satu galon berapa liter

Sedulur mungkin pernah bertanya satu galon berapa liter? Tentu wajar saja jika bertanya tentang hal tersebut, karena kita seringkali menggunakan galon sebagai ukuran untuk jumlah air yang kita konsumsi. Banyak dari kita yang belum mengetahui berapa ukuran galon jika dikonversi menjadi liter.

Berikut ini akan diulas penjelasan untuk menjawab pertanyaan satu galon berapa liter. Beserta dengan cara menghitungnya yang super mudah, hal tersebut bertujuan agar Sedulur tidak lagi bertanya tenang satuan dari galon jika dikonversi menjadi liter. Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini!

BACA JUGA: Daftar Bahan Makanan yang Tahan Lama Tanpa Disimpan di Kulkas

Sebutan galon di Indonesia vs galon sebagai ukuran volume internasional

satu galon berapa liter
World Atlas

Sebelum menjawab pertanyaan satu galon berapa liter, ada satu hal yang perlu diluruskan. Bahwa galon merupakan sebuah ukuran atau takaran benda cair. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), galon (ga-lon) berarti satuan takaran barang cair (air, bensin dan sebagainya). Sementara itu, di Indonesia istilah galon sejatinya telah sedikit bergeser.

-->

Galon kemudian mengalami pergeseran makna di Indonesia. Selain digunakan untuk menjadi ukuran sebuah barang cair, kemudian galon juga digunakan menjadi istilah untuk merujuk pada benda tempat menampung air minum. Maka jangan heran, jika ada yang bertanya satu galon Indonesia berapa liter, untuk menjawabnya kita harus menegaskan tentang pengertian galon terlebih dahulu.

Sementara itu, berapa liter dalam satu galon sendiri terdapat perbedaan takaran. Setidaknya terdapat dua patokan dari dua negara, yaitu Amerika Serikat dan Inggris. Takaran tersebut adalah:

  • 1 galon = 3.785 liter (Amerika Serikat)
  • 1 galon = 4.546 liter (Inggris)

Jika diminta untuk coba ucapkan satu galon berapa liter, dua rujukan tersebut bisa Sedulur gunakan. Sementara itu, di Indonesia sendiri terdapat rujukan yang berbeda untuk menjelaskan satu galon berapa liter air.

BACA JUGA: 1 Sendok Teh Berapa Gram? Ini Cara Hitungnya dengan Mudah

1 galon Aqua berapa liter?

satu galon berapa liter
Unsplash

Untuk menjawab 1 galon berapa gelas, tentu kita harus mengetahui patokan dasarnya terlebih dahulu.  Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas, bahwa terdapat dua versi terkait galon. Di Indonesia agak unik, sebagaimana yang telah disinggung sebelumnya. Bahwa kata galon kemudian bergeser merujuk pada benda menampung air. Air minum kemasan sendiri di Indonesia telah lumrah disebut dengan Aqua, merujuk pada salah satu brand air minum.

Untuk menjawab berapa liter dalam satu galon Brainly, di Indonesia sendiri terdapat takaran antara 17 liter-19 liter untuk setiap satu galon air minum. Kembali lagi, penyebutan suatu takaran di setiap negara berbeda, dan juga sesuai dengan kebutuhan dan kondisi negara tersebut. Maka dari itu, muncul perbedaan ukuran galon antara di Indonesia, Inggris dan Amerika Serikat. Untuk lebih jelasnya, Sedulur bisa simak penjelasan di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Kecap Asin Terbaik & Terenak untuk Berbagai Masakan

Pengertian gallon di Wikipedia

satu galon berapa liter
Unsplash

Wikipedia merupakan tempat terakhir untuk mencari jawaban apapun, termasuk untuk menjawab kebingungan kita terkait 1 galon berapa kg atau satu galon berapa liter. Pada umumnya, terdapat tiga jenis ukuran berbeda merujuk pada sebutan gallon, yaitu:

  • Imperial gallon (imp gal) = 4,54609 liter. Ukuran ini digunakan di Inggris, Kanada, dan beberapa negara kepulauan Karibia.
  • US gallon (US gal) = 231 kubik inci (tepatnya 3,785411784 liter). Ukuran ini digunakan di AS dan beberapa negara Amerika Latin dan Karibia.
  • Galon kering AS (USdrygal) = 1/8 gantang AS (4,40488377086 liter). Sedulur bisa lebih lengkap membaca penjelasannya di Wikipedia dengan mengetik kata kunci ‘galon’.

BACA JUGA: 1 Liter Berapa Kg? Ini Cara Menghitungnya dengan Mudah

Cara menghitung galon

satu galon berapa liter
World Atlas

Kesampingkan dulu pertanyaan 1 galon berapa liter minyak, persoalan terkait dalam 1 galon terdapat 19 liter membuat kita kebingungan. Sebenarnya dalam 1 galon air minum, pada dasarnya menampung 5 ukuran galon (five gallons), oleh karena itu jika dijumlahkan dalam liter, maka angka tersebut mencapai 19 liter. Berikut ini pembuktiannya:

  • Perhitungannya: 18.9271 liter : 1,5 liter = 12,618 kali.
  • Lebih tepatnya: 12 kali isi ulang 1,5 liter = 18 liter.
  • Sisanya 0,9271 liter bisa kamu isi dengan menggunakan gelas ukur supaya presisi.

Bagaimana? Apakah kebingungan Sedulur sudah hilang dan terjawab dengan penjelasan di atas? Karena pada dasarnya galon merupakan takaran untuk menghitung suatu barang berbentuk cair. Dalam perjalanannya, kata galon sendiri mengalami pergeseran makna, dan menjadi istilah untuk merujuk pada benda yang menampung air minum.

Semoga penjelasan terkait satu galon berapa liter dan disertai dengan cara menghitungnya bisa menghilangkan kebingungan Sedulur dan menambah wawasan Sedulur. Jangan lupa juga untuk menggunakan kualitas air minum yang terjamin dan jangan asal mengisi air minum. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi kesehatan Sedulur.

Jika ingin terjamin, Sedulur bisa membeli air minum, baik dalam takaran galon atau takaran lainnya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyedikan kebutuhan sembako dan bahan belanja sehari-hari dengan kualitas yang dijaga dan dikontrol secara berkala. Bagi Sedulur yang penasaran, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan gunakan langsung untuk membuktikannya. Selamat mencoba!