rekomendasi sambal terasi

Menyantap hidangan akan terasa jauh lebih nikmat dengan sambal terasi, tentu Sedulur setuju akan pernyataan tersebut, bukan? Sambal terasi sendiri merupakan salah satu jenis sambal yang banyak disukai. Bahkan kini ada banyak rekomendasi sambal terasi yang bisa ditemukan dengan mudah.

Saat ini sudah banyak perusahaan di bidang kuliner yang menciptakan sambal terasi instan. Dengan begitu, maka Sedulur tidak perlu repot-repot membuatnya secara manual. Hanya perlu membuka bungkus sambal, kemudian langsung menyantapnya bersama hidangan favorit.

Nah, bagi yang suka dengan sambal terasi tapi tidak mau kerepotan untuk membuatnya sendiri, berikut ini beberapa rekomendasi sambal terasi yang bisa dicoba!

BACA JUGA: 13 Rekomendasi Mie Instan Terenak dan Terlaris Tahun 2023

1. ABC Sambal Terasi

rekomendasi sambal terasi
ABC

Tidak hanya produk kecap manis dan saos pedas saja, ABC yang merupakan salah satu produsen kuliner besar di Indonesia juga memiliki produk sambal terasi instan yang wajib dicoba. Sambal terasi ABC sendiri memang dikenal dengan kualitasnya, menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia.

Perlu untuk diketahui, kandungan terasi pada sambal ini mencapai 50%, sehingga benar-benar terasa. Rasanya pedas dan gurih dari kombinasi antara cabai asli, terasi, dan bumbu rempah khusus, membuatnya menjadi tambahan yang lezat untuk berbagai hidangan.

Sambal Terasi ABC juga tersedia dalam berbagai tingkat kepedasan yang berbeda, jadi Sedulur bisa memilih sesuai dengan keinginan. Di dalam kemasan sambal terasi ini, terdapat kandungan pengawet natrium metabisulfit serta kalium sorbat.

Kandungan tersebut akan membuatnya dapat bertahan sampai 18 bulan, walaupun hanya disimpan di dalam suhu ruang. Untuk harganya, ABC Sambal terasi dipatok Rp10.000 untuk 12 sachet.

2. Sambal Terasi Dua Belibis

Bagi yang sudah sering membeli kecap atau saus instan, pasti sudah tidak dengan merk yang satu ini. Ya, Dua Belibis merupakan salah satu brand yang cukup besar dan terkenal di Indonesia. Berbagai macam produk Dua Belibis sudah telah berhasil dipasarkan secara luas.

Produk sambal terasi Dua Belibis ini, dibuat dari bahan utama cabai asli serta terasi dengan kualitas terbaik. Itulah mengapa Sambal Terasi Dua Belibis mampu menghadirkan cita rasa yang khas, gurih, dan juga sangat cocok dinikmati bersama berbagai macam hidangan.

Jika di warung atau pasar, Sambal Terasi Dua Belibis dijual sekitar Rp1000-an per sachetnya. Jika ingin mendapat harga yang jauh lebih terjangkau, Sedulur dapat membelinya di official store. Jika beruntung, maka bisa mendapatkan promo beli 2 renceng gratis 1 renceng.

Setiap 1 sachet Sambal Terasi Dua Belibis mempunyai berat bersih 15 gram, yang mana sangat cukup untuk sekali makan.

3. Sambal Uleg Terasi Finna Food

Rekomendasi sambal terasi yang berikutnya ada dari Finna Food. Nah, bagi yang mencari produk sambal terasi sachet yang murah namun isinya cukup banyak, maka Sambal Uleg Terasi Finna Food dapat menjadi pilihan yang sangat tepat.

Sambal sachet yang satu ini dibuat dengan beberapa komposisi, antara lain cabai, terasi gula, minyak nabati, garam, air, pati termodifikasi, penguat rasa mononatrium glutamat, serta pengawet kalium sorbat. Jadi tidak heran rasa yang dihasilkan benar-benar nikmat.

Sambal Uleg Terasi Finna Food memang sangat cocok dijadikan sebagai pendamping beragam jenis masakan, misalnya saja seperti ayam goreng, cah kangkung, gulai, atau bahkan bisa juga dijadikan sebagai bahan dasar balado dan bumbu nasi goreng.

Dengan kemasan sachet dengan berat bersih 20 gram, Sambal Uleg Terasi Finna Food dijual dengan harga Rp13.000-an rupiah untuk 10 sachetnya.

4. MamaSuka Sambal Terasi Sachet

Sudah sejak lama MamaSuka berhasil menciptakan tepung bumbu dan juga aneka macam bumbu dapur. Ya, bagi yang suka memasak dengan bumbu-bumbu instan, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan brand yang satu ini, bukan?

Namun tahukah Sedulur, tidak hanya tepung bumbu dan aneka bumbu dapur saja, ternyata MamaSuka juga memiliki produk sambal terasi kemasan yang menghadirkan citarasa khas. Sambal terasi buatan MasaSuka ini, dibuat dari cabai segar pilihan dan terasi udang asli.

Bukan hanya itu, sambal kemasan tersebut juga dilengkapi dengan berbagai macam bumbu tambahan lain yang mampu membuat rasanya benar-benar persis seperti sambal terasi ala rumahan. Tentu saja sambal ini wajib ada di lemari dapur Sedulur.

Dengan harganya yang sangat terjangkau, yakni hanya Rp1000-an per sachet, Sambal Terasi MamaSuka sudah cukup untuk menjadi pelengkap hidangan yang Sedulur santap.

5. Kokita Sambal Terasi

Sebagai salah satu produsen bumbu instan terbesar yang ada di Indonesia, Kokita juga turut meramaikan pasar sambal terasi kemasan. Produk sambal terasi dari Kokita ini, dibuat dari perpaduan cukup banyak bahan-bahan berkualitas,

Di antaranya seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai, terasi, dan masih banyak lagi. Perpaduan berbagai macam bahan tersebut, mampu menghasilkan citarasa yang manis, gurih, dan pedas dalam satu sachet sambal terasi siap santap.

Tidak hanya enak dikonsumsi secara langsung, Kokita Sambal Terasi juga bisa dijadikan sebagai bumbu dasar merah untuk nasi goreng, sambal goreng tempe, hingga sayur lodeh. Jadi Sedulur tidak perlu kerepotan membuat bumbu dasar secara manual.

Sambal ini dikemas dalam kemasan sachet dengan berat bersih 15 gram. Kemudian untuk harganya, Sedulur dapat membelinya seharga Rp19.000 per 10 sachet.

6. Bamboe Sambal Terasi ala Medan

Pinterest

Rekomendasi sambal terasi berikutnya ada dari Bamboe, salah satu merk yang telah memproduksi beragam bumbu rumahan yang sangat lezat. Nah, sambal terasi yang dihadirkan, adalah sambal terasi ala Medan yang tentunya tidak kalah nikmat jika dibandingkan dengan merk sambal terasi lain.

Dalam satu kemasan Bamboe Sambal Terasi ala Medan, kandungan terasinya juga terbilang cukup banyak. Sedulur bisa mengkonsumsinya bersama berbagai macam lauk pauk. Bahkan hanya dengan nasi dan lalapan saja, makan siang atau makan malam sudah terasa nikmat.

Nah, Sedulur dapat menemukan Bamboe Sambal Terasi ala Medan di berbagai e-commerce. Mereka menjualnya ke dalam paket 10 sachet dengan berat masing-masing 15 gram. Dengan begitu, akan lebih hemat untuk makan berkali-kali, bukan?

Sementara untuk harga yang dipatok juga cukup terjangkau dan tidak membuat kantong jebol. Yakni hanya Rp11.000 per 10 sachet.

7. Sasa Sambal Terasi

Bagi para penggemar sambal dan saos pedas dari Sasa, tentu saja tidak boleh melewatkan varian sambal terasinya yang juga nikmat, lho. Sambal terasi dari Sasa ini, terbuat dari perpaduan berbagai macam bahan alami dan berkualitas.

Antara lain seperti cabai, terasi, bawang merah, tomat, dan juga bawang putih. Sambal terasi sachet yang satu ini, benar-benar cocok untuk menikmati hidangan seperti ayam maupun ikan goreng yang Sedulur buat di rumah.

Seperti halnya produk-produk sambal Sasa yang lain, pemrosesan Sasa Sambal Terasi ini juga dilakukan dengan dua kali tahap pemasakan. Dengan begitu, higienitas sekaligus kelezatannya benar-benar terjamin dan tidak perlu diragukan lagi.

Rekomendasi sambal terasi kemasan dari Sasa ini, dikemas dalam sachet seberat 21 gram dan harganya hanya Rp14.000 per 10 sachet.

8. Hejo Sambal Terasi Plant Based

Berbeda dari rekomendasi sambal terasi yang sebelumnya, Hejo Sambal Terasi Plant Based ini ditujukan untuk para vegetarian. Sesuai dengan namanya, sambal terasi ini dibuat dengan menggunakan terasi vegan serta minyak kelapa alami.

Menariknya lagi, sambal terasi kemasan dari Hejo ini diklaim tidak mengandung pengawet sama sekali. Jadi setelah Sedulur membelinya, maka harus segera disimpan di dalam freezer atau chiller agar bisa tahan selama 3 sampai 6 bulan.

Kemudian jika ingin mengkonsumsinya, diamkan dulu selama beberapa saat pada suhu ruang sampai sambal mulai encer kembali. Nah, hingga saat ini, Hejo Sambal Terasi Plant Based baru tersedia dalam kemasan botol kaca dengan netto 150 gram. Harganya sekitar Rp29.000 untuk satu botolnya.

9. Sambal Terasi Udang Hellyeah

Sambal Terasi Udang besutan Hellyeah dibuat dari komposisi yang sangat lengkap. Mulai dari cabai rawit, terasi udang, bawang putih, bawang merah, garam, gula aren, kaldu, serta minyak nabati. Proporsi cabai rawit yang lebih banyak, membuatnya terasa sangat pedas dengan sedikit rasa gurih dan manis.

Rasa pedas yang mendominasi tersebut, membuat Sambal Terasi Udang Hellyeah terasa sangat menggigit. Tentu saja sangat cocok untuk melengkapi berbagai jenis masakan yang Sedulur buat, terutama ayam goreng, ikan goreng, telur, dan juga jangan lupa lalapan.

Sambal terasi kemasan dari Hellyeah ini juga mengandung pengawet natrium benzoat, sehingga mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama. Jika disimpan di dalam suhu ruang, sambal terasi ini dapat bertahan sekitar 6 sampai 8 bulan.

Akan tetapi, saat ini Sambal Terasi Udang Hellyeah baru hadir dalam kemasan pouch 17 gram yang dijual sekitar Rp30.000.

10. Sambal Bajak Bu Rudy

Di daerah Surabaya dan sekitarnya, Depot Bu Rudy memang sudah sangat terkenal dan bahkan telah memiliki banyak pelanggan. Bukan karena tanpa sebab, hal ini karena berbagai produk sambal yang dihasilkan benar-benar terasa nikmat.

Contohnya saja seperti Sambal Bajak Bu Rudy ini, yang dibuat dari campuran cabai, bumbu terasi, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan minyak sayur. Sehingga mampu menghasilkan perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis yang mampu membuat lidah bergoyang.

Walaupun tergolong sebagai sambal terasi rumahan alias homemade, tetapi Sambal Bajak Bu Rudy sudah memperoleh sertifikasi halal dari MUI, lho. Jadi jangan ragu untuk membelinya dan menyiapkannya di lemari dapur, ya!

Untuk saat ini, sambal bajak tersebut baru tersedia dalam kemasan botol kaca dengan berat bersih 130 gram. Harganya sendiri adalah Rp39.000-an untuk tiap botolnya.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merek Kopi Tanpa Ampas, Lebih Bersih Lebih Nikmat!

11. Sambal Terasi Chili Chila

rekomendasi sambal terasi
Chili Chila

Rekomendasi sambel terasi selanjutnya benar-benar mirip dengan sambal ulek buatan sendiri. Ya, Sambal Terasi Chili Chila memang diciptakan sedemikian rupa, agar para penikmatnya bisa merasakan sambal terasi ulek ala rumahan secara praktis.

Bisa dibilang jika sambal terasi yang satu ini mempunyai tekstur yang tidak terlalu halus, namun juga tidak kasar. Benar-benar terasa pas layaknya seperti sambal hasil ulekan tangan. Tidak hanya itu, produk ini juga tidak menggunakan bahan pewarna, pengawet, maupun MSG.

Jadi benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja dalam jangka lama sekalipun. Walaupun dikemas hanya dengan botol plastik, namun tutupnya telah dilengkapi segel aluminium foil. Sehingga Sedulur tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kebersihannya.

12. Mr. Crispy Sambal Terasi

Dapat dikatakan jika sambal terasi dari Mr.Crispy ini memiliki rasa pedas yang benar-benar pas, tidak berlebihan maupun kurang. Tidak usah khawatir, citarasa sambal terasi yang satu ini tidak hanya pedas dan asin saja, kok.

Sedulur bahkan dapat merasakan nikmatnya rasa manis serta gurih dari sambal terasi kemasan yang satu ini. Itu semua bisa terjadi berkat adanya perpaduan antara komposisi berbagai bahan yang seimbang. Misalnya seperti cabai, terasi asli, gula, sampai dengan bawang merah dan bawang putih.

Jadi tidak heran jika banyak sekali ulasan menilai bahwa sambal kemasan ini sangat enak, dan cocok bagi Sedulur yang tidak terlalu doyan pedas. Mr. Crispy Sambal Terasi dijual dengan kemasan botol dengan berat bersih 120 gram.

Untuk satu botolnya, sambal terasi yang sangat nikmati ini dijual dengan harga sekitar Rp39.000. Sedulur bisa menemukannya dengan mudah di toko-toko online.

13. Tropicana Slim Sambal Terasi

Tentu saja Sedulur sudah tidak asing Tropicana Slim, merek yang memang terkenal dengan berbagai produk sehatnya. Tidak hanya gula saja, ternyata Tropicana Slim juga mempunyai produk sambal terasi yang sangat menarik untuk dicoba.

Nah, bagi Sedulur yang bergaya hidup sehat atau mengutamakan kesehatan, maka pemilihan Tropicana Slim Sambal Terasi merupakan langkah yang tepat. Sambal terasi botolan instan yang enak ini, tidak mengandung gula dan juga kandungan garamnya sangat rendah.

Dengan begitu, tentu saja lebih rendah kalori jika dibandingkan dengan merk sambal terasi instan yang lainnya. Produk yang satu ini sangat aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes maupun hipertensi yang diharuskan mengurangi konsumsi garam dan gula.

Kemudian soal rasa, Sedulur tidak perlu khawatir. Walaupun termasuk produk sehat, sambal terasi ini mempunyai rasa pedas, gurih, dan terasinya sangat terasa.

14. Sambal Terasi Pedas Gurih Ala Rumahan by NCC

Banyak yang bilang jika Sambal Terasi Pedas Gurih Ala Rumahan by NCC lebih nikmat dan harum berkat terasi yang dibakar dengan sempurna. Jika Sedulur hendak mengadakan acara kumpul-kumpul di rumah, maka jangan lupa untuk menghidangkan sambal terasi kemasan dari NCC ini.

Sedulur dapat menggunakan salah satu sambal terasi kemasan paling enak ini sebagai cocolan maupun campuran dalam masakan. Sambal Terasi Pedas Gurih Ala Rumahan by NCC dikemas dalam kemasan botol dengan berat bersih 160 gram, dan dijual sekitar Rp.39.000 untuk tiap botolnya.

15. Sambal Terasi Pecel Khas Angkringan by Sambal Nagih

Fimela

Rekomendasi sambal terasi yang terakhir, ada Sambal terasi Pecel Khas Angkringan. Bagi Sedulur yang sering main atau nongkrong di angkringan, tentu saja sudah familiar dengan sambal khas yang disajikan bersama nasi bungkus, bukan?

Nah, kini Sedulur dapat menikmati sajian tersebut tanpa harus repot-repot keluar rumah dan berjalan ke angkringan. Cukup dengan menyediakan sambal terasi kemasan yang diproduksi oleh Sambal Nagih ini. Produk rumahan ini mempunyai tekstur yang mirip seperti sambal angkringan.

Selain itu, rasanya yang benar-benar fresh akan membuat penikmat tidak bisa berhenti menyantapnya. Namun perlu untuk diingat, jika sambal terasi instan ini hanya bisa bertahan paling lama dua minggu jika disimpan pada suhu ruang.

Dari sekian berbagai jenis sambal di Indonesia, sambal terasi menjadi salah satu jenis yang sangat digemari oleh banyak masyarakat. Kombinasi antara cabai, bawang putih, bawang merah, dan tentunya terasi sebagai komposisi utama, menghasilkan rasa dan aroma yang mampu menggugah selera.

Namun pembuatannya yang cukup ribet dan memakan waktu, membuat banyak orang tidak sempat untuk membuatnya sendiri. Oleh sebab itu, beberapa rekomendasi sambal terasi yang sudah disebutkan diatas, dapat menjadi langkah praktis untuk menikmati kelezatan dari sambal terasi.