susu pengganti untuk membuat roti

Ada beberapa rekomendasi bahan pengganti susu UHT untuk kue atau untuk makanan lainnya. Susu UHT sendiri merupakan bahan yang mengandung kalsium untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Dalam susu UHT juga terkandung laktosa dan terdapat beberapa orang yang intoleransi laktosa sehingga harus memikirkan pengganti susu UHT untuk kue dan makanan lainnya. Nah, di bawah ini akan dibahas daftar bahan pengganti susu UHT untuk kue dan makanan lainnya yang bisa Sedulur gunakan. Yuk, mari langsung kita cek!

BACA JUGA: 12 Susu Program Hamil Terbaik Paling Aman, Gak Bikin Gendut!

1. Susu evaporasi

pengganti susu ht untuk kue
CNN Indonesia

Rekomendasi bahan pengganti susu UHT untuk kue yang pertama yaitu susu evaporasi. Susu evaporasi merupakan susu yang diuapkan atau sederhananya yaitu susu yang kadar airnya telah berkurang karena telah diuapkan.

-->

Hal tersebut membuat susu evaporasi merupakan bahan pengganti terbaik untu susu UHT. Bagi Sedulur yang ingin menggunakannya sebagai pengganti susu UHT, Sedulur bisa mencampurkannya dengan air agar kekentelannya bisa diatur.

2. Susu kental manis

pengganti susu uht untuk kue
Halodoc

Rekomendasi bahan pengganti kedua yaitu susu kental manis. Susu kental manis bisa jadi rekomendasi bahan pengganti, hal tersebut disebabkan karena susu ini terbuat dari cairan gula dengan ekstrak susu itu sendiri. Sehingga kandungan gulanya sedikit lebih tinggi.

Hal tersebut juga yang membuat susu kental manis sangat manis rasanya. Jika Sedulur menggunakan susu kental manis sebagai bahan pengganti, penggunaannya perlu Sedulur perhatikan, karena rasa manis yang tinggi. Bahkan mungkin Sedulur tidak perlu menggunakan gula jika menggunakan susu kental manis.

3. Susu bubuk

pengganti susu uht untuk kue
Kompas

Rekomendasi selanjutnya yaitu susu bubuk. Susu bubuk sendiri merupakan susu biasa dengan semua kadar air dihilangkan sampai menjadi bubuk. Sedulur dapat menggunakannya sebagai pengganti susu dengan mencampurkan susu dengan air yang cukup sesuai kebutuhan untuk memasak.

4. Susu beras

pengganti susu uht untuk kue
IDN Times

Rekomendasi terakhir yang bisa Sedulur gunakan yaitu susu beras. Susu beras merupakan alternatif bahan pengganti yang paling cocok dengan susu sapi. Hal tersebut yang membuat susu beras sangat cocok digunakan sebagai pengganti.

Tekstur susu beras lebih cair ketimbang susu sapi dengan tekstur yang lebih ringan sehingga tidak akan menghasilkan makanan yang cremy sebagaimana jika Sedulur menggunakan susu biasa. Namun, hasil dari penggunaan susu beras juga tidak akan mengecewakan.

5. Susu oat

Kompas

Susu oat merupakan susu yang bisa jadi pengganti dan merupakan pilihan yang peta. Terutama jika digunakan untuk makanan yang dipanggang, karena makanan yang dipanggan membutuhkan susu dan asam untu ragi. Hal tersebut yang membuat susu oat sangat cocok.

Terutama bagi Sedulur yang membuat makanan dengan dipanggang, susu oat sangat direkomendasikan sebagai pengganti. Selain itu, susu oat juga mengandung protein tinggi yang berperan sebagai pengganti susu biasa.

6. Susu almond

Alodokter

Rekomendasi selanjutnya untuk pengganti susu UHT untuk kue yaitu susu almond. Susu almond juga merupakan pengganti susu yang bebas susu. Namun, jika menggunakan susu almond Sedulur akan menambahkan rasa manis dan sedikit rasa pedas pada kue atau makanan, maka harus diperhatikan jumlah penggunaannya, ya!

7. Susu kedelai

Kompas

Alternatif pengganti susu UHT untuk kue selanjutnya yaitu susu kedelai. Susu kedelai sendiri memiliki rasa yang hampir deka dan menyerupai susu sapi. Akan tetap tidak seperti susu beras yang teksturnya jauh tidak menyerupai susu, susu kedelai juga dapat jadi rekomendasi pilihan untuk digunakan.

Bahkan bisa Sedulur gunakan secara bergantian agar tidak berubah, susu kedelai dikatakan sebagai susu dari kacang-kacangan yang teksturnya hampir menyerupai susu sapi. Maka seringkali digunakan sebagai susu pengganti, terutama yang mencari susu dari kacang-kacangan.

BACA JUGA: Jenis Susu Pelancar ASI dan Rekomendasi Merk Produknya!

8. Susu kacang-kacangan

Kompas

Rekomendasi lainnya yaitu susu dari kacang-kacangan lainnya, bukan hanya kacang kedelai atau kacang almond saja  yang bisa digunakan, Namun ada susu dari kacang macadamia dan susu dari jambu mete. Rasa yang dihasilkan pun akan lebih manis sehingga cocok digunakan untuk bahan membuat kue.

9. Krim asam

Kompas

Rekomendasi pengganti susu UHT untuk kue selanjutnya yaitu krim asam. Krim asam juga memiliki manfaat tambahan untuk melunakkan makanan dan membuat makanan yang dipanggan dapat tetap mempertahankan kelembutannya.

Namun, penggunaan krim asam dapat menambah rasa menjadi sedikit lebih tajam, hal tersebut disebabkan dari kandungan asam yang cukup tinggi dari krim asam. Maka dari itu, Sedulur wajib untuk memperhatikan penggunaan dari krim asam itu sendiri, baik untuk kue atau untuk makanan secara umum lainnya.

10. Santan

Astronauts

Santan juga bisa Sedulur gunakan sebagai penggantu susu UHT untuk kue atau makanan. Karena aroma santan dan rasanya yang khas, makan tentu menggunakan santan akan mempengaruhi hasil akhir kue atau masakan. Selain itu, santan juga mengandung 1/3 kalori susu sai, 1/2 dar emak dan sedikit protein dan karbohidrat ketimbang susu sapi.

11. Yogurt biasa

Kompas

Yoghurt biasa dapat menggantikan susu baik dalam hidangan manis maupun gurih. Sedulur bisa menggunakan dalam jumlah yang sama dengan susu yang diminta di dalam resep, namun jika Sedulur menggunakan yogurt Greek, Sedulur bisa mengencerkannya dengan sedikit air terlebih dahulu.

Setiap jenis yogurt juga memiliki tekstur yang berbeda-beda, maka dari itu, penting untuk diperhatikan teksturnya. Jika terlalu kental, Sedulur bisa mengencerkannya terlebih dahulu dengan air atau disesuaikan kekentalannya.

12. Air

Klik Dokter

Rekomendasi terakhir yaitu air. Air merupakan bahan makanan dasar yang dapat digunakan sebagai pengganti susu dalam setiap resep, terutapa untuk membuat kue. Namun, akan ada beberapa perubahan pada tekstur dan rasa. Sedikit akan kurang gurih dan lembut. Untuk mengatasinya Sedulur bisa menambahkan 1 sdm mentega untuk setiap satu cangkir air yang digunakan.

Nah itulah daftar pengganti susu UHT untuk kue yang bisa Sedulur gunakan, terutama bagi Sedulur yang intoleransi terhadap kandungan yang terdapat dalam susu UHT. Namun bagi Sedulur yang tidak masalah, lebih baik menggunakan susu UHT untuk berbagai makanan, terutama untuk membuat kue.

Jangan lupa untuk cek daftar susu UHT dan jenis susu lainnya di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa cek bahan-bahan pengganti susu yang dijelaskan di atas di Aplikasi Super. Belanja di Aplikasi Super dijamin memberikan kemudahan untuk memenuhi kebutuhan harian Sedulur. Makanya, jangan lupa download Aplikasi Super di PlayStore, ya!