Alhamdulilah artinya memiliki sebuah makna yang luas lho Sedulur, buat Sedulur yang beragam islam, kata-kata ini selalu diucapkan ketika sudah menyelesaikan suatu hal atau mendapat kabar baik atau buruk. Ucapan seperti ini selau dianjurkan buat seluruh umat muslim, jika mendapatkan sebuah peristiwa yang baru saja dialami. Atau bahkan ketika sudah selesai membaca doa.

Lantas, secara lengkap alhamdulillah artinya apa, nah dari pada penasaran, apa sih makna yang terkandung dari kalimat ini, berikut ulasan lengkap tim Aplikasi Super

BACA JUGA : 9 Jenis Calathea Termahal di Indonesia, Hingga Jutaan Rupiah!

1 Apa artinya alhamdulilah?

Apa Arti Alhamdulillah? Simak Disini
pexels

Kalimat alhamdulilah artinya berasal dari bahasa Arab  dan sudah diserap ke dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dalam pengertian KBBI, dijelaskan jika alhamdulilah artinya adalah segala puji bagi Allah. Kalimat semacam ini sudah disebutkan sebanyak 22 kali dalam Al Quran di antaranya pada surat Al Fatihah (1:1), Yunu (10:10) dan Al-An’am (6:45).

Alhamdulillah (اَلْحَمْدُلِلّهِ) memiliki arti ‘Segala Puji Bagi Allah’. Dalam penggunaannya, kalimat tersebut sering diucapakan seperti ayat kedua dalam surat Al-Fatihah.

Yakni dalam kalimat ‘Alhamdu lillahi Robbil ‘Alamin’, alhamduliah hirobbil alamin artinya: ‘Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.’

Arti Alhamdulillah  ( اَلْحَمْدُلِلَّهِ ) adalah ungkapan untuk menyatakan rasa syukur. Lafadz ini terdiri dari kata ‘hamd’ yang artinya pujian, pembahan ‘al’ bermakna segala, jadi ‘al hamdu’ berarti segala puji, sedangkan ‘li’ dan ‘Allah’ artinya bagi Allah.

Apabila dirangkai dalam sebuah kalimat, maka alhamdulillah artinya ialah segala puji bagi Allah. Penambahan kata ‘al’ dalam kalimat al hamdu sedangkan dalam bahasa Arab disebut alif lam.

Di dalam sebuah tatanan bahasa Arab, alif lam itu menunjukan arti lil al-istigraq artinya meliputi segala sesuatu.

Dengan adanya alif lam, makna kalimat tahmid mencakup segenap pujian dan segenap syukur baik atas segala hal yang didapatkan.

Begitu juga dengan keberadaan huruf lam yang membuat makna lil al-ghayah pada kalimat tahmid. Lil al-ghayah artinya menunjukkan tujuan, sehingga kata ‘Lillah’ diartikan sebagai ‘untuk Allah’.

Alhamdulillah ala kulli haal artinya kepada siapa pun memuji, tujuan akhirnya tetap karena dan untuk Allah SWT (Lillahi).

Bersyukur sering berkaitan dengan arti alhamdulillah, karena bisa diucapkan dalam hati atau langsung yang merupakan tanda bahwa seseorang senantiasa mengingat Allah SWT dalam senang maupun susah.

BACA JUGA : 20+ Ikan Aqua Space Terbaik, Cocok Dipelihara Untuk Pemula

2. Makna kalimat alhamdulilah

Apa Arti Alhamdulillah? Simak Disini
pexels

Setelah mengetahui  tentang alhamdulilah artinya , nah berikut Sedulur saya ajak untuk mengetahui makna tersembunyi dari kalimat tersebut. Berikut ini adalah beberapa makna dari kalimat alhamdulilah yang wajib Sedulur ketahui.

Pujian Allah kepada Diri-Nya

Allah SWT berhak memuji dirinya sendiri baik itu berbentuk dzat dan juga sifatnya. Sebab, hal ini sudah tertuang ke dalam firmannya yang ditulis seperti ini.

إِنَّنِيٓ أَنَا ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّآ أَنَا۠ فَٱعۡبُدۡنِي وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَ لِذِكۡرِيٓ

Artinya: “Sesungguhnya Akulah Allah, tidak ada Tuhan kecuali Aku. Maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku,” (QS Thaha: 14).

Pujian dari Allah SWT kepada makhluknya

Allah SWT memuji makhluk yang paling mulia dan terpuji, yaitu Nabi Muhammad SAW. Dan ini tertulis di dalam Alquran:

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٖ

Artinya: “Dan sesungguhnya engkau (Muhammad) benar-benar berbudi pekerti yang luhur (agung),” (QS Al-Qolam: 4).

Pujian dari makhluk kepada Allah SWT

Hal ini seperti yang telah tertulis dalam Alqur’an:

ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam,” (QS Al-Fatihah: 2).

Pujian makhluk kepada makhluk

Terakhir adalah,  sebagai bentuk pujian makhluk kepada makhluknya. Pujian ini bertujuan untuk mendoakan seseorang yang sudah berbuat kebaikan kepada sesama, apapun bentuknya supaya dibalas dengan kebaikan yang berlimpah. Hal ini sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW untuk memuji manuasia, salah satunya adalah pada saat diberi kebaikan dengan mengucapkan kata jazakallah khair.

BACA JUGA : 12+ Manfaat Telur Rebus Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tau!

3. Manfaat mengucapkan alhamdulilah

pexels

Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari Sedulur yang mengucapkan kalimat yang mulia ini. Nah, apa saja yang bisa kamu dapatkan setelah membaca kalimat ini, yuk simak ulasannya berikut ini.

Diampuni dosamu

Keuntungan yang utama setelah mengucapkan kata alhamdulilah adalah, kamu akan diampuni segala dosa-dosa burukmu. Ketika seseorang mengucapkan alhamduliah sebanyak tiga kali, maka ucapan yang ketiga tersebut, akan menjadi sebuah pahala dan Allah SWT dengan senantiasa dapat menghapus dosamu.

Mendapatkan pahala

Manfaat dari mengucap kata kalimat alhamdulilah selanjutnya adalah, kamu bisa mendapatkan sebuah pahala. Mengapa bisa demikian, karena mengucapkan kata alhamdulilah artinya kamu sudah memuji Allah SWT.

Sebagai balasannya, jika mengucapkan alhamdulilah untuk yang kedua kalinya, maka Allah SWT akan menambah kembali pahala baru untukmu.

Tentramkan jiwa

Manfaat lain yang bisa didapat mengucap kata alhamdulilah adalah, hati kamu atau jiwa kamu menjadi tentram.

Ditambahkan rezekimu

Kemudian, jika kamu mengucap kalimat alhamdulilah, maka Allah SWT berjanji akan selalu menambah rezeki untukmu. Nah, selain mengucap alhamdulilah, bersyukur dengan memberikan sebuah sedekah untuk orang lain yang kurang mampu, juga bisa menambah rezeki.

Menumbuhkan rasa positif

Ketika kamu mengucapkan kalimat alhamdulilah, maka sejatinya hati kamu akan  lebih qana’ah atay dapat menerima semua hal dengan lapang dada

Meningkatkan kesejahteraan

Secara tidak langsung, mengucap kalimat alhamdulilah dapat memperbaiki penyakit hati, sehingga hati tentu senantisa akan selalu merasa tentram.

Terhindar dari stres dan depresi

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan adalah dengan mengucapkan kalimat alhamdulilah akan membuat orang bisa terhindar dari tekanan atau stres karena kita belajar bersyukur atas apa yang sudah dimiliki.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Sabun Pemutih Wajah Terbaik Murah & Bagus!

4. Kapan mengucapkan kata alhamdulilah?

pexels

Setelah tadi kita mengetahui arti alhamdulila, makna yang terkandung dan manfaat apa saja yang bisa kita dapatkan dari mengucap kata ini, maka selanjutnya adalah, terkait waktu penyampaian. Sebenarnya tidak ada waktu khusus dalam mengucapkan kata alhamdulilah, namun biasanya alhamdulilah diucapkan setelah kita selesai merampungkan sebuah pekerejaan, ketika mendapatkan sebuah kabar yang baik atau pun kabar yang buruk.

Namun, sudah sepantasnya, kita sebagai umat muslim mengucapkan kalimat yang penuh dengan kemuliaan ini setiap hari dan setiap waktu. Sebab, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari mengucapkan kalimat yang satu ini.

Demikian ulasan mengenai alhamdulillah artinya, makna, hingga manfaat yang bisa didapatkan. Semoga kita senantiasa selalu membiasakan diri untuk selalu mengucapkan kata ini ya Sedulur.