cara merebus bebek agar cepat empuk

Daging bebek dikenal memiliki tekstur yang unik. Jika terlalu lama atau salah mengolah, maka dagingnya akan terasa keras dan alot. Padahal daging bebek memiliki rasa yang sangat gurih dan lezat. Nah, agar Sedulur bisa mengolah daging bebek dengan benar maka perlu mengetahui tips dan triknya. Ada beberapa cara merebus bebek agar cepat empuk sehingga ketika ingin diolah lagi, Sedulur tidak akan kesulitan.

Supaya Sedulur tidak bingung dan bisa membuat berbagai macam resep bebek yang enak dan lembut. Maka wajib mengikuti langkah dan tips cara merebus bebek agar cepat empuk berikut ini. Dijamin daging tidak akan alot dan keras deh, yuk simak bersama!

BACA JUGA: 10 Cara Menghilangkan Bau di Kamar Mandi, Coba Lakukan Ini!

1. Bersihkan daging bebek

Serious Eats

Sebelum masuk ke cara merebus bebek agar cepat empuk, langkah pertama yang perlu Sedulur lakukan yaitu dengan membersihkan daging bebek terlebih dahulu. Pastikan daging bebek benar-benar bersih dan tidak ada kotoran di dalamnya. Mulai dari membersihkan semua bulunya, lalu jeroan bebek, hingga di bagian brutu, karena brutu (anus) biasanya jadi salah satu sumber bau amis.

-->

2. Buang jeroan

The Spruce Eats

Saat mencuci daging bebek, Sedulur juga bisa mencuci bagian jeroan. Namun bagi Sedulur yang tidak menyukainya, Sedulur bisa membuat jeroan. Terutama jika Sedulur memang fokus mengolah daging bebek, jeroan bisa dibuang saja. Berbeda jika memang jeroan bebek akan menjadi olahan di kemudian hari. Sedulur bisa menyisihkannya tanpa harus membuagnya.

3. Potong daging bebek

cara merebus bebek agar cepat empuk
Sajian Sedap

Setelah daging bebek bersih dan hilang bau amis beserta dengan kotorannya, selanjutnya Sedulur bisa memotong daging bebek terlebih dahulu. Potong daging sesuai selera Sedulur.

Sedulur bisa langsung memotongnya sesuai selera masing-masing. Namun, ada tips memotong bebek agar tidak memengaruhi tekstur dagingnya, yaitu potonglah dengan ukuran yang sedang atau tidak terlalu besar.

4. Cuci dengan daun pepaya

Fimela

Langkah selanjutnya yaitu mencuci kembali daging bebek yang sudah dipotong-potong. Namun, kali ini mencucinya dengan menggunakan daun pepaya.  Jika itu sudah dilakukan, diamkan daging hingga beberapa saat. Kemudian, ambil daging bebek dan bilas lagi menggunakan air mengalir yang bersih.

5. Lumuri dengan air jeruk nipis

Julia Album

Daun pepaya terkenal efektif membuat berbagai daging yang alot menjadi empuk. Agar semakin sempurna Sedulur bisa melumuri daging bebek dengan air jeruk setelah dicuci dengan daun pepaya. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis pada daging bebek dan memastikan daging bebek bersih hingga sangat nikmat ketika disantap.

BACA JUGA: 5 Cara Membersihkan Usus Ayam Dengan Benar, Bebas Amis!

6. Rebus minimal 1 jam

Titipku

Untuk memastikan aroma tajam daging bebek bisa hilang sempurna, coba rebus dengan air yang sudah dicampur dengan serai, daun salam, jahe, daun jeruk, serta lengkuas selama 1 jam.

Jika ingin mendapatkan tekstur daging yang lebih empuk, rendam dulu daging bebek dengan bumbu di atas selama tiga jam. Baru setelah itu direbus. Alternatif lain yang bisa Sedulur coba adalah merebusnya dengan potongan buah nanas muda secukupnya.

7. Rebus dengan aneka rempah

Grid.ID

Cara merebus bebek agar cepat empuk terakhir adalah dengan merebus menggunakan rempah, selain agar bau amis hilang juga dapat membuat daging empuk. Sedulur bisa campurkan jahe, kunyit, dan bawang putih yang sudah diulek ke dalam air rebusan. Tambahkan juga serai dan daun jeruk. Rebus hingga daging empuk dan matang.

Demikian tadi tips dan cara merebus bebek agar cepat empuk dan tidak alot saat dikonsumsi. Semoga cara di atas dapat membantu Sedulur untuk mengolah daging bebek menjadi berbagai resep masakan nikmat untuk keluarga.

Jangan lupa untuk menyiapkan beberapa bahan-bahan yang dibutuhkan di atas dan bahan lain untuk mengolah daging bebek. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super. Setiap kebutuhan dapur bisa Sedulur penuh dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Cukup dengan belanja menggunakan aplikasi, setiap barang yang Sedulur butuhkan bisa didapatkan tanpa perlu repot. Makanya, downlad Aplikasi Super, terutama bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya.