Bisnis tanpa modal dapat menjadi pekerjaan sampingan untuk mendapatkan uang tanpa mengeluarkan biaya awal. Bisnis ini hanya mengandalkan kemampuan dan kemauan yang besar untuk memulainya. Meskipun tanpa modal, bisnis ini juga bisa jadi sumber cuan yang sangat menjanjikan. 

Dalam hal ini, tanpa modal yang dimaksud adalah tanpa uang awal yang besar. Sedulur bisa menjual keahlian dalam suatu bidang untuk memulai bisnis ini, dan menggunakan beberapa perlengkapan pendukung yang selama ini bisa jadi sudah tersedia, seperti motor, laptop, dan smartphone. 

Apa saja ide bisnis tanpa modal yang menjanjikan dan cara memulainya? Berikut adalah uraiannya untuk Sedulur!

BACA JUGA: 12 Situs Penghasil Uang dari Foto yang Bisa Dijadikan Bisnis

1. Menjadi guru les privat

bisnis tanpa modal
Fun Teacher Privat

Ide bisnis tanpa modal yang pertama adalah menjadi seorang guru les privat. Bisnis ini dapat Sedulur jadikan pekerjaan sampingan di sela-sela pekerjaan utama. Sedulur bisa memilih tingkatan siswa yang akan diajar, mulai dari murid TK, SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa.

Selain datang langsung ke rumah, beberapa siswa kini lebih suka melakukan les secara online via telepon video. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan Sedulur dari segi tenaga dan biaya transport. Cukup menyediakan laptop dan jaringan yang stabil, proses pembelajaran sudah bisa dilakukan.

Cara memulai bisnis ini juga mudah. Sedulur bisa bergabung dengan lembaga penyedia jasa les privat di sekitar rumah. Jika ada lowongan, segeralah mendaftar. Apabila pihak lembaga merasa cocok, Sedulur akan dihubungi dan bisa mulai mengajar pada esok harinya. Jika sudah berpengalaman, Sedulur bisa membuka sendiri bisnis jasa les privat ini.

Bisnis ini dianggap cukup menjanjikan karena dalam waktu 90 menit saja, Sedulur bisa mendapatkan gaji Rp30.000 hingga Rp200.000 sesuai jenjang pendidikan siswa tanpa modal uang sepeserpun.

2. Bergabung sebagai reseller atau dropshipper

bisnis tanpa modal
iStock

Ide bisnis lain yang bisa Sedulur coba adalah bergabung sebagai reseller atau dropshipper. Bisnis yang dilakukan dengan membantu orang lain menjual barang dagangannya ini juga dianggap cukup menjanjikan, apalagi jika Sedulur bisa menawarkan barang ke orang lain dengan harga yang lebih tinggi dari harga awalnya.

Dengan menjadi reseller atau dropshipper, Sedulur hanya perlu membuat materi promosi dan menyebarkannya ke orang-orang. Bahkan, ada beberapa brand yang sudah menyediakan materi promosinya, sehingga para reseller atau dropshipper hanya perlu menyebarkan materi tersebut di media sosialnya.

Cara memulai bisnis ini sangatlah mudah. Sedulur bisa memilih toko yang membuka kesempatan reseller dan dropshipper, lalu menghubungi admin toko untuk mengajukan data diri. Jika sudah disetujui, Sedulur bisa mulai menyebarkan materi promosi. Dari bisnis ini, rata-rata penghasilan yang bisa Sedulur dapatkan adalah 5-15% dari harga awal untuk setiap barang yang terjual.

BACA JUGA:12 Franchise Murah Dibawah 5 Juta untuk Bisnis Modal Kecil

3. Menjadi influencer

bisnis tanpa modal
iStock

Di era media sosial saat ini, menjadi seorang influencer nampak sangat menggiurkan. Bisnis dengan modal keberanian ini sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki rasa kepercayaan diri yang tinggi dan suka tampil di depan umum.

Ada banyak platform yang bisa Sedulur pilih untuk memulai bisnis tanpa modal ini. Mulai dari Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, hingga YouTube. Dengan materi konten yang menarik, orang-orang tentu saja akan melirik akun Sedulur dan akhirnya menekan tombol “Follow”. 

Cara memulai bisnis ini adalah memilih bidang konten. Ada banyak hal yang bisa Sedulur eksplorasi, seperti konten seputar kecantikan, konten seputar makanan, konten seputar film, konten jalan-jalan, hingga konten seputar outfit yang kekinian. Setelah itu, buatlah akun dan mulailah berkarya di platform yang sudah Sedulur pilih.

Jika Sedulur sudah memiliki jumlah followers yang cukup banyak, Sedulur pasti akan menerima endorse dari brand-brand sesuai bidang konten yang Sedulur geluti. Jika berhasil, Sedulur juga bisa masang rate card untuk setiap materi promosi yang diinginkan pihak pengendorse.

4. Bergabung dengan program afiliasi

bisnis tanpa modal
iStock

Akhir-akhir ini, program afiliasi memang sedang ramai diperbincangkan. Banyak anak muda yang mulai mengikuti program ini dengan hanya berbekal waktu luang, smartphone, dan koneksi internet cukup. Semangat yang masih membara memang sangat cocok untuk memulai bisnis afiliasi ini.

Cara bergabung dengan bisnis ini juga terbilang mudah. Sedulur bisa mendaftarkan diri di platform yang menyediakan program afiliasi dan mulai melakukan promosi ke orang lain. Sedulur akan menerima uang komisi untuk setiap barang yang dibeli dari tautan yang Sedulur sebarkan. Mudah, bukan? Semakin rajin, maka komisi akan semakin besar.

BACA JUGA: Ide Bisnis Makanan Kekinian dengan Modal Kecil

5. Menawarkan jasa desain

bisnis tanpa modal
Snapy

Jika Sedulur memiliki kemampuan dan kreativitas dalam hal desain, tidak ada salahnya untuk menawarkan jasa desain kepada orang lain. Dengan modal laptop atau komputer dengan aplikasi desain yang terpasang, Sedulur bisa memulai usaha sampingan ini dengan mudah.

Ada banyak pilihan desain yang bisa Sedulur tawarkan. Seperti desain logo, desain cover buku, desain materi promosi, desain pamflet, hingga desain undangan pernikahan. Sedulur juga bisa menyesuaikan desain dengan apa yang diminta oleh konsumen.

Selain menawarkan jasa dari mulut ke mulut, cobalah untuk bergabung dengan komunitas desain dan platform freelance designer. Disana, Sedulur akan menemukan banyak lowongan pekerjaan yang bisa Sedulur ambil sesuai kemampuan. Bahkan, jika Sedulur mendapatkan klien dari luar negeri, bayaran yang diterima akan semakin tinggi dalam bentuk Dollar.

6. Menjadi penulis lepas

bisnis
iStock

Selain bakat dalam hal desain, bakat dalam hal menulis juga bisa dijadikan ladang penghasilan yang menjanjikan. Tanpa perlu modal yang besar, Sedulur bisa mendapatkan uang yang lumayan dari menjadi seorang penulis lepas. 

Ada beberapa kategori penulis lepas yang bisa Sedulur geluti. Seperti content writer, copywriter, article writer, dan caption writer. Dari bisnis ini, Sedulur bisa mendapatkan gaji mulai dari Rp30.000 hingga Rp50.000 untuk setiap project yang berhasil diselesaikan.

Cara menjadi penulis lepas juga cukup mudah. Sedulur bisa mendaftar ke agensi jasa penulisan sebagai salah satu penulis dan mengambil job yang tersedia disana. Selain itu, Sedulur juga bisa mencari lowongan pekerjaan di platform online seperti jasa desain yang sudah dijelaskan sebelumnya.

BACA JUGA: Cara Kerja Bisnis Asuransi yang Sedang Viral di Medsos  

7. Membuka jasa titip (jastip)

bisnis
iStock

Bisnis tanpa modal lain yang bisa Sedulur coba adalah jastip atau jasa titip. Dengan modal tenaga, sedikit uang bensin, dan semangat yang tinggi, Sedulur bisa mengumpulkan sedikit demi sedikit keuntungan dari jasa ini.

Cara memulai bisnis ini juga mudah. Sedulur hanya perlu datang ke toko-toko terkenal yang memiliki banyak peminat, lalu menginfokan bahwa Sedulur sedang membuka jastip untuk menu atau barang yang mereka jual. Informasikan juga berapa biaya jasa untuk setiap barangnya.

Jika sudah, Sedulur tinggal mengantarkan barang pesanan tersebut ke para pemesan. Baik dengan sistem COD di suatu tempat, atau mengantarkannya langsung ke rumah masing-masing pelanggan. 

8. Membuka bisnis thrift

bisnis
iStock

Ide bisnis terakhir yang bisa Sedulur coba adalah membuka bisnis thrift atau pakaian bekas layak pakai. Bisnis ini bisa dijalankan jika sebelumnya Sedulur memiliki banyak baju yang masih layak pakai namun sudah tidak pernah lagi digunakan. 

Daripada dibuang begitu saja, Sedulur bisa menjualnya melalui usaha thrift. Bisa dibilang, ini adalah bisnis tanpa modal yang benar-benar tanpa modal. Hal ini karena Sedulur hanya menjual barang yang sudah Sedulur miliki tanpa melakukan usaha yang berarti.

Meskipun cukup menjanjikan, tapi bisnis ini juga tergantung jumlah pakaian yang Sedulur miliki. Jika pakaian sudah habis terjual, maka Sedulur harus putar otak lagi. Tapi tenang, Sedulur masih bisa membeli barang preloved dari agen thrift dan menjualnya lagi dengan brand yang sudah Sedulur bangun.

Nah, itulah 8 ide bisnis tanpa modal yang menjanjikan. Selama masih ada niat yang kuat untuk bekerja dan semangat dalam berusaha, bisnis yang Sedulur mulai akan menjadi sumber cuan sampingan yang layak diperhitungkan. Tetap semangat dan semoga berhasil! 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.