25 Tempat Wisata di Kediri Paling Khas dan Memorable 2020

Apa saja sih tempat wisata di Kediri yang paling berkesan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Kediri merupakan sebuah kota yang berada di ujung timur pulau Jawa, selain terkenal dengan kampung Inggris, Kediri juga menyimpan banyak tempat wisata indah yang bisa membuat kita berkesan mengunjunginya.

Superapp.id kali ini akan membahas beberapa tempat wisata di Kediri yang paling menarik dan menjadi rekomendasi di tahun 2020, untuk mengisi akhir pekan dan waktu libur panjang saat ini. Yuk, langsung saja kita simak ulasan daftar tempat wisata di Kediri yang dimaksud.

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Jualan Beras Bagi Pemula Biar Sukses

Daftar Tempat Wisata di Kediri yang Khas dan Memorable di Tahun 2020

1. Monumen Syu

1.   Monumen Syu

Monumen Syu merupakan salah satu tempat wisata Kediri yang masih buka, hal itu dikarenakan Monumen Syu merupakan sebuah taman yang ada di kota Kediri. Patung yang terdapat di Monumen Syu merupakan patung prajurit tentara pada masa pendudukan Jepang.

Patung yang menggambarkan prajurit tentara PETA (Pembela Tanah Air), menunjukan bagaimana prajurit berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan dan mengusir Jepang sebagai penjajah saat itu di Indonesia.

Lokasi Tempat Wisata: Jl. KH Wahid Hasyim, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur

2. Museum Airlangga

2.   Museum Airlangga

Tempat wisata di Kediri selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi adalah Museum Airlangga. Airlangga merupakan nama salah satu raja di kerajaan Kediri. Di Museum Airlangga terdapat beberapa peninggalan purbakal yang ditemukan di kota Kediri.

Beberapa peninggalan yang ada di Museum Airlangga merupakan benda-benda yang berasal dari Kerajaan Kediri, yang masih menganut agama Hindu. Bagi Sedulur yang tertarik pada sejarah bisa mengunjungi tempat ini sebagai rekomendasi destinasi wisata.

Lokasi: Jl. Lingkar Maskumambang, Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur

3. Museum Fotografi

3.   Museum Fotografi

Bagi Sedulur yang menyukai fotogradi dan dunia visual, tempat wisata di Kediri yang sudah buka satu ini mungkin cocok untuk didatangi oleh Sedulur. Di Museum Fotografi ini terdapat beberapa kamera yang berasal dari zaman dulu hingga yang terbaru di masa kini.

Selain itu juga terdapat beberapa hasil karya para fotografer terkenal. Di Museum Fotografi ini juga Sedulur bisa menambah pengetahuan seputar dunia fotografi dan mempelajari bagaimana cara mendapatkan foto yang baik dan bernilai seni tinggi.

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No. 60/160, Ngronggo, Kec. Kediri, Jawa Timur

Baca Juga: Rekomendasi Agen Sembako di Gresik, Ada Agen Yang Gratis Ongkir Lho!

4. Taman Tirtoyoso

4.   Taman Tirtoyoso

Bagi Sedulur yang ingin berwisata bersama keluarga besar, sangat cocok membawa keluarga Sedulur untuk berwisata ke Taman Tirtoyoso. Karena Taman Tirtoyoso ini merupakan tempat berenang yang merupakan fasilitas hiburan untuk mengisi waktu liburan.

Kelengkapan sarana hiburan di Taman Tirtoyoso saat ini sudah tersedia lengkap. Banyak aneka wahana baik untuk anak-anak atau orang dewasa yang bisa Sedulur nikmati di Taman Tirtoyoso ini.

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Jawa Timur

5. Taman Dewi Cemara Cettar Kediri

5.   Taman Dewi Cemara Cettar Kediri

Taman ini merupakan salah satu tempat wisata di Papar, Kediri. Tempat wisata yang sedang booming di Kediri ini merupakan tempat buatan yang memiliki beberapa objek yang bisa dinikmati. Selain itu, beberapa objek wisata di taman ini melibatkan penduduk Kecamatan Papar itu sendiri.

Seperti salah satunya yaitu objek Crop Circle yang memiliki luas sekitar 2.1 hektar. Crop Circle yang dimaksud merupakan sebuah sawah dan ladang yang dibentuk dengan unik sehingga memperlihatkan pemandangan yang sangat indah.

Lokasi: Desa Kedungmalam, Kec. Papar, Kediri, Jawa Timur

6. Peh Pulo

6.   Peh Pulo

Rekomendasi wisata pantai di sekitar Kediri yang paling terkenal dan banyak dikunjungi adalah pantai Peh Pulo. Sedulur tidak mengeluarkan tiket untuk masuk ke kawasan pantai ini, karena untuk menikmati pemandangan pantai dan laut di Peh Pulo gratis dan buka selama 24 jam.

Walaupun Peh Pulo sebenarnya terletak di Blitar, namun jarak yang dibutuhkan dari Kediri ke Blitar tidak terlalu jauh. Makan pantai Peh Pulo merupakan salah satu rekomendasi yang bisa Sedulur kunjungi bagi yang ingin menikmati suasana pantai.

Lokasi: Desa Peh Pulo, Sumbersari, Kecamatan Panggungrejo, Kab. Blitar, Jawa Timur

7. Candi Surowono

7.   Candi Surowono

Kota Kediri sangat erat kaitannya dengan Kerajaan Kediri yang pada masa lalu sempat mencapai punjak kekuasaannya. Kediri saat ini merupakan ibukota Kerajaan Kediri di masa lalu. Banyak peninggalan yang ada di Kota Kediri, salah satunya Candi Surowono.

Candi ini memiliki ukuran 8 x 8 meter, dan telah dibangun sejak tahun 1400 Masehi. Salah satu bukti sejarah dan sekaligus catatan panjang sejarah Kediri yang juga turut memperkaya sejarah nasional Indonesia itu sendiri.

Lokasi: Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur.

8. Candi Astono Gedong

8.   Candi Astono Gedong

Para pecinta wisata sejarah pasti akan sangat betah tinggal di Kediri, karena banyaknya peninggalan masa lalu. Salah satu candi lainnya yang ada di Kediri yang menunjukan kejayaan masa lalu Kediri adalah Candi Astono Gedong.

Candi ini merupakan sebuah altar untuk umat Hindu beribadah yang menyembah Dewa Wisnu. Dalam salah satu ukiran di candi ini terdapat ukiran burung garuda yang merupakan lambang kebanggaan Indonesia saat ini.

Lokasi: Belakang Masjid Setono Gedong, Jl. Doho, Kediri, Jawa Timur.

9. Alun-Alun Kediri

Bagi Sedulur yang mencari tempat wisata malam di Kediri, berkunjung ke alun-alun Kediri merupakan pilihan yang tepat. Karena pada malam hari, di sekitar alun-alun terdapat beberapa tempat makan yang bisa Sedulur nikmati.

Selain wisata malam, Sedulur juga bisa sekaligus berwisata kuliner dengan mengunjungi alun-alun kota Kediri satu ini.

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kec. Kediri, Jawa Timur.

10. Taman Kilisuci

10.   Taman Kilisuci

Taman ini menjadi salah satu tempat yang banyak diminati dan menjadi salah satu tempat wisata di Kediri yang dijadikan tempat berkumpul warga. Baik untuk sekedar bersantai dan menikmati pemandangan serta udara yang sejuk , atau untuk menikmati kuliner dari beberapa pedagang yang menjual dan menawarkan makanannya.

Sedulur juga bisa nikmati kuliner sambil berjalan menelusuri dan menikmati keindahan dari taman ini. Di tempat wisata di Kediri satu ini terdapat juga beberapa fasilitas dan sarana yang bisa Sedulur gunakan, yaitu berupa gazebo dan bangku taman yang telah disusun dan di tata rapi selain untuk mempercantik taman.

Lokasi: Puhrejo, Tulungrejo, Kec. Pare, Kediri, Jawa Timur.

11. Petilasan Sri Aji Jayabaya

11.   Petilasan Sri Aji Jayabaya

Salah satu tempat wisata di Kediri ini merupakan sebuah petilasan atau yang dipercaya merupakan tempat singgah sementara seorang Aji Jayabaya. Zaman dahulu, konon, beliau dipercaya merupakan titisan atau keturunan dari Dewa Wisnu dan merupakan seorang penguasa negara Widarba.

Terdapat sebuah taman yang indah dan pemandangan alam yang juga indah mengelilingi tempat wisata di Kediri satu ini. Masih berada dalam kawasan dataran tinggi membuat tempat ini memiliki udara yang sejuk serta banyak lagi hiasan pohon yang mengelilingi tempat ini.

Lokasi: Jalan Butolocoyo No. 296, Menang, Pagu, Kediri, Jawa Timur.

12. Waterpark Kediri

12.   Waterpark Kediri

Tempat wisata di Kediri satu ini merupakan sebuah tempat berenang yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini menyediakan wahana untuk anak-anak dan orang dewasa. Terdapat banyak sekali wahana air yang bisa Sedulur nikmati, dan juga ada beberapa fasilitas yang memiliki rekor. Yaitu rekor terpanjang se-Indonesia dan Asia hingga saat ini.

Ada juga fasilitas moorail yang disediakan oleh tempat wisata ini, fasilitas tersebut bisa Sedulur nikmati untuk berkeliling melihat pemandangan sekitar tempat di Kediri satu ini. Jangan salah, pemandangan di sekitar Waterpark Kediri yang memiliki pemandangan yang indah dan enak dilihat.

Lokasi: Jl. Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, Jawa Timur.

13. Wisata Pagora

13.   Wisata Pagora

Satu lagi tempat wisata di Kediri yang merupakan kolam berenang adalah Wisata Pagora. Terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati di tempat wisata di Kediri satu ini, yaitu perahu bebek, tempat memancing dan juga kolam berenang.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, karena banyaknya aneka macam wahana yang bisa dikunjungi oleh rentang usia yang berbeda.

Lokasi: l. Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Jawa Timur.

14. Air Terjun Irenggolo

14.   Air Terjun Irenggolo

Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang ada di Kediri dan sudah terkenal akan keindahan pemandangannya. Tempat wisata di Kediri satu ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal ataupun mancanegara, terutama saat hari libur telah tiba.

Air yang mengalir dari ketinggihan menciptakan butiran yang halus dan lembut yang akan menyibak kulit Sedulur ketika menginjakkan kaki di tempat ini. Bagi Sedulur yang memiliki ketertarikan untuk menikmati wisata alam, air terjun irenggolo merupakan salah rekomendasi tempat wisata di Kediri yang sangat berkesan.

Lokasi: Desa Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur.

15. Gunung Maskumambang

15.   Gunung Maskumambang

Rekomendasi tempat wisata di Kediri yang bernuansa alam adalah gunung Maskumambang. Bagi para pendaki gunung, gunung Maskumambang mungkin merupakan salah satu gunung yang masuk daftar pendakian. Karena termasuk daerah dataran tinggi, Kediri juga merupakan surga tempat wisata bagi para pecinta alam.

Gunung Maskumambang juga merupakan salah satu tempat wisata di Kediri yang tidak terlalu sulit untuk didaki, karena ketinggiannya yang sedang. Para pendaki gunung yang baru selalu menjadikan gunung maskumambang sebagai pengalaman pertama.

Lokasi: Lokasi: Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur.

16. Candi Tegowangi

16.   Candi Tegowangi

Salah satu tempat wisata di Kediri yang memiliki tema sejarah kejayaan dari Kerajaan Kediri adalah Candi Tegowangi. Candi ini merupakan sebuah tempat untuk beribadah pada masa Kerajaan Kediri. Di Candi ini terdapat relief yang berkisah tentang keadaan saat candi tersebut dibuat.

Selain itu, Candi Tegowangi juga menceritakan tentang bagaimana kerajaan Kediri berdiri. Bagi Sedulur yang penasaran dengan sejarah berdirinya kerajaan Kediri, bisa berkunjung ke Candi Tegowangi, selain berlibur Sedulur juga bisa belajar sejarah tentang Kerajaan Kediri.

Lokasi: Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Kediri, Jawa Timur.

17. Monumen Simpang Lima Gumul

17.   Monumen Simpang Lima Gumul

Salah satu tempat wisata di Kediri yang hits adalah Monumen Simpang Lima Gumul. Bentuk dari bangunan tempat wisata ini menyerupai monumen yang ada di negara Prancis. Sedulur pasti memiliki teman yang pernah lama belajar bahasa Inggris di Pare, Kediri, kan? Pastinya Sedulur juga sudah sering melihat teman-teman Sedulur tersebut yang memamerkan foto monumen ini.

Hal tersebut karena tempat wisata di Kediri satu ini merupakan tempat wisata hits. Belum ke Kediri jika Sedulur belum berkunjung ke monumen ini dan berfoto ria di depan monumen ini.

Lokasi: Jl. Raya Dadapan, Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur

18. Kebun Binatang Gudang Garam

18.   Kebun Binatang Gudang Garam

Gudang Garam merupakan salah satu perusahaan rokok yang memiliki pabrik dan kantor di Kediri. Gudang Garam juga mendirikan kebun binatang sebagai tempat wisata dan juga pusat penelitian flora dan fauna.

Selain itu, kebun binatang Gudang Garam menjadi salah satu tempat wisata di Kediri yang paling favorit. Sedulur dapat menyaksikan berbagai jenis hewan yang ada dan ditunjukkan oleh pihak pengelola. Serta masih banyak lagi taman bermain dan wahana yang bisa dinikmati, seperti food court dan wahana permainan lainnya.

Lokasi: Dandangan, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur.

19. Taman Hijau SLG

19.   Taman Hijau SLG

Di tempat wisata ini Sedulur dapat menikmati indahnya taman sambil melihat-lihat lokomotif kereta tua. Beberapa lokomotif tersebut kini sudah tidak berfungsi lagi mengingat kondisinya yang telah tua dan tidak layak untuk jalan. Maka dari itu, lokomotif tua dijadikan sebagai benda pamer untuk para pengunjung.

Beberapa jenis kereta tersebut merupakan kereta uap peninggalan Belanda pada masa penjajahan. Jika Sedulur menginginkan tempat foto yang menarik dan berkesan dan tidak dapat dilupakan, Taman Hijau SLG  menjadi pilihan yang tepat.

Lokasi: Jl. Raya Kediri – Plosoklaten No. 163, Dadapan, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kediri, Jawa Timur.

20. Air Terjun Dolo

20.   Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo berada pada ketinggian lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun yang tinggi ini, berada di kawasan Gunung Wilis, yang memiliki mata air. Sedangkan ketinggian dari air terjun ini sendiri hanya sekitar 125 meter saja. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah sangat cocok bagi Sedulur yang ingin rileks dan melepas semua beban pekerjaan.

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kediri, Jawa Timur.

21. Goa Selomangleng

21.   Goa Selomangleng

Tempat ini menjadi salah satu tempat yang cukup melegenda bagi sebagian masyarakat Kediri. Karena di tempat ini putri raja Kediri yaitu Raja Erlangga menolak menerima tahta yang diberikan kepadanya, dan memilih mengasingkan diri dan bertapa di goa ini. Goa ini juga merupakan situs mitos yang ada di Kediri, dimana kebenarannya masih perlu dikritisi.

Lokasi: Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur.

22. Candi Surawana

22.   Candi Surawana

Masih seputar peninggalan kerajaan Kediri, candi Surawana semakin membuktikan bahwa Kediri merupakan wilayah yang sangat kaya akan peninggalan sejarah. Candi ini merupakan candi Hindu yang menjadi agama mayoritas masyarakat Kediri di masa lalu.

Lokasi: Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur.

23. Klenteng Tjoe Hwie Kiong

23.   Klenteng Tjoe Hwie Kiong

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang berasa dari masa kolonial. Perlu Sedulur ketahui bahwa kota Kediri menjadi salah satu kota besar dan penting pada penjajahan Belanda, dan banyak etnis yang tinggal di Kediri, salah satunya etnis Tionghoa. Untuk beribadah, etnis Tionghoa mendirikan klenteng, dan klenteng ini merupakan klenteng tertua di Kediri.

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 148, Pakelan, Kec. Kediri, Jawa Timur.

24. Gumul Paradise Island

24.   Gumul Paradise Island

Selain terdapat monumen gumul yang identik dan khas, Sedulur juga bisa mengunjungi tempat ini untuk menikmati berbagai wahana permainan air. Tempat ini juga tentu saja sangat cocok dijadikan destinasi wisata saat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Lokasi: Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Kediri, Jawa Timur

25. Kampung Inggris Pare Kediri

25.   Kampung Inggris Pare Kediri

Bagi masyarakat di luar Kediri, salah satu tempat yang terkenal adalah Kampung Inggris di Pare. Banyak tempat belajar bahasa Inggris di Kampung Pare ini. Belajar bahasa Inggris di Kampung ini terbukti ampuh. Banyak calon mahasiswa luar negeri yang mengasah terlebih dahulu kemampuan bahasanya di kampung ini.

Lokasi: Desa Tulungrejo Pare Kediri, Jawa Timur.

Semoga daftar tempat wisata di Kediri yang telah diulas di atas bisa memberikan referensi dan rekomendasi bagi Sedulur yang ingin menghabiskan waktu liburan. Jangan lupa juga untuk menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur berada di Kediri.

Karena Kediri merupakan daerah yang telah terdapat layanan Aplikasi Super. Aplikasi Super dapat membantu Sedulur untuk menjalani hidup lebih mudah lagi. Klik di sini untuk Sedulur yang ingin mempelajari Aplikasi Super lebih dalam lagi. Jangan lupa juga download Aplikasi Super dan gunakan Aplikasi Super dari mulai saat ini juga.