mayonnaise terbaik

Salah satu saus yang tidak bisa dilewatkan ketika membuat resep masakan barat seperti burger, hotdog, hingga sandwich adalah mayonnaise. Saus ini sebenarnya bisa dibuat sendiri dengan olahan telur. Namun, jika Sedulur tidak ingin repot maka bisa mencoba beberapa rekomendasi mayonnaise terbaik rekomendasi Aplikasi Super.

Saus mayonnaise sendiri memiliki rasa yang cukup unik. Berbeda dengan saus tomat dan saus sambal, mayonnaise memiliki rasa gurih asam yang otentik. Sedulur juga bisa merasakan tekstur saus yang lebih padat sehingga memberikan sensasi unik ketika menyantapnya.

Nah, agar Sedulur bisa memilih mayonnaise terbaik untuk memasak di rumah. Coba simak beberapa rekomendasi saus berikut ini ya!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Saus Tiram Terenak dan Terbaik di 2023!

1. Kewpie Mayonnaise Original

mayonnaise terbaik
Food52

Produk mayonnaise terbaik pertama adalah merek Kewpie. Saus ini memiliki bentuk kemasannya yang berupa tube. Melalui teknologi yang modern, produk ini dibuat melalui proses emulsi yang baik dengan hasil partikel yang lebih kecil dibandingkan mayonaise lainnya, sehingga terasa lembut sekaligus padat. Cita rasa original-nya mampu menjadi teman menyantap semua makanan, tidak terkecuali burger favoritmu.

Produk mayones dari Jepang ini memiliki tekstur yang lebih padat dengan rasa yang sedikit lebih kuat dalam menonjolkan rasa rice vinegar-nya. Maka dari itu, produk ini sangat cocok jika dipasangkan dengan hidangan sushi maupun salad.

Rasa gurih dari Kewpie Mayonnaise Original berasal dari kuning telur yang kaya akan asam amino. Produk ini lebih aman buat kesehatan karena tidak menggunakan pengawet dari bahan-bahan kimia yang berbahaya. Kemasan tube yang lunak memudahkan kamu untuk mengeluarkan mayones. Tersedia dalam beberapa varian rasa dan ukuran yang bisa kamu pilih.

2. Maestro Mayonnaise

Untuk kamu yang selalu ingin sehat, menu seperti salad sayur harus selalu ada setiap harinya. Selain digemari oleh banyak orang, variasi salad sayur tentunya semakin lengkap dengan mayonaise sebagai campuran dressing.

Diperkaya dengan tekstur yang creamy dan kekentalan yang pas, tentunya cita rasa salad sayur akan semakin nikmat dan segar. Mayonnaise terbaik dari Maestro ini juga bisa jadi penambah kelezatan pada hidangan sandwich, burger, dan hidangan mengenyangkan lainnya.

Selain itu asupan protein yang tinggi juga akan kamu dapatkan dari produk berkualitas ini. Ukuran kemasan 1 kg pun cukup untuk beberapa kali penggunaan. Merk mayonaise untuk salad sayur terbaik di Indonesia ini tersedia dalam tiga kemasan yaitu botol, sachet, dan toples. Selalu stok mayones Maestro untuk menambah kelezatan berbagai hidanganmu, ya!

3. Mayumi Mayo Pedas

Siapa yang suka makan cemilan dengan cocolan seperti mayonaise dan saus sambal? Dengan Mayumi Pedas, kedua hal itu tidak perlu kamu lakukan secara terpisah lagi. Memiliki tekstur creamy yang lembut, mayonaise ini begitu lengkap dengan menghadirkan rasa pedas dan gurih yang pas buat kamu para pecinta makanan pedas. Terbuat dari bahan berkualitas, produk ini juga ekonomis dan praktis.

Mayonnaise terbaik dengan rasa pedas dari Mayumi adalah pelengkap rasa pada masakan atau camilan. Produk ini dapat memberikan cita rasa nikmat pada makanan. Terbuat dari bahan-bahan alami dan bermutu tinggi dengan rasa saus yang mantap dan nikmat. Cocok untuk olesan, cocolan, maupun tambahan pada makanan.

Sekarang, mayonaise Mayumi Pedas tersedia dalam kemasan sachet ukuran 100 gr. Mayones sachet kecil ini praktis untuk dibawa kemanapun kamu pergi. Stok mayones unggulan produksi Ajinomoto di rumah wajib banget buat kamu yang gemar makan gorengan.

4. MamaSuka Cheesy Mayonnaise

Mama Suka menghadirkan varian Cheesy Mayonaise untuk memanjakan kamu para pencinta keju. Seperti rasa original pada umumnya, selain terbuat dari minyak kedelai murni, kuning telur, dan cuka fermentasi, ada tambahan keju pilihan pada varian ini.

Selain itu, produk ini juga bisa kamu nikmati bersama dengan nugget, sosis, tempura, bahkan ke dalam sandwich sekalipun. Rasa kejunya yang menggoda juga akan selalu bikin kamu ketagihan pastinya.

Mayonnaise terbaik produksi Mamasuka ini memiliki rasa keju yang tidak berlebihan dengan tekstur yang lebih creamy dan cita rasa yang disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Berbahan keju cheddar asli, mayonaise ini bisa jadi teman hidangan apapun. Kemasannya yang dibuat travel friendly juga membuat kamu bisa membawa produk teman makan ini di dalam tas atau ransel tanpa khawatir tumpah.

5. Mc Lewis Mayonnaise

Dengan ukuran yang terbilang besar, mayonaise ini sangat cocok apabila dipadukan dengan aneka makanan yang digoreng ataupun dijadikan dressing untuk salad yang menyegarkan. Mayones Mc Lewis selalu dipilih dan dijadikan favorit oleh kebanyakan orang.

Campuran olahan saus tomat, bawang, telur ayam, timun hingga cincangan halus paprika, menambah cita rasa pada produk ini. Meski dipanaskan hingga pada suhu 200 derajat celcius, teksturnya tetap stabil, sehingga kenikmatannya pun tetap terjaga.

Produk yang sudah meraih pernah meraih reward Superbrand Indonesia’s Choice 2020 menjadi bukti bahwa produk ini benar berkualitas. Mc Lewis Saus Mayo ukuran 1 kg memiliki 3 varian, yaitu sweet mayonnaise, thousand island, dan saus mayo.

6. Prima Agung Mayonnaise

Serious Eats

Mengonsumsi buah-buahan dengan mayonaise ternyata tidak kalah enaknya, lho! Terbuat dari bahan utama minyak nabati, minyak kedelai, mustard, telur ayam dan cuka, produk ini memiliki cita rasa asam manis yang segar jika dikonsumsi bersama buah.

Kamu bisa mengkombinasikan dengan buah berserat tinggi, seperti alpukat, ataupun buah berair, seperti semangka atau melon. Merk mayonaise untuk salad buah dari Prima Agung ini pas banget saat dipakai untuk dressing buah-buahan segar.

Buah-buahan yang kaya akan serat ditambah mayonaise yang creamy jadi cara baru dalam menikmati buah-buahan. Bagi anak-anak yang kurang suka buah, bisa disiasati dengan sajian salad buah dengan tambahan Prima Agung mayonaise dan parutan keju yang melimpah di atasnya.

7. Praise Real Whole Egg

Sedikit berbeda dengan mayonaise kebanyakkan, produk impor dari Negara Kangguru ini mengandung telur utuh yang segar, sehingga kaya akan protein. Memiliki tekstur yang kental dengan sensasi creamy yang menggugah selera, kamu bisa mencampur mayonaise ini dengan sandwich atau udang goreng favorit sebagai cocolanmu. Selain itu, produk ini dibuat tanpa zat pewarna atau perasa buatan, sehingga aman dikonsumsi untuk kamu dan keluarga.

Praise Real Whole Egg ini memiliki kemasan dengan desain yang lebih elegan dan praktis. Harganya yang terbilang mahal untuk sebotol mayones tidak akan mengecewakan para penikmatnya, karena rasa yang ditawarkan sudah terbukti enak.

8. Prochiz Mayo Salad Dressing

Siapa yang tidak kenal merek ProChiz? Ya, dikenal dengan berbagai pilihan produk keju, Prochiz menawarkan mayonnaise terbaik yang dijual dengan kemasan pouch 1 liter dan harga yang ekonomis.

Mayonaise ini diolah bersama dengan keju cheddar, cuka, telur, minyak nabati, mustard, dan bahan lainnya, untuk hasil emulsi yang berkualitas. Rasa gurih dari campuran kejunya membuat produk ini dapat dinikmati bersama makanan favoritmu.

9. Spectrum Culinary Organic Mayonnaise

Kalau mayones yang umumnya kita temui memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, berbeda dengan produk mayonaise yang satu ini. Yup, Spectrum Culinary Organic Mayonnaise cocok buat kamu yang sedang menjalani diet.

Sebab, produk ini berbahan dasar organik alami yang aman buat kesehatan tubuh. Selain itu, produk ini bebas gluten, yang seperti kita ketahui membawa dampak buruk bagi sistem pencernaan dan kesehatan organ tubuh yang lainnya.

Produk mayonnaise terbaik dan sehat ini tersedia dalam ukuran 332 ml dengan kemasan botol ringan yang praktis dan mudah dibawa kemana saja. Selain itu, tersedia juga ukuran 354 ml dan 473 ml dalam kemasan toples kecil untuk stok di rumah.

Zat penambah lezat makanan ini bisa untuk olesan dan dressing salad. Produk ini juga sudah terjamin kehalalannya. Jadi, kalau kamu ingin makan enak dan badan tetap sehat, Spectrum Cullinary Organic Mayonnaise adalah pilihan terbaik.

10. Telly Vegetarian Mayo

Sesuai dengan namanya, pada dasarnya mayonaise ini ideal untuk dijadikan salad dressing bagi kamu yang vegetarian. Terbuat dari bahan nabati, seperti kacang kedelai, minyak sayur, gula dan garam, sehingga membuatnya tetap sehat meski dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Terlebih lagi, produk ini tidak mengandung telur, yang sudah pasti rendah lemak, sehingga cocok juga dikonsumsi oleh kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Lalu, kenapa produk ini mendukung diet kamu? Karena mayonnaise impor dari Malaysia ini dibuat tanpa menggunakan telur.

Merek mayonnaise rendah lemak ini aman untuk kamu yang lagi diet atau menjalani pola makan yang lebih sehat. Dengan tampilan wadah yang lebih segar, produk ini tersedia dalam kemasan toples berukuran 230 gr dan 470 gr. Harga mayones terbaik untuk diet ini juga masih terbilang ramah di kantong dengan kualitas yang tetap terjaga.

BACA JUGA: Beda Beras Premium dan Medium, Berikut Ciri-Ciri Lengkapnya!

11. Tropicana Slim Roasted Sesame Mayo

Downshiftology

Tropicana Slim Mayonnaise diproduksi dengan bahan-bahan pilihan yang rendah kalori. Kandungannya hanya setengah dari jumlah lemak dan kalori yang biasa Sedulur temukan pada mayones biasa. Jadi, mayones ini bisa jadi pilihan bagi Sedulur yang sedang mengatur pola makan untuk mengurangi berat badan. Kandungan yang bebas gula pun menjadi pilihan yang aman untuk diabetes.

Selain sebagai saus, mayones ini dapat Sedulur pakai sebagai bahan memasak untuk berbagai resep masakan sehat. Meskipun rendah lemak dan kalori, rasanya spesial berkat tambahan wijen bakar yang nikmat.

12. Genki Plan Mayo

Genki Plant Vegan Mayo dapat menjadi pilihan jika Sedulur mencari mayones bebas telur dan produk hewani, bahkan bebas zat aditif! Produk ini dibuat tanpa telur dan terdiri dari minyak zaitun, cuka beras, dan susu kedelai yang perfect untuk gaya hidup vegan. Mayones ini juga pilihan tepat bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi telur. Rasanya enak dengan tambahan gula kelapa organik dan garam himalaya.

13. Mazzoni Mayonnaise

Salah satu merek mayones yang mudah didapatkan di Indonesia adalah Mazzoni. Merek lokal ini menggunakan tagline “Pas di harga, pas di rasa”. Mayonesnya tak hanya enak, tetapi juga affordable. Jika Sedulur dan keluarga rutin mengonsumsi mayones, Mazzoni Mayonnaise bisa dipilih. Varian mayonesnya, terutama rasa manis, memiliki rasa segar manis yang cocok dicampurkan dengan segala jenis makanan.

14. Hellmann’s Real Mayonnaise

Merek mayones klasik ini terus menjadi pilihan utama, dan bahan pokok dapur. Dilansir dari laman Today, para pakar kuliner sepakat jika produk Hellmann’s memiliki kelas terbaik di antara mayonnaise terbaik lainnya. Bahkan, mereka sepakat memberikan nilai dan posisi tertinggi untuk produk ini.

Dengan dibuat secara khusus, rasa mayones Hellmann’s begitu seimbang baik dari rasa, aroma, hingga teksturnya.

Dilansir dari Taste of Home, produk dari Hellmann’s menggabungkan semua macam jenis mayones dalam satu toples sehingga menjadi satu kesempurnaan. Baik itu dari tekstur yang tebal tapi tetap bisa dioleskan pada makanan dan rasa yang tajam tapi tidak terlalu kuat ketika masuk ke mulut. Sehingga rasa dari mayones ini begitu kaya, lembut, dan rasa penuh lemak yang sangat gurih.

15. Sir Kensington Classic Mayo

Terakhir ada mayones Sir Kensington Classic. Saus ini merupakan salah satu yang terenak di kelasnya karena dibuat dengan bahan berkualitas. Selain itu, Sir Kensington Classic juga terbuat dari telur organic non-GMO yang sudah tersertifikasi.

Rasa dari mayones ini cukup unik, teksturnya tebal dengan rasa lemak yang padat. Namun, Sedulur juga bisa merasakan sensasi oily dan penuh rempah ketika menyantapnya. Sir Kensington Classic Mayo sangat cocok digunakan untuk hidangan segar seperti salad dan burger.

16. Melrose Organic Mayo

mayonnaise terbaik
The Spruce Eats

Melrose Organic Sunflower Mayonnaise terbuat dari bahan non-telur sehingga cocok untuk vegan atau orang yang memiliki alergi terhadap produk telur maupun kacang kedelai. Sebagai gantinya, Melrose menggunakan bahan baku biji bunga matahari organik yang diekstraksi sehingga diperoleh minyak yang 100% alami.

Produk asal Australia ini dihadirkan untuk membantu Sedulur memperoleh gaya hidup sehat. Walau tidak mendasari telur sebagai bahan baku utamanya, mayones ini tetaplah bercita rasa lezat. Tekstur yang lembut, kental, dan creamy juga dimilikinya. Cocok untuk dimakan sebagai campuran buah alpukat atau selada.

17. Rious Lemon Mayo

Walau mereknya terdengar premium, Rious Mayo Lemon Mayonnaise diproduksi oleh perusahaan Eloda Mitra. Sebagai industri yang bergerak dalam menghasilkan produk olahan makanan, pabrik pengolahannya telah menerapkan standar internasional guna menjaga kualitas dari setiap produk keluarannya.

Mayones berikut banyak dipilih sebagai andalan dari banyak sekali restoran dan kafe di Indonesia. Keunggulan dari mayones ini adalah adanya sentuhan rasa lemon segar yang sangat nikmat ketika menyatu dengan roti burger, sandwich, dan semacamnya.

Memilih mayonnaise dari bahan baku

Bahan baku utama mayones biasanya adalah telur utuh yang mencakup kuning dan putih telurnya atau hanya menggunakan kuning telur. Berikut adalah ciri-cirinya:

  1. Mayones berbahan baku telur utuh umumnya memiliki ciri warna yang sedikit lebih putih dan terasa segar. Rasanya yang light cocok dipadukan dengan makanan-makanan bertekstur kental atau hidangan dengan rasa pekat. 
  2. Mayones yang hanya menggunakan kuning telur memiliki cita rasa yang lebih kaya. Tipe ini paling pas disajikan sebagai pelengkap sayuran atau sebagai cocolan.

Perlu diingat bahwa mayones berbahan dasar telur tidak dianjurkan bagi Sedulur yang memiliki alergi telur. Sebagai gantinya, pilihlah mayones yang terbuat dari bahan lain, seperti minyak kedelai, minyak zaitun, sunflower oil, canola oil, ataupun avocado oil.

Biasanya, bahan yang ada pada mayones tidak baik untuk ibu yang sedang hamil, apalagi yang menggunakan telur utuh. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi mayones bagi ibu hamil.

Cara membuat mayones sendiri

mayonnaise terbaik
Serious Eats

Walaupun sudah mengetahui mayonnaise terbaik seperti di atas. Sedulur bisa juga membuat saus serbaguna ini sendiri lho. Cukup menyiapkan bahan dasar seperti telur, kamu sudah bisa membuat saus mayones sesuai seleramu.

Bahan:

  • 2 butir kuning telur ukuran besar
  • 2 sdt air lemon segar
  • 250 ml minyak zaitun
  • Garam halus

Cara buat:

  1. Siapkan alat seperti mangkok sisi tinggi dan pengocok kawat.
  2. Masukkan kuning telur dan air lemon segar ke dalam mangkuk, kemudian kocok.
  3. Tuang minyak zaitun ke dalam mangkuk secara perlahan sambil terus diaduk.
  4. Jika mayones sudah mulai mengental, tuang kembali minyak zaitun hingga membaluri mayones. Aduk dengan gerakan cepat hingga minyak tercampur dengan mayones.
  5. Jika mayones terlihat kental, tambahkan air secukupnya untuk mengencerkan mayones. Takaran air disesuaikan dengan tingkat keenceran mayones yang kamu inginkan.
  6. Kocok kembali mayones hingga semua tercampur rata. Mayones harus kental dan mengembang.
  7. Tambahkan garam secukupnya. Jika ingin mendapatkan hasil mayones yang lebih encer, maka kamu bisa menambahkan air kembali.
  8. Mayones siap digunakan.

BACA JUGA: 18 Rekomendasi Teh Pelangsing Ampuh Turunkan Berat Badan

Kandungan gizi dan manfaat mayones

mayonnaise terbaik
The Guardian

Saus mayones memiliki kandungan gizi yang sangat baik. Dilansir dari Fat Secret, dalam 1 sdm saus mayones 57 kalori, 4,5 gram lemak, 3,5 karbohidrat, dan 0, 13 protein. Melihat banyaknya mineral dalam mayones, ternyata ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan seperti:

1. Baik untuk otak

Kandungan kuning telur yang ada dalam mayones mengandung mineral penting yang dikenal sebagai kolin. Kolin penting untuk pembentukan membran sel, mengatur memori dan berfungsinya otak.

2. Bantu kesehatan mata

Mayones mengandung Vitamin A (beta-karoten) yang meningkatkan penglihatan mata. Mayones juga mengandung seng, lutein dan zeaxanthin yang dapat mengurangi kerusakan akibat paparan blue light atau cahaya biru yang berbahaya bagi mata.

3. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Mayones mengandung zinc, vitamin A dan E, yang merupakan nutrisi penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

4. Tingkatkan kesehatan jantung

Lemak tak jenuh ganda yang ditemukan dalam mayones berdampak positif bagi kesehatan jantung. Hal ini sejalan dalam tinjauan sistematis dan meta analisis mengonsumsi lemak tak jenuh ganda secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

5. Bantu sirkulasi darah

Mayones mengandung vitamin E yang merupakan salah satu vitamin yang membantu sirkulasi darah yang tepat. Mayones juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, kalium dan vitamin K. Sehingga dapat membantu menjaga sirkulasi darah.

BACA JUGA: 8 Resep Makanan Berkuah Pedas, Enak Disantap Saat Hujan!

Mayonnaise rendah kalori cocok untuk diet

mayonnaise terbaik
Taste Magz

Untuk Sedulur yang sedang mengatur pola makan, sebaiknya hindari menggunakan mayones terlalu banyak karena membuat salad menjadi tinggi kalori. Namun, jangan khawatir karena ada mayones yang dibuat khusus untuk orang yang sedang diet.

Sedulur cukup memeriksa tabel kalori pada kemasan produk mayones yang sudah beli. Umumnya 100 gram mayones berbahan telur utuh mengandung 700 kkal. Sementara itu, terdapat 670 kkal dalam mayones berbahan kuning telur.

Mayones rendah lemak dan rendah kalori umumnya memiliki rasa yang kurang lezat. Untuk mengatasinya, sebagian produsen meningkatkan kadar gula di dalamnya untuk memperbaiki rasa. Namun, bukan berarti semua mayones rendah kalori memiliki kualitas rasa yang buruk. Banyak juga produk mayones rendah kalori yang lezat, contohnya mayones dari Tropicana Slim.

Selain itu, pilihlah mayones rendah garam jika Sedulur memperhatikan kesehatan. Selain garam, sebaiknya juga memeriksa kandungan gula di dalam mayones. Dengan begitu, kamu dapat membatasi asupan gula dan garam pada makanan.

Demikian tadi rekomendasi mayonnaise terbaik yang bisa Sedulur coba. Tak hanya enak, daftar mayones di atas juga bagus untuk kesehatan. Namun, jangan mengkonsumsinya terlalu banyak dan disesuaikan dengan kebutuhan ya.

Sedulur juga bisa mencoba kulakan mayones dan berbagai macam bahan dapur lainnya di Aplikasi Super. Ada banyak sekali produk terbaik berkualitas yang dijual dengan harga terjangkau. Selain itu, layanan gratis ongkir dan promo spesial juga selalu ada untuk Sedulur.

Jadi buruan download Aplikasi Super sekarang dan kulakan barang jualanmu sekarang juga. Belanja jadi mudah, untung makin melimpah!