bisnis asuransi

Bisnis asuransi akhir-akhir ini ramai diperbincangkan lantaran unggahan sebuah video di TikTok yang menyebutkan jika gaji pegawai asuransi mencapai 1,1 M. Hal tersebut kemudian membuat banyak warganet tercengang yang kemudian menimbulkan banyak respon netizen. 

Penasaran dengan bagaimana cara kerja bisnis asuransi dan berapa kisaran gaji pegawainya? Simak rangkuman informasinya di bawah ini!

 BACA JUGA : Biaya Peluang adalah: Pengertian, Manfaat dan Contohnya

Apa itu bisnis asuransi?

bisnis asuransi
Freepik

Bisnis asuransi merupakan salah satu produk jasa yang memberikan perlindungan dan pengendalian resiko pada aset, baik itu bisnis, properti atau kendaraan. Terdapat beragam manfaat yang ditawarkan oleh bisnis asuransi ini, misalnya seperti mengganti kerugian, memberi perlindungan, menjamin kepemilikan nilai aset.  

Cara kerja

bisnis asuransi
Freepik

Secara umum, bisnis asuransi memiliki beberapa cara kerja, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Menawarkan jenis-jenis asuransi

Cara kerja bisnis asuransi yang pertama adalah menawarkan jenis-jenis asuransi yang dimilik oleh perusahaan sesuai dengan kebutuhan klien. Beberapa informasi yang akan disampaikan kepada calon nasabah diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Jenis asuransi (asuransi kesehatan, asuransi jiwa, atau asuransi kendaraan).
  • Manfaat asuransi yang akan diperoleh.
  • Premi asuransi yang harus dibayar.
  • Masa pertanggungan asuransi.
  • Tata cara pencairan klaim asuransi.
  • Nilai klaim yang akan didapat.
  • Risiko yang akan ditanggung.
  • Pengecualian klaim asuransi.

2. Membuat perjanjian polis asuransi

Jika calon nasabah sudah mulai tertarik sekaligus memahami jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan, maka langkah selanjutnya adalah memberikan formulir pengajuan asuransi sebagai syarat untuk perjanjian polis dengan kondisi sebagai beriktu ini.

  • Nasabah asuransi sebagai pihak pemilik polis (sekaligus tertanggung atau penerima manfaat). 
  • Perusahaan asuransi sebagai pihak penanggung (pemberi manfaat asuransi).

Isi dari perjanjian polis asuransi yaitu kewajiban penanggung membayar ganti rugi finansial atau manfaat asuransi dengan prasyarat tertanggung telah membayar premi.

3. Membayar premi asuransi

Nasabah asuransi berkedudukan sebagai pemilik polis wajib membayar premi agar nantinya dapat menerima manfaat asuransi. Perlu Sedulur ketahui jika besaran premi ini ditetapkan oleh perusahaan berdasarkan beberapa faktor. Diantaranya faktor tersebut adalah sebagai berikut.

  • Usia.
  • Manfaat asuransi yang diperoleh.
  • Cakupan pertanggungan.
  • Tambahan manfaat kalau diminta nasabah.
  • Kondisi awal dari calon pemilik polis atau tertanggung (pre-existing condition).
  • Lingkungan kerja.
  • Hobi.
  • Gaya hidup.

4. Menerima dan mencairkan klaim asuransi

Menerima premi dari tertanggung artinya perusahaan asuransi wajib untuk memenuhi kewajibannya terkait klaim manfaat asuransi oleh nasabah. Umumnya, dalam proses klaim asuransi dari nasabah, perusahaan nantinya akan melakukan pemeriksaan tentang peristiwa yang terjadi. Dilakukannya pemeriksaan atas peristiwa yang terjadi tersebut biasanya dilaksanakan dengan cara melakukan verifikasi ke pihak berwajib, instansi terkait seperti rumah sakit, keluarga, hingga kerabat sekitar.

Hal itu dilakukan untuk memastikan manfaat yang diterima tepat sasaran. Tertanggung yang mengajukan klaim nantinya akan menerima dua jawaban, yakni klaim disetujui atau ditolak.

BACA JUGA : Pengertian Bank Syariah: Fungsi, Jenis dan Istilah di Dalamnya

Gaji

bisnis asuransi
Freepik

Adapun perkiraan gaji pegawai asuransi berdasarkan pada kualifikasi dan pengalaman kerja adalah sebagai.

  1. Chief Information Security Officer, rentang gaji antara Rp 60 juta – Rp 80 juta dengan pendidikan minimal S1 dan pengalaman kerja di atas 10 tahun.
  2. Telemarketing Supervisor, rentang gaji antara Rp 4,5 juta – Rp 6 juta dengan pendidikan minimal S1 dan pengalaman kerja selama 3 tahun.
  3. Professional Insurance Advisor, rentang gaji antara Rp 4,5 juta – Rp 5 juta Pendidikan S1 dan pengalaman kerja selama 1 tahun.
  4. Quality Assurance Officer, rentang gaji Rp 4 juta – Rp 5 juta dengan pendidikan D3/s1  dan pengalaman kerja selama 1 tahun

 Demikian ulasan mengenai pengertian bisnis asuransi, cara kerja beserta rentang gaji pegawainya. Apakah Sedulur tertaik menjadi pegawai di perusahaan asuransi? 

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.