tempat wisata di kediri

Kediri merupakan sebuah kota yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Selain terkenal dengan  Kampung Inggrisnya di Pare, ada pula beragam tempat wisata di Kediri yang menawarkan  keindahan alam yang menawan dan tentunya bisa dijadikan tujuan wisata di tahun 2022 ini.

Mulai dari wisata alam hingga wisata pendidikan, semuanya bisa Sedulur dapatkan di kota ini. Berbagai wisata keluarga juga tersedia untuk mempererat keharmonisan antara orang tua dan anak-anaknya. Nah, bagi Sedulur yang ingin mencari rekomendasi tempat wisata di Kediri terbaru, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Jualan Beras Bagi Pemula Biar Sukses

Daftar Tempat Wisata di Kediri  Tahun 2023

Beberapa tempat wisata di Kediri memiliki catatan sejarah yang panjang. Bahkan, jika Sedulur ingat dalam buku pelajaran sejarah banyak muncul kerajaan besar di wilayah Kediri. Sejarah ini menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa dilewatkan ketika berkunjung ke Kediri.

-->

1. Monumen Syu

tempat wisata di kediri
larismanis

Lokasi: Jl. KH Wahid Hasyim, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur

Monumen Syu merupakan salah satu tempat wisata Kediri yang masih buka, hal itu dikarenakan Monumen Syu merupakan sebuah taman yang ada di kota Kediri. Patung yang terdapat di Monumen Syu merupakan patung prajurit tentara pada masa pendudukan Jepang.

Patung yang menggambarkan prajurit tentara PETA (Pembela Tanah Air), menunjukan bagaimana prajurit berjuang untuk mendapatkan kemerdekaan dan mengusir Jepang sebagai penjajah saat itu di Indonesia.

2. Museum Airlangga

 tempat wisata di kediri
Osttrading

Lokasi: Jl. Lingkar Maskumambang, Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur

Tempat wisata di Kediri selanjutnya yang bisa menjadi rekomendasi adalah Museum Airlangga. Airlangga merupakan nama salah satu raja di kerajaan Kediri. Di Museum Airlangga terdapat beberapa peninggalan purbakal yang ditemukan di kota Kediri.

Beberapa peninggalan yang ada di Museum Airlangga merupakan benda-benda yang berasal dari Kerajaan Kediri, yang masih menganut agama Hindu. Bagi Sedulur yang tertarik pada sejarah bisa mengunjungi tempat ini sebagai rekomendasi destinasi wisata.

3. Museum Fotografi

Phinemo

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No. 60/160, Ngronggo, Kec. Kediri, Jawa Timur

Bagi Sedulur yang menyukai fotogradi dan dunia visual, tempat wisata di Kediri yang sudah buka satu ini mungkin cocok untuk didatangi oleh Sedulur. Di Museum Fotografi ini terdapat beberapa kamera yang berasal dari zaman dulu hingga yang terbaru di masa kini.

Selain itu juga terdapat beberapa hasil karya para fotografer terkenal. Di Museum Fotografi ini juga Sedulur bisa menambah pengetahuan seputar dunia fotografi dan mempelajari bagaimana cara mendapatkan foto yang baik dan bernilai seni tinggi.

BACA JUGA: Rekomendasi Agen Sembako di Gresik, Ada Agen Yang Gratis Ongkir Lho!

4. Taman Tirtoyoso

4.   Taman Tirtoyoso
Harga Tiket

Lokasi: Jl. Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Jawa Timur

Bagi Sedulur yang ingin berwisata bersama keluarga besar, sangat cocok membawa keluarga Sedulur untuk berwisata ke Taman Tirtoyoso. Karena Taman Tirtoyoso ini merupakan tempat berenang yang merupakan fasilitas hiburan untuk mengisi waktu liburan.

Kelengkapan sarana hiburan di Taman Tirtoyoso saat ini sudah tersedia lengkap. Banyak aneka wahana baik untuk anak-anak atau orang dewasa yang bisa Sedulur nikmati di Taman Tirtoyoso ini.

5. Taman Dewi Cemara Cettar Kediri

Jayakarta News

Lokasi: Desa Kedungmalam, Kec. Papar, Kediri, Jawa Timur

Taman ini merupakan salah satu tempat wisata di Papar, Kediri. Tempat wisata yang sedang booming di Kediri ini merupakan tempat buatan yang memiliki beberapa objek yang bisa dinikmati. Selain itu, beberapa objek wisata di taman ini melibatkan penduduk Kecamatan Papar itu sendiri.

Seperti salah satunya yaitu objek Crop Circle yang memiliki luas sekitar 2.1 hektar. Crop Circle yang dimaksud merupakan sebuah sawah dan ladang yang dibentuk dengan unik sehingga memperlihatkan pemandangan yang sangat indah.

6. Peh Pulo

 tempat wisata di kediri
paragram

Lokasi: Desa Peh Pulo, Sumbersari, Kecamatan Panggungrejo, Kab. Blitar, Jawa Timur

Rekomendasi wisata pantai di sekitar Kediri yang paling terkenal dan banyak dikunjungi adalah pantai Peh Pulo. Sedulur tidak mengeluarkan tiket untuk masuk ke kawasan pantai ini, karena untuk menikmati pemandangan pantai dan laut di Peh Pulo gratis dan buka selama 24 jam.

Walaupun Peh Pulo sebenarnya terletak di Blitar, namun jarak yang dibutuhkan dari Kediri ke Blitar tidak terlalu jauh. Makan pantai Peh Pulo merupakan salah satu rekomendasi yang bisa Sedulur kunjungi bagi yang ingin menikmati suasana pantai.

7. Candi Surowono

Republik Wisata

Lokasi: Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur.

Kota Kediri sangat erat kaitannya dengan Kerajaan Kediri yang pada masa lalu sempat mencapai punjak kekuasaannya. Kediri saat ini merupakan ibukota Kerajaan Kediri di masa lalu. Banyak peninggalan yang ada di Kota Kediri, salah satunya Candi Surowono.

Candi ini memiliki ukuran 8 x 8 meter, dan telah dibangun sejak tahun 1400 Masehi. Salah satu bukti sejarah dan sekaligus catatan panjang sejarah Kediri yang juga turut memperkaya sejarah nasional Indonesia itu sendiri.

8. Candi Astono Gedong

Tempat Wisata Seru

Lokasi: Belakang Masjid Setono Gedong, Jl. Doho, Kediri, Jawa Timur.

Para pecinta wisata sejarah pasti akan sangat betah tinggal di Kediri, karena banyaknya peninggalan masa lalu. Salah satu candi lainnya yang ada di Kediri yang menunjukan kejayaan masa lalu Kediri adalah Candi Astono Gedong.

Candi ini merupakan sebuah altar untuk umat Hindu beribadah yang menyembah Dewa Wisnu. Dalam salah satu ukiran di candi ini terdapat ukiran burung garuda yang merupakan lambang kebanggaan Indonesia saat ini.

9. Alun-Alun Kediri

Tiket.com

Lokasi: Jl. Panglima Sudirman, Kampung Dalem, Kec. Kediri, Jawa Timur.

Bagi Sedulur yang mencari tempat wisata malam di Kediri, berkunjung ke alun-alun Kediri merupakan pilihan yang tepat. Karena pada malam hari, di sekitar alun-alun terdapat beberapa tempat makan yang bisa Sedulur nikmati.

Selain wisata malam, Sedulur juga bisa sekaligus berwisata kuliner dengan mengunjungi alun-alun kota Kediri satu ini.

10. Taman Kilisuci

 tempat wisata di kediri
silviananoerita.com

Lokasi: Puhrejo, Tulungrejo, Kec. Pare, Kediri, Jawa Timur.

Taman ini menjadi salah satu tempat yang banyak diminati dan menjadi salah satu tempat wisata di Kediri yang dijadikan tempat berkumpul warga. Baik untuk sekedar bersantai dan menikmati pemandangan serta udara yang sejuk , atau untuk menikmati kuliner dari beberapa pedagang yang menjual dan menawarkan makanannya.

Sedulur juga bisa nikmati kuliner sambil berjalan menelusuri dan menikmati keindahan dari taman ini. Di tempat wisata di Kediri satu ini terdapat juga beberapa fasilitas dan sarana yang bisa Sedulur gunakan, yaitu berupa gazebo dan bangku taman yang telah disusun dan di tata rapi selain untuk mempercantik taman.

11. Petilasan Sri Aji Jayabaya

Traveling yuk

Lokasi: Jalan Butolocoyo No. 296, Menang, Pagu, Kediri, Jawa Timur.

Salah satu tempat wisata di Kediri ini merupakan sebuah petilasan atau yang dipercaya merupakan tempat singgah sementara seorang Aji Jayabaya. Zaman dahulu, konon, beliau dipercaya merupakan titisan atau keturunan dari Dewa Wisnu dan merupakan seorang penguasa negara Widarba.

Terdapat sebuah taman yang indah dan pemandangan alam yang juga indah mengelilingi tempat wisata di Kediri satu ini. Masih berada dalam kawasan dataran tinggi membuat tempat ini memiliki udara yang sejuk serta banyak lagi hiasan pohon yang mengelilingi tempat ini.

12. Waterpark Kediri

Top Wisata

Lokasi: Jl. Raya Pagung, Desa Pagung, Semen, Kediri, Jawa Timur.

Tempat wisata di Kediri satu ini merupakan sebuah tempat berenang yang sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Tempat ini menyediakan wahana untuk anak-anak dan orang dewasa. Terdapat banyak sekali wahana air yang bisa Sedulur nikmati, dan juga ada beberapa fasilitas yang memiliki rekor. Yaitu rekor terpanjang se-Indonesia dan Asia hingga saat ini.

Ada juga fasilitas moorail yang disediakan oleh tempat wisata ini, fasilitas tersebut bisa Sedulur nikmati untuk berkeliling melihat pemandangan sekitar tempat di Kediri satu ini. Jangan salah, pemandangan di sekitar Waterpark Kediri yang memiliki pemandangan yang indah dan enak dilihat.

13. Wisata Pagora

Wixsite

Lokasi: l. Jenderal Ahmad Yani No. 123, Banjaran, Kec. Kediri, Jawa Timur.

Satu lagi tempat wisata di Kediri yang merupakan kolam berenang adalah Wisata Pagora. Terdapat beberapa wahana yang bisa dinikmati di tempat wisata di Kediri satu ini, yaitu perahu bebek, tempat memancing dan juga kolam berenang.

Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, karena banyaknya aneka macam wahana yang bisa dikunjungi oleh rentang usia yang berbeda.

14. Air Terjun Irenggolo

 tempat wisata di kediri
indonesia-tourism.com

Lokasi: Desa Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Tempat ini merupakan salah satu air terjun yang ada di Kediri dan sudah terkenal akan keindahan pemandangannya. Tempat wisata di Kediri satu ini sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal ataupun mancanegara, terutama saat hari libur telah tiba.

Air yang mengalir dari ketinggihan menciptakan butiran yang halus dan lembut yang akan menyibak kulit Sedulur ketika menginjakkan kaki di tempat ini. Bagi Sedulur yang memiliki ketertarikan untuk menikmati wisata alam, air terjun irenggolo merupakan salah rekomendasi tempat wisata di Kediri yang sangat berkesan.

15. Gunung Maskumambang

geoservicesllc.com

Lokasi: Lokasi: Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur.

Rekomendasi tempat wisata di Kediri yang bernuansa alam adalah gunung Maskumambang. Bagi para pendaki gunung, gunung Maskumambang mungkin merupakan salah satu gunung yang masuk daftar pendakian. Karena termasuk daerah dataran tinggi, Kediri juga merupakan surga tempat wisata bagi para pecinta alam.

Gunung Maskumambang juga merupakan salah satu tempat wisata di Kediri yang tidak terlalu sulit untuk didaki, karena ketinggiannya yang sedang. Para pendaki gunung yang baru selalu menjadikan gunung maskumambang sebagai pengalaman pertama.

16. Candi Tegowangi

mongotrip.com

Lokasi: Candirejo, Tegowangi, Plemahan, Kediri, Jawa Timur.

Salah satu tempat wisata di Kediri yang memiliki tema sejarah kejayaan dari Kerajaan Kediri adalah Candi Tegowangi. Candi ini merupakan sebuah tempat untuk beribadah pada masa Kerajaan Kediri. Di Candi ini terdapat relief yang berkisah tentang keadaan saat candi tersebut dibuat.

Selain itu, Candi Tegowangi juga menceritakan tentang bagaimana kerajaan Kediri berdiri. Bagi Sedulur yang penasaran dengan sejarah berdirinya kerajaan Kediri, bisa berkunjung ke Candi Tegowangi, selain berlibur Sedulur juga bisa belajar sejarah tentang Kerajaan Kediri.

17. Monumen Simpang Lima Gumul

 tempat wisata di kediri
indonesia tourism

Lokasi: Jl. Raya Dadapan, Tugurejo, Ngasem, Kediri, Jawa Timur

Salah satu tempat wisata di Kediri yang hits adalah Monumen Simpang Lima Gumul. Bentuk dari bangunan tempat wisata ini menyerupai monumen yang ada di negara Prancis. Sedulur pasti memiliki teman yang pernah lama belajar bahasa Inggris di Pare, Kediri, kan? Pastinya Sedulur juga sudah sering melihat teman-teman Sedulur tersebut yang memamerkan foto monumen ini.

Hal tersebut karena tempat wisata di Kediri satu ini merupakan tempat wisata hits. Belum ke Kediri jika Sedulur belum berkunjung ke monumen ini dan berfoto ria di depan monumen ini.

18. Kebun Binatang Gudang Garam

Wikimapia

Lokasi: Dandangan, Kec. Kediri, Kediri, Jawa Timur.

Gudang Garam merupakan salah satu perusahaan rokok yang memiliki pabrik dan kantor di Kediri. Gudang Garam juga mendirikan kebun binatang sebagai tempat wisata dan juga pusat penelitian flora dan fauna.

Selain itu, kebun binatang Gudang Garam menjadi salah satu tempat wisata di Kediri yang paling favorit. Sedulur dapat menyaksikan berbagai jenis hewan yang ada dan ditunjukkan oleh pihak pengelola. Serta masih banyak lagi taman bermain dan wahana yang bisa dinikmati, seperti food court dan wahana permainan lainnya.

19. Taman Hijau SLG

Bosnia Travel

Lokasi: Jl. Raya Kediri – Plosoklaten No. 163, Dadapan, Sukorejo, Kec. Ngasem, Kediri, Jawa Timur.

Taman Hijau Simpang Lima Gumul atau biasa disebut Taman HIjau SLG merupakan salah satu spot menarik di Kota Kediri. Di tempat wisata ini Sedulur dapat menikmati indahnya taman dengan hiasan berupa sebuah lokomotif kereta tua. Beberapa lokomotif yang kini sudah tidak digunakan kembali bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. 

Beberapa jenis kereta tersebut merupakan kereta uap peninggalan Belanda pada masa penjajahan. Jika Sedulur menginginkan tempat foto yang menarik dan berkesan dan tidak dapat dilupakan, Taman Hijau SLG  menjadi pilihan yang tepat.

20. Air Terjun Dolo

 tempat wisata di kediri
putra travel

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Kec. Mojo, Kediri, Jawa Timur.

Air Terjun Dolo berada pada ketinggian lebih dari 1500 mdpl. Mengingat air terjun yang tinggi ini, berada di kawasan Gunung Wilis, yang memiliki mata air. Sedangkan ketinggian dari air terjun ini sendiri hanya sekitar 125 meter saja. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah sangat cocok bagi Sedulur yang ingin rileks dan melepas semua beban pekerjaan.

21. Goa Selomangleng

Tempat Wisata

Lokasi: Jl. Selomangleng, Pojok, Kec. Mojoroto, Kediri, Jawa Timur.

Tempat ini menjadi salah satu tempat yang cukup melegenda bagi sebagian masyarakat Kediri. Karena di tempat ini putri raja Kediri yaitu Raja Erlangga menolak menerima tahta yang diberikan kepadanya, dan memilih mengasingkan diri dan bertapa di goa ini. Goa ini juga merupakan situs mitos yang ada di Kediri, dimana kebenarannya masih perlu dikritisi.

22. Candi Surawana

Traveller Blitar

Lokasi: Surowono, Canggu, Badas, Kediri, Jawa Timur.

Masih seputar peninggalan kerajaan Kediri, candi Surawana semakin membuktikan bahwa Kediri merupakan wilayah yang sangat kaya akan peninggalan sejarah. Candi ini merupakan candi Hindu yang menjadi agama mayoritas masyarakat Kediri di masa lalu.

23. Klenteng Tjoe Hwie Kiong

tempat wisata di kediri
traveling yuk

Lokasi: Jl. Yos Sudarso No. 148, Pakelan, Kec. Kediri, Jawa Timur.

Bangunan ini merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang berasa dari masa kolonial. Perlu Sedulur ketahui bahwa kota Kediri menjadi salah satu kota besar dan penting pada penjajahan Belanda, dan banyak etnis yang tinggal di Kediri, salah satunya etnis Tionghoa. Untuk beribadah, etnis Tionghoa mendirikan klenteng, dan klenteng ini merupakan klenteng tertua di Kediri.

24. Gumul Paradise Island

Okezone

Lokasi: Kompleks Simpang Lima Gumul, Sumberejo, Kediri, Jawa Timur

Selain terdapat monumen gumul yang identik dan khas, Sedulur juga bisa mengunjungi tempat ini untuk menikmati berbagai wahana permainan air. Tempat ini juga tentu saja sangat cocok dijadikan destinasi wisata saat menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

25. Kampung Inggris Pare Kediri

tempat wisata di kediri
IDN Times

Lokasi: Desa Tulungrejo, Pare, Kediri, Jawa Timur.

Bagi masyarakat di luar Kediri, salah satu tempat yang terkenal adalah Kampung Inggris. Tempat wisata di Pare, Kediri ini menawarkan destinasi wisata sekaligus tempat belajar bahasa Inggris. Menariknya, dikatakan bahwa banyak calon mahasiswa luar negeri yang mengasah terlebih dahulu kemampuan bahasanya di kampung ini.

26. Gunung Kelud

tempat wisata di kediri
Liputan 6

Lokasi: Desa Sugihwaras,  Kecamatan Ngancar, Kediri, Jawa Timur

Bagi Sedulur yang menyukai wisata alam, tak ada salahnya memilih Gunung Kelud sebagai destinasi wisata. Selain mendaki hingga ke puncak, Sedulur juga menikmati beragam objek wisata yang berada di kaki Gunung Kelud. Mulai dari Agrowisata Margomulyo, Kampung Durian, hingga wahana flying fox.

27. Wisata Kaki Gunung Klotok

Kompas

Lokasi: kaki Gunung Klotok, Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Selain Gunung Kelud, Kediri juga punya destinasi wisata alam Gunung Klotok yang tak kalah menarik. Salah satu wahana yang bisa Sedulur bisa nikmati di kawasan kaki Gunung Klotok adalah motocross atau motor trail. Selain itu, Sedulur juga bisa menikmati keindahan Goa Selomangleng serta Museum Airlangga dengan ragam koleksi purbakalanya.

28. Bukit Gandrung

Wisata Info

Lokasi: Desa Medowo, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Tempat wisata di Kediri yang lagi hits selanjutnya adalah Bukit Gandrung. Selain menawarkan spot foto yang menarik, tempat ini juga akan memanjakan mata Sedulur dengan pemandangan indah. Bukit Gandrung juga bisa menjadi pilihan tempat wisata di Kediri yang murah meriah. 

29. Kediri Eco Park

Instagram/@ulyaarifin

Lokasi: Jalan Kelapa, Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Jawa Timur.

Kediri Eco Park merupakan obyek wisata telah berdiri sejak tahun 2016 silam. Kediri Eco Park menawarkan sejumlah wahana edukasi yang menarik untuk menjadi pilihan wisata anak di Kediri. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas gazebo serta taman hydroponic dan aquaponic.

30. Kebun Bunga Matahari

tempat wisata di kediri
Viva

Lokasi: Jl.Selomangleng No.143, Desa Pojok, Mojoroto, Kediri.

Lokasi wisata di Kediri yang patut dikunjungi berikutnya adalah Kebun Bunga Matahari. Destinasi wisata yang terletak di Desa Pojok, Mojoroto, Kediri ini menawarkan pemandangan indah hamparan kebun bunga matahari yang tentunya menarik untuk dijadikan spot foto. 

31. Konto River Rafting

tempat wisata di kediri
Tempat Wisata

Lokasi: Dusun Brumbang, Desa Siman, Kecamatan Kapung, Kediri, Jawa Timur.

Bagi Sedulur yang menyukai arung jeram tidak boleh melewatkan objek wisata satu ini, yaitu Konto River Rafting alias Wisata Arung Jeram Sungai Konto. Selain arung jeram, Sedulur juga bisa menikmati wahana lain seperti flying fox, high ripes, paint ball, hingga airsoft gun.

32. Taman Sekartaji

tempat wisata di kediri
Radar Kediri

Lokasi: Jl. Veteran, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur.

Taman Sekartaji merupakan taman kebanggan warga Kediri yang cocok dijadikan pilihan destinasi wisata saat berkunjung ke kota berjuluk Kota Tahu ini. Selain menawarkan pemandangan hijau dari pepohonan, Taman Sekartaji juga dilengkapi dengan kolam ikan dan air mancur.

33. Kediri Memorial Park

tempat wisata di kediri
Radar Kediri

Lokasi: Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa No.93, Banjaran, Kec. Kota, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Sesuai namanya, Kediri Memorial Park merupakan taman yang ditujukan sebagai pengingat akan jasa pahlawan. Taman dengan gaya futuristik ini dibangun di lahan seluas 2.350 meter persegi.

34. Wisata Sumber Ubalan

Wisata Lengkap

Lokasi: Desa Jarak, Kecamatan Plosoklateng, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bagi Sedulur yang menyukai wisata air, objek Wisata Sumber Ubalan ini bisa menjadi pilihan destinasi saat berkunjung ke Kediri. Apalagi harga tiket masuk ke Wisata Sumber Ubalan terbilang murah meriah, yakni hanya dikenakan tarif Rp5.000 per orang.

35. Masjid Agung Kota Kediri

Wikipedia

Lokasi: Jalan Panglima Sudirman, No. 160, Kota Kediri, Jawa Timur.

Masjid Agung Kota Kediri merupakan objek wisata andalan masyarakat yang ingin berwisata religi di Kota Kediri. Masjid ini telah berdiri sejak tahun 1771 dan menjadi masjid terbesar sekaligus termegah di Kediri.

36. Kampoeng Anggrek

Surya Tribunnews

Lokasi: Desa Sempu, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Selain taman bunga matahari, Kediri juga punya tempat wisata Kampoeng Anggrek yang menjadi salah satu destinasi favorit wisawatan yang mengunjungi Kota Kediri. Selain menikmati pemandangan indah taman bunga anggrek, Sedulur juga bisa membeli tanaman anggrek di tempat ini. Selain itu ada pula laboratorium untuk mengembangkan anggrek kloning.

37. Kampung Korea

Good News From Indonesia

Lokasi: Kaki Gunung Kelud, Semberurip, Desa Manggis, Kecamatan Ngacar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Kampung Korea merupakan salah tempat wisata hits di Kota Kediri yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan wisata dengan nuansa khas Negeri Ginseng Korea, mulai dari beragam spot foto menarik hingga persewaan pakaian adat Korea, Hanbok. Tempat ini tentu wajib dikunjungi oleh Sedulur yang menyukai budaya khas Korea.

38. Gereja Puhsarang

tempat wisata di Kediri
Detik

Lokasi: Kompleks Gua Maria Lourdes, Desa Puhsarang, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Gereja Katolik yang berada di lereng Gunung Wilis ini bisa menjadi pilihan destinasi wisata religi untuk Sedulur. Gereja yang dibangun dengan perpaduan gaya arsitektur Jawa dan Katolik yang terlihat dari bentuk atap joglo serta ukiran di dalamnya.

39. Bukit Ongakan

Wisata Lengkap

Lokasi: Desa Besowo, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bukit Ongakan merupakan tempat wisata di Kediri yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian. Tempat ini sempat viral pada tahun 2016 lalu. Meski begitu, Bukit Ongakan tetap menarik untuk dikunjungi Sedulur di tahun 2022. Apalagi biaya tiket yang dikenakan bagi pengunjung pun terbilang murah, yakni hanya Rp5.000 per orang.

40. Sumber Ngadiloyo

tempat wisata di kediri
Kampung Inggris

Lokasi: Jl. H. Abd. Rochim No.68, Ngadiluwih, Kec. Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur

Rekomendasi wisata di Kediri yang terakhir adalah objek wisata air di Sumber Ngadiloyo. Di sini, Sedulur bisa menyelam dan bahkan mengambil foto di kedalaman. Datanglah bersama teman-teman atau keluarga untuk sensasi yang lebih seru.

Itu dia 40 rekomendasi tempat wisata di Kediri terbaru yang bisa menjadi referensi untuk Sedulur yang akan berkunjung ke Kota Kediri. Nah, dari semua tempat wisata yang sudah dijelaskan di atas, kira-kira Sedulur tertarik untuk mengunjungi yang mana dulu, nih? Dimanapun pilihan Sedulur, tetaplah berhati-hati dan taati semua peraturan yang ada, ya!