santan kental instan

Santan berasal dari perasan kelapa yang ketika dicampurkan dengan bahan masakan maka akan memunculkan rasa gurih istimewa. Biasanya penggunaan merek santan instan yang bagus banyak dijumpai pada masakan Nusantara.

Jika Sedulur merasa kerepotan untuk memeras kelapa secara manual, maka Sedulur tidak perlu khawatir. Karena santan instan bisa jadi solusi untuk menciptakan banyak hidangan yang lezat.

Ada cukup banyak produk dan merek santan instan yang bagus di pasaran. Namun, agar Sedulur tidak bingung berikut ini beberapa rekomendasi santan instan terbaik yang bisa dicoba!

BACA JUGA: 12+ Bumbu Nasi Goreng Instan Paling Enak & Anti Gagal!

-->

1. Sasa Santan Kelapa

santan kental instan
Unsplash/Tijana Drndarski

Pertama ada merek santan kelapa instan terbaik dari Sasa Santan Kelapa. Berjenis santan bubuk, Sedulur bisa bebas menghasilkan kekentalan santan yang diinginkan. Santan ini memiliki tekstur seperti kelapa asli yang dapat memberikan rasa dan aroma yang sangat segar.

Untuk penggunaanya, Sedulur tak perlu harus melarutkannya dengan air hangat.  Sedulur bisa langsung menaburkannya ke masakan dan dapatkan kesegaran santan murni dari merek Sasa.

Perlu diketahui, santan kelapa instan Sasa ini tersedia dalam berbagai ukuran.Jadi, Sedulur bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Tak lupa, Sedulur juga perlu tahu bahwa produk ini sudah lulus BPOM dan mengantongi sertifikat halal sehingga aman untuk dikonsumsi.

2. Rose Brand Santan Kelapa

Merek santan kelapa instan terbaik berikutnya adalah Rose Brand Santan Kelapa. Mengandung vitamin dan antioksidan yang tinggi, santan kelapa instan yang satu ini dibuat menggunakan teknologi yang canggih dan diolah dari daging kelapa asli terbaik.

Walau diolah menggunakan mesin, Sedulur tak perlu khawatir akan kandungan vitamin dari santan kelapa yang satu ini.  Setiap kemasannya mengandung vitamin C, E, dan B yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Hal itu didapat dari komposisi santan ini yang berupa 82,7% santan kelapa asli, air dan penstabil nabati. Perlu diketahui, santan kelapa instan yang satu ini juga sudah mengantongi sertifikat halal, BPOM dan juga ISO. Sehingga, sangat aman untuk dikonsumsi.

3. Sun Kara Santan Kelapa

Sun Kara Santan Kelapa dibuat dalam ukuran yang cukup besar yaitu 1L. Santan kelapa instan yang satu ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki usaha kuliner yang menggunakan santan.

Dapat digunakan sedikit demi sedikit, Sedulur bisa menyisakan dan menyimpannya di kulkas agar tidak basi. Sama seperti produk lainnya, santan ini juga aman untuk dikonsumsi karena sudah mengantongi sertifikat halal dan juga teruji aman dari pemerintah.

4. Nutrifood Tropicana Slim Santan Less Fat

Merek santan kelapa instan berikutnya adalah Nutrifood Tropicana Slim Santan Less Fat. Tentu banyak banyak di antara kita yang menghindari makanan bersantan dikarenakan kandungan lemaknya yang cukup tinggi.

Terlebih lagi bagi Sedulur yang sedang menjalankan program diet. Namun itu dulu, sekarang bisa bebas memakan makanan bersantan asal menggunakan santan instan dari Tropicana Slim ini.  Mengandung rendah lemak dan tinggi serat, siapa pun bisa mengonsumsi santan ini.

Sedulur bisa menyiapkan makanan dan minuman santan yang rendah lemak sehingga lebih sehat. Jenis santan kelapa instan ini adalah jenis bubuk. Jadi Sedulur bisa menyesuaikan kekentalan yang Sedulur inginkan. Dan tentunya, produk ini sudah lulus BPOM dan sudah mengantongi sertifikat halal sehingga aman untuk dikonsumsi.

5. Tropicana Slim Santan

Tropicana Slim Santan Less Fat bisa menjadi pilihan santan yang cocok untuk Sedulur yang sedang diet. Karena santan ini lebih rendah lemak dan tinggi serat, dengan kandungan lemak hanya 50% dari santan segar. Terbuat dari kelapa pilihan dengan rasa gurih dan nikmat. 

Cara penyajian dan petunjuk konsumsi santan ini adalah satu Tropicana Slim Santan Less Fat berisi 4 sendok teh santan. Larutkan 1-4 sendok teh Tropicana Slim Santan ke dalam 15 ml air untuk santan kental atau 60 ml untuk santan cair atau bisa disesuaikan sendiri sesuai selera. Sedulur bisa membeli santan kelapa ini satuan atau dalam box.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Mie Goreng Instan yang Enak Pilihan Netizen

6. Indococo Pasific Nucifera Coconut Milk Powder

Unsplash/Tijana Drndarski

Berikutnya ada merek santan kelapa instan terbaik dari Indococo Pasific Nucifera Coconut Milk Powder. Mengandung santan kelapa organik, santan ini diklaim sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Tidak mengandung pewarna, krimer dan gluten santan bubuk ini bisa dijadikan pengganti susu sapi. Caranya adalah campurkan bubuk santan kedalam air lalu nikmati kesegarannya. Santan bubuk instan ini mengantongi sertifikat P-IRT dan LPPOM yang menunjukkan aman untuk dikonsumsi.

7. Sari Segar Husada All-Co Santan Kelapa

Rekomendasi merek santan kelapa instan berikutnya adalah Sari Segar Husada All-Co Santan Kelapa Siap Pakai. Cukup berbeda dengan santan kelapa instan lainnya, produk ini dibuat dari 99.9% santan asli sehingga murni bebas dari kolesterol.

Jadi, Sedulur tak perlu khawatir untuk mencicipi makanan atau minuman bersantan apabila menggunakan merek sari segar ini. Berjenis santan cair, santan ini bisa dikonsumsi langsung sebagai campuran minuman atau dijadikan bahan masakan.

Kandungan dari santan ini adalah 99,9% santan kelapa dicampurkan dengan penstabil nabati E415 yang aman untuk dikonsumsi. Produk ini sudah lulus BPOM dan mengantongi sertifikat halal ya sehingga aman untuk dikonsumsi.

8. Ayam Brand Coconut Milk

Merek santan kelapa instan terbaik selanutnya adalah Ayam Brand Coconut Milk. Tahan lama dan awet, tak sedikit orang selalu berpikir ke arah pengawet. Namun, untuk santan kelapa yang satu ini tidak diperlukan pengawet agar bisa tahan lama.

Pengemasan menggunakan teknologi UHT (Ultra High Temperature) sehingga kualitas terjamin, higienis dan juga santan yang segar. Jadi Sedulur tak perlu takut lagi soal pengawet yang bisa saja merusak kesehatan kita. Produk ini juga sudah mengantongi sertifikat halal, HACCP dan ISO sehingga aman untuk dikonsumsi.

9. Pelangi Megah Intipangan Kepik Merah Santan Bubuk

Selanjutnya ada merek santan kelapa instan terbaik dari Pelangi Megah Intipangan Kepik Merah Santan Bubuk. Memiliki kemasan yang sangat unik yang menyenangkan mata, santan kelapa instan ini juga memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi.

Ingin membuat minuman bersantan yang praktis dan segar, merek pelangi megah ini menjadi solusinya. Terbuat dari santan kelapa, pati hidropolis, protein susu, pemantap, pengemulsi nabati dan antikempal, santan kelapa instan ini dikemas dalam kemasan sachet sehingga cocok digunakan untuk membuat minuman dan juga makanan.

Sedulur tidak perlu khawatir tentang kualitas santan ini karena sudah mengantongi sertifikat halal dan juga P-IRT, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh tubuh.

10. Klatu Santan Kelapa Tua

Memiliki tekstur yang kental dan gurih, santan kelapa cair ini dibuat dari perasan pertama daging kelapa pilihan. Jika biasanya kekentalan santan instan didapat dari bahan pengental, santan kelapa yang satu ini benar-benar berasal dari kelapa tua sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang lebih gurih.

Campuran yang diolah dalam kemasan santan ini adalah santan kelapa segar, air dan juga penstabil nabati. Sudah mendapat sertifikat halal dan BPOM, santan instan ini tak hanya sedap untuk dijadikan bahan makanan tetapi juga aman untuk dikonsumsi. 

11. Leko Santan Kelapa

Terakhir ada merek santan kelapa instan terbaik dari Leko Santan Kelapa. Menjadi salah satu santan kelapa instan yang siap untuk dipakai, santan ini dibuat dari buah kelapa tua pilihan yang diproses dengan cara yang sangat higienis.

Jadi tak heran, santan kelapa ini memiliki cita rasa dan juga aroma yang sangat menarik. Dan tak ketinggalan, santan kelapa ini juga sudah mengantongi sertifikat halal dan BPOM yang menunjukkan bahwa aman untuk dikonsumsi.

BACA JUGA: 14 Merek Kaldu Bubuk Terbaik, Bikin Masakanmu Makin Lezat!

Jenis-Jenis Santan Kelapa

santan kental instan
Pexels/Roberto Munoz

Santan kelapa juga memiliki beberapa varian. Bagi Sedulur yang belum tahu. Simak jenis-jenis santan tersebut pada ulasan berikut dan Sedulur juga akan disuguhkan apa saja kegunaan dari setiap jenisnya.

1. Santan kelapa peras alami

Santan kelapa yang satu ini berasal dari daging kelapa tua yang diparut yang kemudian diperas. Bisa dicampur air matang hangat terlebih dahulu kemudian diperas langsung.

Walau memiliki cita rasa yang sangat sedap, biasanya jenis santan seperti ini digunakan untuk makanan yang cepat habis, karena makanan dengan santan ini akan cepat basi.

2. Santan peras beku

Santan ini didapat dari permukaan perasan kental daging kelapa yang sangat kental yang kemudian dibekukan dalam kulkas. Santan ini biasanya bisa bertahan hingga berhari-hari dengan syarat santan tersebut dalam keadaan beku.

Biasanya santan kelapa peras beku ini digunakan untuk membuat campuran minuman dan kue-kue.

3. Santan instan cair

Memiliki tekstur yang cukup kental, selanjutnya ada santan kelapa kental instan cair. Santan ini didapat dari hasil perasan daging kelapa yang telah diparut dan diperas menggunakan mesin.

Tak jarang juga, santan ini dicampurkan dengan bahan lainnya seperti saripati jagung, guargum atau sari tumbuhan. Hal ini bertujuan untuk memberikan rasa manis pada santan dan juga untuk mengawetkan. 

4. Santan bubuk 

Santan ini tersedia dalam tekstur bubuk dan cair. Untuk yang bubuk, santan terbuat dari daging kelapa asli yang diperas, yang kemudian dikeringkan dengan suhu yang tinggi hingga menjadi bubuk.

Santan jenis yang satu ini cocok untuk masakan-masakan asin. Cara penggunaannya, cukup campurkan dengan air matang lalu aduk, santan siap untuk digunakan.

Itulah tadi merek santan instan yang bagus untuk Sedulur pilih. Tapi tentu masih banyak lagi merek lain yang ada di pasaran. Jadi, Sedulur tinggal memilih sesuai kebutuhan dan selera. Kamu juga tidak perlu khawatir karena bahan masak seperti santan ini bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong dan di SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.