Ini manfaat toko kelontong

Toko kelontong merupakan bisnis yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia sejak dulu. Bahkan, manfaat toko kelontong di masa krisis ekonomi tahun 1990-an berhasil membuat Indonesia bertahan.

Usaha yang masuk dalam UMKM ini pun terus berkembang dan menjamur di masyarakat. Baik dari yang berbentuk toko kecil sampai yang sudah besar dengan kelengkapan barang yang beragam. Dalam dagangan warung kelontong, banyak barang-barang keperluan masyarakat yang dijual seperti sabun, sembako, sampai popok.

Namun, apakah Sedulur sudah tahu keutamaan manfaat toko kelontong yang ada di sekiar kita sekarang ini? Yuk simak ulasannnya di bawah.

BACA JUGA: 10 Cara Meningkatkan Omset Toko Kelontong yang Ampuh

-->

Mengenal toko kelontong

Toko kelontong
Super

Toko kelontong atau yang juga bisa dikenal sebagai warung kelontong adalah usaha yang dibentuk untuk menyedikan berbagai macam kebutuhan pokok masyarakat. Usah ini bisa dibentuk dalam skala mikro maupun makro.

Perkembangan toko kelontong di Indonesia sendiri mulai populer sejak tahun 1989. Saat itu, dunia sedang dilanda krisis ekonomi akibat adanya perang. Hal ini juga berdampak pada Indonesia dan membuat harga berbagai macam kebutuhan pokok melonjak.

Toko kelontong yang saat itu banyak dimiliki oleh kelompok kelas menengah akhirnya bahu membahu agar bisa tetap memenuhi kebutuhan masyarakat di saat krisis.

Keberadaan toko kelontong pun akhirnya berdampak besar dan terus dikembangkan oleh pemerintah Indonesia sampai sekarang ini.

Toko kelontong modern

Super Toko kelontong
Super

Toko kelontong modern adalah usaha menjual barang kebutuhan pokok dengan mengkombinasikan sistem IT yang canggih.

Pemanfaatan IT pada toko kelontong ini memberikan fasilitas kepada masyarakat agar bisa mendapatkan seluruh kebutuhan belanja bulanan secara mudah dan cepat. Bahkan, beberapa toko kelontong sudah bisa memanfaatkan aplikasi yang bisa langsung di akses lewat ponsel. Salah satunya adalah Super Agen.

Super Agen menjadi toko kelontong modern yang saat ini banyak diminati oleh masyarakat. Kemudahan yang diberikan pun sangat banyak dari harga yang murah serta bersaing, banyak potongan harga, sampai bisa membeli barang secara eceran maupu grosiran.

Keberadaan toko kelontong modern seperti Super Agen ini jelas menjadi terobosan terkini untuk masyarakat. Apalagi penggunaan Aplikasi Super bisa membantu para pelanggan agar tetap membeli kebutuhan belanja bulanan dari mana saja dan kapan saja.

Bagi Sedulur yang berminat dengan segala fitur Aplikasi Super, bisa download aplikasinya di sini. Dijamin kemudahan dalam belanja bulanan bisa terpenuhi.

BACA JUGA: Ingin Jadi Pengusaha Toko Kelontong? Ikuti Tips Ini, Dijamin Sukses!

Manfaat toko kelontong modern

Toko kelontong
Super

Keberadaan toko kelontong di sekitar masyarakt memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Namun, dengan adanya toko kelontong yang lebih modern dan mengikuti perkembangan zaman, kebutuhan masyarakat tak hanya terpenuhi tapi juga menjadi lebih mudah.

Namun, adakah manfaat toko kelontong lainnya yang bisa dirasakan masyarakat langsung? Berikut ini beberapa contohnya.

Penyedia kebutuhan rumah tangga

Ini menjadi fungsi dan manfaat utama toko kelontong bagi masyarakat. Usaha ini menyediakan semua kebutuhan rumah tangga baik itu yang pokok sampai tambahan. Tidak heran, keberadan toko kelontong sangat penting dan membantu.

Pemberi informasi produk pada masyarakat

Berbelanja di toko swalayan biasanya pembeli akan diberikan kebebasan melihat-lihat produk yang dipajang rapi. Tak ada informasi apapun atau sosok yang bisa dimintai informasi terkait produk yang jual. Namun, di toko atau warung kelontong, Sedulur bisa menawarkan barang dagangan secara langsung dan memberikan informasi kepada pelanggan agar membeli.

Tempat rekreasional

Siapa sangka, ternyata tempat berbelanja seperti warung atau toko kelontong bisa menjadi tempat rekreasional. Hal ini tak lepas dari perasaan bahagia apabila pelanggan mendapatkan barang yang diinginkan. Misalnnya, anak kecil yang ingin membeli makanan atau es krim di toko maka akan sering datang untuk membeli. Begitu juga dengan ibu-ibu yang ingin mencari kebutuhan pokok untuk memasak di rumah.

BACA JUGA:  Daftar Barang di Toko Kelontong yang Paling Laris

Tempat bersosialisasi

Beberapa toko kelontong ada yang menyediakan tempat duduk serta meja yang nyaman untuk para pembeli. Bahkan, ada juga yang menyediakan fasilitas kopi dan indomie matang sehingga bisa makan sambil mengobrol santai. Biasanya toko kelontong seperti ini bisa mendapat keuntungan lebih, karena pembeli yang sedang santai biasanya akan membeli camilan atau minuman lebih banyak.

Penggerak ekonomi rakyat

Menurut data Kementerian Koperasi, Usaha Keci, dan Menengah (KUKM) tahun 2018, jumlah pelaku UMKM sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia. Daya serap tenaga kerja UMKM adalah sebanyak 117 juta pekerja atau 97% dari daya serap tenaga kerja dunia usaha. Sementara itu kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional (PDB) sebesar 61,1%, dan sisanya yaitu 38,9% disumbangkan oleh pelaku usaha besar yang jumlahnya hanya sebesar 5.550 atau 0,01% dari jumlah pelaku usaha.

Melihat data di atas, jelas bahwa keberadaan toko kelontong bermanfaat untuk membantu pergerakan ekonomi rakyat. Apalagi  UMKM tersebut didominasi oleh pelaku usaha mikro yang berjumlah 98,68% dengan daya serap tenaga kerja sekitar 89%. Sementara itu sumbangan usaha mikro terhadap PDB hanya sekitar 37,8%.

Basis usaha ini juga terbukti kuat dalam menghadapi krisis ekonomi. Usaha mikro juga mempunyai perputaran transaksi yang cepat, menggunakan produksi domestik dan bersentuhan dengan kebutuhan primer masyarakat.

Demikian tadi deretan manfaat toko kelontong yang bisa dirasakan masyarakat luas. Berdasarkan ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa toko  kelontong merupakan salah satu usaha yang sangat penting tak hanya untuk masyarakat tapi juga sebuah negara.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!