Keuntungan toko kelontong

Banyak orang yang membuka usaha rumahan khususnya toko kelontong, ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tidak heran cara meningkatkan omset toko kelontong jadi salah satu hal yang penting untuk dibahas kali ini.

Toko kelontong sendiri merupakan tempat dimana masyarakat bisa mendapatkan segala kebutuhan belana bulanannya dengan mudah. Bisnis ini pun begitu erat dengan masyarakat karena menjadi penggerak ekonomi.

Untuk bisa mencari tahu cara meningkatkan omset toko kelontong, ada beberapa hal yang perlu Sedulur ketahui. Hal ini tak lepas dari besaran keuntungan atau omset sebuah toko kelontong dipengaruhi dari seberapa banyak penjualan terjadi.

Lalu, seperti apa tips dan cara meningkatkan omset toko kelontong yang ampuh untuk Sedulur? Simak ulasannya di bawah.

-->

BACA JUGA: 6 Tips Hemat Belanja Bulanan Untuk Dapur

1. Atur harga yang sesuai

harga sembako
kaltimtoday.co

Harga jadi poin utama yang menentukan seberapa besar keuntungan atau omset dari sebuah usaha. Apalagi dalam menjalankan bisnis seperti toko kelontong, penetapan harga murah menjadi hal yang banyak dicari oleh pelanggan. Bila harga yang diberikan lebih murah dari toko lain, maka kemungkinan usahamu ramai akan meningkat 2 kali lipat.

Namun, dalam menetapkan harga ini tak boleh sembarangan. Apalagi barang yang dijual adalah kebutuhan belanja bulanan yang banyak orang cari. Hal ini tak lepas dari permainan harga yang pasti juga dilakukan oleh usaha pesaing di sekitarmu.

Untuk itu, selalu lakukan riset berkala setiap harga barang yang Sedulur jual dengan harga di toko lain. Pastikan harga yang ada di tokomu tidak terlalu mahal dan tetap bisa dijangkau pelanggan meskipun ada perbedaan sedikit seperti selisih 100 rupiah.

Ini sekaligus menjadi cara mengatasi warung sepi. Karena ketika harga barang jualanmu berbeda 100 rupiah, tapi banyak pelanggan yang berdatangan maka nilai omset malah akan semakin tinggi.

2. Tata barang jualan

Toko kelontong
UMKM Portal

Setelah menetapkan harga yang tepat, selanjutnya Sedulur perlu mengatur setiap barang jualan di toko kelontong. Hal ini ternyata cukup membantu peningkatan omset karena bisa memberikan pengaruh psikologis pada pelanggan yang datang.

Penataan toko kelontong yang rapi, ternyata bisa memancing para pelanggan membeli kebutuhan lainnya. Belum lagi, suasana toko yang rapi bisa membuat pelanggan lebih nyaman dan lama berada di tokomu. Jadi ketika pelanggan lebih lama berada di toko, bukan tidak mungkin dia akan terpikir untuk membeli barang kebutuhan lainnya.

Salah satu cara menata warung sembako agar terlihat menarik adalah dengan  membagi barang jualan sesuai dengan jenisnya. Seperti, bagian sabun pastikan selalu berada dekat dengan pasta gigi dan juga sampo. Atau dekatkan juga bagian mie instan dengan bumbu masakan seperti saus tomat, saus cabe, dan juga kecap.

Meski terlihat remeh, penataan yang rapi dan sesuai dengan pola jenis barang bisa meningkatkan omset penjualan sebesar 20 persen lho. Apalagi cara ini juga mempengaruhi psikologis pelanggan agar lebih loyal dan royal saat berada di toko.

3. Pajang barang kebutuhan pokok

Toko kelontong
Super

Selain menata barang jualan secara rapi, Sedulur juga harus memperhatikan barang yang dipajang di depan toko kelontong. Jangan pajang barang yang bukan menjadi kebutuhan belanja bulanan dari masyarakat. Pajanglah barang yang merupakan kebutuhan pokok seperti minyak, beras, atau sampo di bagian depan.

Sedulur juga memajang beberapa cemilan atau makanan ringan yang biasanya menarik perhatian anak kecil. Hal ini ternyata cukup ampuh meningkatkan omset penjualan toko karena banyak anak kecil yang pasti akan tertarik untuk membeli makanan tersebut.

Pajangan ini biasanya bisa menggunakan rak khusus atau juga dilakukan secara digantung di dekat kasir. Lalu bagaimana cara membuat gantungan di warung? Sedulur bisa memanfaatkan kawat besi yang dipasang secara menyebrang. Sehingga bisa digunakan untuk menggantung berbagai macam barang jualan.

BACA JUGA: 10 Inspirasi Desain Toko Kecil Depan Rumah Unik & Minimalis

4. Stok lebih barang favorit pelanggan

stok sembako
malaymail.com

Riset yang dilakukan oleh seorang pengusaha toko kelontong ternyata tidak hanya seputar harga, tapi Sedulur juga harus bisa mengamati barang yang jadi favorit pelanggan. Riset semacam ini biasanya bisa dilakukan selama bulanan, sehingga Sedulur bisa menyiapkan stok barang yang diminati masyarakat lebih banyak dari sebelumnya.

Cara ini jadi salah satu yang paling efektif untuk meningkatkan omset dari usah toko kelontong. Kenapa? Karena dengan mengurangi jumlah barang yang kurang laku dan menambah stok barang yang jadi favorit, maka jumlah penjualanmu akan semakin meningkat pesat.

Barang favorit ini biasanya meliputi kebutuhan pokok yang banyak dibeli secara berkala oleh masyarakat seperti telur, beras, bawang merah, sampo, sabun, sampai deterjen.

Selain itu, riset ini juga bisa dengan cara menambah beberapa variasi barang jualan pada satu produk. Misalnya Sedulur menjual kopi sachet, maka berikan beberapa varian dari berbagai merk yang tentunya disukai oleh pelanggan. Cara ini bisa memberikan opsi kepada pelanggan, ketika barang yang dicari tidak ada atau sudah habis.

Cara bisa lebih efektif lagi ketika Sedulur sudah mendapatkan 5 besar barang yang paling laku dibeli oleh pelanggan. Karena dengan begitu, Sedulur tinggal berfokus menambah jumlah stok barang-barang top list tersebut selama satu bulan penjualan.

5. Siapkan strategi promosi

Strategi promosi toko kelontong
Sentra Rak

Siapakah yang tidak suka dengan barang berharga murah dan banyak promo? Hampir semua orang pasti menginginkannya walaupun hanya berbeda 100 rupiah. Jadi tidak heran strategi promosi menjadi senjata selanjutnya untuk mendapatkan omset yang besar.

Namun, dalam melakukan strategi promosi, Sedulur harus bisa menentukan waktu yang tepat. Hal ini karena ada momen-momen dimana masyarakat akan lebih banyak berbelanja kebutuhan bulanan dibanding hari biasanya.

Misal, saat lebaran biasanya toko-toko akan menjual barang kebutuhan pokok dengan harga yang lebih mahal. Maka ada peluang untuk meningkatkan penjualan dengan tetap menahan harga jualan senormal mungkin, atau bila tetap ingin menaikkan harga pastikan tidak terlalu mahal.

Selain strategi promosi dari harga, Sedulur juga bisa menggunakan strategi promosi bonus kepada pelanggan. Hal ini biasanya bisa membuat pelanggan yang awalnya hanya membeli satu jenis barang, bisa menambah agar bisa mendapatkan bonus tersebut.

Misalnya, beli minyak goreng 3 gratis satu, beli snack keripik 1 gratis 1, atau bundling beli mie instan dengan saus. Cara ini ternyata cukup efektif karena mempengaruhi psikologis pelanggan yang menilai membeli barang tersebut secara sekaligus terlihat lebih murah. Cara ini menjadi strategi pemasaran toko kelontong paling ampuh.

Dalam melaksanakan strategi promosi ini coba lakukan dalam beberapa kuartal penjualan. Atau untuk barang-barang yang bisa habis dalam sehari, bisa memberikan promosi secara 2 minggu sekali. Secara tidak langsung cara promosi seperti ini juga menjadi iklan warung sembako secara gratis kepada masyarakat karena tokomu akan banyak dibicarakan.

6. Pilih tempat terbaik untuk kulakan

Toko kelontong
Super

Dalam usaha toko kelontong, kulakan atau melakukan stok barang merupakan hal yang penting. Sedulur bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran ketika menemukan tempat kulakan yang tepat. Dengan begitu, kamu jadi bisa menentukan harga jual barang sesuai keinginan dan hasil riset pasar di sekitar toko.

Umumnya kulakan ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, seperti datang ke pabrik atau produsen langsung atau mencari distributor yang terpercaya. Sedulur juga bisa menentukan tempat kulakan dengan melihat layanan yang diberikan mulai dari kemudahan belanja, promo harga, sampai opsi pengantaran gratis yang tentunya sangat menguntungkan untuk usaha toko kelontong. Ternyata semua layanan tersebut, bisa Sedulur dapatkan dengan kulakan langsung di Aplikasi Super. Aplikasi Super membantu pemilik toko lebih mudah kulakan.

Dengan menggunakan Aplikasi Super, kulakan bisa dilakukan cuma dari HP. Dengan jangkauan distribusinya yang mencapai pelosok di lebih dari 40 kota di Jawa Timur dan Makassar serta ketersediaan barang dan produk yang lengkap. Aplikasi Super akan membantu pemilik toko untuk lebih mudah kulakan kapan saja, di mana saja, hingga makin untung melimpah! Menarik sekali ‘kan?

7. Berikan pelayanan terbaik

Belanja bulanan
Detik

Memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan mungkin sering diremehkan oleh beberapa pengusaha. Mereka beranggapan, ketika pelanggan datang dan sudah membeli maka ya sudah. Padahal bila pelanggan diberikan pelayanan yang baik bukan tidak mungkin mereka bisa membeli barang lain yang ditawarkan.

Selain itu, ada satu keuntungan dengan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Dimana pelanggan akan merasa senang dan akhirnya setia berbelanja di toko kelontong milik kita. Jika hal ini sudah didapatkan, maka Sedulur tidak perlu khawatir dengan stok aset bulanan karena pasti akan selalu saja pelanggna yang datang berbelanja.

Beberapa cara memberikan pelayanan baik adalah dengan menyamakan semua pelanggan pada status yang sama. Tidak ada namanya pelanggan lama atau baru, pelanggan kaya atau miskin, semuanya harus diberikan porsi pelayanan yang maksimal.

Bila kepercayaan pelanggan sudah didapat, maka para pelanggan tersebut bisa menjadi agen pemasaran untuk toko kelontong kita agar lebih dikenal. Jadi bayangkan kalau satu pelanggan bisa menceritakan kenyamanan berbelanja di tokomu kepada lima orang, maka bisa ada lima pelanggan baru yang datang ke tokomu.

Hal ini juga bisa menjadi cara memasarkan produk ke warung lain yang masih kecil, dimana toko kelontongmu bisa menjadi agen kedua di wilayah tersebut.

8. Perhatikan pencatatan keuangan

Unsplash

Cara meningkatkan omset toko kelontong selanjutnya adalah cermat dalam mencatat setiap penjualan dan pembelian di toko. Walaupun usaha kelontong termasuk usaha kecil menengah, jangan pernah melewatkan tentang catatan keuangan.

Hal ini karena setiap catatan keuangan bisa membantu Sedulur dalam mengembangkan usaha. Catatan keuangan juga berfungsi sebagai dasar riset barang mana yang laku dan kurang bagus untuk dijual, sehingga omset pendapatan atau keuntungan bisa meningkat di waktu selanjutnya.

Pencatatan sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan membuat pembukuan akuntansi simpel menggunakan buku besar. Buku seperti ini sudah banyak dijual di toko buku dan bisa digunakan Sedulur.

Catatan ini juga bisa membantu menentukan waktu kapan harus melakukan stok barang. Ini penting supaya ketika ada pelanggan yang datang, barang yang hendak dijual tetap tersedia. Jangan sampai Sedulur melewatkan satu pelanggan pun karena stok kosong, karena ini bisa mempengaruhi pelanggan.

BACA JUGA: 1 Liter Beras Berapa Kg? Ini Cara Hitung Paling Mudah

9. Tampilkan toko semenarik mungkin

Toko kelontong super agen
Pixabay

Memiliki toko yang menarik tentu menjadi cara lain untuk meningkatkan pendapatan toko kelontong. Walaupun hal ini tidak menjadi cara meningkatkan omset toko kelontong secara instan, tapi dengan menciptakan suasana toko yang unik setidaknya akan membuat masyarakat tertarik untuk datang.

Tampilan toko ini sendiri bisa dengan menerapkan warna yang mudah diingat dan menjadi ciri khas. Penggunaan warna cat ini sendiri sudah banyak digunakan oleh beberapa mini market dan memang terbukti berhasil. Melihat hal ini, tentu Sedulur bisa meniru cara tersebut dengan membuat suasana toko memiliki ciri khas.

Selain memberikan warna yang unik. Sedulur juga membuat suasana toko memiliki lay out atau desain yang menarik. Ini akan berpengaruh pada cara menata warung sembako agar terlihat menarik sehingga calon pembeli bisa dengan mudah menemukan barang yang dicari.

10. Pantang menyerah

Super Agen
Pexels

Cara meningkatkan omset toko kelontong yang terakhir adalah pantang menyerah dan disiplin. Kenapa dua sifat ini menjadi cara meningkatkan omset? Karena jiwa seorang wirausaha haruslah kuat.

Hal ini tak lepas dari banyaknya kendala yang mungkin akan dijumpai selama membangun usaha toko kelontongmu. Jika bertemu satu masalah saja sudah membuat frustasi, maka cita-cita mendapatkan omset yang tinggi dari hasil penjualan toko kelontong juga hanya mimpi belaka.

Jadi bentuklah mental dan jiwa Sedulur menjadi sosok yang pantang menyerah dan disiplin. Apapun gejolak pasar yang terjadi, cobalah selalu mencari solusi terbaik sehingga pelanggan tetap setia datang ke tokomu.

Demikian cara meningkatkan omset toko kelontong terbaik yang bisa Sedulur coba. Untuk tingkat keampuhan cara di atas, semua tergantung bagaimana Sedulur menerapkannya. Namun, semoga ulasan di atas bisa memberikan inspirasi dan memancing semangat Sedulur untuk memulai usaha toko kelontong ke depannya.