merk unsalted butter terbaik

Unsalted butter atau yang biasa disebut dengan mentega adalah produk yang memiliki kandungan susu tinggi tapi dibuat tanpa campuran garam. Umumnya mentega biasa mengandung 90 gr garam per satu sendok teh, itu sebabnya mentega memiliki rasa asin yang cukup pekat jika dibandingkan unsalted butter. Merk unsalted butter terbaik sendiri biasanya banyak dicari oleh orang-orang yang sedang menjalani diet karena kandungan garamnya yang minim.

Selain digunakan oleh orang-orang yang menjalani diet, unsalted butter juga bagus untuk dikonsumsi balita dan anak kecil. Hal ini karena bisa membantu balita agar mengetahui banyak rasa, khususnya asin dengan tidak berlebihan. Dilansir dari Healthline, bayi yang masih berumur dibawah 1 tahun, tidak dianjurkan untuk memakan garam lebih dari 1 gr perhari. Dan untuk bayi yang masih berada pada umur 1-3 tahun, tidak dianjurkan untuk memakan garam lebih dari 2 gr sehari. Jadi unsalted butter terbaik bisa jadi solusinya.

Nah, untuk itu Sedulur di rumah bisa menggunakan unsalted butter ini untuk makanan si bayi. Namun, apakah Sedulur yakin sudah memilih merk unsalted butter terbaik yang tepat? Coba simak rekomendasinya berikut ini!

BACA JUGA: Cara Mudah dan Lengkap Membuat Mentega Sendiri di Rumah

Perbedaan unsalted butter dan mentega biasa

merk unsalted butter terbaik
Easy Cookie

Keduanya memiliki peranan penting dalam dapur, tergantung pada jenis masakan dan makanan yang ingin Sedulur buat. Pilihlah berdasarkan kebutuhan Sedulur dalam memasak dan selera rasa yang Sedulur inginkan dalam makanan Sedulur.

Namun, tahukah Sedulur, selain kandungan garam atau rasa asin yang ada pada mentega tawar dan mentega asin. Terdapat beberapa perbedaan yang sangat signifikan dari kedua produk ini. Apasaja perbedaannya? Berikut ulasannya.

  • Cita Rasa

Pertama adalah cita rasa dari ke duanya. Untuk salted butter atau mentega asin tentu memiliki yang lebih rasa asin dari pada mentega tawar atau unsalted butter, hal ini sangat wajar dikarenakan mentega tawar tidak mengandung garam sama sekali ataupun hanya mengandung sedikit garam sehingga tak terasa asin sedikitpun.

  • Warna

Kedua adalah warna. Untuk mentega tawar, warna biasanya adalah putih. Jadi tak heran orang-orang terkadang menambahkan pewarna pada makanan yang menggunakan mentega ini untuk memberikan sentuhan warna yang lebih indah.

Sementara mentega asin biasanya memiliki warna yang sedikit kuning sehingga tak perlu diberi pewarna makanan tambahan saat menggunakannya.

  • Pemakaian

Terakhir adalah pemakaiannya. Mentega tawar biasanya digunakan untuk membuat kue ataupun icing tart. Sementara mentega asin biasanya digunakan untuk olesan pada kue, roti, martabak dan masih banyak lagi. Hal ini digunakan untuk menambah cita rasa dari makanan tersebut sehingga lebih gurih.

Unsalted butter Tidak mengandung garam sama sekali Cocok digunakan dalam resep yang memerlukan pengukuran garam yang tepat atau resep yang tidak membutuhkan garam

Itulah beberapa perbedaan dari unsalted butter dengan salted butter. Salah satu pembeda dari yang telah disebutkan sebelumnya adalah salted butter tidak cocok untuk dikonsumsi oleh bayi sementara unsalted butter cocok untuk dijadikan capuran mpAsi yang biasa disebut sebagai makanan pendamping asi atau boleh dikatakan unsalted butter cocok untuk bayi.

BACA JUGA: 12 Resep Udang Goreng Mentega Enak untuk Lauk

Cara pilih unsalted butter

Choice

Bukan sekadar mentega tawar tanpa kandungan garam, unsalted butter yang dijual di pasaran ada beragam jenisnya. Unsalted butter dibedakan dari jenis kemasan, isi, dan kandungan lemaknya. Jadikan tips-tips yang kita bagikan berikut ini sebelum membeli unsalted butter. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Pilih berdasarkan jenis kemasannya

Secara umum, kemasan unsalted butter terdiri atas empat jenis, yaitu aluminium foil, plastik, kaleng, dan botol kaca. Jenis-jenis kemasan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebaiknya Sedulur juga memperhatikan kemasan yang digunakan dan menyesuaikannya dengan penggunaan.

  • Aluminium foil, mudah dijumpai dan harganya lebih ekonomis

Jika Sedulur perhatikan, rak butter di swalayan didominasi oleh butter dengan kemasan aluminium foil. Beberapa merek butter ternama, seperti Anchor, Lurpak, dan Elle & Vire juga memiliki butter dengan kemasan ini.

Harga butter dengan kemasan aluminium foil memang lebih terjangkau dibandingkan butter dengan kemasan kaleng. Tak heran jika jenis produk ini lebih banyak digemari para pembeli.

Penyimpanan unsalted butter yang dikemas dalam aluminium foil agak sedikit tricky. Produk dengan kemasan ini harus selalu disimpan di kulkas agar bentuknya tidak berubah.

Namun, Sedulur bisa membaginya dengan cara dipotong-potong sehingga lebih mudah digunakan. Akhir-akhir ini sudah banyak produk yang dijual dalam kemasan aluminium foil berukuran kecil. Produk tersebut cocok untuk pemakaian sekali pakai.

Unsalted butter dengan kemasan aluminium foil juga cocok untuk membuat kulit pie. Pembuatan kulit pie membutuhkan butter dalam kondisi dingin dengan bentuk yang masih berbentuk kotak.

  • Plastik, produk yang dilengkapi tutup akan lebih baik

Kemasan jenis plastik memberikan kemudahan dalam penyimpanan. Namun, pilihlah kemasan plastik yang dilengkapi tutup agar kesegaran unsalted butter tetap terjaga setelah dibuka.

Jangan lupa untuk menutupnya kembali setelah digunakan. Namun, jika tidak dilengkapi penutup yang rapat, Sedulur bisa memindahkan butter yang tersisa ke wadah lain yang kedap udara.

Unsalted butter dengan kemasan plastik cocok untuk olesan. Simpan butter segera di kulkas setelah dibuka agar tetap fresh.

  • Kaleng, menjaga produk tetap segar dan awet dalam waktu lama

Unsalted butter dalam kemasan kaleng biasanya dijual dalam ukuran yang besar. Karena itu, kemasan ini cocok dipilih oleh Sedulur yang biasa menggunakan butter dalam jumlah besar, misalnya untuk berjualan roti.

Kemasan kaleng ini kedap udara dan semua bagiannya tertutup dengan rapat. Dengan begitu, mentega tetap segar dan awet dalam waktu lama.

Setelah kemasan dibuka pun kondisi mentega di dalamnya tetap terjaga. Sedulur juga bisa menyimpan unsalted butter berkemasan kaleng di suhu ruang. Namun, pastikan kedap udara, ya!

  • Botol kaca, bisa dibawa bepergian tanpa mengotori tas

Seperti halnya selai, mentega tawar juga ada yang dijual dalam botol kaca. Kemasan ini sudah dilengkapi dengan penutup yang rapat. Penutup tersebut dapat menjaga kesegaran mentega sekaligus menjaganya dari debu dan kotoran.

Mentega berkemasan botol kaca sangat praktis dibawa bepergian. Meski diletakkan di dalam tas sekalipun, mentega di dalamnya akan tetap aman dan tidak mengotori tas. Selain itu, tampilannya juga lebih estetis dan ramah lingkungan.

Bila butter sudah habis, Sedulur bisa memakai botolnya untuk kebutuhan lain. Sayangnya, di Indonesia produk mentega yang dijual dalam kemasan botol kaca masih belum umum ditemukan.

  • Sesuaikan ukuran dengan tujuan penggunaan

Bagi Sedulur yang memiliki usaha dan harus membuat kue dalam jumlah besar tiap harinya, kita merekomendasikan unsalted butter yang dikemas dalam ukuran 1 kg atau lebih.

Dengan begitu, stok Sedulur lebih banyak dan harganya pun jadi lebih hemat. Jika ingin memakai unsalted butter untuk sajian kuliner keluarga di rumah, pilihlah ukuran 200–500 gram.

Jika Sedulur menggunakannya untuk tambahan MPASI bayi, Sedulur dapat memilih ukuran lebih kecil, seperti ukuran 10 gram. Sedulur pun tidak perlu khawatir menggunakan unsalted butter terlalu banyak karena ukuran ini cukup untuk porsi makan bayi yang kecil.

  • Periksa kandungan lemaknya

Mungkin kebanyakan dari Sedulur sudah tahu bahwa unsalted butter mengandung lemak yang dapat mengakibatkan kenaikan kalori. Bagi Sedulur yang sedang diet, tidak ada salahnya memeriksa kandungan lemak yang terkandung pada unsalted butter yang digunakan.

Unsalted butter mengandung 100 kalori dan 12 gram lemak dengan 7 gram di antaranya adalah lemak jenuh. Bayi membutuhkan lemak untuk otak dan menaikkan berat badan. Jika berencana menambahkannya sebagai lemak tambahan pada MPASI, Sedulur dapat memberi satu sendok teh unsalted butter untuk 120 ml makanan bayi.

BACA JUGA: 6 Cara Menyimpan Mentega Agar Tahan Lama & Tidak Berjamur

Rekomendasi unsalted butter terbaik

Mealy

Pada dasarnya, unsalted butter dibuat bukan hanya untuk menjadi makanan bayi saja. Produk ini bisa dikonsumsi siapa saja. Jadi jangan pernah berpikir bahwa usalted butter ini cocok untuk bayi saja. Namun, dikarenakan kebutuhan bayi yang tidak bisa mengonsumsi garam berlebih, produk ini menjadi salah satu Sedulurlan yang bisa digunakan sebagai campuran MPASI.

Dan sekarang kita akan berbagi tips memilih unsalted butter yang bagus beserta 12 rekomendasi merk unsalted butter terbaik yang bisa Sedulur pilih lengkap dengan reviewnya. Penasaran merk apa saja? Nah berikut deretan merk unsalted butter terbaik 2023!

1. ELLE & VIRE Beurre Gastronomique Unsalted Butter

Merk usalted butter terbaik yang pertama adalah ELLE & VIRE Beurre Gastronomique Unsalted butter. Produk ini sangat cocok untuk dijadikan pengganti selai roti. Selain rasanya yang gurih, Sedulur juga bisa menggunakan butter yang satu ini untuk makanan manis ataupun asin.

Tak lupa, unsalted butter ini juga cocok untuk dijadikan campuran pada MPASI bayi. Tidak mengandung garam, mentega ini aman untuk perut si kecil. Untuk harganya sangat terjangakau dan mudah juga untuk Sedulur temukan di toko-toko terdekat.

2. LURPAK Unsalted Butter

Berikutnya adalah unsalted butter terbaik dari LURPAK Unsalted butter. Memiliki kandungan lemak yang tinggi, butter yang satu ini sangat cocok untuk sibayi dalam menaikkan berat badannya.

Selain itu, rasa murni dari mentega yang satu ini pun sangat murni sehingga dapat menjaga rasa makanan bayi. Jadi bagi Sedulur yang memiliki bayi dan ingin menaiikkan berat badannya, Sedulur dapat mencapurkan butter yang satu ini dalam makanan bayi tersebut.

3. Anchor Minidish Butter Unsalted

Rekomendasi merk unsalted butter terbaik berikutnya adalah Anchor Minidish Butter Unsalted. Memiliki kemasan yang sangat kecil, ini adalah butter yang sangat cocok untuk Sedulur bawa bepergian.

Produk yang satu ini sengaka dibuat dalam kemasan yang sangat mini sehingga dapat dilahap habis dalam 1 kali makan saja. Jadi Sedulur tak perlu repot-repot untuk membawa yang berukuran besar.  Dan tak lupa, dapat juga digunakan sebagai tambahan MPASI pada bayi.

4. Rosalie Cheese Unsalted Butter Bottle

Merk unsalted butter terbaik yang selanjutnya adalah Rosalie Cheese Unsalted Butter Bottle. Produk butter yang satu ini dibuat dalam kemasan botol yang memuat cucup banyak butter sehingga tidak mudah habis. Biasanya butter jenis yang satu ini bisa habis dalam waktu kurang lebih 2 bulan.

Perlu diketahui, bahwa produk ini adalah produk butter yang homemade yang tidak menggunakan bahan kimia seperti pewarna makanan dan juga pengawet. Jadi bagi Sedulur yang saat ini sedang mencari unsalted butter yang benar-benar aman dari bahan alami, Sedulur disarankan untuk mencoba produk Rosalie Cheese yang satu ini.

5. Ghee Numi Naturals Grass Fed Butter

Selanjunya merk unsalted butter terbaik adalah Ghee Numi Naturals Grass Fed Butter. Butter yang satu ini dikemas dengan botol kaca sehingga dapat Sedulur simpan kembali tanpa harus memindah-mindahkan kewadah yang lain walaupun kemasannya sudah terbuka.

Sedulur cukup menutupnya kembali dan menyimpannya dalam kulkas. Dengan begitu, butter tetap dalam keadaan higenis yang terhindar dari debu dan juga kotoran lainnya.

6. Vandemoortele St Auvent

merk unsalted butter terbaik
United Dairy

Daftar rekomendasi merk unsalted butter terbaik yang berikutnya adalah Vandemoortele St Auvent. Mengandung 78% lebih banyak lemak nabati dibandingkan dengan lemak hewani, produk unsalted butter dari Vandemoortele St Auvent ini sangat cocok bagi Sedulur yang sedang dalam program diet ataupun yang menjaga berat badan.

Selain itu Sedulur juga bisa menggunakan butter ini dalam mengolah masakan Sedulur tanpa harus merasa bersalah dari kandungan lemak yang terkandung di dalam butter tersebut.

7. Corman Patisy

Next, produk unsalted butter terbaik berikutnya adalah Corman Patisy 78% Fat – Block. Memiliki kemasan yang cukup besar, unsalted butter yang satu ini sangat cocok digunakan bagi Sedulur yang hendak menggunakannya dalam ukuran yang banyak.

Hal ini dapat memberikan manfaat lebih hemat jika dibandingkan dengan mebeli ukuran yang besar. Produk yang satu ini juga 78% lemak sehingga dapat membantu Sedulur untuk menaiikan berat badan kearah yang lebih ideal.

8. Dairygold Unsalted Butter

Merk unsalted butter terbaik selanjutnya adalah Dairygold Unsalted Butter. Dibuat dalam kemasan kaleng, butter ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga  sangat cocok yang akan mengguanakan produk ini dalam ukuran yang banyak.

Unsalted butter yang satu ini merupakan penggabungan antara margarin dan juga mentega. Jadi produk ini sangat rekomendasi bagi Sedulur yang ingin mebuat kue.

Kandungan mentega pada produk ini dapat memberikan aroma yang lebih enak sementara margarin dapat membuat tekstur kue menjadi lebih kokoh dan juga creamy. Bagi Sedulur yang memiliki usaha pada bidang kue ataupun roti, butter yang satu ini sangat di rekomendasikan untuk Sedulur.

9. Elle & Vire Unsalted Tartine et Cuisine

Berikutnya adalah unsalted butter terbaik dari Elle & Vire Unsalted Tartine et Cuisine. Mengandung rendah lemak, produk ini sangat cocok untuk Sedulur yang sedang menjalani program diet.

Sedulur dapat menggunakan produk unsalted butter dari Elle & Vire ini sebagai campuran banyak makanan terutaa kue-kuean. Perlu Sedulur ketahui bahwa Elle & Vire ini memiliki banyak sekali varian unsulte butte, jadi Sedulur harus berhati-hati dalam memilih produk sesuai dengan kebutuhan Sedulur.

10. Anchor Unsalted Butter

Terakhir ada unsalted butter terbaik dari Anchor Unsalted Butter. Mudah untuk ditemukan diamana saja serta memiliki banyak varian kemasan, butter yang berasal dari anchor ini adalah salah satu butter yang sagat direkomedasikan bagi Sedulur yang yang sedang menari butter unsalted.

Produk ini dikenal dengan rasa gurihnya dan juga cocok untuk disatukan dengan makanan lainnya. Jadi tak heran menngapa produk yang satu ini sangat dilirik di pasaran oleh masyarakat banyak. Tak hanya itu harga dari produk ini pun sangat terjanngkau dan dapat ditemukan dnegan mudah di toko-toko terdekat.

11. K.P.B.S Pangalengan Butter Unsalted

Mentega yang satu ini merupakan produksi lokal dari koperasi peternakan di daerah Pangalengan, Bandung Selatan. Produknya terbuat dari 100% susu sapi segar yang diperah langsung dari peternakan Pangalengan.

Mentega ini aman dikonsumsi anak-anak karena tidak mengandung pewarna, pengawet, dan perasa sintetis. Ukurannya yang besar juga sangat cocok untuk Sedulur yang memiliki catering, toko kue, atau industri makanan lainnya.

12. Westgold Unsalted Butter

New Zealand memang terkenal dengan dairy product-nya yang berkualitas. Alam New Zealand yang hijau dan sejuk, serta sapi-sapi yang dibiarkan merumput membuat kualitas susu yang dihasilkan lebih optimal.

Tak heran, susu sapi yang dipakai untuk membuat butter asal New Zealand ini jadi lebih kaya rasa. Menariknya lagi, butter ini diproses dengan metode churning tradisional. Hal tersebut menghasilkan butter yang creamy dan lembut.

Sayangnya, produk ini belum memiliki label halal MUI. Jika Sedulur ragu akan kehalalannya, silakan pastikan dahulu ke produsen atau seller-nya, ya.

Cara simpan unsalted butter

merk unsalted butter terbaik
Pinterest

Unsalted butter adalah bahan dasar penting dalam banyak resep yang membutuhkan rasa mentega yang kaya dan alami. Karena unsalted butter tidak mengandung garam, maka kestabilannya lebih rendah daripada butter biasa. Oleh karena itu, menyimpan unsalted butter dengan benar menjadi kunci untuk mempertahankan kualitasnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk menyimpan unsalted butter yang benar. Yuk, terapkan!

  1. Di dalam kulkas

Untuk menyimpan unsalted butter yang belum dibuka, simpanlah di dalam kulkas pada suhu 4-5 derajat Celsius. Pastikan butter berada di dalam wadah yang tertutup rapat dan terpisah dari makanan yang memiliki bau yang kuat.

Butter yang disimpan di kulkas dapat bertahan hingga 3-4 minggu.

  1. Di dalam freezer

Jika ingin menyimpan unsalted butter dalam waktu yang lebih lama, simpanlah di dalam freezer. Pastikan butter sudah dibungkus dengan rapat dalam kemasan kedap udara atau wadah yang tahan beku.

Butter yang disimpan dalam freezer dapat bertahan hingga 6 bulan. Namun, sebelum digunakan, pastikan butter sudah mencapai suhu ruangan terlebih dahulu.

  1. Di dalam butter dish

Jika ingin menyimpan butter di luar kulkas, gunakan butter dish yang memiliki tutup untuk menjaga kelembaban dan kualitas butter.

Letakkan butter dish di tempat yang sejuk, seperti di dapur atau di atas meja makan. Namun, butter yang disimpan di luar kulkas tidak dapat bertahan lebih dari beberapa hari.

  1. Hindari cahaya matahari

Hindari meletakkan unsalted butter di tempat yang terkena cahaya matahari langsung. Sinar UV dapat mempercepat kerusakan butter dan membuatnya menjadi lembek atau lumer.

Dengan menyimpan unsalted butter dengan benar, Sedulur dapat mempertahankan kualitas butter dan mencegah pemborosan. Pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluwarsa sebelum menggunakan butter dan jangan gunakan jika butter sudah terlihat atau tercium tidak enak.

Apakah Sedulur sudah menemukan unsalted butter yang tepat? Bukan hanya untuk membuat kue dan makanan lainnya, unsalted butter juga bisa bermanfaat untuk tambahan MPASI bayi Sedulur. Jangan lupa sesuaikan kemasan untuk memudahkan penyimpanan. Selain itu, pilihlah ukuran sesuai kebutuhan Sedulur.

Kandungan lemaknya juga penting untuk diperhatikan. Kandungan lemak tinggi cocok untuk menaikkan berat badan bayi, sedangkan kandungan lemak rendah adalah pilihan tepat untuk yang sedang diet. Selamat memilih, ya!