beda beras medium dan premium

Bagi Sedulur yang jarang melakukan aktivitas dapur, mungkin Sedulur akan kaget bahwa ada banyak jenis beras yang biasa dikonsumsi. Umumnya terdapat beberapa jenis beras seperti beras medium dan beras premium.

Apakah beda beras medium dan premium? Kedua jenis beras tersebut tentu saja memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nah dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas segala hal terkait beda beras medium dan premium. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung saja kita simak perbedaan dari kedua jenis beras tersebut!

BACA JUGA: 1 Cup Beras Berapa Gram? Berikut Jawaban Lengkapnya

Beda beras medium dan premium

beda beras medium dan premium
iStock

Pada dasarnya, perbedaan mencolok terlihat dari tekstur beras itu sendiri. Beras premium memiliki persentase beras kepala (butir hampir utuh hingga utuh) >95 persen dan derajat sosoh 100 persen. Sementara beras dengan persentase beras kepala <95 disebut sebagai beras medium.

Bukan hanya itu, terdapat beberapa karakteristik perbedaan lain. Agar Sedulur tidak salah pilih, tentu harus mengetahui beberapa karakteristik beda beras medium dan premium.

Apa saja perbedaan kedua jenis beras ini?

Kementerian Pertanian telah menyampaikan dengan jelas informasi terkait perbedaan jenis beras ini, di Laman Kementerian Pertanian, disampaikan bahan perbedaan utama kedua kelas beras premium dan medium terletak pada kualitasnya.

Seperti tampilan butir beras yang utuh dan patah, dejarat sosoh keberadaan cemaran seperti butir merah, butir kuning dan benda asing lainnya. Selain itu, beras medium dengan beras premim memiliki perbedaan yang cukup menonjol.

Beberapa beda beras medium dan premium yang cukup menonjol tersebut bisa Sedulur lihat dalam penjelasan poin-poin di bawah ini:

1. Dari segi warna beras

beda beras medium dan premium
iStock

Dari segi warna, sudah dapat dilihat perbedaannya, meski memang harus dilihat dengan telilti. Beras medium memiliki warna yang lebih semu atau lebih buram, jika dibandingkan dibandingkan dengan beras premium. Sementara, beras premium akan terlihat lebih terang.

Memang jika dilihat secara kasat mata, perbedaan dari segi warna akan sulit terlihat. Namun jika diperhatikan, beras medium memiliki warna yang lebih semu dibandingkan dengan beras premium. Umumnya, beras premium akan lebih terang dan cerah.

2. Patahan butiran beras

beda beras medium dan premium
iStock

Jika dilihat dari sisi butiran beras yang patah (broken), beras medium memiliki tingkat kepatahan lebih tinggi yakni di atas 10%. Sedangkan, beras premium yang tingkat kepatahannya hanya 0-10%. “Dari tingkat broken (patahan bulir), kalau beras medium lebih banyak yang patah, daripada beras premium,” jelasnya.

Berdasarkan laman Kementan, beras dengan persentase beras kepala (butir hampir utuh hingga utuh) >95% dan derajat sosoh 100% kita sebut beras premium, sedangkan beras dengan persentase beras kepala <95% kita sebut beras medium.

3. Kebersihan beras

beda beras medium dan premium
iStock

Dilihat dari segi kebersihan beras, beras medium kerap kali ditemukan butir beras yang bercampur dengan kotoran, seperti batu atau gabah (butir kuning). Hal ini tentu akan menyulitkan saat memasak nasi. Membutuhkan waktu ekstra untuk membersihkan beras sebelum dimasak.

Seperti batu atau kerikil kecil, jika tidak dibersihkan, akan terbawa saat dikonsumsi. Hal ini tentu akan menganggu kesehatan. Berbeda dengan beras premium yang sangat bersih, bahkan hampir dipastikan tidak akan terdapat kotoran seperti batu atau kerikil kecil.

Meskipun jika diperhatikan lagi, di dalam beras premium seringkali masih terlihat beberapa kotoran gabah atau butir-butir kuning. Hal ini jika pun dikonsumsi tidak begitu berbagai dibanding dengan kotoran seperti batu kerikil.

4. Kualitas nasi

iStock

Faktor penting lain tentu saja kualitas nasi. Perbedaan beras premium dan medium dapat dilihat dari kualitas nasi yang dihasilkan. Beras premium memiliki tampilan nasi yang lebih pulen dengan rasa yang lebih nikmat dibandingkan beras medium.

Namun hal ini bukan berarti beras medium tidak nikmat dan tidak layak konsumsi. Kualitas rasa beras medium juga sangat baik dan sangat layak konsumsi, namun jika dibandingkan dengan beras premium tentu kualitas dari beras medium ada dibawah beras premium namun masih nikmat dan layak konsumsi.

5. Segi harga

iStock

Tanpa dijelaskan secara mendetai pun, tentu Sedulur sudah bisa mengira-ngira harga dari kedua jenis beras tersebut. Iya, betul. Harga beras premium lebih mahal dari beras medium. Secara umum, harga beras premium tentu akan lebih mahal daripada beras medium.

Beras premium di pasaran harganya mahal, dengan kandungan gizi lebih dari beras medium. Dari kualitas membersihkannya pun beras premium tentu akan lebih mahal, karena kebersihan beras yang terjamin dengan baik sehingga tidak menyulitkan saat akan mengolahnya.

Berbeda dengan beras medium yang cenderung lebih banyak terdapat kotoran sehingga butuh ketelitian saat membersihkannya dan memastikan setiap kotoran yang terdapat dalam beras tidak terbawa saat beras akan dimasak menjadi nasi. Wajar jika beras premium memiliki harga yang sedikit lebih mahal ketimbang dari beras medium. Karena harga tentu tidak akan mengkhianati kualitas itu sendiri.

BACA JUGA: Belanja Beras Premium Makin Murah dengan Hujan Promo di Aplikasi Super!

6. Mutu beras

iStock

Beda beras medium dan premium terakhir yaitu mutu beras itu sendiri. SNI 6128-2015 mensyaratkan kelas mutu beras medium I mengandung beras kepala minimal 78% dan beras patah maksimal 20% dengan derajat sosoh 95% dan kadar air beras maksimal 14%.

Beras medium dengan rendemen bisa mencapai 63% dan kaya gizi terutama serat, juga makin tinggi derajat sosoh, makin rendah kadar mineral dan vitamin pada beras.

Melansir laman Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Litbang), beras mutu terbaik menurut SNI ditentukan oleh kandungan beras kepala sebesar minimal 95% dan beras patah maksial 5% dengan derajat sosoh 100% dan kadar air maksimal 14%. Dari karakternya, sebetulnya beras medium yang lebih murah dari premium ini, lebih bergizi.

Demikian tadi ulasan tentang beda beras medium dan premium. Semoga penjelasan di atas bisa menambah informasi Sedulur terkait sembako yang Sedulur konsumsi setiap hari. Terutama beras yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia.

Bagi Sedulur yang menginginkan beras premium dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau, Sedulur bisa coba Beras Buncit dan Beras Karya Alam Hijau. Dua merk beras premium dengan citarasa khas nusantara. Agar bisa mendapatkannya dengan mudah, Sedulur bisa kulakan di Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa segera download di PlayStore. Bukan hanya belanja beras premium dengan harga terjangkau, Sedulur juga bisa mendapatkan berbagai kebutuhan dapur lainnya dengan harga yang terjangkau!