makanan frozen food

Makanan frozen food menjadi salah satu pilihan yang efektif dan juga praktis untuk banyak orang, karena bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama. Bahan makanan instant semacam ini, biasa dijadikan sebagai stok bahan makanan yang wajib ada di rumah.

Walaupun begitu, kelezatan dari frozen food sendiri sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Makanan-makanan ini banyak disukai orang, terlebih bagi anak-anak. Sehingga saat membutuhkan kepraktisan dalam menyajikan makanan, maka makanan beku bisa menjadi solusi tersebut.

Berkaitan dengan kebutuhan masyarakat akan frozen food yang cukup tinggi, tentu saja membuka peluang usaha yang menguntungkan. Namun sebelum itu, ketahui dulu beberapa rekomendasi makanan frozen food paling enak dan disukai banyak orang berikut ini.

BACA JUGA: 6 Tips dan Cara Mulai Bisnis Ayam Ungkep Frozen

1. Nugget

makanan frozen food
YT Tenamesan

Hampir semua orang pasti tahu dengan frozen food yang satu ini. Ya, nugget menjadi salah satu jenis makanan beku dengan peminat paling banyak. Biasanya, nugget dibuat dari daging ayam yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan rempah, tepung, dan bahan-bahan lainnya.

Pengolahannya pun juga sangat mudah, yakni hanya perlu digoreng. Sedulur juga bisa menyajikannya bersama saus untuk menambah kenikmatannya.

2. Sosis

Berikutnya ada sosis, makanan frozen food yang dibuat dari daging ayam atau sapi. Daging tersebut dihaluskan, lalu dicampur dengan bahan-bahan lainnya seperti bumbu dan tepung khusus. Biasanya, sosis disajikan dengan cara digoreng atau dipanggang.

Bahkan, sosis juga menjadi bahan dalam pembuatan makanan lain seperti hotdog atau sandwich. Tidak jarang pula orang menggunakan sosis untuk bahan pelengkap di masakan lain.

3. Bakso

makanan frozen food
Carmy

Bakso merupakan makanan yang gemar dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bakso sendiri terbuat dari daging sapi atau ayam yang dihaluskan, kemudian dicampur dengan bawang putih, tepung tapioka, dan bahan-bahan lainnya.

Biasanya bakso dihidangkan dengan kuah kaldu yang gurih bersama bihun, mie, dan tahu. Nah, kini untuk membuat semangkuk bakso bisa lebih mudah, karena ada bakso beku yang siap diolah.

4. Suki mix

Bisa dibilang jika suki mix adalah makanan beku dari Thailand yang biasa disajikan sebagai hidangan utama dalam pesta. Suki mix ini terdiri dari berbagai macam bahan, seperti mie, daging ayam, daging sapi, bakso ikan, udang, tahu, serta sayuran seperti bok choy, sawi, jamur, dan wortel.

Berkat adanya frozen food berupa suki mix instant, Sedulur tidak perlu repot-repot untuk menyiapkan masing-masing bahan. Hanya cukup dengan menyiapkan kuah kaldunya saja.

5. Tempura

Bagi Sedulur yang sudah biasa berbelanja makanan frozen food, tentu saja sudah tidak asing dengan yang namanya tempura, bukan? Ya, tempura tidak hanya disukai anak-anak, namun juga para ibu rumah tangga karena bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat.

Sebenarnya makanan beku ini cukup digoreng saja sudah nikmat, namun tidak sedikit yang mengolahnya menjadi hidangan lain seperti tempura cabai hijau.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Frozen Food Terbaik yang Diminati Konsumen

6. Dimsum

ide jualan bulan puasa modal kecil
Detik

Dimsum biasanya terdiri dari beragam hidangan yang dibungkus dengan menggunakan kulit lumpia. Isi dari hidangan tersebut mulai dari daging ayam, udang, dan juga sayuran. Cara penyajiannya bisa dilakukan dengan cara direbus dengan kuah kaldu atau langsung digoreng.

Nah, dimsum beku memang jauh lebih praktis dan mudah untuk disimpan dalam waktu yang cukup lama. Jadi tidak heran jika banyak orang yang memilih membeli dimsum beku, karena mereka bisa langsung menikmati kelezatan dimsum dengan mudah dan tidak butuh waktu lama.

7. Kentang stik

Siapa di sini yang suka dengan stik kentang? Ya, makanan yang satu ini memang seringkali menjadi camilan untuk menemani waktu-waktu luang. Berbeda dengan kentang stik yang dibuat secara manual, kentang stik beku ini benar-benar praktis dan tahan dalam waktu yang lama saat disimpan.

Pengolahannya juga cukup beragam, mulai dari digoreng, dipanggang, atau bahkan direbus sesuai dengan selera dan kebutuhan para penikmatnya.

8. Pempek

2. Pempek Kulit
Fimela

Mungkin belum banyak yang tahu, jika untuk saat ini ada frozen food berupa pempek yang siap untuk diolah. Ya, pempek beku ini bisa dengan mudah Sedulur jumpai di berbagai pasar swalayan maupun toko-toko yang khusus menjual bahan makanan.

Ketika ingin menyantapnya, Sedulur hanya perlu menggoreng pempek beku, kemudian dihidangkan dengan saus cuka, acar, dan juga mie.

9. Siomay

Tidak hanya pempek, kini siomay juga ada versi makanan frozen food nya, lho! Rasa yang dihadirkan oleh makanan beku satu ini tidak kalah nikmat dari yang biasanya. Daging tenggiri yang dominan, tetap mampu menggoyangkan lidah siapapun yang menyantapnya.

Sedulur hanya perlu merebus atau menggoreng siomay, kemudian menyajikannya dengan bumbu kacang dan bahan-bahan pelengkap yang lain.

10. Risol mayo

Risol mayo terbuat dari kulit pangsit yang diisi dengan campuran telut, sayuran, daging cincang, dan juga mayones. Setelah itu, risol mayo hanya perlu digoreng dengan minyak panas sampai warna berubah menjadi kecoklatan.

Bagi yang suka dengan hidangan tersebut, bisa menyiapkan riso mayo beku di freezer, kemudian tinggal menggorengnya atau dipanaskan dengan menggunakan microwave.

BACA JUGA: Peluang Usaha Frozen Food Mie Ayam dan Rincian Modalnya!

11. Daging beku

frozen food
Freepik

Jenis makanan frozen food yang wajib untuk disediakan berikutnya adalah daging beku. Daging beku sendiri, biasa saja dalam bentuk daging sapi, daging ayam, ikan, bahkan sampai seafood. Dengan teknik yang digunakan, stok bahan makanan tersebut bisa disimpan di dalam kulkas dalam waktu yang lama.

Bahkan untuk merek-merek tertentu, jenis daging yang digunakan adalah daging pilihan yang berkualitas, sehingga tetap aman untuk dikonsumsi.

12. Sayuran beku

Bukan hanya lauk pauk saja, kini sayuran beku juga bisa dengan mudah Sedulur jumpai di supermarket dan toko-toko penyedia bahan pangan. Biasanya, sayuran beku ini disajikan sebagai menu pendamping makanan utama seperti kari jepang, steak, dan lain sebagainya.

Dalam satu kemasan sayur beku, Sedulur akan menemukan campuran jagung, kacang polong, dan juga wortel segar.

13. Kebab

Kebab menjadi jenis makanan frozen food yang belakangan ini populer dan diburu oleh para konsumen. Cara penyajian kebab beku ini pun juga sangat mudah, yakni hanya perlu dihangatkan saja dengan menggunakan panci datar dengan olesan mentega.

Nah, Sedulur bisa menemukan varian kebab beku yang beragam, mulai dari isi daging ayam, sapi, domba, sosis, dan masih banyak lagi. Tentu saja selain daging, terdapat beberapa bahan pelengkap seperti keju, saus sambal, saus tomat, mayonnaise, sampai sayuran.

14. Cireng dan cimol

Pada dasarnya, cireng dan cimol adalah jajanan khas Sunda yang biasanya dijajakan menggunakan gerobak. Bagi yang gemar jajan kedua jajanan Sunda tersebut, tampaknya wajib menyediakan cireng dan cimol beku di freezer.

Dengan begitu, maka Sedulur bisa langsung menggorengnya ketika ingin menikmatinya, tanpa perlu mencari atau menunggu pedagang cimol dan cireng lewat depan rumah, bukan?

15. Donat beku

Fimela

Rekomendasi makanan frozen food yang terakhir ada donat beku, satu jenis makanan beku manis yang laku keras. Sama halnya seperti donat pada umumnya, donat beku dapat disajikan dengan cara digoreng dengan minyak panas.

Bahan baku pembuat donat beku sendiri cukup beragam, ada donat yang terbuat dari gandum, ubi, kentang, dan terigu biasa. Bahkan untuk varian rasanya juga cukup banyak, yakni coklat, gula salju, strawberry, keju, blueberry, dan lain-lain.

Sejatinya ada banyak sekali makanan frozen food yang dapat Sedulur temukan di pasar. Namun beberapa jenis makanan beku yang sudah disebutkan di atas, adalah yang paling banyak diminati masyarakat karena kelezatannya. Jadi bagi Sedulur yang ingin selalu sedia frozen food di rumah atau bahkan ingin membuka bisnis kuliner, pastikan untuk menyediakan beberapa makanan beku tersebut, ya!