Cara membuat kaldu ayam untuk bayi sangat mudah, Ibu Super wajib menyimak ulasan artikel ini!

Meskipun Ibu Super bisa menemukan kaldu ayam di pusat perbelanjaan, alangkah lebih baiknya Ibu menyiapkan kaldu ayam untuk sang buah hati dengan membuatnya langsung. Kaldu ayam MPASI yang alami akan lebih menyehatkan bagi buah hati.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara membuat kaldu ayam untuk bayi, beberapa resep kaldu ayam MPASI dapat membuat pertumbuhan bayi menjadi lebih menyehatkan. Cara membuat kaldu alami juga tanpa menggunakan tambahan gula, garam dan juga pengawet, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi sang buah hati Ibu Super sekalian.

Seperti apa saja langkah dan cara membuat kaldu untuk MPASI yang bisa Ibu Super lakukan? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 20+ Perlengkapan Bayi Baru Lahir Ini Wajib Disiapkan!

1. Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

1.   Siapkan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat kaldu ayam untuk bayi yang alami, Ibu Super tentu saja harus menyiapkan beberapa bahan dan bumbu yang segar, bahan-bahan yang Ibu Super butuhkan dalam cara membuat kaldu ayam untuk bayi adalah:

  • 1 ayam utuh atau tulang ayam (termasuk ceker dan kulit ayam)
  • 1 buah wortel, potong menjadi 4-5 bagian
  • 1 bawang prei, potong secara besar dan lebar
  • 2 batang seledri, digeprek terlebih dahulu
  • Daun seledri 2 ikat, iris tipis
  • Bawang putih 3 siung, digeprek jangan sampai hancur
  • Bawang bombay 1 buah, potong atau iris menjadi 4 bagian
  • Air 3 liter

2. Cuci Bersih Bahan dan Siapkan Bahan-Bahan

2.   Cuci Bersih Bahan dan Siapkan Bahan-Bahan

Setelah Ibu Super membeli bahannya, Ibu Super wajib mencuci semua bahannya hingga bersih dan tidak menyisakan kotoran sama sekali. Karena memastikan bahan makanan yang baik dan higienis untuk sang buah hati adalah hal paling wajib nomor satu. Dikarenakan bayi biasanya masih rawan terhadap kuman dan bakteri.

Ibu Super juga jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan di atas dengan memotong atau menghaluskannya sesuai instruksi yang telah diberikan dalam daftar bahan di atas.

Baca Juga: Kenali 8 Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi Agar Kuat dan Sehat

3. Cara Membuat Kaldu Ayam untuk Bayi

3.   Cara Membuat Kaldu Ayam untuk Bayi

Cara membuat kaldu alami ini membutuhkan waktu sekitar 4 jam 20 menit, hal tersebut dibutuhkan agar bumbu kaldu kental sempurna dan juga setiap kuman dan bakteri yang terdapat pada air yang digunakan hilang dan mati. Hal ini akan sangat aman bagi buah hati Ibu Super sekalian. Berikut langkah yang harus Ibu Super lakukan dalam cara membuat kaldu ayam untuk bayi:

  • Masukkan semua bahan ke panci besar.
  • Tambahkan air kurang lebih 3 liter, atau sampai semua bahan terendam oleh air.
  • Didihkan air dengan menggunakan api besar, saring dan ambil busa kotor yang muncul.
  • Lakukan sampai tidak ada busa yang muncul, lalu setelahnya kecilkan api dan tutup.
  • Didihkan Kembali selama 4 jam 20 menit.
  • Setelah kaldu jadi, saring bersih semua bahan yang tadi masuk. Jika Ibu Super menggunakan ayam utuh, ayam bisa didinginkan untuk disimpan, atau tulang, ceker dan kulitnya bisa diolah menjadi bahan makanan lainnya.

4. Tips dan Cara Menyimpan Kaldu yang Baik untuk MPASI

4.   Tips dan Cara Menyimpan Kaldu yang Baik untuk MPASI

Setelah Ibu Super mengetahui cara membuat kaldu ayam untuk bayi, Ibu Super juga tentunya harus mengetahui cara menyimpannya dengan baik. Karena dengan menyimpan kaldu dengan baik, kaldu ayam bisa bertahan selama 4-5 hari. Ibu Super bisa melakukan langkah di bawah ini:

  • Pastikan kaldu benar-benar dingin terlebih dahulu, selanjutnya Ibu Super boleh memasukkannya dalam kulkas.
  • Gunakan botol kaca untuk menyimpan kaldu, karena dengan menggunakan botol kaca kaldu akan dapat bertahan lebih lama.
  • Jangan isi kaldu hingga penuh, sisakan sedikit ruang untuk pemuaian.
  • Ibu Super bisa menyimpan kaldu di freezer jika membuat kaldu agak banyak dan ingin bertahan lebih lama. Dengan menyimpan di freezer, kaldu ayam bisa bertahan hingga seminggu.

5. Beli Bahan Membuat Kaldu di Aplikasi Super

5.   Beli Bahan Membuat Kaldu di Aplikasi Super

Semoga cara dan langkah membuat kaldu ayam di atas bisa Ibu Super praktikan dan bisa membuat Ibu Super lebih memahami cara membuat bahan makanan untuk sang buah hati. Ibu Super juga wajib menyiapkan bahan dan membelinya di Aplikasi Super. Karena dengan membeli di Aplikasi Super, Ibu Super dijamin akan lebih untung.

Ibu Super bisa cek langsung dengan download Aplikasi Super terlebih dahulu, jika Ibu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, Ibu Super bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super. Banyak informasi terkait Aplikasi Super yang bisa ibu pelajari di laman Aplikasi Super.