Jeins Pasta asli Italia

Pernah mendengar istilah pasta? makanan satu ini merupakan olahan gandum yang berasal dari negeri Pizza, Italia. Di negara asalnya,pasta memiliki nama pasta alimentore yang artinya adonan semua makanan. Namun, perkembangannya menjadi makanan utama di Eropa pada masa lalu membuat bermunculan banyak jenis pasta baru.

Seperti di Inggris, pasta adalan sebutan untuk berbagai jenis masakan olahan gandum kering yang lalu diberik bumbu dan saus. Pada dasarnya pasta merupakan makanan  olahan yang berasal dari campuran tepung terigu, olive oil, telur dan garam lalu membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi berbagi variasi.

Sejarah pasta yang begitu panjang sebagai makanan pokok orang Eropa khususnya Italia, membuatnya memiliki keragaman yang begitu besar. Bahkan, di Italia sendiri terdapat lebih dari 650 jenis pasta. Nama jenis pasta biasanya diambil berdasarkan bentuk pasta dalam bahasa Italia. Contohnya, pasta dengan bentuk kupu-kupu akan dinamakan farfalle. Kemudian pasta berbentuk pendek-pendek dinamakan penna atau pena.

Di Indonesia, perkembangan pasta juga cukup beragam tetapi banyak yang mengadopsi bentuk pasta asli Italia. Karena ada banyak sekali ragam pasta, supaya Sedulur tidak bingung berikut ini ulasan lengkap tentang jenis-jenis pasta beserta gambarnya!

-->

BACA JUGA: Resep Lasagna Lezat di Rumah Lengkap dengan Sausnya

1. Spaghetti

jenis pasta
Fimela

Jenis jenis pasta berdasarkan bentuknya yang pertama adalah spagheti. Jenis satu ini cukup familiar di kalangan pecinta makanan Italia di Indonesia karena jadi jenis yang paling populer.

Bentuk spagheti ini hampir sama dengan mie pada umumnya. Bentuknya panjang dan biasanya dimasak tidak terlalu matang ataupun mentah. Dibanyak restoran, kita akan banyak menjumpai olahan spagheti bernama bolognese. Spaghetti bolognese adalah menu spagheti yang banyak disukai karena hidangan ini kerap dipadukan dengan saus daging cincang.

Nah, untuk menciptakan cita rasa kuat akan ditambahkan keju parmesan parut. Olahan mie kaku yang direbus lalu dicampur saus daging ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Hal ini tak lepas dari banyaknya spaghetti instan yang dijual di supermarket ataupun toko bahan makanan. Jadi kalau Sedulur ingin mencoba memasak pasta spaghetti tapi malas pergi ke restoran, maka bisa mencoba membuatnya sendiri.

Soal cita rasanya pun tak akan kalah dengan olahan spagheti yang dijual oleh restoran-restoran di Italia. Sebab, cara penyajian dan bumbunya tidak terlalu rumit. Selain itu, bahan pelengkapnya juga mudah di dapatkan dan banyak diperjualbelikan di pasar.

2. Macaroni

jenis pasta
Dapur Kobe

Tak hanya spaghetti ada pula jenis pasta beserta gambarny bernama Macaroni. Macaroni merupakan jenis pasta Italia dan memiliki bentuk lurus atau melengkung dengan lubang di bagian tengahnya. Diketahui bahwa cara penyajian makanan ini, ternyata berbeda dengan makanan Italia pada umumnya. Macaroni biasa disajikan dengan cara dipanggang dengan keju ataupun bisa dijadikan semacam isian sup.

3. Lasagna

jenis pasta
Happyfresh

Jenis pasta untuk diet berikutnya ada Lasagna yang secara harfiah diartikan sebagai pasta berisikan daging dan sayur-sayuran. Biasanya Lasagna disajikan dalam bentuk lembaran-lembaran kecil hampir mirip dengan keju slice. Selanjutnya setelah diiris tipis menyerupai keju slice, baru disusun tujuh lapis dan berisikan sayuran, daging ayam, seafood ataupun daging lainnya. Perlu diketahui, bahwa kuit lasagna dibuat dari adonan tepung terigu kualitas baik lalu diberikan isia dan dipanggang di oven sampai matang.

4. Fusilli

jenis pasta
Cookpad

Berikutnya ada jenis pasta Italia bernama Fusilli yang merupakan pasta berbentuk pendek dan spiral. Biasanya makanan ini banyak diolah dengan paduan saus krim dan kacang polong. Tak hanya itu, makanan Fusilli ternyata bisa dijadikan pasta, campuran sup sampai digoreng dengan taburan serbuk cabai. Meski demikian, Fusilli sangat populer di kalangan penikmat pedas Sedulur.

5. Fettucine

jenis pasta
USS Feed

Tak hanya Fusilli ada lagi pasta Italia Fettucine yang menggugah selera makan kita Sedulur. Kata Fettucine ternyata punya sejarah panjang lho Sedulur di mana istilah kata ini berasal dari Italia. Arti Fettucine adalah ‘pita kecil’ dan merupakan jenis pasta Italia yang populer di masakan khas orang Romawi. Adapun bentuk makanan khas Romawi bernama Fettucine ini. Diketahui Fettucine mempunyai bentuk panjang dan pipih. Lalu bentukknya hampir sama dengan makanan khas Tionghoa yaitu Kwetiau.

6. Penne

jenis pasta
Tribun Kaltim

Tak hanya Fettucine sebagai makanan atau jenis pasta la fonte, ada pula jenis pasta penne dari bahasa latin yaitu penna dan memiliki arti bulu atau pena. Penne merupakan pasta berbentuk seperti pena, dengan bentuk tabung berukuran kecil. Biasanya jenis pasta Italia ini disajikan dengan berbagai jenis saus, mulai dari krim, tomat atupun daging. Tentu bisa membuat siapapun pasti akan ketagihan mencicipinya.

7. Angel hair

jenis pasta
Food Network

Mungkin sebagian orang belum mengetahui makanan atau jenis pasta Italia bernama angel hair. Diketahui bahwa makanan angel hair mempunyai nama Italia bernama Cappeli D’ Angelo dan makanan ini termasuk dalam kelompok pasta Capelilini atau jenis pasta dengan ukuran yang sangat tipis. Mengapa demikian, karen ketebalan pasta ini hanya berkisar antara 0.85 dan 0.92 milimeter. Jadi jika Sedulur bandingkan dengan spaghetti, maka bentuk angel hair ini lebih tipis.

Sehingga karena ketipisannya, membuat waktu dalam memasaknnya pun sangat singkat. Biasanya jenis pasta panjang ini banyak dipadukan dengan aneka sayur-sayuran dan campuran daging lalu ditambah saus tradisional ala Italia.

BACA JUGA: Resep Spaghetti Bolognese Enak & Nikmat untuk Keluarga

8. Ravioli

IDN Times

Selanjutnya ada jenis pasta Italia bernama ravioli yang mana ravioli adalah makanan tradisional dalam masakan Italia. Namun sebenarnya, kata ravioli berasal dari kata kerja bernama “Riavvolgere” yang artinya adalah “untuk membungkus”. Diketahui, bahwa makanan ini adalah jenis pasta dan tersusun atas adonan pasta tipis dan mempunyai banyak isian di dalamnya seperti pangsit.

Dalam hal penyajian, ternyata Ravioli biasa disajikan dalam bentuk kaldu atau dengan saus. Umumnya makanan ini mempunyai bentuk berbeda dari makanan Italia berbentuk bujur sangkar. Meski demikian, ada pula makanan ravioli dengan bentuk seperti lingkaran dan setengah lingkaran Sedulur. Nah, buat Sedulur yang penasaran dengan olahan makanan ini, maka bisa mengunjungi restoran-restoran Italia dan banyak menjamur di Indonesia.Namun, bila ingin membuat sendiri, maka dipersilahkan.

9. Farfalle

Selerarasa

Berikutny ada jenis jenis pasta berdasarkan bentuknya yaitu farfalle. Nama  Farfaller merupakan makanan berasal dari bahasa Italia dan diartikan sebagai kupu-kupu. Sehingga karena istilah tersebut, maka farfalle dikenal dengan nama Kupu-Kupu Pasta. Diketahui sajian makanan ini dapat disajikan dengan semus jenis saus pasta. Akan tetapi saus yang paling cocok adalah saus krim dan saus tomat.

10. Conchiglie

Cookpad

Selain Farfalle ada pula jenis pasta Italia bernama Conchiglie. Ada berapa karakteristik dari makanan khas Italia ini yaitu bahwa Conchiglie tersedia dalam berbagai warna.  Seperti  halnya tinta cumi hitam ataupun  bayam hijau. Sehingga Conchiglie bisa dinamakan jenis pasta untuk diet. Sebab, bahan utama pembuatan makanan khas Italia ini adalah kerang yang merupakan arti dari istilah Conchiglie.

11. Ziti

Serious Eats

Berikutnya jenis-jenis pasta beserta gambarnya bernama Ziti. Jika dilihat sepintas makanan Ziti ini hampir menyerupai jenis pasta Italia yaitu Panne. Hanya saja pasta ini biasanya dipoting-potong sebelum disajikan. Kita tahu bahwa kata Ziti memiliki arti pengantin, dan biasanya olahan makanan ini disajikan pada acara pesta perikahan sisilia di Italia.

BACA JUGA: Resep Spaghetti Carbonara Gurih, Creamy dan Praktis!

12. Orecchiette

Wikipedia

Selain Ziti ada pula jenis-jenis pasta berdasarkan bentuknya yaitu Orecchiette. Orecchiete dalam bahasa Italia diartikan sebagai jenis pasta Italia dengan bentuknya menyerupai telinga kecil Sedulur. Adapun hidangan umum myang dimasak dengan Orecchiete alle cime di rapa. Yang mana makanan ini berwujud pasta dan brokoli cabe (alias rapin).

13. Tortellini

The Spruce Eats

Dalam masakan Indonesia selain Ziti ada pula jenis pasta Italia dan dinamakan dengan Tortellini. Secara ukuran bentuk Tortellini berbeda dengan makanan Italia lainnya. Tortellini memiliki ukuran kecil dan berbentuk cincin. Berikutnya makanan khas Italia ini diisi dengan  sajian daging atau keju. Sehingga citarasanya semakin nikmat dan mantap. Tak hanya berbentuk cincin, ternyata Tortellini dianggap menyerupai pusar sehingga banyak orang mengataskan bahwa Tortellini adallah Pasta Pusar.

14. Gnocchi

Umma

Jenis pasta Italia terakhir dan bisa dtemukan di Indonesia adalah pasta Gnocchi. Secara bentu pasta Italia ini menyerupai kulit pangsit dan dibuat daria adonan kentang. Nah, untuk Sedulur yang penasaran seperrti apa jenis jenis pasta berdasarkan bentuknya untuk Gnocchi. Ya Gnocchi dicirikan oleh punggung bukit di atasnya dan dibuat dengan garpu. Makanan ini masih jarang terdengar di telinga orang, namun Gnocchi adalah sejenis pasta yang cukup terkenal di restoran Eropa khusunya berasal dari Italia Sedulur. 

Itulah deretan makanan jenis-jenis pasta beserta gambarnya sangat menggugah selera bukan. Kamu bisa membuatnya sendiri ataupun langsung mendatangi restoran-restoran Italia di Indonesia untuk sekadar mencicipinya. Biasanya restoran Eropa akan menyajikan beberapa pasta seperti fettucine, spagheti hingga olahan makanan Italia lainnya. Namun, bila Sedulur yang berminat membuatnya sendiri tentu itu akan lebih menantang karena bisa menciptakan kreasi pasta sendiri.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.

 Sementara Sedulur yang ingin bergabung menjadi Super Agen bisa cek di sini sekarang juga. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan, antara lain mendapat penghasilan tambahan dan waktu kerja yang fleksibel! Dengan menjadi Super Agen, Sedulur bisa menjadi reseller sembako yang membantu lingkungan terdekat mendapatkan kebutuhan pokok dengan mudah dan harga yang lebih murah.