margarin terbaik

Margarin terbaik merupakan bahan masak yang terbuat dari lemak nabati atau minyak kelapa sawit berkualitas. Dalam proses pembuatannya, margarin juga dicampur dengan air dan garam sehingga memiliki rasa gurih. Bahan masak berwarna kuning ini juga cukup populer di Indonesia karena jadi bahan utama untuk memasak dan membuat roti.

Sebagian besar orang kerap menggunakan margarin sebagai pengganti minyak goreng atau sebagai olesan untuk roti. Di dalamnya banyak terkandung zat-zat positif seperti vitamin A, vitamin B, protein, zat besi, karbohidrat, dan antioksidan. Namun yang tidak kalah penting adalah margarin rendah lemak, dan tidak seperti minyak goreng yang tinggi lemak.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak merek margarin terbaik yang tentu saja mudah Sedulur dapatkan di tempat-tempat perbelanjaan seperti Super market, Mini market, Pasar, atau di Warung sekalipun. Merek-merek seperti blue band, royal palmia, forvita, dan yang lainnya bisa Sedulur pilih untuk digunakan pada berbagai jenis olahan makanan Sedulur.

Untuk menentukan margarin terbaik, Sedulur bisa melihat kandungannya, pastikan margarin tersebut memiliki kandungan yang menyehatkan. Bila memang tertarik untuk membeli produk margarin yang bagus, kami sudah menyiapkan Tips atau cara memilih margarin terbaik berikut rekomendasi margarin terbaik yang bisa Sedulur pilih. Yuk, simak!

BACA JUGA: 7 Resep Kreasi Minuman Milo ala Kafe, Gampang Dibuat!

Cara pilih margarin

USA Today

Ketika hendak memilih margarin terbaik, hal utama yang perlu dipertimbangkan adalah harga, rasa, dan manfaatnya bagi tubuh. Kali ini kami akan mengajak Sedulur untuk mengetahui lebih dalam mengenai poin-poin yang harus diperhatikan saat memilih margarin terbaik.

1.  Pilih berdasarkan jenis kemasannya

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih margarin adalah jenis kemasannya. Akan lebih nyaman jika kemasannya dapat memudahkan Sedulur saat mengambil margarin. Oleh sebab itu, Sedulur sebaiknya memilih kemasan margarin yang sesuai dengan tujuan penggunaan.

  • Kemasan container untuk penggunaan sehari-hari

Biasanya margarin yang dijual di supermarket tersedia dalam kemasan container plastik. Container plastik adalah kemasan yang baik karena lebih praktis. Namun, ada juga produk yang dikemas dengan lembaran aluminium. Kemasan aluminium ini cukup sulit ditemui di Indonesia. Sebagai gantinya, Sedulur dapat dengan mudah menemukan margarin yang dikemas dalam bungkus plastik.

Penting untuk diketahui bahwa margarin adalah bahan pangan yang mudah teroksidasi. Oleh karena itu, margarin harus disimpan dalam wadah yang bisa ditutup rapat dan disimpan dengan aman. Jika margarin pilihan Sedulur dijual dalam kemasan aluminium atau plastik, ingatlah untuk memindahkannya ke wadah lain yang lebih aman.

Pertimbangkan juga mengenai bentuk wadahnya. Lebih baik lagi bila Sedulur menggunakan wadah yang mudah disimpan di dalam kulkas dan tidak membutuhkan banyak ruang.

  • Kemasan container mini untuk acara makan bersama

Ketika acara makan bersama atau pesta, penggunaan margarin dalam satu container tentunya akan terasa tidak higienis. Untuk itu, kami menyarankan Sedulur memilih margarin dalam kemasan mini. Penggunaan container mini juga membantu penyimpanan margarin menjadi lebih mudah. Margarin tidak akan mengalami oksidasi karena umumnya langsung habis dalam sekali konsumsi.

  • Kemasan besar ideal untuk membuat kue

Margarin juga sering digunakan sebagai pengganti mentega (butter) dalam pembuatan kue. Kebutuhan margarin untuk membuat kue biasanya cukup banyak. Oleh sebab itu, Sedulur sebaiknya membeli margarin dalam kemasan besar jika sering membuat kue di rumah.

Sebisa mungkin pilihlah margarin yang mencantumkan tulisan “margarine for cake”. Sebagian produsen juga menyediakan margarin tanpa garam dalam kemasan kecil. Produk ini cocok untuk Sedulur yang ingin membuat kudapan manis dalam porsi kecil saja.

Margarin dalam kemasan besar biasanya berukuran sekitar 1–2 kg atau lebih. Selain harganya lebih ekonomis, margarin dalam kemasan besar dikemas dengan bahan logam atau aluminium. Dengan demikian, margarin lebih aman dan higienis untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  • Kemasan balok tepat untuk membuat pastry

Danish Pastry adalah roti dengan ciri khas berupa adonan yang berlapis-lapis dan beraroma harum. Mentega memang dapat memberikan rasa yang lebih lezat pada pastry. Namun, margarin yang sesuai akan membuat pastry lebih renyah dibandingkan menggunakan mentega. Saat ini sudah ada margarin khusus untuk membuat Danish Pastry, biasanya dalam kemasan balok.

Jika dibungkus rapat, margarin jenis ini umumnya umur simpannya lebih lama. Sedulur yang hobi membuat roti dapat membelinya dalam kemasan besar tanpa perlu khawatir margarin akan rusak. Namun, margarin dalam kemasan balok wajib disimpan dengan benar. Sebaiknya margarin dipotong sesuai kebutuhan atau disimpan di dalam wadah yang tepat.

2.  Cari produk dengan kadar asam lemak trans yang rendah

Di dalam margarin terdapat kandungan asam lemak trans berupa lemak yang terbentuk pada saat minyak cair dipadatkan. Lemak trans ini dapat meningkatkan kadar LDL (low density lipoprotein) yang berbahaya bagi kesehatan jantung. Di luar negeri sudah banyak negara yang membatasi kandungan asam lemak trans yang ada di produk pangannya.

BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) di Indonesia telah membuat standar mengenai kuantitas asam lemak trans dalam suatu produk. Suatu produk dikatakan rendah asam lemak trans jika kandungannya ≤ 1,5 g per 100 g margarin.

Demi kesehatan, alangkah baiknya bila Sedulur juga jeli dalam memperhatikan hal ini. Meski begitu, Sedulur tak perlu khawatir karena sekarang telah banyak margarin yang diklaim rendah asam lemak trans.

3.  Periksa dengan teliti bahan aditif dari margarin

Sebagian produsen mengeklaim bahwa produk margarinnya memiliki kandungan kalori dan kolesterol lebih rendah. Produk tersebut umumnya masuk ke dalam kategori fat spread dengan karakteristik rendah lemak sehingga kalorinya juga lebih rendah. Namun, berhati-hatilah karena biasanya produk seperti ini memiliki campuran bahan aditif tertentu.

Untuk jangka pendek atau ketika sedang diet, produk seperti ini memang pilihan tepat. Akan tetapi, bahan aditifnya dapat memberikan efek negatif bagi kesehatan apabila dikonsumsi untuk jangka panjang. Karena itu, Sedulur sebaiknya tidak hanya memeriksa kandungan asam lemak, tetapi juga komposisinya secara keseluruhan.

Sebagai informasi tambahan, margarin dengan komposisi yang sederhana biasanya lebih aman dikonsumsi. Pada dasarnya, hampir semua produk makanan yang memiliki komposisi lebih sedikit lebih terjamin keaslian dan kemurniannya. Selain itu, jenis ini juga mengandung bahan pengawet yang lebih sedikit.

4.  Pertimbangkan margarin dengan rasa yang bervariasi

Beberapa produk margarin memiliki tambahan rasa, contohnya rasa bawang putih, ayam, dan barbeque. Variasi tersebut akan menambah gurihnya rasa masakan Sedulur.

Di samping itu, ada juga margarin dengan rasa butter yang akan disukai oleh para pencinta produk dairy. Variasi ini dapat membantu Sedulur agar tidak cepat bosan dengan rasa margarin yang itu-itu saja.

BACA JUGA: 7 Cara Merebus Bebek Agar Cepat Empuk dan Tidak Amis

Rekomendasi margarin terbaik

Table Magazine

Biar tidak bingung lagi, Sedulur bisa mencari margarin dengan memilih merek yang menjual produk tersebut. Merek-merek seperti blue band, royal palmia, forvita, dan yang lain bisa Sedulur pilih untuk digunakan pada masakan Sedulur. Untuk menentukan margarin terbaik, Sedulur bisa melihat kandungannya, pastikan margarin tersebut memiliki kandungan yang menyehatkan.

1.  Margarin Blue Band Serbaguna

Siapa yang tak mengenal merek Blue Band. Selain sudah lama berdiri dan sering melihatnya di iklan, merek tersebut juga menyuguhkan produk margarin yang kaya akan kandungan bernutrisi. Vitamin A, B, B2, D, dan E yang sudah sangat terkenal bermanfaat untuk tubuh tertanam ke dalam produknya yang bernama Blue Band Serbaguna. Lebih hebatnya lagi, saat ini produk tersebut sudah mengandung omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan otak dan juga omega 6 yang bagus dalam memelihara kesehatan rambut dan kulit.

Bahkan, kandungan omega 3 dan 6 yang ada di dalam Blue Band Serbaguna setara dengan 250g ikan salmon dan juga punya kandungan yang sama pada tiga gelas susu. Karena hal tersebut, produk itu sangat cocok untuk dijadikan bahan masakan agar tumbuh kembang anak bisa maksimal. Sedulur bisa menambahkan margarin ini saat akan memasak tumisan daging, nasi goreng, oseng, dan lainnya.!

2.  MeadowLea Original

MeadowLea Original adalah margarin terbaik yang memiliki kandungan lemak jenuh yang kecil, bahkan 65% lebih sedikit dari kandungan lemak jenuh yang ada pada mentega. Bahan yang digunakan untuk menciptakan mentega ini adalah minyak nabati dari minyak canola dan bunga matahari, wajar jika lemak jenuhnya sedikit. Karena kandungan lemak jenuhnya yang sedikit, maka produk ini sangat cocok dan aman dipakai untuk mengolah makanan Sedulur. Sebab, kebanyakan lemak jenuh akan berakibat buruk bagi tubuh.

Selain itu, margarin ini juga mengandung omega 3. Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari margarin yang baik untuk tubuh, MeadowLea Original bisa menjadi pilihan yang tepat. Sedulur bisa mendapatkan MeadowLea Original 250 gr di berbagai online shop.

3.  Daisy Margarine

Daisy Margarine adalah rekomendasi selanjutnya. Produk bisa Sedulur gunakan untuk menumis aneka masakan agar aromanya makin enak dan rasanya lebih gurih. Bisa juga dipakai untuk bahan kue. Margarin ini mengandung 9 macam vitamin yang baik untuk kesehatan.

4.  Margarin Planta Malaysia

Sedulur bisa juga menjajal Margarin Planta Malaysia. Margarin dikemas dalam kemasan kaleng. Bisa untuk dipakai menumis aneka makanan. Margarin ini juga cocok untuk aneka kue seperti lapis legit, cake, hingga aneka kue kering.

5.  Blue Band Master Original Margarin

Blue Band Master Original Margarin adalah margarin yang cocok untuk aneka masakan, kue, hingga olesan. Rasanya gurih dengan aroma yang khas. Ada 6 vitamin, yakni B3, E,A , B1, B2, dan D untuk menutrisi tubuh. Blue Band Master dikemas dalam kemasan kaleng ukuran 2 kg.

6.  Margarin Mother’s Choice

Margarin terbaik
Tasting Table

Mother’s Choice Margarine 2 kg adalah salah satu margarin yang berkualitas tinggi dan memiliki tekstur sangat lembut. Mother’s Choice Margarine ini dapat Sedulur gunakan sebagai kebutuhan masak-memasak dan membuat kue.

7.  Margarine Butterland

Margarine Butterland adalah margarin yang pas untuk tambahan aneka kue cake hingga kue kering. Produk ini mudah dicampurkan. Teksturnya creamy dan pastinya nikmat untuk disantap bersama aneka roti. Bisa jadi olesan dan bisa juga untuk dipakai menumis berbagai masakan.

8.  Royal Palmia Butter Margarin

Jika produk-produk sebelumnya adalah margarin asli, maka beda halnya dengan Royal Palmia Butter Margarine yang merupakan gabungan antara butter (mentega) dan margarin.

Bahan pembuatannya memang minyak nabati layaknya margarin, namun produk ini sudah dicampur butter asli. Hal tersebut membuat aromanya lebih harum layaknya butter dan memiliki titik leleh yang lebih tinggi seperti margarin.

Dengan menggunakan Royal Palmia Butter Margarine, Sedulur bisa membuat aneka olahan roti, cake, dan kue kering dengan aroma dan rasa yang lezat. Kandungan vitaminnya juga patut diperhitungkan, mengingat ada banyak vitamin yang terkandung, mulai dari vitamin A, B1, B2, B12, D, E, niasin, dan asam Folat.

Karena menghasilkan rasa yang enak dan memiliki kandungan gizi yang baik, Sedulur bisa menggunakan margarin terbaik ini untuk membuat olahan kue dan roti untuk sanak saudara..

9.  forVITA Margarine

Margarin forVITA bisa digunakan untuk banyak hal, mulai dari menumis, memanggang, hingga membuat kue dan roti. Tak hanya itu, forVITA juga difortifikasi dengan kandungan vitamin A yang dapat membantu mengoptimalkan fungsi mata dan menjaga kesehatannya.

Vitamin A dalam produk ini juga berperan sebagai antioksidan, pencegah kanker, dan penunjang kesehatan kulit. Untuk Sedulur yang menginginkan manfaat dari vitamin A, gunakan margarin forVITA pada masakan harian Sedulur..

10.  Margarine Sania Royale

Margarine Sania Royale 200 gram adalah salah satu margarin yang mudah ditemukan di pasaran. Margarin ini memiliki kandungan nutrisi yang banyak, seperti vitamin A, D, E, B1, B2, dan B3.

11.  Rose Brand Margarin Krim Serbaguna

Insider

Siapa yang tak kenal merek Rose Brand. Meskipun Rose Brand lebih dikenal masyarakat dengan produk-produk tepung, bihun, dan minyak goreng, tetapi margarin produksinya juga tak kalah bagusnya. Margarin Rose Brand 200 gram ini memiliki kandungan vitamin A dan D yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi Sedulur.

Lemak tak jenuh di dalamnya akan meningkatkan kadar kolesterol baik. Kandungan tersebut juga dipercaya mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke, serta menjaga berat badan. Rose Brand juga memiliki seri margarin klasik yang dijual dengan beragam kemasan, bahkan hingga 25 kg.

12.  Filma Margarine

Jika Sedulur mencari margarin yang cocok dipakai untuk kebutuhan apapun, entah untuk menumis, membuat adonan kue, atau menjadi olesan roti, maka bisa memakai Filma Margarin Gurih Serbaguna.

Ya, seperti namanya, margarin yang satu ini memang bisa digunakan untuk berbagai kegiatan memasak seperti di atas. Rasanya yang gurih dan lezat ketika dicap oleh lidah, membuat siapapun akan senang ketika menyantap makanan dengan margarin ini.

Margarin yang dibuat dengan minyak nabati tersebut juga mengandung banyak gizi yang sangat baik bagi tubuh. Kebanyakan adalah vitamin A, B1, B2, B3, D, dan E, serta adanya antioksidan. Berkat vitamin yang banyak terkandung di dalamnya, tumbuh kembang buah hati bisa lebih cepat dan lebih baik lagi.

Jadi, sering-seringlah memakai margarin bernutrsisi untuk memasak makanan bagi anak-anak Sedulur, salah satunya memakai margarin ini..

13.  Palmboom Cake Margarine

Salah satu Brand margarin terbaik yang sudah bertahan lama adalah Smart Palmboom Cake Margarine dimana sudah ada sejak tahun 1940-an. Selama itu, produk ini masih mampu bersaing dengan para kompetitor baru dan masih tetap memiliki pelanggan setia.

Wajar saja, karena produk margarin putih tesebut dibuat dengan bahan berkualitas, yakni minyak nabati yang sudah steril dan telah hilang bau tidak sedapnya. Berkat bahan yang bagus, terciptalah margarin yang menyehatkan yang terbebas dari kandungan lemak trans.

Sebenarnya ada dua jenis margarin dari Palmboom, yakni Palmboom Margarine dan Palmboom Cake Margarine. Pada varian yang bernama cake margarine, margarinnya punya aroma yang lebih khas, yakni beraroma butter fruity. Karena hal tersebut, kue yang dibuat dengan margarin ini akan terasa lebih khas dan lebih lezat. Sedangkan untuk Palmboom Margarine, kelebihannya ada pada kemampuannya yang sanggup mempertahankan kelembutan kue, sehingga bisa tetap enak walau disimpan beberapa hari..

Pertanyaan umum seputar margarin

margarin terbaik
Table Magazine

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar margarin. Jika Sedulur masih penasaran dengan perbedaan margarin dan mentega, simak jawabannya di bawah ini!

1. Apa perbedaan utama margarin dan mentega?

Mentega (butter) lebih dikenal dengan wangi dan teksturnya yang mudah mencair. Hal ini karena mentega terbuat dari produk hewani, seperti susu atau krim. Sementara itu, margarin terbuat dari produk nabati seperti minyak tumbuhan sehingga aman untuk vegetarian.

2. Apakah margarin bisa untuk diet?

Margarin tidak mengandung lemak hewani dan kolesterol sehingga relatif aman untuk Sedulur yang sedang diet. Meski begitu, pastikan untuk memilih margarin yang bebas dari kandungan lemak trans.

Cara pakai margarin agar maksimal

Delish

Selain komposisi dan bentuk kemasan, cara penggunaan margarin juga memengaruhi rasa. Berikutnya, kami akan memberi contoh penggunaan margarin agar hasil masakan Sedulur lebih optimal.

  • Margarin untuk makanan manis

Umumnya margarin banyak digunakan untuk mengolah makanan manis. Margarin memiliki rasa yang lebih ringan dan tekstur lebih baik sehingga banyak digunakan untuk membuat kue dan biskuit. Kue dan biskuit yang dibuat dengan campuran margarin juga akan memiliki tekstur yang renyah. Sebagai tambahan, kami juga akan memberikan resep puding labu lezat yang dapat Sedulur coba sendiri di rumah.

  • Perkaya rasa masakan Sedulur dengan margarin

Margarin memiliki tekstur lebih lembut dan mudah menyatu dengan bahan masakan lainnya. Itulah mengapa margarin begitu praktis. Membuat white sauce untuk salad dressing pun akan menjadi lebih sehat jika Sedulur menggunakan margarin. Cukup tambahkan sedikit margarin, masakan Sedulur akan terasa lebih khas.

Rekomendasi terbaik kami adalah mencampurkannya dalam salad kentang dan pasta saus napolitan. Untuk salad kentang, Sedulur cukup menambahkan margarin dan mayones dengan perbandingan 1 : 4. Sementara itu, untuk membuat pasta napolitan, Sedulur cukup mencampurkan margarin dengan sausnya saja

  • Margarin sebagai alternatif minyak goreng

Margarin bisa digunakan sebagai alternatif atau pengganti untuk minyak goreng karena sama-sama terbuat dari minyak tumbuhan. Sedulur dapat menggunakan margarin untuk menumis, menggoreng telur, membuat adonan, dan lain-lain. Caranya adalah dengan mencairkan margarin terlebih dahulu dan mengambil sesuai jumlah atau takaran yang dibutuhkan.

Selesai sudah pembahasan kita terkait margarin terbaik yang bisa Sedulur pilioh untu kebutuhan Sedulur. Namun, alangkah baiknya ketika memilih margarin, perhatikan dahulu tujuan penggunaan Sedulur. Setelahnya, akan lebih mudah memilih margarin yang paling sesuai. Margarin yang tepat akan berujung pada hasil masakan yang lebih nikmat.

Selamat berkreasi menggunakan margarin!Sebelum membeli margarin, pastikan dulu Sedulur memilih margarin yang tepat untuk kebutuhan Sedulur. Sebab, ada margarin yang di desain khusus untuk memasak sesuatu.

Selain itu, pilihlah produk margarin terbaik yang memiliki kandungan gizi yang baik, sehingga bisa lebih menyehatkan dan cocok untuk dijadikan bahan masakan untuk keluarga. Jika semuanya sudah dipastikan, Sedulur bisa menentukan produk margarin mana yang cocok untuk Sedulur.