rekomendasi kopi hitam tanpa gula

Seperti yang telah diketahui, tiap merk kopi mempunyai racikannya masing-masing. Sehingga citarasa yang dihadirkan tidak selalu sama dan benar-benar khas. Bagi yang masih bingung untuk memilih merk, mungkin rekomendasi kopi hitam tanpa gula berikut bisa membantu.

Ya, kopi hitam menjadi teman yang sering diandalkan untuk tetap fokus sekaligus mengusir rasa kantuk. Rasa kopi hitam yang terbilang unik, dengan adanya rasa pahit serta asam yang saling berpadu dan minuman bercita rasa tinggi.

Nah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai rekomendasi kopi hitam tanpa gula terbaik yang bisa ditemukan di pasar. Jadi bagi yang ingin mencoba citarasa baru dari merk selain yang biasa dikonsumsi, berikut ini rekomendasinya!

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Kopi Susu Enak Seperti Coffee Shop!

1. Kapal Api Special Merah Kopi

rekomendasi kopi hitam tanpa gula
Vogue

Jika membahas tentang merk kopi hitam tanpa gula terbaik, sepertinya Kapal Api Special sangat layak masuk ke dalam daftar. Varian dari salah satu produsen kopi instant terbesar di Indonesia ini, menghadirkan rasa dan karakteristik khas yang berbeda.

Mulai dari tingkat kepekatan, cita rasa, hingga aroma yang unik. Dengan harganya yang terbilang cukup terjangkau, tidak heran jika banyak orang yang sering mengandalkan kopi satu ini. Proses penyajiannya juga sangat mudah, yakni cukup seduh satu sendok makan kopi dengan 200 ml air panas.

2. Nescafe Classic Kopi Instan

Nescafe Classic dibuat dari 100% kopi Robusta hasil budidaya oleh petani di Lampung. Merk kopi yang satu ini dikenal dengan rasa pahit yang cukup kuat dan juga aromanya yang nikmat. Ya, keseimbangan antara rasa dan aroma yang khas, membuat banyak orang menyukainya.

Berbeda dari merk kopi hitam yang sebelumnya, Nescafe Classic bisa dibuat dengan air panas maupun air dingin. Oleh karena itu, tidak jarang pula yang memanfaatkannya sebagai bahan dalam pembuatan minuman-minuman tertentu.

Oh iya, ampas yang dihasilkan juga sangat sedikit, sehingga waktu menunggu ampas turut tidaklah lama. Atau bahkan banyak yang bilang jika Nescafe Classic ini tidak menghasilkan ampas, sehingga bisa langsung diminum setelah diseduh.

3. Kopi Luwak Murni Black Coffee Bag

Kopi Luwak Murni Black Coffee Bag merupakan salah satu produk kopi hitam dengan biji kopi luwak yang sudah diproses dan diolah secara khusus. Kopi hitam ini dikenal dengan rasanya yang halus, rendah keasaman, dan juga sedikit pahit.

Kopi Luwak Murni Black Coffee sendiri dikemas ke dalam kemasan plastik berisi 164 gram kopi. Salah satu rekomendasi kopi hitam tanpa gula terbaik ini, dapat dijumpai dengan mudah di supermarket, minimarket, atau bahkan warung-warung dekat rumah.

4. King Coffee Kopi Vietnam Espresso Instant

Berikutnya ada King Coffee Kopi Vietnam Espresso Instant, merk kopi instan asal Vietnam. Kopi instan ini memiliki rasa kuat dan aroma khas dari kopi jenis espresso. Espresso sendiri merupakan gaya ekstraksi kopi dengan tekanan tinggi, sehingga menghasilkan konsentrat kopi yang kaya dan beraroma.

Jika Sedulur membelinya, disarankan untuk menyimpannya di dalam wadah kedap udara. Kemudian letakkan di tempat yang gelap, sejuk, dan juga kering. King Coffee Espresso Instant dikemas dalam 1 box berisikan 15 sachet.

5. Kopi Organik HIBO Black Italian Roast

Dibuat dari kopi yang dirawat di Lembah Baliem tanpa pestisida, Kopi Organik HIBO sangat cocok bagi yang sedang menjalani program diet dan gaya hidup sehat. Merk kopi tanpa gula ini memiliki kadar kafein yang cukup rendah dan tidak terlalu asam.

Jadi bagi Sedulur yang sensitif terhadap efek samping kafein maupun asam, tetap bisa menikmatinya dengan aman. Akan tetapi, alangkah baiknya untuk menghindari penggunaan pemanis, karena justru dapat memicu asam berlebih serta mengurangi manfaat yang terkandung di dalam kopi itu sendiri.

Cara penyajiannya juga sangat mudah, yakni cukup dengan menuang 10 gram bubuk kopi kemudian diseduh dengan 200 ml air panas. Biarkan selama 5 menit sampai bubuk kopi benar-benar turun ke bagian dasar cangkir, lalu segera dinikmati.

6. Excelso Kopi Robusta Gold

rekomendasi kopi hitam tanpa gula
Unsplash

Rekomendasi yang berikutnya ada Excelso Kopi Robusta Gold, robusta pilihan yang berasal dari kebun yang dikelola secara profesional. Biji kopi tersebut dipanggang dan diramu secara khusus untuk menghasilkan citarasa kopi yang benar-benar eksklusif dan istimewa.

Merk kopi hitam ini memiliki rasa yang cenderung pahit, sehingga sangat cocok bagi Sedulur yang tidak suka minuman manis. Tidak perlu khawatir, keamanannya untuk dikonsumsi juga telah terjamin karena sudah teregistrasi oleh BPOM.

7. Kopi Tubruk Gadjah

Bagi Sedulur yang menyukai rasa pahit yang kuat pada sebuah kopi, maka Kopi Tubruk Gadjah dapat menjadi opsi yang bisa dipilih. Karena memang ditujukan untuk sebagai kopi tubruk yang dibuat dengan cara diseduh, merk kopi hitam ini telah melalui proses penggilingan yang sangat halus.

Kopi Tubruk Gadjah juga telah mengantongi sertifikasi halal dari MUI, sehingga tidak perlu khawatir lagi terkait dengan kehalalannya. Menariknya, kualitas dari Kopi Tubruk Gadjah sendiri dapat bertahan hingga 12 bulan, apabila disimpan di dalam wadah yang kedap udara.

8. Tagetto Coffee Kopi Arabika Ciwidey Black Honey

Tagetto Coffee Kopi Arabika Ciwidey Black Honey varian kopi yang diproduksi oleh Tagetto Coffee. Kopi ini menggunakan biji kopi Arabika dari Ciwidey, yang merupakan salah satu daerah di Indonesia terkenal dengan produksi kopi yang berkualitas tinggi.

Tagetto Coffee Kopi Arabika Ciwidey Black Honey mempunyai rasa yang khas, dengan sentuhan manis alami dari metode pemrosesan Black Honey. Kopi ini dijual dalam beberapa varian, meliputi biji kopi, giling kasar, giling halus, dan giling medium. Sesuaikan saja dengan metode penyeduhan yang ingin dilakukan.

Bagi yang memiliki mesin kopi sendiri, disarankan untuk memilih varian biji kopi. Selain bisa menikmatinya secara lebih maksimal, Sedulur juga bisa menyimpannya dalam waktu yang lebih lama ketimbang varian kopi bubuk.

9. Kopi Hitam Asli Siantar Massa Kok Tong

Kopi Hitam Asli Siantar Massa Kok Tong merupakan merek kopi yang berasal dari Siantar, sebuah kota di Sumatera Utara. Kopi yang satu ini dikenal karena dibuat dengan menggunakan biji kopi berkualitas yang berasal dari daerah tersebut.

Perlu untuk diketahui, Kopi Hitam Asli Siantar Massa Kok Tong sudah diproduksi sejak tahun 1925 silam. Merk kopi hitam yang legendaris ini menggunakan metode penggilingan kasar, sehingga sangat cocok untuk metode penyeduhan cold brew. Kurang cocok jika dijadikan sebagai kopi tubruk.

10. Murrell Coffee Black Diamond Espresso Blend

Murrell Coffee Black Diamond dibuat dari campuran biji kopi robusta serta arabika yang diproses dengan metode roasting medium to dark. Rekomendasi kopi hitam tanpa gula ini menghadirkan perpaduan rasa antara sweet chocolate with cedar, caramel, dan juga orange and blueberry.

Bisa dibilang Murrell Coffee Black Diamond dapat dikonsumsi oleh siapa saja, karena memiliki tingkat keasaman low to medium. Setelah kemasan dibuka, sebaiknya simpan di dalam stoples kaca yang kedap udara agar kualitas rasa dan aromanya tetap terjaga dengan baik.

11. TOP Coffee Toraja Murni

tips supaya puasa kuat
iStock

Dengan slogan “Kopinya Orang Indonesia”, TOP Coffee selalu konsisten dalam menghadirkan kopi hitam dengan cita rasa yang pas untuk lidah masyarakat di Indonesia. Menjadi salah satu merk kopi hitam terbaik, TOP Coffee Toraja Murni memadukan kopi Robusta dan Arabika yang ditanam di daerah Toraja.

Maka dari itu, tidak heran jika banyak orang yang menjadi TOP Coffee sebagai pilihan utama. Kopi yang satu ini sangat cocok sebagai teman nongkrong, mengerjakan tugas, melakukan pekerjaan, dan lain sebagainya.

Ya, bukan hanya memiliki harga yang terjangkau oleh banyak kalangan, citarasa sangat khas yang dihadirkan tentu saja mampu membuat orang-orang menyukainya. Jadi jangan sampai lupa untuk selalu menyediakan kopi hitam tanpa gula terbaik ini, ya!

12. OWL Coffee Strong

Berbeda dari kebanyakan kopi kemasan yang ada, OWL Coffee hanya dibuat dengan menggunakan biji kopi pilihan yang kualitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi. Sehingga ketika diseduh, Sedulur bisa langsung merasakan kenikmatan secangkir kopi hitam dengan cita rasa yang sedap dan kuat.

Kopi ini memiliki rasa yang lebih kuat dan kandungan kafein yang lebih tinggi, sehingga membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang menyukai kopi yang memberikan dorongan energi yang lebih besar.  

Bagi Sedulur yang suka menikmati kopi hitam tanpa gula, dijamin tidak akan rugi jika mencoba OWL Coffee varian Strong.

13. Singa Coffee Tanpa Gula

Singa Coffee Tanpa Gula merupakan rekomendasi kopi hitam tanpa gula berikutnya, yang juga cukup populer dikalangan para pecinta kopi. Bagi yang suka dengan citarasa kopi yang ala-ala klasik, maka Singa Coffee ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Kopi bubuk instan yang satu ini diproses dengan menggunakan teknologi khusus. Teknologi tersebut lah yang mampu mempertahankan aroma, rasa, serta tampilan otentik pada kopi tersebut. Berbeda dari kebanyakan merk lain, yang mana kesan otentiknya sudah hampir hilang.

14. Torabika Diet Coffee 3 in 1

Seperti yang telah diketahui, bahwa Torabika juga menjadi salah satu produsen kopi instan lokal yang kini sudah dikenal oleh dunia. Dapat dikatakan jika target market utama dari kopi ini adalah kalangan muda, sehingga kebanyakan varian yang dihadirkan memiliki citarasa yang cenderung manis, ringan, dan tidak begitu pekat.

Akan tetapi jangan salah, mereka juga menyediakan varian kopi hitam klasik, dimana untuk saat ini memang tidak sedikit anak muda yang doyan kopi hitam. Varian tersebut adalah Torabika Duo Tanpa Gula, yang sangat cocok bagi para penggemar kopi hitam tanpa gula.

Sudah pasti varian ini rendah kalori, sehingga cocok dinikmati Sedulur yang sedang berada dalam program diet, tetapi ingin tetap bisa menikmati rasa yang khas dari Torabika. Selain itu, penyajian dari kopi ini juga sangat praktis, yaitu hanya perlu diseduh menggunakan air panas saja.

15. Indocafe Fine Blend

Pinterest

 

Rekomendasi kopi hitam tanpa gula yang terakhir adalah Indocafe Fine Blend. Indocafe Fine Blend adalah kopi bubuk yang diolah dari biji kopi robusta serta arabika pilihan, yang bisa menjadi opsi terbaik ketika menjalani program diet.

Merek kopi hitam yang satu ini memang tidak menambahkan gula di dalam kemasannya. Dalam satu sendok teh bubuk kopi, Sedulur akan mendapatkan asupan energi yang mencapai 5 kkal tanpa adanya kandungan garam maupun lemak.

Tidak usah khawatir, cara pembuatan yang mudah dan tidak akan merepotkan. Sedulur hanya perlu melarutkan satu sendok teh bubuk kopi ke dalam 150 cc air panas, lalu aduk secara merata, dan tunggu hingga ampasnya turun.

Demikian tadi deretan rekomendasi merk kopi hitam tanpa gula lain yang bisa Sedulur temukan di pasar. Namun, beberapa rekomendasi kopi hitam tanpa gula yang sudah disebutkan di atas, merupakan deretan kopi hitam tanpa gula terbaik yang wajib untuk dicoba.

Jadi jangan ragu untuk mencoba merk-merk kopi hitam tanpa gula yang sudah disebutkan di atas, ya! Buktikan nikmatnya kopi hitam nan klasik dan otentik!