alternatif pengganti susu

Apakah si kecil di rumah kesulitan meminum susu? Atau mungkin si kecil memiliki alergi terhadap susu? Karena kandungan dalam susu formula sangat penting untuk pertumbuhan si kecil, maka sebagai orangtua Sedulur penting memilih makanan alternatif pengganti susu formula.

Nah, jangan khawatir, dalam kesempatan kali ini kita akan bahas daftar makanan alternatif pengganti susu formula yang bisa diberikan kepada si kecil. Jadi meskipun si kecil enggan meminum susu, tumbuh kembangnya bisa terjamin. Lantas apa saja daftar makanannya? Yuk, mari langsung kita simak daftar makanan alternatif pengganti susu di bawah ini!

BACA JUGA: 22 Makanan Pelancar ASI Alami Yang Baik Dikonsumsi

1. Kue dan roti dengan tambahan butter

alternatif pengganti susu formula
iStock

Makanan alternatif pengganti susu formula yang pertama yaitu kue dan roti dengan tambahan butter. Biasanya, si kecil pasti menyukai kue dan roti, tertuama jika diolah menjadi makanan manis. Maka dari itu makanan ini bisa jadi alternatif.

-->

Dengan penggunaan butter juga, si kecil masih bisa mendapatkan nutrisi dan kandungan yang terdapat dalam susu. Hal tersebut disebabkan karena butter sendiri merupakan salah satu olahan dari susu itu sendiri.

Sedulur bisa menambahkan butter ke dalam adonan kue saat membuat kue atau menambahkan butter sebagai olesan roti. Sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, bahwa butter merupakan produk turunan dari krim susu atau lemak hewani.

Tidak jauh berbeda dengan susu, butter juga baik sebagai sumber energi tambahan bagi si kecil. Selain itu, produk turunan susu ini juga mampu mencukupi beberapa asupan penting lainnya, seperti protein, vitamin A, dan juga lemak baik.

2. Makanan dengan olahan keju

alternatif pengganti susu formula
iStock

Umumnya si kecil akan menolak meminum susu, entah karena bosan atau memang tidak suka. Namun, di sisi lain biasanya si kecil sangat menyukai keju. Jika kondisinya seperti ini, maka Sedulur bisa memberikan olahan makanan dari keju. Keju sendiri merupakan makanan pengganti susu.

Meski bentuk dan rasanya berbeda, namun kandungan keju juga tidak kalah lengkapnya dengan susu. Tidak perlu takut si kecil kekurangan asupan nutrisi, keju yang merupakan fermentasi dari susu ini mengandung nutrisi yang tinggi, seperti vitamin B12, kalsium, protein, dan vitamin D.

Keju sendiri termasuk salah satu olahan susu yang mudah dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Bukan hanya roti dan kue, Sedulur pun bisa menaburkannya di atas pasta si kecil atau makanan lainnya yang bisa diolah.

3. Olahan yogurt, seperti smoothies dan salad buah

alternatif pengganti susu formula
iStock

Alternatif pengganti susu formula selanjutnya yaoti yoghurt. Yogurt merupakan salah satu produk turunan susu yang bisa dikonsumsi langsung ataupun dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya seperti buah, sereal, oatmeal, maupun puding.

Umumnya, yogurt lebih sering dikonsumsi dengan buah-buahan segar. Misalnya diolah menjadi tambahan smoothies ataupun salad buah. Yogurt juga dikenal kaya akan probiotik sehingga baik untuk menjaga sistem pencernaan si kecil. Dengan memberikan yoghurt secara rutin, meskipun anak tidak mau mengkonsumsi susu, kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang anak bisa terjamin.

4. Es krim dan milkshake

alternatif pengganti susu formula
iStock

Makanan ini pasti sangat disukai oleh si kecil, es krim dan milkshake. Anak-anak pasti kesulitan menolak untuk makan es krim dan milkshake. Variasi es krim yang beragam memang bisa menutupi rasa dan tekstur dari susu itu sendiri.

Berbagai varian rasa populer seperti buah-buahan, coklat, atau green tea pastinya juga disukai oleh anak-anak. Tidak hanya es krim, kreasi susu lainnya seperti milkshake juga bisa dicoba. Meskipun milkshake juga menggunakan bahan dasar susu, namun rasa minuman ini tentu sudah jauh berbeda.

Hal itu tidak lain karena milkshake menggunakan campuran dan topping dari bahan-bahan lainnya seperti buah, coklat, ataupun biskuit. Namun Sedulur perlu memperhatikan jumlah konsumsi es krim dan milkshake karena kandungan gula yang tinggi didalamnya.

Salah satunya adalah kadar gula yang tinggi, sehingga bisa membuat berat badan anak relatif cenderung meningkat. Konsumsi minuman dingin yang berlebihan juga bisa membuat si kecil mudah terserang pilek, demam, dan gangguan pencernaan.

5. Jus jeruk

iStock

Selanjutnya alternatif pengganti susu formula yaitu jus jeruk yang mengandung nutrisi menyerupai susu. Bukan hanya kandungan vitamin C, namun juga kandungan vitamin D, asam folat, dan magnesium mampu digantikan oleh jus jeruk.

Peras jeruk secara langsung untuk menghindari tambahan gula pada produk kemasan. Bahkan lebih baik jika bisa tidak menggunakan gula sama sekali agar kesegaran dari jeruk lebih alami dan memberikan manfaat tinggi bagi anak.

BACA JUGA: 10 Camilan Bayi 6 Bulan Untuk Bantu Tumbuh Kembang Anak

6. Sayuran hijau

iStock

Makanan alternatif pengganti susu formula selanjutnya yaitu sayuran hijau. Sayuran hijau merupakan makanan yang dapat mendukung tumbuh tinggi anak karena di dalamnya tinggi akan kalsium. Beberapa contoh dan rekomendasi dari sayuran hijau yang bisa dikonsumsi yaitu:

  • Collard greens yang dimasak 1 mangkuk mengandung 266 mg kalsium
  • Brokoli yang dimasak 1 mangkuk mengandung 100 mg kalsium
  • Kale yang dimasak 1 mangkuk mengandung 160 mg kalsium
  • Sawi sendok yang dimasak 1 mangkuk mengandung 160 mg kalsium

Sayuran hijau umumnya menawarkan jumlah vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium yang terkonsentrasi. Sayuran hijau juga kaya vitamin K, nutrisi yang dapat meningkatkan kepadatan tulang untuk mendukung peningkatan pertumbuhan dan membantu menjaga tinggi badan.

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, arugula, dan kubis, adalah sumber nutrisi terbaik dan bagi yang mengkonsumsinya secara teratur dapat terhindar dari risiko penurunan massa tulang. Sehingga bisa menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang.

7. Kacang kedelai

iStock

Untuk anak yang memiliki alergi pada telur dan ayam, untuk mengatasi dan mengganti asupan gizi dari ayam dan telur, Sedulur bisa memberikan kedelai sebagai makanan bayi yang bergizi untuk tinggi badan. Kedelai merupakan makanan penunjang tinggi badan anak yang tak kalah enak dan bermanfaat.

Mengingat kedelai memiliki sumber protein yang dapat diolah bersama dengan sayur lain untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian si kecil. Hal ini pun membantu mewujudkan tinggi badan anak yang optimal.

8. Telur

iStock

Telur dikenal dengan kandungan protein di dalamnya, telur juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak. Dalam satu butir telur, mengandung 24,1 mg kalsium 6,24 gr protein 1,24 mcg vitamin D 35,7 mcg folat.

Bagi anak yang kekurangan vitamin B12 dan asam folat dapat menyebabkan anak mengalami pertumbuhan tinggi badan yang buruk. Anak usia 6-9 bulan yang mengkonsumsi satu butir telur per hari selama 6 bulan, menunjukkan peningkatan signifikan dalam pertumbuhan linier serta penurunan penghambat pertumbuhan.

9. Ikan tuna dan salmon

iStock

ikan, seperti tuna dan salmon, menyediakan vitamin D dan kalsium yang baik untuk mendukung anak tumbuh tinggi. Vitamin D membantu tubuh menyerap lebih banyak kalsium, yang membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang.

Kandungan vitamin D juga membantu mencegah rakhitis, yaitu pelunakan tulang. Seseorang dapat mengkonsumsi ikan berikut sebagai sumber vitamin D dan kalsium yaitu:

  • Salmon kalengan 100 gr: 15 mcg vitamin D dan 220 mg kalsium
  • Makarel kalengan 100 gr: 7,3 mcg vitamin D dan 241 mg kalsium
  • Sarden kalengan dalam minyak 100 gr: 4,8 mcg vitamin D dan 382 mg kalsium.

BACA JUGA: 12 Superfood Untuk Anak yang Baik Bagi Perkembangan Otak

10. Buah-buahan

iStock

Vitamin C merupakan komponen penting juga untuk kesehatan tulang yang mendukung anak tumbuh tinggi. Buah-buahan adalah salah satu sumbernya. Vitamin C membantu memproduksi kolagen yang penting untuk kekuatan dan perbaikan tulang.  Banyak buah-buahan yang kaya akan vitamin C, seperti berikut ini:

  • Jeruk 154 gr: 81,9 mg vitamin C
  • Jus jeruk 248 gr: 83,3 mg vitamin C
  • Jeruk bali merah 308 gr: 96,1 mg vitamin C
  • Jus jeruk bali merah 248 gr: 94,2 mg vitamin C

Nah itulah daftar berbagai makanan alternatif pengganti susu formula, yang bisa Sedulur berikan kepada si kecil yang alergi susu. Tentu saja agar setiap kebutuhan pertumbuhan si kecil bisa terjamin dan meskipun tidak mengkonsumsi susu formula.

Jangan lupa juga untuk selalu memenuhi berbagai asupan nutrisi anak, agar setiap pertumbuhan anak bisa terjaga dengan baik. Untuk mendapatkannya, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super. Cukup menggunakan ponsel saja, Sedulur bisa memesan berbagai barang kebutuhan sambil tetap menjaga si kecil di rumah.

Selain itu, Sedulur juga bisa mendapatkan diskon dan cashback menarik dalam setiap transaksi, lho! Yuk, segera download Aplikasi Super di Google PlayStore sekarang!