Cara menyimpan mentega

Mentega merupakan bahan makanan yang memiliki banyak fungsi. Jadi tidak heran jika banyak orang selalu mencoba untuk membuat persediaan mentega di rumahnya. Namun, cara menyimpan mentega tidak boleh sembarangan dan harus diperhatikan dengan benar lho.

Ada beberapa alasan kenapa Sedulur harus menyimpan mentega dengan tepat. Salah satunya karena mentega merupakan bahan mentah yang berasal dari minyak nabati. Jika tidak disimpan dengan baik, mentega akan mudah basi dan tidak bisa digunakan lagi.

Agar masalah mentega kadaluarsa bisa dihindari, yuk simak cara menyimpan mentega agar tahan lama dan anti jamur berikut ini!

BACA JUGA: Resep Setup Roti Tawar Lembut untuk Camilan di Rumah

-->

1. Simpan mentega di tempat kering

Cara menyimpan mentega
Bamboozle

Cara menyimpan mentega yang pertama adalah dengan tetap menjaga bungkus tertutup rapat. Tips ini bisa dilakukan ketika Sedulur belum ingin menggunakan mentega dalam waktu dekat.

Mentega yang masih terbungkus segel juga tidak perlu disimpan dalam tempat khusus, cukup jauhkan dari sinar matahari langsung dan letakkan di tempat kering. Mentega juga akan tetap awet meskipun Sedulur menyimpannya di suhu ruangan.

2. Bila bungkus sudah terbuka, simpan mentega di tempat khusus

Cara menyimpan mentega
Salon

Tips selanjutnya adalah cara menyimpan mentega yang sudah terbuka. Sedulur harus mempersiapkan wadah khusus untuk menyimpan mentega karena udara bisa meningkatkan pertumbuhan jamur.

Sedulur bisa menggunakan beberapa wadah khusus seperti Tupperware atau toples. Dengan begitu, mentega tidak akan terkena udara langsung dan terbebas dari bakteri.

3. Simpanlah mentega dalam kulkas

Kaluna Butter

Jika Sedulur ingin menyimpan mentega yang sudah dibuka untuk jangka waktu lama, maka sebaiknya simpan di dalam kulkas atau lemari pendingin. Dengan menyimpannya dalam kulkas, mentega akan tetap segar dan tidak mudah terkena jamur.

Menyimpan mentega di dalam kulkas juga harus menggunakan wadah khusus ya Sedulur, karena ini bisa mengurangi resiko kontaminasi dari bahan masakan lain seperti buah, sayur dan juga daging.

BACA JUGA: Apa Sih Perbedaan Mentega, Margarin dan Butter?

4. Bisa gunakan freezer

Southern Living

Posisi peletakan menyimpan mentega di dalam kulkas juga bisa berpengaruh pada durasi penyimpanannya. Jika Sedulur menyimpan mentega pada bagian freezer, maka mentega bisa bertahan dalam beberapa bulan.

Namun jika mentega hendak digunakan dan dihabiskan dalam tempo waktu mingguan, Sedulur cukup meletakkannya pada chiller saja.

5. Beri tanda atau catatan tanggal expired mentega

Butter
Pexels

Cara menyimpan mentega yang tidak boleh terlewat adalah memberikan tanda atau catatan expired mentega. Ini penting, karena mentega merupakan bahan masakan mentah yang akan tetap busuk jika waktunya tiba.

Jadi pastikan Sedulur benar-benar memberikan catatan khusus pada mentega yang sudah disimpan dalam kulkas. Hal ini untuk menghindari mentega membusuk dan berjamur di dalam kulkas.

6. Cek kondisi mentega secara berkala

Cara menyimpan mentega
Pexels

Mentega biasanya bisa dibeli secara kemasan maupun kiloan. Untuk mentega yang dibeli secara kemasan, biasanya tanggal expired atau kadaluarsanya cukup jelas. Namun jika Sedulur membeli mentega curah maka tanggal kadaluarsa ini tidak akan bisa ditentukan secara jelas.

Untuk itu, Sedulur harus melakukan pengecekan secara berkala pada mentega yang disimpan. Beberapa hal yang bisa diamati saat menyimpan mentega adalah aroma, tekstur, dan rasa. Menterga yang sudah busuk atau kadaluarsa biasanya akan memiliki rasa asam, bau tengik, dan tekstur yang lembek serta berair.

BACA JUGA: Cara Membuat Butter Cream di Rumah dengan Mudah

Belanja mentega di Aplikasi Super

Cara menyimpan mentega
Pinterest

Cara menyimpan mentega memang tidak bisa sembarangan. Namun, membeli barang kebutuhan satu ini juga tidak boleh asal ya Sedulur. Sebaiknya cari toko yang bisa memberikan banyak fasilitas dan promo menarik seperti Aplikasi Super.

Berbelanja kebutuhan di Aplikasi Super tidak hanya praktis karena bisa dilakuakn hanya lewat sentuhan jari saja, tapi Sedulur juga bisa mendapatkan potongan harga serta fasilitas gratis ongkir. Menarik sekali bukan?

Harga yang diberikan juga sangat bersaing, dimana Sedulur bisa membeli berbagai macam produk mentega dari brand ternama seperti Blue Band, Filma, dan yang lainnya di Aplikasi Super. Jika Sedulur tertarik, langsung saja download aplikasinya di Google Play dan rasakan kemudahan berbelanja yang mudah, murah, dan bisa bikin untung melimpah!

Demikian tadi deretan cara menyimpan mentega yang benar. Bahan masakan satu ini memang menjadi kebutuhan yang tidak pernah terlewat. Semoga dengan tips di atas, bisa memberikan banyak manfaat untuk Sedulur ya!