Pecinta tanaman pasti sudah akrab dengan ragam jenis calathea termahal. Tanaman hias satu ini memiliki banyak varian dan jenis. Beberapa banyak Sedulur temukan di Indonesia dan menjadi tanaman hias yang mudah tumbuh dan dibudidayakan. Namun beberapa lainnya sangat langka dan harganya cukup tinggi.

Setidaknya ada 100 jenis calathea di dunia dan hanya belasan di antaranya yang banyak ditemukan di toko-toko tanaman hias. Calathea memang sangat memesona berkat corak dan warnanya yang indah. Tak hanya itu, aneka jenis calathea ini jadi kesukaan kolektor tanaman karena terdapat varietas yang sangat langka dan unik. Ingin tahu apa saja jenis calathea termahal di dunia dan di Indonesia? Yuk simak ulasan berikut!

BACA JUGA: 15+ Tanaman Hias Daun yang Hits & Cocok Untuk Pemula

1. Calathea contravenestra

shopee

Calathea jenis ini merupakan salah satu yang banyak digandrungi oleh kolektor tanaman hias. Ciri khas calathea contravenestra adalah memiliki daun dengan warna gradasi yang indah. Gradasi warna ini biasanya bermula dengan warna hijau muda di pinggiran daun dan gradasi abstrak ke tengah menuju hijau pucat atau hijau tua. Sekilas, daun dari tanaman calathea satu ini tampak seperti lukisan yang indah.

-->

Karena keindahannya inilah, calathea contravenestra menjadi salah satu jenis bunga calathea termahal. Untuk mendapatkan satu pot tanaman ini dengan enam lembar daun, Sedulur perlu mengeluarkan uang setidaknya Rp2.000.000.

2. Calathea crimson

portaljember

Jenis calathea import Thailand ini sesuai namanya memiliki warna merah tua yang cantik. Daun dari tanaman ini berwarna merah muda keunguan dan dibingkai di bagian tepi daunnya dengan warna ungu tua. Helaian daunnya juga memiliki tekstur bergelombang kecil yang unik dan membuat daun ini tampak mencolok. Tanaman ini akan cocok sebagai penghias ruangan sekaligus penyegar udara di dalam rumah.

Harga dari calathea crimson berada di kisaran Rp700.000 hingga Rp1.200.000. Cukup mahal memang, tapi sepadan dengan upaya import tanaman ini dari negara seberang.

BACA JUGA: 16 Macam Tanaman Indoor, Bikin Rumahmu Semakin Nyaman!

3. Calathea orbifolia

plantstory

Tanaman satu ini mungkin sudah tak asing bagi Sedulur. Foto dan gambar dari tanaman ini sudah banyak menghiasi internet, terutama dalam gambar-gambar desain rumah tropis. Calathea orbifolia memiliki bentuk daun yang melebar, tidak seperti kebanyakan tanaman calathea lainnya. Daunnya memiliki warna hijau tua dengan corak hijau muda cenderung silver yang halus. Jenis calathea ini termasuk bunga aglonema jenis calathea termahal dan dibanderol dengan harga sekitar Rp400.000 sampai Rp500.000 di pasaran.

4. Calathea cynthia

shopee

Tanaman ini memiliki penampilan yang sangat unik. Daunnya cenderung kecil dan sedikit melebar, dengan warna putih tulang yang tegas di bagian tepinya. Corak putih ini cukup luas, dan dilengkapi dengan corak hijau tua di bagian tengah daun serta tulang daun yang berwarna putih. Calathea cynthia ini merupakan salah satu jenis bunga calathea yang mudah dirawat dan jarang sakit sehingga cocok bagi pemula. Harganya sendiri berkisar di angka Rp700.000.

BACA JUGA: Ini Tips Memulai Bisnis Tanaman Hias, Bisa Jadi Peluang Usaha!

5. Calathea silver

plantstory

Sesuai namanya, calathea silver memiliki warna keperakan pada daunnya. Di bagian tepi daun terdapat rona warna gelap seperti hijau tua atau merah tua yang membingkai daun dengan indah. Tak berhenti di situ, bagian belakang daun ini pun memiliki warna merah tua yang juga indah. Melihat keanggunan calathea silver ini, tak heran jika tanaman ini punya harga yang cukup tinggi yakni Rp200.000 per pot. Tanaman ini akan sangat cocok untuk jadi penghias di dalam rumah.

6. Calathea flamestar

shopee

Nama dan penampilan calathea flamestar sama-sama unik serta nyentrik. Bagaimana tidak? Daun dari calathea flamestar memiliki corak seperti goresan kuas yang tak beraturan namun membentuk pola cantik. Di bagian tepi daun tampak warna hijau tua yang membingkai daun dan corak-corak di atasnya dengan sempurna. Jenis calathea ini juga memiliki bentuk daun yang sedikit bergelombang di bagian tepinya.

Keunikan calathea flamestar membuatnya jadi salah satu tanaman favorit kolektor tanaman hias di Indonesia. Harga satu potnya berkisar antara Rp500.000 hingga Rp3.000.000 bergantung pada banyaknya dan besarnya daun.

BACA JUGA: 15+ Jenis Bonsai, Tanaman Hias yang Bikin Rumah Makin Indah

7. Calathea medallion

merdeka

Merupakan salah satu bunga jenis calathea termahal, siapapun yang melihat tanaman calathea medallion ini pasti akan terpukau. Memiliki warna daun yang cenderung gelap dengan gradasi warna hijau yang berselang-seling di atas daunnya. Tak hanya itu, bagian bawah daun memiliki warna ungu dan putih yang bergradasi hingga membentuk motif indah.

Calathea medallion termasuk salah satu jenis calathea termahal. Satu pot tanaman hias ini dibanderol dengan harga sekitar Rp2.000.000. Fantastis, bukan?

8. Calathea roseopicta

merdeka

Saat melihat tanaman satu ini Sedulur dapat dipastikan akan terpukau dengan keindahannya. Tak heran karena calathea roseopicta bukan hanya memiliki corak yang indah seperti varietas medallion, namun juga warna yang tak kalah unik. Tanaman yang merupakan jenis calathea import Thailand ini memiliki warna ungu tua dengan corak berwarna merah muda keunguan yang indah.

Untuk mendapatkan tanaman ini Sedulur perlu mengeluarkan biaya setidaknya Rp200.000 hingga Rp500.000 satu pot nya. Harga yang cukup layak untuk keindahan tanaman ini ‘kan?

BACA JUGA: 18 Jenis Tanaman Hias Daun Cantik, Populer & Mudah Dirawat

9. Jenis Calathea merak (makoyana)

kompas

Calathea makoyana mendapat julukan calathea merak berkat corak daunnya yang mirip dengan motif ekor merak. Terdapat corak berwarna putih dan hijau tua dengan bentuk seperti tetesan air di atasnya. Tak hanya itu, bagian bawah daun memiliki warna ungu pekat dengan batang yang juga keunguan. Varietas ini mungkin tak seberapa mahal dibandingkan jenis lain yang sudah disebutkan di atas. Sedulur bisa mendapatkan tanaman ini di harga Rp200.000-an saja.

Setelah melihat jenis calathea termahal di atas, bagaimana tanggapan Sedulur? Apakah jadi ingin memiliki tanaman tersebut sebagai penghias ruangan? Memiliki tanaman hias di dalam rumah memang sedang menjadi tren belakangan ini. Akan tetapi ini adalah tren baik dan sehat yang sebaiknya Sedulur adopsi pula. Pasalnya, tanaman ini dapat membuat ruangan lebih segar dan menjadi sarana pereda stress bagi Sedulur.