merek lotion anti nyamuk

Nyamuk menjadi serangga yang paling mengganggu ketika datangnya musim hujan. Tak hanya mengancam kesehatan dengan wabah demam berdarah atau malaria, gigitan nyamuk biasa juga sangat mengganggu dan membuat tidur tidak nyaman. Beruntung ada cukup banyak merek lotion anti nyamuk yang bisa Sedulur gunakan untuk mencegah serangan nyamuk.

Namun, agar Sedulur bisa menemukan produk terbaik yang cocok dengan preferensi dan karakter Sedulur. Khususnya Sedulur yang memiliki kulit sensitif dan tidak bisa dengan aroma menyengat, sebaiknya simak beberapa rekomendasi terbaik lotion anti nyamuk berikut ini!

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Obat Nyamuk Elektrik yang Aman, Terbaru 2023

Apa itu Lotion Anti Nyamuk?

merek lotion anti nyamuk
Pexels/Ravi Kant

Sebelum kita memberikan deretan rekomendasi merek lotion anti nyamuk, Sedulur perlu memahami dahulu produk anti serangga ini. Berdasarkan beberapa sumber, lotion anti nyamuk merupakan salah satu jenis zat pestisida rumah tangga yang digunakan untuk melindungi kulit tubuh dari gigitan serangga, khususnya nyamuk.

Produk lotion anti nyamuk memiliki cukup banyak campuran zat kimia seperti DEET, permethrin, picaridin. DEET sendiri adalah bahan kimia aktif yang terdapat pada produk pembasmi serangga.

Selain itu. umumnya lotion anti nyamuk juga memiliki campuran bahan-bahan alami yang berasal dari tumbuhan organik seperti citronella, cedar, dan beberapa jenis tanaman anti serangga lainnya.

BACA JUGA: 15+ Rekomendasi Raket Nyamuk yang Bagus dan Awet 2023

Manfaat Lotion Anti Nyamuk

merek lotion anti nyamuk
Pexels/Doterra International

Setelah mengenal lebih dalam tentang lotion anti nyamuk, Sedulur juga harus perlu mengetahui manfaat lotion anti nyamuk. Hal ini lantaran produk anti serangga ini tak hanya bermanfaat untuk mencegah gigitan nyamuk, tapi juga menjaga kesehatan lho. Berikut ini beberapa manfaatnya.

1. Mencegah gigitan nyamuk

Lotion anti nyamuk memiliki fungsi utama untuk mencegah gigitan nyamuk pada kulit. Manfaat ini didapatkan dari adanya kandungan bahan aktif yaitu zat DEET atau N,N-Dietil-m-toluamida .

DEET terbukti ampuh dan aman sebagai bahan aktif yang membantu melindungi kulit dari gigitan nyamuk. Bahkan, dari hasil penelitian Centers for Disease Control and Prevention (CDCP), mendapati bahwa DEET menjadi bahan aktif yang paling aman untuk digunakan dalam produk lotion anti nyamuk.

Hasil riset pada tahun 2002 yang dimuat dalam New England Journal of Medicine (NJEM) juga melaporkan bahwa kandungan DEET 24% sangat efektif dalam memberikan proteksi kulit dari nyamuk selama 5 jam.

2. Melindungi serangan serangga selama 8 jam

Produk lotion anti nyamuk umumnya memberikan perlindungan pada kulit dari gigitan nyamuk dalam tempo waktu tertentu. Dimana rata-rata kemampuan perlindungan tersebut mulai dari 6 sampai 8 jam setelah digunakan.

Manfaat ini menjadikan lotion anti nyamuk sangat penting untuk digunakan dalam banyak kesempatan. Baik pada saat santai, bekerja, tidur, menonton televisi, atau aktivitas lainnya. Lotion anti nyamuk dapat memberikan perlindungan melalui dua cara.

Pertama, mencegah gigitan nyamuk dengan mengeluarkan aroma khas yang tidak disukai nyamuk. Kedua, dapat melindungi tubuh karena memiliki rasa yang tidak disukai oleh nyamuk. Dengan dua perlindungan tersebut, maka lotion anti nyamuk sangat efektif digunakan untuk melindungi kulit.

3. Melembabkan kulit

Manfaat lotion anti nyamuk bukan hanya akan melindungi kulit dari gigitan nyamuk saja. Sebab, produk ini juga diformulasikan dengan kandungan pelembab atau moisturizer yang membantu kulit terasa lebih lembab.

Jadi, tidak perlu khawatir kulit akan terasa kering saat menggunakan lotion anti nyamuk. Kandungan moisturizer di dalamnya akan memastikan kulit Sedulur tetap lembab dan sehat. Selain itu, lotion anti nyamuk juga kebanyakan tidak lengket dan tidak panas, sehingga sangat nyaman saat digunakan.

4. Menyegarkan kulit

Tidak hanya mengandung DEET saja sebagai bahan aktif yang mampu mencegah gigitan nyamuk. Umumnya lotion anti nyamuk juga mengandung formula minyak esensial dari bahan alami berupa citronella. Bahan aktif yang berasal dari minyak serai wangi ini cukup efektif untuk memberikan perlindungan kulit dari gigitan nyamuk.

Selain itu, adanya formula minyak esensial pada lotion anti nyamuk juga membuat produk anti serangga ini membantu menjaga kesegaran kulit. Apalagi, lotion anti nyamuk juga banyak menghadirkan beberapa pilihan aroma. Mulai dari varian floral, orange peel, white potato, apple, mint geranium, dan tea tree yang membuat kulit semakin terasa segar.

5. Mengurangi bekas ruam gigitan serangga

Formula bahan aktif lainnya yang terkandung dalam lotion anti nyamuk adalah anti-inflammatory. Bahan aktif ini berfungsi untuk membantu meredakan rasa gatal, panas, dan bengkak pada bekas gigitan nyamuk di kulit.

Dengan adanya kandungan bahan aktif anti-inflamasi pada lotion anti nyamuk, maka kulit akan terhindar dari iritasi yang seringkali terjadi setelah digigit nyamuk. Rasa gatal, bengkak, dan kemerahan akibat gigitan nyamuk pun akan cepat mereda.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Lotion Anti Nyamuk untuk Bayi, Terbukti Aman!

Cara Memilih Lotion Anti Nyamuk

Pexels/Karolina Grabowska

Sedulur juga tidak boleh sembarangan dalam memilih lotion anti nyamuk. Hal ini tak lepas dari kandungan kimia pada lotion yang mungkin beresiko pada kesehatan kulit. Simak beberapa cara memilih lotion nyamuk yang aman berikut.

  • Perhatikan komposisi lotion

Sedulur perlu memeriksa komposisi lotion anti nyamuk dan memastikan keamanan produknya. Tujuannya agar Sedulur bisa mendapatkan produk yang mampu memberikan perlindungan terbaik.

Bahan-bahan kimia yang aman seperti DEET, permethrin, hingga picaridin bisa jadi pilihan. Selain bahan kimia, sebenarnya ada aneka tanaman alami yang mampu mengusir nyamuk. Contoh tanaman tersebut adalah citronella (serai), aras (cedar), lavender, dan jeruk.

Tanaman yang dapat mengusir nyamuk memiliki bau khas yang tidak disukai nyamuk sehingga bisa dijadikan pengganti bahan kimia. Jika memungkinkan, pilihlah lotion yang mengandung lebih banyak bahan alami, serta lebih sedikit menggunakan bahan kimia.

  • Pilih yang nyaman di kulit

Karena akan dioleskan pada kulit, tentu saja Sedulur harus mencari lotion anti nyamuk yang kualitasnya benar-benar baik. Jangan hanya terpaku pada harga murah sehingga melalaikan soal kenyamanan. Karena itu, sebisa mungkin pilihlah produk yang nyaman dan tidak membuat kulit menjadi kering.

Sebaiknya lotion anti nyamuk yang Sedulur pakai mudah meresap di kulit dan tidak lengket. Akan lebih bagus jika produknya mengandung bahan yang bisa menjaga kelembaban dan kelembutan kulit.

  • Gunakan yang aman untuk anak

Lotion anti nyamuk banyak mengandung bahan kimia aktif sehingga ada beberapa kandungan yang mungkin tidak cocok untuk kulit anak. Jika Sedulur berencana memakaikan lotion anti nyamuk pada anak, pastikan produk tersebut diformulasikan khusus bagi kulit buah hati.

Meski sudah menggunakan lotion anti nyamuk untuk anak, sebaiknya Sedulur tetap mengawasi penggunaannya. Jangan biarkan anak menggunakan produk tanpa pengawasan. Akan lebih baik jika Sedulur yang memakaikannya secara tipis di kulit anak. Jika terjadi reaksi pada kulit, hentikan pemakaian produk.

BACA JUGA: 15 Merek Obat Nyamuk Bakar Paling Ampuh dan Terjangkau

Rekomendasi Merek Lotion Anti Nyamuk

merek lotion anti nyamuk
Pexels/Linda Prebreza

Setelah mengetahui manfaat dan cara memilih produk lotion anti nyamuk yang bagus. Berikut ini beberapa rekomendasi terbaik yang bisa jadi pilihanmu!

1. Soffell Lotion Geranium

Kamu pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan merek ini? Soffel merupakan salah satu produk populer yang difungsikan sebagai lotion anti nyamuk paling ampuh. Produk ini tersedia dengan harga terjangkau dan mudah dijumpai baik di supermarket maupun di warung-warung dekat rumah.

Soffel memiliki beberapa varian, salah satunya adalah varian geranium dengan kemasan berwarna pink. Varian ini memiliki aroma segar dan lembut seperti aroma bunga. Varian ini bisa dibilang varian yang paling populer di antara varian lain.

Produk ini diklaim dapat melindungi tubuh dari gigitan nyamuk dengan efektifitas perlindungannya hingga 8 jam. Terlebih lagi, lotion ini mengandung pelembab yang dapat membuat kulit tetap lembut, tidak panas, dan tidak lengket. 

2. Lavenda Lotion Anti Nyamuk

Kamu mencari lotion anti nyamuk dalam kemasan sachet agar lebih hemat? Sedulur bisa memilih produk yang satu ini karena hadir dalam bentuk sachet dengan satu renceng yang terdiri dari 12 sachet. Dengan harga yang murah Sedulur bisa mendapat lotion anti nyamuk satu lusin.

Kelebihan dari lotion Lavenda ini adalah tahan lama, tidak lengket, harum, dan terasa nyaman di kulit. Dikemas dengan sachet seperti ini sangat praktis dan pilihan yang tepat buat Sedulur yang ingin membawa lotion anti nyamuk untuk bepergian atau berkemah.

Lotion ini memiliki beberapa varian yang bisa Sedulur pilih. Salah satunya adalah varian Fresh Floral dan Fresh Citrus. Varian Floral berasal dari ekstrak lavender dan lidah buaya yang dapat memberikan aroma yang lembut tapi menjauhi nyamuk yang ingin mendekat. Untuk varian citrus, varian ini memiliki aroma jeruk segar yang pasti bakal Sedulur suka. 

3. Autan Lotion Nyamuk

Merek Autan juga sudah menjadi produk lotion anti nyamuk yang populer. Produk ini dapat melindungi dari gigitan nyamuk yang mungkin menjadi penyebab gejala demam berdarah. Diklaim dapat melindungi 6 hingga 8 jam, kulitmu tidak akan merasa gatal dan terbebas dari nyamuk yang mendekat.

Lotion ini terbuat dari ekstrak aloe vera sehingga sangat lembut di kulit saat dipakai. Autan tersedia beberapa varian. Varian Floral & Protect memiliki aroma bunga yang khas yang lembut. Varian All Night diformulasikan agar melindungi kulit hingga 8 jam. Lalu ada varian Care & Protect yang memiliki aroma apel dan jeruk.

Produk ini juga tersedia dalam kemasan sachet maupun dalam bentuk botol sehingga Sedulur bisa menyesuaikan kebutuhanmu. Bagi yang butuh untuk kegiatan luar, Sedulur bisa gunakan yang versi sachet agar lebih praktis. 

4. Bambi Baby Anti Mosquito

Bamby Baby Skin Protection diformulasikan dengan anti irritant complex sehingga sangat cocok digunakan untuk kulit bayi dan kulit orang dewasa yang sensitif. Teksturnya berbentuk krim yang mudah menyerap. Jika tak sengaja terjilah oleh si kecil, rasanya tidak terlalu pahit sehingga aman untuk sehari-hari.

Lotion ini memiliki terbuat dari tumbuhan alami dari Brazil yaitu Andiroba Oil yang dikombinasikan dengan minyak serai dan citronella sehingga menjadi kandungan yang dibenci oleh nyamuk penyebab gejala demam berdarah.

Kamu juga dapat menggunakan lotion ini sebagai aromaterapi karena terdapat kandungan essential oil sebagai aromaterapi yaitu Panthenol dan Chamomile. Kandungan ini dapat menjaga kulit sepanjang hari dan terlindungi dari iritasi. 

5. Mizo Mosquito Repellent

Mizo Mosquito Repellent Sticker Patch adalah salah satu produk yang dibuat untuk membantu Si Kecil agar tidak digigit nyamuk. Berbeda dengan obat nyamuk pada umumnya, obat nyamuk yang satu ini berbentuk patch atau koyo.

Mizo Mosquito Repellent Sticker Patch sendiri terdiri dari 24 lembar koyo atau patch dalam 1 bungkusnya. Obat nyamuk ini pun hadir dengan berbagai gambar yang lucu-lucu dalam setiap lembar koyonya.

Mizo Mosquito Repellent Sticker Patch sendiri disebut sanggup untuk menghalau gigitan nyamuk dan serangga lain. Efektivitas setiap lembar koyo ini bisa tahan hingga 24 jam. Bahan yang digunakan untuk membuat Mizo Mosquito Repellent Sticker Patch pun 100% natural yakni dengan citronella oil dan bebas DEET.

6. Caladine Mosquito Repellent

Caladine Mosquito Repellent merupakan lotion anti nyamuk yang dapat melindungi kulit dari gigitan nyamuk hingga 10 jam. Lotion ini tidak memiliki bau yang menyengat dan teksturnya tidak lengket. Kelebihannya lotion ini telah teruji klinis tidak menimbulkan alergi sehingga sangat aman digunakan pada kulit bayi setiap hari. 

Terdiri dari kandungan zat aktif yang mampu mencegah gigitan nyamuk penyebab gejala berdarah, seperti Aedes Aegypti, Anopheles, dan Filariasis. Hal ini karena zat aktif yang digunakan adalah Picaridin yang aman dan efektif mencegah gigitan nyamuk yang membawa virus Zika, DBD, Malaria, hingga kaki gajah.

Kamu bisa menggunakan lotion ini setiap hari baik dibalurkan pada kulit bayi maupun kulitmu. Karena telah teruji tidak membuat kulit iritasi, bagi yang memiliki kulit sensitif juga dapat menggunakan lotion ini dengan aman dan nyaman. 

7. Buds Organics Mozzie Clear Lotion

Buds Organics Mozzie Clear Lotion Everyday merupakan lotion yang terbuat dari bahan-bahan organik sehingga aman digunakan oleh si kecil. Lotion yang dibuat tanpa pewangi buatan dengan dipadukan bahan-bahan lain seperti Incha Inchi, Citronella, dan Chamomile.

Incha Inchi mampu memberikan perlindungan kulit dari gigitan nyamuk. Sedangkan kandungan Citronella diformulasikan untuk mencegah gigitan serangga pada kulit. Lalu ada Chamomile yang berfungsi untuk meredakan dan menghilangkan rasa gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

Meski harganya mahal, lotion ini memberikan kualitas produk yang bukan main. Sangat aman digunakan oleh semua kalangan usia, terutama si kecil yang senang beraktivitas di luar ruangan yang tentunya akan ada banyak nyamuk serangga berdatangan. Membalurkan lotion ini pada kulit dapat mencegah gatal-gatal berlebihan akibat gigitan nyamuk. 

8. Bebe Roosie Bugs Repellent

Bebe Roosie Bugs Repellent merupakan lotion yang sangat ampuh dalam mencegah gigitan nyamuk di malam hari. Produk ini dikemas dalam kemasan tube berwarna ungu dengan karakter anak yang diperuntukkan untuk bayi. Selain mencegah gigitan nyamuk, produk ini juga dapat mengurangi rasa gatal di kulit.

Dengan kandungan bahan-bahan, seperti lavender, minyak zaitun, aloe vera, dan citronella. Produk ini terbukti sangat ampuh dalam mengatasi gatal-gatal akibat gigitan nyamuk. Apalagi kandungan tersebut telah dipercaya sebagai kandungan yang dapat melembutkan kulit.

Tentunya produk ini telah teruji klinis tidak menimbulkan reaksi alergi sehingga aman digunakan oleh semua orang baik untuk bayi maupun pemilik kulit sensitif. Dapat melindungi kulit hingga 6 jam, Sedulur dapat beraktivitas dengan nyaman tanpa ada gangguan nyamuk. 

9. Medisoft Mosquito Repelent

Medisoft Mosquitto Repelent Lotion sudah terjamin sangat aman untuk semua kalangan karena telah mendapat izin BPOM. Sedulur bisa gunakan untuk bayi maupun orang dewasa. Lotion ini juga cocok untuk segala jenis kulit termasuk kulit yang sensitif.

Kamu akan mendapat perlindungan kulit dari gigitan nyamuk selama 8 jam sehingga Sedulur bisa gunakan saat tidur dan tidurmu akan nyenyak tanpa ada nyamuk yang mengganggu. Lotion ini juga tidak membuat kulit terasa kering saat Sedulur oleskan ke kulit.

Terdapat dua varian yang tersedia. Varian pertama adalah Rosemary Oil, varian ini memiliki aroma yang lebih lembut dengan wangi bunga yang harum. Varian lain adalah Lemon Grass yang memberi kesan fresh dengan wangi lemon menyegarkan. 

10. Zwistsal Baby Skin Protector Citronella

Zwitsal terkenal dengan produk perawatan kulit yang diformulasikan untuk kulit bayi. Salah satu produk yang dihadirkan adalah lotion anti nyamuk Zwitsal Baby Skin Protector. Lotion dengan kemasan tube ini merupakan perpaduan dari Citronella dan Chamomile .

Kandungan Citronella oil dapat menghindari yang mampu melindungi kulit dari gigitan serangga dan nyamuk. Sementara untuk kandungan ekstrak Chamomile ini dapat meredakan rasa gatal yang timbul karena digigit nyamuk.

Lotion ini sangat aman digunakan oleh bayi baru lahir. Bahkan Sedulur yang dewasa juga bisa menggunakan lotion ini agar tidak terkena gigitan nyamuk. Karena lotion ini diperuntukan untuk kulit bayi yang sangat rentan, lotion ini juga akan sangat cocok bagi yang memiliki kulit sensitif. 

11. Cussons Baby Lotion Moscare

Cussons dikenal dengan menghadirkan produk kebutuhan bayi terutama dalam perawatan kulit. Salah satu produk yang dihadirkan adalah lotion anti nyamuk yakni Cussons Baby Lotion Moscare. Lotion ini diklaim dapat melindungi kulit bayi dari gigitan nyamuk hingga 8 jam.

Produk ini mengandung Citronella, eucalyptus, dan bahan alami lainnya sebagai pengusir nyamuk. Adanya kandungan Chamomile juga berfungsi agar kulit bayi tetap lembab dan lembut. Selain itu produk ini juga dilengkapi anti irritant complex yang menyejukkan kulit kemerahan akibat iritasi ringan.

Teksturnya ringan dan tidak lengket di tangan. Dengan kemasan tube kecil berukuran 50ml, Sedulur bisa membawa produk ini untuk dibawa bepergian atau berkemah. Si kecil pun akan aman dari gigitan nyamuk ketika berada di luar rumah. 

12. Mama’s Choice Baby Mozzbye

Mama’s Choice Baby Mozzbye adalah salah satu lotion anti nyamuk bayi yang mengandung bahan alami di dalamnya, lavender dan citronella oil.

Bunga lavender merupakan aroma yang tidak disukai nyamuk karena membuatnya pusing, menjauh, dan mengurungkan niatnya untuk menggigit si kecil.

Sedangkan penggunaan citronella oil bekerja menghambat sensor penciuman pada nyamuk dan menutupi aroma karbondioksida serta asam laktat pada tubuh manusia. Selain bebas alkohol dan paraben, produk ini juga bebas dari toksin DEET.

Menurut beberapa review konsumen, tekstur produk ini sangat ringan, cepat menyerap, dan tidak lengket. Wanginya pun lembut dan tidak menyengat karena tidak mengandung parfum tambahan dan tentunya bisa didapatkan dengan mudah.

Demikian tadi deretan rekomendasi lotion anti nyamuk terbaik yang bisa Sedulur coba. Sedulur tidak perlu khawatir, karena produk lotion anti nyamuk seperti di atas bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong sekitar rumah dan di  SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.