merek terasi

Terasi merupakan salah satu bahan bumbu penting dalam setiap masakan khas Indonesia. Rasa dan aroma dari terasi sangat unik dan menambah nikmat makanan, terutama dalam membuat sambal khas Indonesia. Saat ini tersedia beberapa merek terasi yang bisa jadi pilihan Sedulur.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama beberapa rekomendasi merk terasi yang bisa jadi pilihan tepat Sedulur untuk membuat makanan Sedulur semakin nikmat. Apa saja merk terasi yang dimaksud? Yuk mari langsung kita simak!

BACA JUGA: Wajib Tahu! Ini Bahan Makanan yang Tidak Boleh Masuk Kulkas

Rekomendasi Merek Terasi Terbaik

The Spruce Eats

Terdapat beberapa rekomendasi merek terasi dari beberapa brand yang tersedia. Untuk memudahkan Sedulur agar tidak kesulitan memilih, berikut ini beberapa rekomendasi merk terasi terbaik yang bisa membuat makanan Sedulur semakin nikmat!

1. ABC Terasi Udang

Rekomendasi merk terasi yang paling umum diketahui oleh masyarkat Indonesia yaitu terasi dari ABC. ABC Terasi Udang menjadi salah satu merk terasi yang paling terkenal, karena aroma maupun rasanya sangat lezat ketika diolah menjadi sambal.

Hanya udang rebon pilihan yang dijadikan sebagai bahan baku terasi ini, lalu diolah menggunakan teknologi modern untuk menjamin higienitas produknya. Selain rasa dan aromanya yang kuat, produk ini juga bisa ditemukan dengan mudah, mulai dari warung kecil hingga supermarket besar dengan harga 7800-an rupiah per bag isi 20 pcs seberat 4,2 gram.

2. PRONAS Terasi Udang

PRONAS dikenal sebagai merek terasi yang menjual olahan daging instan, namun PRONAS juga memiliki produk terasi yang nikmat dan tidak kalah lezat dari merk terasi lainnya. Terutama terasi yang digunakan sebagai bahan untuk membuat sambal.

Menggunakan udang rebon kualitas terbaik sebagai bahan bakunya, Pronas Terasi udang dibuat dengan cara pemanasan pada rumah kaca sehingga terasi yang dihasilkan tetap higienis. Harga Pronas Terasi Udang juga sangat terjangkau, hanya 4000-an rupiah per kemasan 16 pcs yang masing-masing seberat 4,5 gram.

3. MamaSuka Terasi Juana

Seperti beberapa produk sebelumnya, terasi udang MamaSuka juga terbuat dari rebon asli  yang difermentasi, kemudian dipadatkan sampai teksturnya mengeras. Rasanya begitu gurih dengan aroma wangi yang khas menjadikan rasa sambal terasi Sedulur semakin lezat.

Terlebih lagi harganya juga sangat terjangkau, hanya 3000-an rupiah per kemasan 90 gram, jadi Sedulur bisa membuat sambal terasi lezat setiap hari.

4. Omaku Terasi Bubuk

Jika tengah mencari terasi yang bukan hanya lezat sebagai bumbu sambal, tetapi juga tumisan, Terasi Bubuk Omaku jadi pilihan tepat. Karena sudah disangrai, Sedulur tinggal menambahkan terasi ini ke dalam tumis kangkung, sayur asam, tanpa perlu menumisnya lagi.

Terasi Bubuk Omaku dikemas dalam bentuk sachet dengan berat bersih masing-masing 7 gram dan dijual dengan harga 6000-an rupiah per 10 sachet.

5. Terasi Udang Cap Jempol

Berkunjung ke Cirebon tidak lengkap rasanya kalau tidak membeli merk terasi Cirebon sebagai oleh-oleh. Tetapi sekarang Sedulur juga dapat membeli terasi itu melalui e-commerce, salah satunya Terasi Udang Cap Jempol ini.

Terbuat hanya dari udang rebon segar dan garam, produk ini siap menghadirkan rasa sambal yang akan membuat Sedulurketagihan. Terasi Udang Cap Jempol dikemas seberat 250 gram dan harganya hanya 6000-an rupiah.

6. Terasi Mini Udang Cirebon Cap B9

merek terasi
Malaysian Recipe

Mininya ukuran merk terasi Cirebon cap B9 ini membuatnya cukup untuk membuat 1-2 porsi sambal, jadi Sedulur tidak perlu menyimpannya terlalu lama dalam kulkas. Pengolahan terasi ini juga sangat mudah, bisa langsung dicampurkan atau digoreng terlebih dahulu, baru di-uleg bersama bumbu sambal lainnya.

Harga terasi udang cap B9 sangat terjangkau, hanya 1000-an rupiah per sachet dan dapat Sedulur pesan melalui e-commerce atau marketplace. Di beberapa supermarket atau pasar umum juga merk terasi ini tidak sulit untuk didapatkan.

7. Terasi Rebon Cirebon ASLI

Terasi rebon ASLI menjadi salah satu merk terasi udang yang laris manis sebagai oleh-oleh khas kota Cirebon karena memang sudah terkenal kelezatannya. Produk ini dulunya mempunyai merk Terasi Kepala Kerbau dan setiap kemasannya berisi 500 gram terasi.

Terasi rebon ASLI dibuat dalam dua varian dengan harga berbeda, ada terasi matang yang harganya 50 ribuan rupiah dan terasi mentah yang harganya 30 ribuan rupiah.

8. Terasi Udang Super GH

Dibuat dari udang rebon yang diproses melalui fermentasi, Terasi Udang Super GH memiliki tampilan berwarna berwarna hitam-coklat dengan aroma maupun rasa yang sangat gurih. Selain digunakan untuk membuat sambal, Sedulur juga bisa menambahkannya pada bahan masakan lain, misalnya sayur asam.

Terasi Udang Super GH dapat dibeli langsung melalui toko oleh-oleh yang ada di Cirebon maupun dipesan di Tokopedia dengan harga 18 ribuan rupiah saja per kemasan 250 gram.

9. Terasi Udang Cap Obor

Merek terasi Udang Cap Obor terbuat dari komposisi udang rebon, garam, dan air, sehingga tekstur terasinya masih cenderung basah dan kurang tahan bila disimpan dalam waktu yang lama. Kalau mau mengolah produk ini sebagai sambal.

Sedulur perlu menggoreng maupun membakarnya terlebih dulu supaya tidak mempengaruhi tekstur sambalnya. Harga terasi Cap Obor memang relatif lebih mahal dibandingkan beberapa produk sebelumnya, yaitu 4000-an rupiah per kemasan 40 gram, namun itu sebanding dengan kualitas maupun rasanya.

10. Terasi Udang AA

Hanya menggunakan bahan udang dan garam dalam komposisinya, terasi udang AA dikenal sangat gurih dan beraroma kuat sebagai campuran pada sambal. Sebagai produk rumahan, terasi ini sudah terdaftar pada P-IRT untuk menjamin keamanannya saat dikonsumsi.

Harga yang ditawarkan oleh produsen terasi AA juga tidak mahal, sekitar 6800-an rupiah saja per kemasan 125 gram, dan sekarang juga dapat dipesan melalui e-commerce.

11. Kokita Terasi Siap Pakai

Terasi merk Kokita terbuat dari udang rebon asli yang sudah dimasak dan dihaluskan, sehingga sangat praktis dan siap pakai. Tentunya, produk ini mengandung bahan-bahan alami berkualitas tinggi. Tak heran, jika aroma dan rasanya lezat serta khas.

Terasi ini hadir dengan kemasan botol yang mudah Sedulur buka, tutup, atau simpan kembali. Terasi ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp19.000 hingga Rp.20.000 saja.

12. Terasi Bogajaya Khas Surabaya

Rekomendasi merk terasi terakhir yang bisa jadi pilihan Sedulur adalah terasi Bogajaya Khas Surabaya. Terasi ini 100% tersebuat dari udang asli dan berkualitas tinggi. Produk ini diproses dengan pengeringan alami tanpa bahan kimia, termasuk pengawet makanan dan pewarna.

Dengan harga yang terjangkau, Terasi Udang Bogajaya Khas Surabayamemiliki cita rasa yang enak dan patut Sedulur coba.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Merk Kecap Ikan Terbaik dan Terbaru 2023

Tips dan Cara Memilih Terasi yang Nikmat

merek terasi
The Spruce Eats

Selain mengetahui merek terasi di atas yang bisa jadi bahan pertimbangan Sedulur, berikut ini terdapat beberapa tips dan cara memilih terasi agar Sedulur bisa mendapatkan terasi yang cocok dengan masakan yang akan Sedulur buat. Seperti apa cara dan tipsnya? Yuk kita simak!

1. Kenali jenis-jenis terasi

Tips pertama yang perlu Sedulur lakukan yaitu dengan mengenali jenis-jenis terasi. Dari sejarahnya, terasi pertama berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Lalu diolah pertama kali oleh Sultan Cirebon I, yaitu angeran Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana. Setelah itu terasi segera menyebar ke seluruh penjuru negeri bahkan sampai ke Ambon.

Daerah pesisir lainnya, seperti Semarang, Pacitan, dan Pulau Madura juga menghasilkan terasi yang tidak kalah enal dari terasi Cirebon. Terasi yang berasal dari satu daerah dengan daerah lain memiliki beberapa ciri yang berbeda. Misalnya, terasi bangka yang dikenal berwarna cerah merah hingga ungu serta aroma dan rasa gurih yang kuat dan bertekstur agak kasar.

Sedangkan terasi Lombok, warna yang gelap pekat namun aromanya gurih menyengat, karena bukan hanya dibuat menggunakan udang rebon, melainkan dicampur juga dengan ikan. Ada juga terasi yang berasal dari Rembang, Jawa tengah yang disebut sebagai terasi petis yang terasa lebih gurih dan enak dibandingkan dengan terasi jenis lain, tetapi punya aroma yang sangat menyengat.

Pada beberapa negara lain, ada juga yang memiliki makanan mirip terasi di Indonesia, misalnya shiokara di Jepang yang merupakan fermentasi udang atau hewan laut kecil lain, ada juga sae woo jeot di Korea, belacan di Malaysia dan Singapura, ngapi seinsa di Myanmar, dan bagoong alamang di Filipina.

Meski namanya berbeda-beda, makanan tersebut dibuat dari ikan atau udang yang difermentasi dan menghasilkan rasa yang enak sebagai campuran sambal.

2. Mengamati fisiknya dengan cermat

Setelah menemukan jenis terasi yang akan dibuat sebagai sambal, Sedulur juga harus mengecek fisik terasi itu dengan cermat. Meskipun terlihat tidak menarik, warna terasi udang yang baik justru yang berwarna cokelat kehitaman, bukan warna sangat hitam atau merah keunguan.

Sedulur mungkin juga menemukan berwarna merah tua agak ungu atau cokelat, namun tidak perlu khawatir karena itu menandakan bahwa kondisi terasi masih agak basah. Tetapi jika warnanya sangat ungu atau bahkan sampai mudah luntur ketika dipegang, kemungkinan terasi tersebut mengandung pewarna dan tidak begitu nikmat diolah menjadi makanan.

3. Memastikan kemasan tersegel rapi

Tips dan cara selanjutnya yaitu dengan memastikan kemasan tersegel dengan rapi. Baik terasi yang dibuat di pabrik maupun hasil industri rumahan, Sedulur perlu memastikan bahwa kemasannya rapi dan rapat tanpa ada celah udara sedikitpun.

Sebagai produk yang terbuat dari udang yang difermentasikan, terasi menjadi bahan yang sangat mudah dihinggapi lalat. Jadi ketika kemasannya tidak rapat, terasi bisa dihinggapi lalat dan tercemar bakteri maupun kotoran dan mengubah rasanya menjadi tidak enak.

4. Ketahui cara menyimpan maupun mengolahnya

Cara penyimpanan terasi agar rasanya tetap enak sebenarnya tidak sulit, karena bumbu masakan ini bisa bertahan berbulan-bulan kalau bungkusnya belum dibuka. Tetapi kalau sudah dibuka, terasi perlu dimasukkan ke dalam toples yang kedap udara.

Agar tetap terasa enak, pastikan wadahnya kering lalu simpan di dalam lemari pendingin dan tutup rapat supaya baunya tidak menyebar ke bahan makanan lain. Untuk terasi yang berasal dari olahan pabrik, biasanya bisa langsung digunakan pada sambal tanpa perlu dibakar maupun digoreng terlebih dahulu.

Namun jika terasinya masih agak basah, Sedulurperlu menggoreng atau membakarnya terlebih dahulu supaya lebih steril sekaligus membuat aromanya lebih wangi. Hal ini lumrah dilakukan oleh setiap masyarakat Indonesia sebelum mengolah terasi.

Nah itulah beberapa rekomendasi merek terasi yang bisa jadi pilihan Sedulur, ditambah dengan tips dan cara memilih terasi yang enak yang dapat membuat makanan yang Sedulur masak semakin menggoda. Semoga penjelasan di atas bermanfaat, ya!