Apakah Sedulur ingat ketika Indonesia digemparkan dengan tren batu akik termahal di dunia? Hal itu terjadi sekitar tahun 2012 hingga 2015. Jika Sedulur berjalan-jalan, saat itu tidak akan sulit menemukan penjual hingga pengrajin batu akik.

Di sepanjang jalan, banyak pedagang yang tiba-tiba menjual batu akik. Biasanya, stan mereka dikerubungi oleh kelompok bapak-bapak. Keindahan batu akik membuat para kolektor berbondong-bondong mencari untuk menambahkannya ke dalam jajaran koleksinya.

Keindahan itu pula yang membuat harga batu akik seringkali tidak murah.Banyak sekali batu akik termahal dan macam macam batu akik termahal yang diburu oleh para peminatnya. Lalu, seperti apa ya bentuk dan jenis batu akik termahal ini? Yuk, kita simak penjelasan mengenai batu akik termahal dan terlangka berikut ini.

BACA JUGA: 8 Cara Merawat Burung Kenari Agar Sehat & Tidak Stres

1. Bacan Hijau

1. batu akik termahal
shopee

Batu bacan ini merupakan batu yang sangat digandrungi oleh para kolektor batu akik. Bacan hijau berasal dari Halmahera Selatan, Maluku Utara atau tepatnya di Pulau Kasiruta. Popularitasnya tidak sebatas di Indonesia. Kolektor dari berbagai negara juga memburu jenis batu ini.

Salah satu yang unik dari batu ini adalah ia dipercaya dapat bermetamorfosis dengan alami. Perubahannya adalah pada warnanya yang semakin lama akan semakin indah. Batu bacan ini juga ada jenisnya yang lain seperti bacan doko dan bacan palamea.

2. Blue Garnet

2. Blue Garnet
bukalapak

Jenis batu yang satu ini sudah menjadi sebuah legenda sejak dahulu kala. Popularitasnya ini sering disebut-sebut dalam film sebagai salah satu batu berharga yang memiliki nilai tinggi. Garnet merupakan jenis kelompok mineral silikat yang memiliki harga yang bombastis. Harga batu ini bisa mencapai 18,7 miliar/karat.

BACA JUGA: Fakta & Cara Merawat Sirih Gading Agar Tumbuh Subur & Cepat

3. Safir

3. batu akik termahal
tokopedia

Batu akik termahal berikutnya juga tidak asing lagi. Salah satu yang membuat batu ini populer adalah khasiatnya yang dipercaya mampu menenangkan jiwa dan pikiran. Dengan demikian, tak hanya keindahannya saja yang membuat batu ini menarik, namun manfaatnya juga menambah nilai dari batu safir.

Saat ini, pengrajin batu safir termasuk yang banyak di Indonesia. Pengerjaan yang populer adalah model bulat yang dikerjakan secara manual. Hal itu juga yang menyebabkan batu ini menjadi lebih mahal. Namun tidak usah khawatir karena harga yang mahal ini juga diimbangi dengan kualitasnya yang bukan main-main.

4. Zamrud

4.  Zamrud
blibli

Jenis batu selanjutnya juga sudah sangat familiar di masyarakat Indonesia. Sedulur mungkin sempat menjumpai jenis batu ini karena populer dikenakan sebagai perhiasan.Harga batu akik ini memiliki rentang antara Rp 2.500.000-100.000.000. Kabarnya, batu ini disukai oleh Ratu Cleopatra hingga akhirnya ditemukan tambang di Mesir. Kini dijuluki sebagai Tambah Celopatra.

Sama halnya dengan batu lain, kualitas zamrud juga telah dikenal sejak ribuan tahun silam. Kecantikannya ini juga memiliki filosofi yakni sebagai lambang kemakmuran dan kedamaian. Adapun manfaatnya adalah mampu menajamkan kecerdasan orang, meningkatkan kreativitas, dan memberikan energi positif terhadap penggunanya.

BACA JUGA: 15 Ide Kado untuk Cowok yang Berkesan & Bikin Senang

5. Topaz

5. batu akik termahal
tokopedia

Batu akik termahal berikutnya adalah batu akik topaz. Kalangan pecinta batu mulia pasti sudah hafal dengan jenis batu yang satu ini. Pesonanya kemudian dilengkapi dengan jenis warna cantik yang beragam. Warna yang bisa dimiliki oleh topaz adalah jingga, kuning, dan kemerahan. Sama dengan safir, topaz juga dipercaya mampu menekan stres bagi penggunanya.

6. Kalimaya (Black Opal)

6. Kalimaya (Black Opal)
shopee

Masih dengan batu akik termahal, kali ini ada black opal atau Kalimaya. Hal menarik dari batu ini adalah warnanya yang bisa sangat menyerupai sebuah berlian. Di luar negeri, batu akik jenis Kalimaya ini bisa ditemukan di Meksiko, Australia, dan Mesir. Indonesia tentu tidak ketinggalan. Wilayah yang bisa Sedulur datangi untuk batu ini adalah Banten.

BACA JUGA: 12 Jenis Burung Murai Batu Terfavorit & Tips Memilihnya

7. Kecubung Kalimantan

7. batu akik termahal
shopee

Batu akik kecubung Kalimantan juga merupakan salah satu batu akik termahal. Kecubung ini sebenarnya terdiri bermacam-macam, seperi kecubung Wulung Kalimantan, Kecubung Tanduk, Kecubung Air, hingga Kecubung Es. Warna dan motifnya yang cantik sangat cocok dikenakan baik oleh orang dengan usia tua maupun oleh anak muda.

8. Kalsedon

8. Kalsedon
pusakadunia

Ketika Sedulur melihat jenis batu yang satu ini, Sedulur akan langsung melihat batu seolah tertutup kabut yang transparan. Dahulu, batu kalsedon ditemukan di Pulau Jawa dan Sulawesi. Namun kini, kabarnya batu ini juga sudah mulai banyak dijumpai di daerah lain di luar Jawa dan Sulawesi. Bagaimana menurutmu, cantik sekali ‘kan?

BACA JUGA: 15 Jenis Ikan Molly Terfavorit Untuk Dipelihara di Rumah, Murah!

9. Pirus

9. batu akik termahal
shopee

Apakah batu akik pirus termahal juga? Ini menjadi topik yang menarik karena sejak dulu, batu ini dipercaya sebagai salah satu yang bertuah. Tak hanya itu, ia populer karena keindahan bentuk dan warnanya. Batu pirus juga dikenal memiliki motif yang unik. Pecintanya menamakan motif garis itu dengan sebutan urat emas.

Warna batu ini sangat beragam sehingga terkadang orang bingung memilihnya. Beberapa warna yang muncul dari batu ini adalah biru muda, hijau daun, hitam, putih, bahkan perak. Meski seringkali dibahas dan diburu, batu akik pirus juga termasuk yang langka. Tak hanya cantik atau bertuah, batu ini juga dipercaya dapat membuat pemiliknya merasa lebih tenang.

10. Serendibite

bukalapak
bukalapak

Batu akik termahal pada penghujung pembahasan ini adalah Serendibite. Hal yang membuat batu ini menjadi begitu mahal adalah ketersediaannya atau singkatnya merupakan batu akik yang langka. Ia memiliki sifat optik hijau kekuningan sampai hijau kebiruan dan violet. Kekerasannya bisa 6.5 hingga 7 skala mohs.

Untuk harganya sendiri, batu Serendibite bisa mencapai 31,2 miliar per karat. Jenis batu langka ini hanya tersedia di dua tempat di dunia ini. Kedua lokasi itu adalah Sri Lanka dan Birma. Menarik sekali ya.

Itulah jenis-jenis batu akik termahal yang dikenal juga oleh kolektor di Indonesia. Batu akik termahal di dunia ini sebenarnya sangat banyak, namun yang kesepuluh tadi adalah beberapa yang sering diperbincangkan oleh masyarakat Indonesia. Popularitasnya juga tidak redup karena kolektor setianya masih sangat banyak meski tidak seviral dahulu.

Mahalnya batuan ini mengingatkan kita akan sumber daya alam yang kita miliki. Perhiasan juga bisa terbuat dari jenis mineral yang berbeda-beda. Tidak hanya emas atau perak, batu juga bisa menjadi begitu indah ketika siap dikenakan. Bersama dengan informasi batu akik termahal di atas, apakah Sedulur sudah memutuskan untuk mengoleksi batu akik?