Sirih gading merupakan tanaman yang sering kita temui di pekarangan rumah. Dulu sebelum tanaman hias mulai populer, tanaman sirih tak begitu banyak dilirik. Namun siapa sangka tanaman ini ternyata bisa dijadikan tanaman hias yang bisa mempercantik rumah.

Nah, berikut adalah penjelasan mengenai tanaman semi epifit ini. Dan juga ada tips untuk Sedulur yang ingin memeliharanya di rumah.

BACA JUGA : Daur Hidup Nyamuk, Lengkap Dengan Gambar & Pencegahan

1. Sirih gading

Cara agar Sirih Gading Tumbuh Lebih Cepat Halaman
kompas

Sirih gading merupakan tanaman merambat yang bisa jumpai di sekitar semak belukar. Keunikan dari tanaman ini adalah, bisa hidup di dua alam yaitu air dan tanah. Karena keunikannya inilah, membuat orang langsung jatuh hati atau terkesima dan menjadikannya sebagai tanaman hias.

-->

Meski termasuk tumbuhan liar, namun nyatanya tanaman sirih ini harus dirawat dengan  baik. Sebab, tanaman ini sangat menyukai tempat yang sedikit sejuk.

BACA JUGA : 10 Manfaat Minyak Tawon Untuk Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

2. Karakteristik sirih gading

Cara agar Sirih Gading Tumbuh Lebih Cepat Halaman
haibunda

Ciri khas pertama dari tanaman  ini yang dianggap paling menonjol adalah daunnya yang hanya berukuran kecil. Bagian pangkal daunnya memiliki bentuk bundar, sementara itu di bagian ujung satunya meruncing. Tumbuhan ini termasuk jenis tanaman yang merambat dan warna daunnya lebih dominan hijau dengan semburat warna kuning sampai dengan putih kekuningan.

Jika ditanam di pekarangan rumah,  tanaman ini bisa merambat mengelilingi pohon lain atau menjalar di dinding rumah. Sementara jika ditanam di pot, batang tanaman ini akan tumbuh menjuntai sampai ke bawah sehingga akan terlihat sangat cantik.

BACA JUGA : 10 Manfaat Madu Klanceng Dari Lebah Spesial, Anti Diabetes

3. Manfaat sirih gading

Cara agar Sirih Gading Tumbuh Lebih Cepat Halaman
dekoruma

Selain  digunakan sebagai penghias rumah, ternyata tanaman sirih ini mampu memberikan  kesehatan bagi yang merawatnya. Nah berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan setelah menanam tanaman ini:

Menyerap racun berbahaya

Hal pertama yang wajib Sedulur tahu tentang manfaat dari tanaman ini adalah bisa menyerap racun berbahaya. Seperti zat residu atau zat beracun dari cat tembok, cat kayu, dan lain sebagainya.

Memberikan pasokan oksigen

Seperti halnya tanaman lain, tanaman merambat ini juga mampu untuk memberikan pasokan oksigen bagi area di sekelilingnya. Jadi, rumah Sedulur akan tetap sejuk sepanjang hari.

Bisa membantu sistem pernapasan

Manfaat lain dari menanam tanaman ini adalah, bisa membantu melancarkan pernapasan seluruh orang yang tingga di dalam rumah. Sebab tanaman ini bisa menyerap racun dan memberikan oksigen sehingga sangat layak dalam membantu pernapasan manusia.

BACA JUGA : 14 Rekomendasi Kutek Halal Untuk Beribadah, Cocok Untuk Muslimah

4. Jenis tanaman sirih gading

Cara agar Sirih Gading Tumbuh Lebih Cepat Halaman
brilio

Ada banyak sekali jenis tanaman sirih yang bisa dijumpai selama ini. Dan tentunya memiliki corak warna yang bermacam-macam. Ada yang hijau tua hingga  yang kuning pun ada. Beda jenis, tentu harga yang ditawarkan juga akan berbeda. Berikut adalah jenis tanaman hias sirih yang banyak diburu para kolektor.

Jenis sirih gading variegata

Jenis sirih gading ini memiliki daun yang lebih kecil dari tanaman kelompok epipremnum lainnya. Corak warna yang ditonjolkan dari jenis sirih gading varigata ialah warna putih. Warna putih pada daunnya pun lebih lebar sehingga sering juga disebut sebagai gading putih.

Sirih gading jumbo

Selanjutnya banyak kolektor tanaman hias mencari jenis sirih dengan daun yang cukup besar. Atau biasa disebut sirih gading jumbo. Mengapa bisa dikatakan demikian, karena daun sirih ini bisa memiliki lebar 10-12 cm jika dirawat  dengan benar. Corak warna yang ada pada sirih gading jenis ini biasanya berawarna kuning bercampur putih.

BACA JUGA : Mengenal Kucing Mixdom, Kucing Ras Campuran Lucu & Populer

5. Tips merawat sirih gading agar tumbuh dengan baik

haibunda

Hindari terkena cahaya secara langsung

Tanaman sirih gading  sangat menghindari pancaran sinar matahari langsung. Bukan tanpa alasan. Sebab, tanaman ini mudah sekali daunya  sakit seperti menguning dan hal lain sebagainya. Tanaman ini dianjurkan untuk ditempatkan di wilayah sejuk untuk memberikan kesegaran di dalam ruangan.  

Pilihan terbaik adalah menempatkan tanaman ini pada posisi dekat jendela sehingga tanaman dapat menikmati cahaya terang dan tidak langsung. Namun, jika Sedulur menempatkan tanaman tersebut di ruangan gelap atau sudut gelap, daun akan kehilangan variegasinya dan pertumbuhan serta kesehatan tanaman akan terganggu. Tanaman ini diketahui sanggup menahan suhu terendah kisaran 10 derajat celsius, namun jika di bawah itu, maka Sedulur akan mendapati tanaman sirih gading akan kerdil dan pertumbuhan terhambat.

Tanam di tanah gembur

Selanjutnya untuk Sedulur yang sedang menanam tanaman semi epifit ini, wajib menanam tanaman ini di tanah yang gembur, supaya pertumbuhannya lancar.  Tanaman sirih ini merupakan tanaman yang cepat sekali pertumbuhannya. Karena sifatnya yang merambat, maka Sedulur wajib menyiapkan tanah yang benar-benar gembur supaya tanaman ini bisa hidup sehat.

Pastikan media tanamnya lembab

Jangan sampai media tanam untuk tanaman ini, mengalami kekeringan. Sebab,  apabila telat dalam menyiram, maka akibatnya tanaman cepat mati dan cepat terserang penyakit. Meski demikian, penyiraman harus tetap sesuai prosedur dan tidak terlalu berlebihan.

Sebab, apabila terlalu berlebihan, maka dampaknya daun akan layu atau lemas bahkan cenderung bisa berubah warna menjadi kuning. Tentu hal tersebut tidak diinginkan bukan? Satu hal lagi yang perlu diketahui Sedulur, jika terlalu sedikit memberi air maka akan berdampak buruk.

Hal ini dapat menyebabkan daun melengkung dan kemudian menjadi lemas, serta daunnya bisa rontok. Tanaman khusus ini suka tanah mengering di antara penyiraman. Akar bisa tetap lembab, tetapi sebaiknya tidak dibiarkan direndam di antara jadwal penyiraman. Ketika 2 inci bagian atas tanah menjadi kering, Sedulur bisa memikirkan untuk menyiram tanaman lagi.

Berikan pupuk setiap dua sampai tiga bulan

Meski termasuk tanaman liar, bukan berarti tanaman merambat ini dibiarkan leluasa tumbuh. Bagi Sedulur yang menanamnya, harus mengetahui jadwal pemupukan yang harus dilakukan secara rutin. Sirih gading sebenarnya dapat tumbuh dengan baik tanpa dipupuk, terutama jika telah ditanam dalam pot di tanah yang layak. Namun, pemupukan sirih gading pada setiap dua hingga tiga bulan selama musim tanam bisa mengoptimalkan tingkat pertumbuhan dan memastikan tanaman Sedulur dapat berkembang dan matang secepat mungkin.

Pupuk yang digunakan bisa bermacam-macam, Sedulur bisa menggunakan pupuk kimia ataupun pupuk organik.  Namun, jika kesulitan dalam mendapatkan pupuk kimia, bisa menggunakan sampah limbah organik dapur yang tentunya sangat kaya akan nutrisi.

Pada umumnya, tanaman membutuhkan 16 unsur hara untuk tumbuh dan berkembang. Nutrisi utama yang dibutuhkan yaitu unsur kalium, nitrogen, dan fosfor. Pupuk anorganik memberikan dorongan hara instan ke tanah yang akan memacu pertumbuhan sirih gading dengan segera. Di sisi lain, pupuk organik mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman, akan tetapi, pupuk tersebut memastikan media tumbuh yang lebih sehat dalam jangka panjang.

Perhatikan kondisi awal tanaman

Buat Sedulur yang hobi memelihara sirih gading, jangan lupa melakukan cek terlebih dahulu mengenai kondisi tanaman hiasanya. Sebab, apabila telat atau lalai, maka penyakit pada tanaman ini akan  sulit untuk disembuhkan. Saat tanaman ini mulai tumbuh, maka perlu dilakukan penggantian pot tanaman atau reporting.

Perlu juga dilakukan sebuah pencatatan mengenai perkembangan tanaman, meski sirih gading dapat ditanam di wadah berisi air, namun akarnya bereaksi negatif ketika ditanam di tanah di dalam pot dan disiram berlebihan. Sirih gading yang ditanam di air akan tumbuh, tapi pertumbuhannya tidak secepat ketika ditanam di tanah. 

6. Harga tanaman sirih gading

Harga yang biasanya ditawarkan untuk tanaman semi ephifit ini sangat  bervariasi tergantung dengan warna dan jenisnya. Untuk jenis sirih gading jumbo bisa dijual dengan harga kurang lebih Rp. 100.000 sedangkan yang jenis biasa hanya kisaran Rp. 5000 sampai dengan Rp.50.000. Jadi tertarik memiliki sirih gading? Nah tanaman ini sudah banyak dijual di toko onlineshop atau bisa datang langsung ke toko tanaman hias.

Demikian penjelasan mengenai sirih gading dari mulai manfaatnya hingga sampai dengan harga yang ditawarkan. Semoga bisa menambah pengetahuan Sedulur ya.