cara membuat mentega

Apakah Sedulur merupakan pecinta mentega? Meskipun banyak merk mentega terbaik yang bisa Sedulur dapatkan dengan mudah, namun apakah Sedulur tidak penasaran dengan bagaimana cara membuat mentega?

Jika Sedulur memang begitu menyukai mentega, Sedulur bisa melakukan cara membuat mentega sendiri di rumah. Dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas cara dan tahapan membuat mentega tersebut. Tanpa beralama-lama, yuk mari langsung kita simak langsung penjelasannya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Kopi Susu Enak Seperti Coffee Shop!

Bahan yang dibutuhkan

Wikihow

Dalam cara membuat mentega, terdapat beberapa bahan yang perlu Sedulur butuhkan. Bahan-bahan tersebut adalah sebagai berikut:

-->
  • 2 liter mentega
  • 1/2 sampai 1 sdm. (7 sampai 15 ml) buttermilk, jika mentega akan dikulturisasi

Bahan yang dibutuhkan sangat sederhana, hanya dua bahan tersebut yang dibutuhkan dalam cara pembuatan mentega. Mentega sendiri dibuat dengan cara mengaduk krim susu menggunakan alat pengaduk mentega sampai berbentuk padat.

Krim susu terpisah menjadi bagian lemak yang padat dan bagian cair (air) setelah proses pengadukan dengan menggunakan alat yang bernama pengaduk. Ada tiga tahap yang erlu Sedulur lakukan. Di setiap tahapan Sedulur terdapat beberapa langkah di dalamnya.

Mengambil krim dan mematangkannya

Wikihow

Tahap pertama yang bisa Sedulur lakukan dalam cara membuat mentega yaitu dengan mengambil krim dan mematangkannya. Tahapan ini sendiri bisa Sedulur lakukan dengan tujuh langkah, berikut ini langkah-langkahnya:

1. Simpan susu mentah dalam kulkas

Sedulur bisa menyimpan susu mentah dalam kulkas setidaknya selama 24 jam. Tuangkan susu mentah ke dalam wadah bermulut lebar yang dilengkapi dengan penutup. Kemudian, masukkan wadah ke dalam kulkas dan diamkan selama 1 sampai 2 hari sebelum mengolah susu di dalamnya menjadi mentega. Berikan waktu kepada krim untuk mengapung di permukaan wadah.

2. Sterilkan wadah

Selanjutnya Sedulur bisa sterilkan wadah berkapasitas 1 liter, penutup wadah, dan sendok yang akan digunakan untuk mengambil krim. rendam terlebih dahulu wadah berkapasitas 1 liter, penutup wadah, serta sendok berukuran kecil di dalam sepanci air. Kemudian, didihkan air untuk memanaskan dan mensterilkan seluruh peralatan tersebut selama 10 menit. Setelah 10 menit, matikan kompor dan angkat peralatan yang Sedulur sterilkan tersebut

3. Ambil krim yang mengapung

Selanjutnya dengan mengambil krim yang mengapung. Sedulur bisa menggunakan sedok untuk mengambil krim yang mengapung di permukaan susu. Keluarkan susu mentah dari kulkas, kemudian celupkan sendok yang sudah disterilkan untuk mengambil lapisan krim yang terbentuk, lalu pindahkan krim ke dalam sebuah gelas takar. Lakukan proses tersebut hingga tidak ada krim yang tersisa.

4. Tambahkan buttermilk

Selanjutnya adalah dengan menambahkan buttermilk atau cairan yang tersissa jika ingin mengkulturiasai mentega. Untuk menghasilkan mentega dengan cita rasa yang sedikit asam, tambahkan 1/2 sdm. (7 ml) buttermilk ke dalam setiap 240 ml krim yang Sedulur peroleh.

5. Pindahkan krim ke wadah

Selanjutnya yaitu dengan memindahkan krim ke wadah. Sedulur bisa melakukannya perlahan. Tuangkan ke wadah yang sudah Sedulur sterilkan sebelumnya. Lalu tutup wadah dengan rapat dan diamkan beberapa waktu.

6. Matangkan krim

Sedulur bisa mematangkan krim dengan mendiamkannya hingga 5-12 jam. Letakkan wadah di dalam boks pendingin, lalu tuangkan air hangat secukupnya hingga setengah bagian wadah terendam. Diamkan krim hingga suhunya mencapai angka 24°C.

7. Dinginkan krim

Untuk tahapan ini, langkah terakhir dengan mendinginkan krim di dalam air es selama 5-10 menit. Pertama-tama, isi setengah bagian mangkuk dengan air dan es batu, lalu rendam wadah berisi krim di dalamnya. Diamkan wadah sampai krim terasa dingin ketika disentuh. Sisihkan mangkuk berisi air es untuk digunakan pada tahap berikutnya.

Kocok dan saring mentega

cara membuat mentega
Wikihow

Cara membuat mentega selanjutnya adalah dengan mengocok dan menyaring mentega. Untuk tahapan ini terdapat 5 langkah yang bisa Sedulur lakukan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini beberapa langkah yang bisa Sedulur lakukan:

  1. Pertama-tama, isi setengah bagian mangkuk dengan air dan es batu, lalu rendam wadah berisi krim di dalamnya. Diamkan wadah sampai krim terasa dingin ketika disentuh. Sisihkan mangkuk berisi air es untuk digunakan pada tahap berikutnya.
  2. Letakkan kain muslin di atas sebuah saringan berlubang kecil, lalu letakkan saringan di atas mangkuk. Sebelum memisahkan mentega dari buttermilk, letakkan terlebih dahulu saringan berlubang kecil yang sudah dilapisi dengan kain muslin di atas sebuah mangkuk.
  3. Tuangkan mentega dan buttermilk ke atas kain. Buka wadah dan tuangkan cairan serta mentega padat yang terbentuk di dalamnya ke dalam mangkuk melalui saringan berlapis kain. Seharusnya, buttermilk akan mengalir ke mangkuk dan kandungan mentega yang padat akan tertinggal di atas saringan.
  4. Cuci mentega yang tertinggal di atas saringan dengan air es. Tarik seluruh sudut kain ke atas hingga terbentuk kantong berisi mentega, lalu rendam kantong di dalam mangkuk berisi air es yang Sedulur sisihkan pada metode sebelumnya. Angkat dan rendam kantong secara terus-menerus selama sekitar 30 detik untuk mencuci mentega di dalamnya.
  5. Cuci mentega kembali dalam mangkuk berisi air es yang baru. Setelah warnanya berubah keruh, ganti isi mangkuk dengan air es yang baru. Teruslah mencuci mentega hingga warna air kembali keruh, lalu ganti kembali isi mangkuk.

BACA JUGA: Cara Membuat Santan Bubuk yang Mudah dan Cepat di Rumah

Uleni dan simpan mentega

Cara membuat mentega
Wikihow

Cara membuat mentega yang terakhir yaitu dengan menguleni dan simpan mentega. Sedulur bisa menguleni mentega dengan sendok kayu lalu bukan kain muslin dan masukkan mentega yang sudah memadat ke sebuah mangkuk berukuran kecil. Kemudian, uleni mentega dengan gerakan mengitari dasar serta tepian mangkuk menggunakan sendok kayu.

Selanjutnya tiriskan dan uleni mentega hingga tidak aca cairan yang tersisa. Selagi diuleni, seharusnya mentga akan mengeluarkan cairan yang menggenang di dasar mangkuk. Miringkan mangkuk untuk membuang cairan tersebut. Teruslah menguleni mentega hingga tidak ada cairan yang menggenang di dasar mangkuk.

Terakhir, Sedulur bisa menambahkan perasa, hal ini merupakan opsional. Jika ingin membuat mentega terasa asin atau menambahkan cita rasa unik lainnya, tuangkan 1/2 sdt. (2 gram) garam, herba, atau perasa lain sesuai selera. Kemudian, cicipi mentega dan sesuaikan takaran bumbu dengan cita rasa yang Sedulur inginkan.

Langkah dan cara membuat mentega pun selesai, kini Sedulur memiliki mentega buatan sendiri untuk digunakan untuk berbagai keperluan memasak di rumah.

Nah, itulah tahapan, langkah dan cara membuat mentega sendiri di rumah. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan Sedulur terkait resep dan membuat bahan makanan sendiri, sehingga bisa terjamin higienitas dan kualitasnya. Tentu saja hal tersebut juga akan mempengaruhi kualitas rasa dari masakan yang Sedulur buat. Selamat memasak dan selamat mencoba!