berani bikin?

“Sidharta Gozali adalah desainer yang sudah memenangkan berbagai penghargaan lokal dan nasional. Ia menghabiskan 10 tahun belajar desain grafis dan ilustrasi secara otodidak. Memulai karirnya dari situs sayembara, Sid, panggilan akrabnya sudah pernah bekerja bareng jenama-jenama lokal dan internasional terbaik. Vius, Pepsider, Cotton Royale merupakan beberapa contohnya.”

11. Biografi panjang yang lengkap dengan latar belakang asal 

contoh biografi diri sendiri
Pexels

Jika ingin contoh biografi diri sendiri panjang, coba referensi di bawah ini.

“Lexi lahir di Jakarta tahun 1993. Ayahnya adalah seorang pegawai pemerintah dan ibunya seorang pustakawan sekolah. Di usia 4 tahun, orang tuanya memboyong Lexi pindah ke Pulau Halmahera, Maluku Utara untuk urusan pekerjaan. Berada di pulau indah itu membuat Lexi menyukai kegiatan menjelajah alam bersama teman-teman seusianya. Tidak lama berselang dari kepindahannya, tepatnya di tahun 1999, sang adik perempuan lahir dan Lexi membina hubungan yang dinamis dengan bayi kecil itu.

Kadang mereka bertengkar, tetapi tidak jarang mereka saling merindukan satu sama lain. Hingga akhirnya, Lexi harus pergi merantau untuk menempuh pendidikan tinggi di Bandung. Ia awalnya menyasar jurusan Bioteknologi, tetapi kemudian memilih hijrah ke Teknik Elektro karena melihat peluang kerja yang lebih menjanjikan. Prediksinya tidak sepenuhnya benar, persaingan tetap ketat dan Lexi harus menghabiskan waktu berbulan-bulan hingga mendarat di sebuah pekerjaan korporat. Kini Lexi sedang giat belajar coding setelah tidak sengaja melihat vlog seorang mahasiswa Cambridge tentang kuliahnya di jurusan Computer Science.

Jika ada yang tertarik bekerja sama dengannya di bidang coding dan programming, silakan hubungi Lexi di Twitter:@lexicodingent.”

BACA JUGA: Cara Membuat Footnote Mudah & Cepat dengan Gambarnya

12. Biografi diri sendiri untuk bio Twitter dan Instagram 

contoh biografi diri sendiri
Pexels

Sedulur juga butuh membuat online presence yang baik di media sosial pribadi. Terutama Twitter dan Instagram, seperti contoh di bawah ini.

“Hobi travelling ke tempat-tempat anti-mainstream. Hidup menjadi buruh tulis di @Natgeotraveller sejak 2016.”

Atau bisa juga begini.

“Pecinta lingkungan dan vegan yang tidak suka menghakimi. Punya bisnis yang minim sampah @nowasteskincare.” 

Contoh di bawah ini juga bisa menjadi referensi.

“Mahasiswa yang sering gabut karena tahun terakhir. Punya podcast @melirikkolongkasur bareng @egipradanap.”

13. Biografi buat yang baru lulus kuliah

contoh biografi diri sendiri
Pexels

Contoh cerita tentang diri sendiri untuk fresh graduate yang masih galau. Meski masih nganggur, Sedulur tetap harus percaya diri dan optimis seperti ini.

“Karin Novaya adalah lulusan Sastra Inggris yang kini sedang menikmati momennya menulis di beberapa media nasional. Gaya tulisannya satir sampai esai opini yang menggugah. Isu yang sering diangkatnya mulai dari feminisme dan antropologi digital. Ia fasih menulis dalam bahasa Indonesia dan sedang giat memoles kemampuan menulis dalam bahasa Inggris. Sambil menunggu rezeki menjemputnya, Karin akan sangat senang diajak kerja sama lewat Twitter @karinovaya14 atau email karinovaya@gmail.com.” 

14. Menulis biografi untuk ASN yang tidak mau kalah keren 

Pexels

ASN zaman sekarang juga tak boleh kalah dari pekerja lepas dan korporat yang punya Linkedin mentereng. Coba contoh biografi diri sendiri berikut, deh. 

“Marlena Suryahapsari adalah ASN di Kementerian Luar Negeri yang bertugas melakukan negosiasi terkait kerja sama internasional. Marlena pernah mewakili Indonesia sebagai bagian dari delegasi yang ditugaskan menyelesaikan sengketa dagang dengan Amerika Serikat terkait impor kedelai tahun 2020 lalu. Di luar pekerjaannya mengabdi pada negara, ia meluangkan waktu untuk membantu bisnis keluarganya di rumah pada akhir pekan.”

15. Biografi untuk Sedulur yang punya banyak pencapaian 

contoh biografi diri sendiri
Pexels

Bila Sedulur memiliki banyak pencapaian yang kiranya relevan dan sayang buat tidak ditunjukkan pada calon recruiter dan klien, coba cara berikut.

“Laila Sedani baru saja dinobatkan sebagai salah satu anak muda berpengaruh di dunia lewat daftar 30 Under 30 versi majalah Forbes. Ia adalah seorang pelaku bisnis sosial yang sudah membantu ibu-ibu di desa tempatnya lahir mendapat penghidupan layak. Laila beberapa kali diminta menjadi pembicara di berbagai acara televisi, siniar, dan vlog. Buku debutnya yang berjudul Ibu-Ibu Desa baru saja terbit dan bisa ditemukan di berbagai toko buku nasional.”

BACA JUGA: Apa itu Outsource: Pengertian, Jenis, Aturan & Contohnya

Kesalahan saat menulis biografi profesional untuk diri sendiri

Manusia tidak pernah luput dari kesalahan. Meski sudah revisi berkali-kali, ada saja hal yang ternyata kurang pas dan bikin biografimu tidak jadi dilirik calon klien atau recruiter. Untuk itu coba perhatikan beberapa kesalahan berikut agar tidak terulang.

  • Menulis dengan sudut pandang orang pertama dalam konteks profesional. Memang tidak ada larangan khusus, tetapi untuk tujuan profesional misalnya dimasukkan dalam resume atau saat Sedulur diminta untuk melengkapi artikel atau esai yang berhasil dipublikasi, biografi dengan sudut pandang orang ketiga akan jauh lebih enak dibaca dan netral.
  • Memulai dari masa lalu. Jika menulis biografi singkat, ada baiknya mulai dengan posisimu saat ini. Baru disusul dengan riwayat pengalaman dan latar belakang.
  • Terlalu bertele-tele dan puitis. Untuk tujuan profesional, buat biografi yang sepadat dan sejelas mungkin. Tidak perlu tambahan ungkapan dan kata-kata indah. Cukup jelaskan dalam 4—6 kalimat saja dalam satu paragraf.
  • Menyebutkan detail yang personal. Sebenarnya tahun lahir dan riwayat pendidikan dari SD tidak perlu disebutkan. Apalagi warna dan makanan kesukaan. Silakan simpan untuk dibagi dengan teman-teman saja.
  • Berbohong dan melebih-lebihkan. Ini adalah kesalahan fatal yang dilakukan pelamar. Jika sampai pihak lain tahu, Sedulur harus menanggung konsekuensi yang besar karena citramu sudah tercoreng sebagai pembohong dan pembual.
  • Terlalu banyak kata sifat yang hiperbola. Penggunaan kata sukses, besar, pekerja keras adalah hal yang sebaiknya dihindari. Lebih baik buktikan lewat kata kerja yang menunjukkan apa saja yang sudah Sedulur kerjakan dan capai. Dengan begitu, biografi akan lebih terlihat elegan dan rendah hati.
  • Mencantumkan moto hidup atau kutipan juga tidak perlu dulakukan. Silakan alokasikan ruang untuk hal yang lebih penting.
  • Humor yang tidak perlu dan belum tentu lucu. Usahakan menggunakan bahasa yang netral. Boleh menggunakan humor witty alias bukan humor receh, tetapi sebaiknya dipakai untuk biografi semi formal misalnya untuk media sosial atau blog pribadi.

Itu beberapa hal tentang biografi diri sendiri beserta contohnya. Semoga bisa mencerahkan Sedulur yang sedang berpikir untuk memperbaiki resume dan profil media sosial. Demi masa depan lebih baik. 

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.