bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas

Secara umum, kulkas merupakan peralatan rumah tangga yang digunakan untuk memperpanjang waktu simpan bahan makanan. Meskipun bisa digunakan untuk menyimpan daging, sayur-mayur, dan telur, rupanya ada beberapa bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas, lho.

Sedulur wajib tahu apa saja bahan makanan yang tidak boleh disimpan di kulkas dalam jangka waktu yang lama. Hal ini karena beberapa bahan di bawah ini akan mengalami penurunan kualitas bahkan kerusakan total jika disimpan di dalam lemari pendingin. Apa saja bahan makanan yang dimaksud? Yuk, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 7 Merk Tepung Terigu Protein Tinggi Beserta Cara Menyimpannya

Bahan makanan yang tidak perlu disimpan di kulkas

1. Bubuk dan biji kopi

bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas
iStock

Bahan makanan pertama yang tidak perlu disimpan di kulkas adalah kopi, baik yang berbentuk bubuk ataupun biji. Sedulur harus tahu jika bubuk atau biji kopi yang disimpan dalam kulkas akan menurun kualitas dan rasanya. Hal ini karena kopi dapat menyerap aroma menyengat di sekitarnya, sehingga aroma aslinya menjadi berkurang bahkan hilang.

Untuk itu, Sedulur bisa menyimpan bubuk atau biji kopi dalam wadah kedap udara dan meletakkannya di suhu ruang. Dengan begitu, kualitas kopi akan terjaga dengan baik.  

2. Kentang

iStock

Kentang merupakan jenis umbi yang tidak perlu disimpan dalam kulkas. Hal ini karena kentang memiliki kandungan pati yang bisa berubah menjadi gula bila disimpan dalam lemari pendingin. Jika pati berubah menjadi gula, maka rasa kentang akan menjadi manis dengan tekstur yang berpasir. 

Selain itu, kentang juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi. Saat disimpan dalam freezer, kentang kemungkinan besar akan berubah menjadi lembek. Lebih baik, simpan kentang dalam wadah terbuka dan biarkan pada suhu ruang.  

3. Madu

bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas
iStock

Cairan manis bernama madu juga menjadi bahan makanan yang tidak perlu disimpan dalam kulkas. Hal ini karena madu dapat membeku dan sulit untuk dituang ketika ingin dikonsumsi. Alangkah lebih baik jika Sedulur meletakkannya dengan baik di tempat bersuhu ruang. 

BACA JUGA: Cara Menyimpan Beras yang Benar Agar Bebas dari Kutu

4. Bawang putih

iStock

Berikutnya ada bawang putih, bumbu dapur yang selalu dibutuhkan dalam masakan sehari-hari ini ternyata lebih baik disimpan dalam wadah di suhu ruang. Hal ini karena bawang putih akan mulai berjamur jika berada dalam lemari pendingin.  

5. Bawang merah

bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas
iStock

Tak jauh berbeda dengan bawang putih, bawang merah rupanya juga bisa berjamur jika disimpan di dalam kulkas. Selain itu, tekstur bawang merah juga akan berubah menjadi lembek dan aromanya yang menyengat akan menyebar ke bahan makanan lain.  

6. Roti

iStock

Roti juga menjadi bahan makanan yang sebaiknya disimpan dalam suhu ruang. Penyimpanan roti di dalam lemari pendingin justru akan membuatnya cepat basi. Sebagai solusi, Sedulur bisa menyimpannya di dalam freezer agar membeku dan tahan lama.

BACA JUGA: Tips & Cara Menyimpan Tempe di Kulkas Agar Tahan Lama!

7. Melon

bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas
iStock

Berikutnya ada melon, buah berair dengan rasa manis ini ternyata juga tidak cocok jika disimpan dalam kulkas. Aturan ini berlaku untuk buah melon utuh yang belum dibelah, sebab kandungan antioksidannya bisa rusak jika diletakkan di lemari pendingin.  

8. Rempah-rempah

bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas
iStock

Bahan makanan terakhir yang tidak perlu disimpan dalam kulkas adalah rempah-rempah, seperti merica, jinten, ketumbar, dan pala. Hal ini karena rempah sangat mudah menyerap aroma bahan makanan lain di sekitarnya, serta mudah mengering, berbau, dan kehilangan rasa aslinya. 

Jika Sedulur bertanya bagaimana cara terbaik menyimpan rempah-rempah di rumah, simak penjelasan di bawah ini. 

BACA JUGA: 6 Cara Menyimpan Mentega Agar Tahan Lama & Tidak Berjamur

Cara menyimpan rempah agar tahan lama

bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas
iStock

1. Pastikan umur rempah saat pertama dibeli

Setiap jenis rempah memiliki umur simpan yang berbeda. Sedulur perlu memastikan umur rempah agar tetap aman saat dikonsumsi. Rempah herbal kering seperti daun salam, daun mint, atau oregano bisa bertahan selama 1-3 tahun, sedangkan rempah bubuk bisa mencapai 2 hingga 3 tahun.

2. Simpan rempah agar tetap kedap udara

Paparan udara ternyata dapat membuat rempah-rempah kehilangan rasanya. Dengan demikian, usahakan untuk menyimpannya pada tempat yang kedap udara, misalnya jar atau toples kaca.

3. Sangrai sebelum disimpan

Agar lebih tahan lama, Sedulur bisa menyangrai jenis rempah seperti ketumbar, merica, dan kemiri untuk menurunkan kadar airnya.  

4. Gantung rempah berjenis daun

Penyimpanan rempah berjenis daun seperti daun salam dapat dilakukan dengan cara digantung agar kandungan airnya bisa berkurang.

5. Pastikan rempah tetap kering

Simpan rempah dalam keadaan kering dan ambil bumbu rempah dengan alat yang kering agar tidak ada air yang membuat rempah membusuk.

6. Jangan simpan di bawah sinar matahari

Rempah-rempah sebaiknya disimpan dalam lemari atau laci dapur agar terhindar dari sinar matahari. Hal ini karena sinar matahari dapat menurunkan bahkan menghilangkan rasa khas rempah.

7. Jangan simpan rempah di sebelah kompor

Rempah yang disimpan di sebelah kompor akan mengalami penurunan kualitas, menurunkan rasa rempah, hingga memperpendek umur simpan. Hal ini karena uap panas dari kompor dapat membuat rempah menjadi lembap dan berjamur.

8. Hindari tempat yang lembap

Kelembapan memiliki potensi yang besar untuk menumbuhkan tunas pada rempah-rempah tertentu. Oleh karena itu, hindari menyimpan rempah di tempat lembap agar umur simpannya lebih lama.

Sekian informasi mengenai bahan makanan dan bumbu dapur yang tidak perlu disimpan di kulkas beserta cara menyimpan rempah-rempah agar bisa tahan lebih lama. Semoga informasi ini juga dapat menambah wawasan Sedulur dalam menyimpan bumbu dapur di rumah, ya.

Setelah mengetahui cara penyimpanan bahan makanan dan bumbu dapur yang tepat, kini saatnya Sedulur belanja stok kebutuhan memasak melalui Aplikasi Super. Selain bisa mendapatkan produk dengan harga yang murah, Sedulur juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai diskon dan cashback menarik.

Beberapa bahan dapur lain yang bisa Sedulur beli antara lain tepung beras, kecap manis, terasi udang, tepung terigu, dan santan kelapa. Yuk, lengkapi bahan dapur di rumah dengan belanja melalui Aplikasi Super. Download aplikasinya di Google PlayStore sekarang juga!