stok makanan anak kos tanpa kulkas

Sedulur merupakan seorang anak kos dan tidak memiliki kulkas di kosan? Tidak perlu khawatir, ada beberapa rekomendasi stok makanan anak kos tanpa kulkas yang disiapkan. Dengan begitu, maka Sedulur tidak perlu takut kelaparan sewaktu-waktu.

Seperti yang telah diketahui, hidup menjadi anak kos itu memang bukan hal yang mudah. Mulai dari tuntutan untuk hidup secara mandiri, sampai berusaha mengatur keuangan supaya tidak boros dan tersiksa terutama di akhir bulan.

Nah, salah satu cara bagi anak kos untuk tetap bisa bertahan hidup adalah dengan masak sendiri, sehingga pengeluaran diminimalisir. Mungkin ada beberapa kos yang telah menyediakan dapur umum dan kulkas bersama bagi para penyewanya. Namun tidak sedikit juga yang ternyata tidak.

Lantas jika kos yang ditempati tidak memiliki kulkas, bagaimana cara untuk menyimpan dan menyetok makanan? Sedulur bisa mengakalinya dengan cara menyediakan stok makanan anak kos tanpa kulkas seperti yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Sambal Terasi Pedas dan Terenak 2023

1. Mie instan

Unsplash/No Revisions

Mie instan menjadi salah satu makanan yang sangat mudah disimpan tanpa perlu menggunakan kulkas. Terlebih lagi, makanan ini menjadi favorit semua orang karena mudah untuk dibuat.

2. Pasta

Selain mie instan, Sedulur juga dapat menyimpan pasta yang karakteristiknya hampir sama. Makanan ini juga mudah untuk dimasak dan dihidangkan, lho!

3. Roti tawar

Roti tawar bisa menjadi makanan siap santap yang mampu membuat perut terasa kenyang. Akan tetapi, daya simpan dari makanan yang satu ini hanya sekitar 5 hari saja.

4. Sereal

Sedulur bisa menyiapkan stok sereal untuk sarapan. Selain bisa disimpan tanpa kulkas, sereal juga mengandung serat yang tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama.

5. Abon

Abon merupakan olahan daging yang disuwir dan diberi bumbu. Karena proses pengolahnnya dilakukan dengan cara pengeringan, membuatnya bisa disimpan dalam waktu yang lama tanpa kulkas.

6. Telur asin

Telur asin terkenal dengan keawetannya, sehingga cocok dijadikan sebagai stok makanan anak kos tanpa kulkas. Bahkan, Sedulur bisa langsung menyantapnya kapan saja.

7. Telur

Bagi yang tidak terlalu suka telur asin, Sedulur juga dapat menyimpan telur ayam sebagai gantinya. Telur ayam pun juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang lezat.

8. Kornet

Kornet adalah olahan daging cincang yang diawetkan, sehingga Sedulur yang merupakan anak kos tetap bisa menyantap olahan daging yang enak tanpa takut cepat basi.

9. Sarden

Tidak hanya kornet, sarden juga menjadi lauk yang sangat mudah disajikan dan disantap anak kos. Sedulur bisa menyimpan sarden kalengan tanpa perlu dimasukkan ke dalam kulkas.

10. Susu kental manis

Bagi Sedulur yang suka atau bahkan wajib minum susu tiap hari, maka bisa menyimpan susu bubuk di kos. Selain diminum secara langsung, susu kental manis juga bisa untuk topping makanan lainnya.

BACA JUGA: 14 Merek Kaldu Bubuk Terbaik, Bikin Masakanmu Makin Lezat!

11. Susu bubuk

Unsplash/How to Gym

Opsi lain bagi para penikmat susu adalah susu bubuk. Ya, jika dibandingkan dengan susu cair, susu bubuk memiliki daya simpan yang lebih lama, terlebih tidak disimpan di kulkas.

12. Kopi

Sama halnya seperti susu bubuk, kopi bubuk juga mempunyai daya simpan yang terbilang lama. Namun pastikan Sedulur menyimpannya dengan baik agar kualitas tetap terjaga.

13. Cabai kering

Beberapa orang menganggap jika makanan akan terasa kurang tanpa adanya rasa pedas. Untuk itu, selalu sediakan cabai kering untuk menambah kelezatan makanan yang disantap.

14. Beras

Seperti yang telah diketahui, bahwa nasi adalah makanan pokok orang Indonesia. Nah, bagi yang punya magic com di kos, jangan lupa sediakan beras sebagai stok makanan pokok.

15. Biskuit

Biskuit menjadi salah satu camilan yang terbilang hemat dan dapat membantu perut cepat kenyang. Untungnya, biskuit dapat disimpan dalam waktu lama tanpa perlu kulkas.

16. Tahu

Jika Sedulur suka memasak, maka bisa menyediakan tahu untuk diolah. Tidak usah khawatir, ternyata tahu bisa bertahan selama beberapa hari sebelum dimasak menjadi berbagai olahan nikmat.

17. Tempe

Sama seperti tahu, tempe juga tahan lama dan sering menjadi bahan makanan yang mudah diolah menjadi berbagai hidangan. Jadi jangan lupa sediakan tempe jika Sedulur menyukainya.

18. Ikan kalengan

Stok makanan anak kos tanpa kulkas yang berikutnya adalah ikan kalengan. Ya, untuk saat ini ikan kalengan yang tahan lama bisa ditemukan dengan mudah di supermarket atau warung terdekat.

19. Daging kalengan

Selain ikan kalengan, makanan kalengan lain yang tidak boleh dilewatkan adalah daging kalengan. Dengan ini, Sedulur bisa tetap menyetok daging tanpa takut akan cepat basi atau busuk.

20. Sosis kaleng

Jika sosis kemasan harus disimpan di dalam freezer, tidak dengan sosis kaleng. Sedulur dapat menyimpannya di suhu ruangan, dan akan tetap awet selama kalengnya tidak dibuka.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Susu Full Cream Terbaik Sesuai Kebutuhan

21. Spaghetti instan

stok makanan anak kos tanpa kulkas
Unsplash/Nerfee Mirandilla

Makan makanan enak kini bisa dirasakan oleh anak kos. Salah satunya yakni dengan menyiapkan spageti instan lengkap dengan sausnya. Spagetti ini telah diawetkan, sehingga tahan dalam waktu lama.

22. Nasi goreng instan

Berbagai inovasi baru telah membuat kehidupan lebih mudah, terutama bagi anak kos. Adanya nasi goreng instan, membuat Sedulur bisa dengan mudah membuatnya kapan saja.

23. Bubur instan

Selain nasi goreng, ada juga bubur instan yang mana Sedulur hanya perlu merebusnya, lho! Diawetkan di dalam kemasan, bubur instan ini juga tahan dalam waktu lama.

24. Oatmeal

Menyediakan oatmeal adalah opsi terbaik bagi yang sedang diet dan menjalani gaya hidup sehat. Oatmeal yang teksturnya kering, tentu saja memudahkan Sedulur dalam menyimpannya.

25. Kurma

Umumnya, kurma yang biasa ditemukan di Indonesia adalah kurma kemasan yang sudah dikeringkan. Nah, buah asal Arab tersebut bisa disimpan dalam kulkas.

25. Kismis

Menambahkan kismis ke berbagai hidangan tentu akan membuatnya terasa lebih nikmat. Untungnya, kismis bisa disimpan dalam waktu yang lama walau hanya pada suhu ruangan.

26. Aprikot kering

Seperti kurma, apricot yang biasa ditemukan di pasar adalah apricot yang telah dikeringkan. Dengan begitu, maka buah tersebut tetap nikmat meskipun tidak disimpan di kulkas.

27. Minyak sayur

Bagi Sedulur yang suka memasak di kos, maka jangan lupa untuk menyetok minyak sayur. Minyak yang satu ini akan sangat berguna dan dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama.

28. Bawang bubuk

Masih berhubungan dengan masak-memasak, tentu saja penggunaan putih dan bawang merah sangat penting. Tenang saja, kini ada bawang bubuk yang lebih mudah disimpan.

29. Selai

Makan roti tawar rasanya tidak akan nikmat jika tidak ditambah selai, bukan? Oleh sebab itu, selalu sedia selai jika Sedulur juga menyediakan roti tawar sebagai stok makanan di kos.

30. Madu

Jika merasa bosan dengan selai, maka bisa coba menggantinya dengan madu. Selain itu roti tawar, madu juga bisa dicampurkan ke sereal atau susu.

31. Tepung

Unsplash/Vlad Kutepov

Para penggemar gorengan tampaknya tidak perlu merasa khawatir ketika berada di kos. Pasalnya, tepung bisa disimpan tanpa kulkas dalam waktu yang tidak sebentar.

32. Kacang merah

Kacang merah menjadi salah satu stok makanan anak kos tanpa kulkas yang menyehatkan. Dalam keadaan kering, kacang ini tidak perlu disimpan di dalam kulkas.

33. Kacang mete

Berbeda dari kacang merah, kacang mete yang sudah digoreng dapat bertahan lama tanpa kulkas. Namun pastikan selalu menutup wadahnya dengan rapat agar tetap renyah.

34. Sambal instan

Jika tadi sebelumnya ada cabai kering alias cabai bubuk, kini ada sambal instan yang akan membuat hidangan anak kos terasa lebih nikmat. Cara penyimpannya juga cukup mudah, kok.

35. Kentang

Stok makanan anak kos tanpa kulkas yang selanjutnya adalah kentang. Namun, pastikan untuk menyimpannya di wadah yang terbuka agar tidak cepat membusuk.

36. Wortel

Bahan makanan yang berikutnya adalah wortel, yang juga dapat disimpan di dalam wadah yang terbuka. Ambil dan kupas wortel secukupnya saja ketika ingin diolah atau dimasak.

37. Tomat

Walaupun memiliki kandungan air yang cukup tinggi, ternyata Sedulur tidak harus menyimpan tomat di dalam kulkas. Hanya saja, pastikan udara di dalam ruangan tidak terlalu panas, ya!

38. Jeruk

Jeruk juga mempunyai kandungan air yang tinggi, namun bisa dibilang lebih awet jika dibandingkan dengan tomat. Hal ini karena kulit jeruk lebih tebal dan membuat daging buahnya tetap segar.

38. Apel

Sama halnya seperti jeruk dan tomat, kandungan air di dalam apel juga cukup tinggi. Tapi tenang saja, buah yang satu ini lebih awet dari keduanya, walaupun disimpan di suhu ruangan.

39. Pisang

Buah yang tahan lama ketika disimpan di dalam ruangan berikutnya adalah pisang. Menariknya, pisang juga tinggi akan kandungan serta yang membantu Sedulur kenyang lebih lama.

40. Jagung

Jagung dapat menjadi opsi pengganti makanan pokok selain nasi yang bisa disimpan tanpa kulkas sekalipun. Bahkan makanan ini dapat bertahan hingga beberapa minggu.

41. Gula

Gula memiliki peranan yang penting dalam proses memasak makanan atau membuat minuman. Untuk itu, pastikan Sedulur selalu menyediakan gula di kos.

42. Garam

Tentu saja Sedulur tidak akan bisa memasak tanpa menggunakan garam. Nah, jangan khawatir untuk menyetok garam karena bumbu dapur ini dapat bertahan lama.

43. Camilan kemasan

stok makanan anak kos tanpa kulkas
Unsplash/Denny Muller

Walaupun sering dituduh sebagai penyebab kenaikan berat badan, namun camilan memiliki manfaat untuk menunda rasa lapar, terutama dalam keadaan darurat. Jadi tidak perlu ragu untuk menyediakannya di kos.

Nah, itulah beberapa stok makanan anak kos tanpa kulkas yang bisa Sedulur sediakan. Makanan-makanan yang ada di atas, akan bertahan dalam waktu yang cukup lama walau tidak disimpan di kulkas. Kendati demikian, pastikan untuk selalu mengecek tanggal kadaluarsa untuk makanan kemasan atau kalengan.

Meski terlihat masih baik-baik saja, namun jika sudah lewat tanggal kadaluarsa, maka makanan tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.