contoh minuman soda

Minuman soda memang banyak digemari seluruh penjuru di dunia, termasuk di Indonesia. Jadi tidak heran, jika ada banyak minuman soft drink enak yang bisa dengan mudah ditemukan di pasaran. Mulai dari produk-produk lokal, hingga brand internasional sekalipun.

Dengan sensasi yang menyegarkan, minuman soda sering dipilih sebagai penghilang rasa dahaga saat cuaca sedang panas-panasnya. Tidak hanya enak, sensasi soda yang menggelitik tenggorokan membuat minuman berkarbonasi disukai banyak orang.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Kopi Kemasan Botol Kafein Tinggi Terenak!

Rekomendasi Minuman Soft Drink Enak

Seperti yang sebelumnya sudah dikatakan, jika saat ini ada banyak produk minuman soda yang bisa ditemukan di pasaran. Lantas, kira-kira apa saja merk minuman soft drink enak di Indonesia? Langsung saja, berikut ini beberapa merk yang direkomendasikan!

1. Fanta

Unsplash/Kim Ick

Rekomendasi minuman soft drink enak yang pertama adalah Fanta. Seperti yang telah diketahui, Fanta merupakan brand minuman berkarbonasi buah yang sangat dikenal dan dinikmati di seluruh dunia. Fanta hadir dalam berbagai varian rasa buah, seperti jeruk, anggur, stroberi, lemon, dan masih banyak lagi.

Keaslian rasa buah yang dihadirkan, tentu saja memberikan sensasi menyegarkan dan enak saat diminum. Selain itu, kadar karbonasi pada Fanta memberikan efek berbuih yang menyenangkan pada saat diminum. Hal ini menambah aspek menyegarkan dan membuat minuman ini cocok untuk dikonsumsi dalam berbagai kesempatan.

Fanta tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari botol plastik, kaleng, hingga kemasan yang lebih besar. Kemudahan aksesibilitas yang dimilikinya, membuat Fanta menjadi salah satu minuman populer yang paling sering dipilih.

Fanta juga seringkali dianggap sebagai alternatif bagi orang-orang yang mencari sesuatu selain cola konvensional. Varian rasa yang beragam, memberikan opsi yang lebih banyak dan tentunya sangat menarik bagi para konsumen.

2. Coca-cola

Yang berikutnya adalah Coca-Cola, minuman berkarbonasi dengan rasa coke alias cola yang telah menjadi ikon global sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1886 silam. Coca-Cola hadir dengan rasa cola yang unik dan mendalam.

Campuran dari berbagai bahan rahasia, termasuk ekstrak tanaman dan rempah-rempah, membuat minuman yang satu ini memiliki karakteristik yang sangat khas. Tingkat karbonasi yang diberikan juga tepat, memberikan sensasi buih yang menyegarkan ketika diminum.

Ya, hal itu tentunya mampu menciptakan pengalaman minum soda yang terasa menyenangkan serta bersih. Coca-Cola bisa diminum secara langsung maupun dicampur dengan bahan-bahan yang lain, halny seperti es krim (float), jeruk, atau rum, sehingga menciptakan variasi rasa yang menarik.

Nah, bagi yang ingin menikmati Coca-Cola secara langsung, jangan lupa untuk menyediakan es atau memasukkannya terlebih dahulu ke dalam kulkas. Dalam kondisi dingin, pastinya akan menambah kelezatan dari minuman ini, terutama pada saat cuaca panas.

3. Sprite

Tidak lengkap rasanya jika kita membahas Fanta dan Coca-Cola, namun melupakan Sprite begitu saja. Sprite merupakan minuman soft drink enak dengan rasa lemon-lime yang segar dan nikmat. Minuman ini memberikan sensasi keaslian buah lemon yang sangat cocok untuk dikonsumsi dalam cuaca panas.

Bisa dibilang jika Sprite menjadi salah satu minuman berkarbonasi yang tidak mengandung kafein, sehingga cocok untuk Sedulur yang ingin minum sesuatu yang segar tanpa efek stimulan. Tingkat karbonasi pada Sprite juga terbilang ringan dan memberikan efek berbuih yang lembut.

Jadi kesan yang ditimbulkan ketika meminumnya yakni mudah dan menyenangkan. Sama seperti Coca-Cola, Sprite juga dapat diminum langsung atau dicampur dengan bahan lain, seperti sirup buah, es krim, atau minuman beralkohol, sehingga menciptakan variasi rasa yang unik.

Sedulur bisa menemukan berbagai kemasan produk Sprite di pasaran. Mulai dari kaleng, botol plastik, hingga kemasan yang jauh lebih besar.

4. Green Sands

Rekomendasi minuman soft drink enak yang berikutnya adalah Green Sands. Pada awalnya, merk yang satu ini dikenal sebagai minuman beralkohol. Kendati demikian, kandungan alkohol yang ada di dalamnya juga tidak terlalu besar, yakni hanya 1% saja.

Seiring dengan berjalannya waktu dan peningkatan penjualan dari produk minuman soda ini, PT Multibintang selaku produsen dari Green Sands, memutuskan untuk menghilangkan alkohol dari minuman segar yang mereka produksi tersebut.

Dengan begitu, Green Sands yang biasa Sedulur temukan di pasaran sudah tidak mengandung alkohol sama sekali. Jadi bagi para konsumen yang menghindari alkohol, kini tidak perlu khawatir lagi jika ingin meminum produk Green Sands.

Tidak hanya itu, untuk saat ini sudah ada tiga varian rasa yang dihadirkan oleh Green Sands. Ketiga varian tersebut yakni Original Lime & Apples, Lime & Lychee, dan Lemon & Grape. Setiap rasa tentu saja memiliki kelezatan dan ciri khas masing-masing.

5. Schweppes

Schweppes merupakan merek minuman berkarbonasi yang telah dikenal secara meluas dan telah ada sejak abad ke-18. Schweppes juga memiliki sejarah panjang sebagai merek minuman berkarbonasi, dan banyak orang mengaitkannya dengan kualitas dan tradisi.

Schweppes menawarkan berbagai varietas rasa, termasuk lemon, lemon-lime, orange, tonic water, ginger ale, dan lain sebagainya. Varietas rasa ini tentu saja memberikan pilihan yang beragam kepada konsumen.

Secara luas, Schweppes bisa diminum langsung atau dicampur dengan berbagai macam minuman yang lain, seperti sebagai bagian dari koktail. Fleksibilitas inilah yang menjadikannya sebagai pilihan yang serbaguna.

Bahkan beberapa varian Schweppes seperti tonic water, dikenal dengan rasa bitternya yang khas. Produk yang satu ini sering digunakan sebagai mixer dalam berbagai minuman beralkohol. Nah, karbonasi seimbang yang dimiliki oleh minuman satu ini, mampu meningkatkan keaslian dari rasa minuman ini.

BACA JUGA: Dicari Pembeli, Ini Daftar Produk Minuman Kemasan Terlaris di Toko!

6. Liven Up

Unsplash/Blake Wisz

Liven Up merupakan minuman bersoda yang juga wajib Sedulur coba. Walaupun sebagai produk baru, Liven Up memiliki dua rasa soda yang sangat menyegarkan yaitu lemon dan cola. Dengan kemasan yang sangat praktis, minuman ini tentunya bisa dibawa kemanapun dan kapanpun.

Sedulur juga tidak repot untuk bisa menemukan Liven Up karena tersedia di banyak toko kelontong sekitar rumah dan di SuperApp

7. Bintang Radler

Mungkin Sedulur sudah tidak asing lagi dengan minuman soda yang bernama Bintang. Dilihat secara umum, Radler merupakan jenis minuman yang berasal dari Jerman dan dikenal sebagai minuman penyegar yang ringan dan cocok untuk diminum pada cuaca panas.

Sementara untuk Bintang Radler sendiri, merupakan varian Radler yang diproduksi oleh PT Multi Bintang Indonesia, sebuah produsen minuman di Indonesia. Bintang Radler menggabungkan rasa bir dengan sari buah, seperti lemon atau jeruk. Kombinasi ini memberikan kelezatan yang unik dan menyegarkan.

Sebagian besar Radler memiliki tingkat alkohol yang rendah, menjadikannya pilihan yang cocok untuk konsumen yang mencari minuman ringan. Radler umumnya juga dikonsumsi sebagai minuman penyegar pada siang hari atau dalam situasi santai.

Rasanya yang ringan dan aroma buah membuatnya nyaman diminum di berbagai kesempatan. Sedulur juga bisa mendapatkan produk Bintang yang satu ini dengan mudah.

8. Fayrouz

Selanjutnya Fayrouz, produk minuman berkarbonasi non-alkohol yang diproduksi oleh Nestlé. Produk yang satu ini, dikenal dengan rasa buahnya yang ringan dan juga sangat menyegarkan. Fayrouz sendiri menawarkan berbagai varian rasa buah.

Di antaranya seperti peach (persik), pineapple (nanas), pomegranate (delima), dan masih banyak lagi. Rasa buah yang alami tentu saja mampu memberikan pengalaman minum yang menyenangkan sekaligus tak terlupakan.

Perlu ditekankan jika Fayrouz adalah minuman non-alkohol, yang membuatnya cocok untuk semua kalangan, termasuk mereka yang tidak mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman ini umumnya memiliki tingkat karbonasi yang cukup ringan, memberikan sensasi berbuih yang lebih lembut.

Sama seperti kebanyakan produk minuman soda, Fayrouz juga tersedia di dalam berbagai kemasan, termasuk botol serta kaleng. Dengan begitu, maka hal ini akan memudahkan konsumen untuk memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Ya, Fayrouz bisa dinikmati sebagai minuman penyegar sehari-hari maupun hidangan di dalam berbagai kesempatan, seperti perayaan atau acara khusus.

9. A&W

A&W merupakan salah satu merek minuman berkarbonasi yang telah dikenal secara meluas. Khusunya untuk produk root beer mereka, yang memang sudah banyak dikenal orang karena karakteristik rasa akar sassafras yang benar-benar khas.

Root beer dari A&W mempunyai rasa yang otentik berkat campuran rempah-rempah dan juga ekstrak akar sassafras. Hal ini pastinya membuat karakteristik dari minuman tersebut sangat unik karena rasa akar yang tidak ditemukan di minuman lainnya.

Tingkat karbonasi yang pas juga memberikan efek berbuih yang terasa lebih tepat, menyenangkan, dan juga membantu menyegarkan tenggorokan. Kombinasi antara root beer dengan es krim vanila, dikenal sebagai A&W Float, menjadi pilihan yang populer dan menyajikan kombinasi rasa yang manis dan lembut.

Tidak hanya itu, A&W juga terus menghadirkan inovasi produk. Ini termasuk dengan berbagai varian rasa dan produk baru untuk memenuhi berbagai selera konsumen.

10. Mountain Dew

Mountain Dew adalah minuman soft drink enak yang dikenal dengan rasa citrus yang kuat, dan tingkat kafein yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa merek soda lainnya. Rasa citrus yang dominan dari minuman satu ini, memberikan sensasi segar dan berbeda dari minuman berkarbonasi lainnya.

Sementara kandungan tingkat kafein yang tinggi, mampu membuatnya mampu memberikan rasa penyegaran tambahan dan memberikan dorongan energi. Jadi tidak hanya segar saja, Mountain Dew dapat membantu menambah energi ketika dikonsumsi.

Nah, mungkin sebelumnya Sedulur hanya tahu varian Mountain Dew Original. Namun selain itu, ternyata terdapat berbagai varian rasa seperti Code Red (rasa cherry), Voltage (rasa blue raspberry), dan Baja Blast (rasa tropis), yang dapat memberikan opsi rasa yang menarik bagi para konsumen.

Tidak hanya itu, tingkat karbonasi yang tinggi di dalamnya, mampu memberikan efek berbuih yang kuat. Sehingga dapat menciptakan sensasi yang menyenangkan pada saat diminum.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Susu Oat yang Menyehatkan

11. 7UP

contoh minuman soda
Unsplash/Montatip Lilitsanong

Bagi yang sedang mencari alternatif dari minuman Sprite, maka 7UP bisa menjadi pilihan yang tepat. 7UP sendiri dikenal dengan rasa lemon-lime yang seimbang, memberikan sensasi keaslian buah-buahan yang manis dan juga menyegarkan.

Tingkat karbonasi yang dihadirkan dalam produk 7UP juga terbilang seimbang, menghasilkan efek berbuih yang lembut. Dengan begitu, maka produk yang satu ini akan terasa lebih nyaman ketika diminum, tanpa adanya rasa terlalu keras di tenggorokan.

Selain itu, 7UP juga menjadi minuman soda tanpa kandungan kafein, menjadikannya pilihan yang sangat tepat untuk mereka yang menghindari konsumsi stimulan.

7UP bisa diminum secara langsung atau digunakan sebagai campuran di berbagai koktail. Tidak hanya 7UP Classic, Sedulur juga bisa menemukan varian-varian lain, seperti 7UP Free (tanpa gula) yang ditawarkan sebagai alternatif yang lebih rendah gula.

12. Dr. Pepper

Bisa dibilang jika citarasa dari Dr. Pepper cukup sulit untuk dijelaskan secara pasti. Hal ini karena campuran berbagai bahan, termasuk cherry, almond, vanilla, blackberry, hingga apricot yang digunakan di dalamnya. Rasa yang kompleks ini membuatnya berbeda dari minuman cola pada umumnya.

Banyak orang yang menyukai Dr. Pepper karena rasanya yang tidak terlalu manis, berbeda dari kebanyakan minuman soda. Rasa buah-buahan yang dihadirkan juga terbilang berbeda, memberikan dimensi rasa yang unik.

Nah, ada satu fakta unik dari minuman soft drink enak yang satu ini. Jadi, Dr. Pepper tidak hanya digunakan sebagai campuran koktail ataupun diminum langsung, minuman ini juga sering digunakan sebagai bahan dalam resep masakan dan saus.

Dr. Pepper juga menyediakan beberapa varian lain seperti Diet Dr. Pepper dan Dr. Pepper Cherry yang memberikan opsi bagi Sedulur yang mencari minuman soda dengan kandungan gula atau kalori lebih rendah.

13. Big Cola

Rekomendasi minuman soft drink enak yang terakhir adalah Big Cola. Big Cola merupakan merek minuman berkarbonasi yang dikenal di beberapa negara, terutama di Amerika Latin dan beberapa wilayah lainnya. Produk ini diproduksi oleh perusahaan minuman asal Meksiko, Grupo Ajemex.

Seperti halnya minuman cola pada umumnya, Big Cola juga mempunyai rasa cola khas yang mencakup campuran karamel, gula, dan ekstrak tanaman tertentu.

Menariknya, Big Cola sering dikenal sebagai minuman berkarbonasi yang memiliki harga lebih terjangkau dibandingkan dengan beberapa merek minuman cola terkenal lainnya. Hal ini membuatnya seringkali menjadi pilihan bagi konsumen yang mencari minuman yang ekonomis.

Big Cola juga menawarkan berbagai varian rasa atau inovasi produk seperti rasa stroberi, orange, lemon, dan lain sebagainya. Sedulur bisa memilih varian rasa sesuai dengan keinginan.

BACA JUGA: Resep Es Sirsak Susu, Minuman yang Menyegarkan!

Manfaat Minuman Soft Drink

contoh minuman soda
Pexels/Sebastian Coman

Minuman soda memang sering dianggap sebagai minuman yang kurang bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan gula, kalori, dan kafein yang tinggi. Kendati demikian, ada terdapat beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan minuman soda, kurang lebih sebagai berikut ini.

  • Pleasure and Enjoyment

Minuman soda sering menjadi pilihan terutama ketika cuaca panas, karena kenikmatan rasa dan sensasi berbuih yang ditawarkan olehnya. Kesegaran yang ditawarkan mampu membantu menghilangkan rasa dahaga dalam waktu singkat.

  • Sumber Kafein

Bagi beberapa orang, minuman soda dianggap sebagai sumber kafein yang mampu menyediakan dorongan energi ringan. Mereka merasa jika meminum soda mampu meningkatkan energi secara langsung setelah meminumnya.

  • Mixer dalam Koktail

Beberapa produk minuman soda juga bisa digunakan sebagai bahan dalam koktail atau minuman campuran. Penambahan minuman soda ini dinilai mampu membuat variasi rasa dan aroma terasa semakin lezat dan nikmat.

Dampak Buruk Berlebihan Minum Soft Drink

Meskipun terdapat beberapa manfaat seperti di atas, penting untuk menyadari risiko dan dampak negatif yang dapat disebabkan oleh konsumsi berlebihan minuman soda. Beberapa risiko kesehatan yang bisa timbul akibat minuman soda antara lain adalah sebagai berikut.

  • Obesitas

Seperti yang diketahui, minuman soda biasanya mengandung gula dengan jumlah yang sangat tinggi. Kandungan gula inilah yang dapat menyumbang pada peningkatan berat badan dan tentu saja risiko terkena obesitas.

  • Penyakit Jantung dan Diabetes

Selain obesitas, konsumsi berlebihan gula secara berlebih juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

  • Kerusakan Gigi

Kandungan asam yang ada di dalam minuman soda diketahui dapat merusak enamel gigi. Hal ini akan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan pembentukan plak.

  • Risiko Kesehatan Lainnya

Yang berikutnya ini berasal dari kandungan kafein yang cukup tinggi pada beberapa produk minuman soda. Ya, kafein yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan tidur, kecemasan, dan masalah kesehatan lainnya.

Nah, itulah beberapa informasi terkait rekomendasi minuman soft drink enak, manfaat minuman soda, dan juga dampak buruknya bagi kesehatan. Dari informasi yang ada di atas, bisa disimpulkan jika mengonsumsi minuman soda itu harus ada batasannya, tidak boleh berlebihan.

Kalau Sedulur tertarik mencari minuman ringan sachet, kotak, atau botol. Kamu bisa menemukannya di toko kelontong terdekat dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.