peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online

Peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online bisa menjadi pilihan alternative bagi sedulur yang ingin mencoba memuali bisnis frozen secara online. Prospek usaha ini memiliki masa depan yang cukup cerah, target konsumennya bisa untuk orang-orang yang sibuk dan tidak sempat membeli makan diluar.

Namun tentu, sebelum menekuni bisnis frozen food ini, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Lakuan analisis agar bisnis frozen foodmu berjalan lancar. Oleh karena itu, mari simak apa yang perlu sedulur siapkan untuk menjalankan usaha frozen food mie ayam kemasan dalam artikel di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Ide Bisnis Online Saat Bulan Puasa 2023, Pasti Untung Besar!

1. Riset pelanggan frozen food mie ayam

peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online
Detik

Riset ini tentu akan menjadi tolak ukur peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online milik sedulur. Misalnya target pasar yang seperti apa yang akan menjadi pelanggan mie ayam frozen ini. Sedulur pun harus bisa memastikan bahwa selama pengiriman, rasa hingga warna mie ayam tetap terjaga tidak mengalami perubahan.

-->

2. Branding frozen food mie ayam dengan kemasan yang ciamik

peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online
Ihwal

Salah satu tahapan yang menjadi penting untuk menangkap peluang usaha frozen food mie ayam kemasan yaitu perlunya melakukan branding. Hal ini bisa dilakukan dengan membuat logo bisnis frozen mie ayam yang mencerminkan visi dan misi usaha sedulur, caranya dengan menonjolkan sesuai produk yaitu mie ayam frozen.

Sedulur pun tentu harus bisa menghadirkan kemasan yang ciamik, agar menarik perhatian pelanggan. Tentu didalam kemasannya harus tertulis komposisi isinya, seperti bumbu, mei, sayuran, sambal, serta toping lainnya.

3. Pikirkan strategi pemasaran untuk usaha frozen food mie ayam

Ayo Semarang

Strategi apa yang akan sedulur lakukan untu memulai peluang usaha frozen food mie ayam? Jika sedulur memilki media sosial tentu bisa dimanfaatkan sebagai akun bisni. Tentu ada baiknya, sedlur memisahkan akaun pribadi dengan akun khusus jualn agar pelanggan tidak kebingungan.

Bebagai aplikasi media sosial pun menyediakan fitur analisis pengunjung, sehingga akan memudahkan untuk mengetahui perkembangan usaha dan ketertarikan pelanggan terkait produk frozen mie ayam yang sedulur tawarkan.

4. Analisis modal untuk frozen food mie ayam

Kompas

Langkah sekanjutnya untuk memulai peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online, tentu sedulur perlu membuat analisi modal agar mengetaui arus keuangan yang diperlukan, tanpa perlu  melakukan pemborosan modal. Dengan analsi modal ini juga, sedulur bisa menentukan harga jual hingga margin laba yang didapatkan nantinya. Sebagi gambran besarnya, berikut analisis modal yang bisa dijadikan patokan Sedulur dalam membangu peluang usaha frozen mie ayam kemasan.

Analisis modal ini hanya digunakan untuk 12 porsi. Apabila sedulur tertarik untuk memulai usaha mie ayam kemasan yang lebih besar, maka silakan disesuaikan juga kebutuhan analisi modalnya ya.

Modal Awal

 

 

Etalase Usaha Serbaguna

1

Rp. 1.500.000

Kursi Plastik

5

Rp.    400.000

Meja Palstik

3

Rp.      90.000

Peralatan Makan

 

Rp.    500.000

Biaya Lainnya

 

Rp.    300.000

Total Modal Awal

 

Rp. 2.790.000

 

 

 

 

 

 

Biaya Bahan Baku

 

 

Bahan

Jumlah

Harga

Mie

1 Kg

Rp. 20.000

Sawi

1 Kg

Rp. 18.000

Daun Bawnag

½ Kg

Rp.  6.000

Minyak

1 Liter

Rp. 15.000

Kecap

1 Botol

Rp.  6.500

Cabai Merah

½ Kg

Rp. 26.000

Cabai Rawit

½ Kg

Rp. 30.000

Bawang Putih

¼ Kg

Rp.  8.000

Bawang Merah

¼ Kg

Rp.  7.000

Kemiri

¼ kg

Rp. 20.000

Garam

1 Bungkus

Rp. 15.000

Kecap Asin

1 Botol

Rp. 11.000

Ketumbar

¼ Kg

Rp.  6.500

Lada Bubuk

5 Bungkus

Rp.  5.000

Jahe

¼ Kg

Rp.  2.500

Daun Jeruk

20 Gr

Rp. 1.500

Total Pengeluaran (1 hari)

 

Rp. 198.800

Total pengeluaran (25 hari)

 

Rp. 4.962.000

 

 

 

 

 

 

Total Biaya Operasional

 

 

Bahan Baku (25 hari) + Modal Awal

Rp. 5.545.000 + Rp. 2,790.000 = Rp. 7.752.000

 

 

 

Estimasi Laba Satu Bulan

 

 

Estmasi Pendapatan – Biaya Operasional

Rp. 15.000.000 – Rp. 7.752.00 = Rp. 7.250.500

 

 

 

Biaya tersebut tentu akan bertambah jika sedulur memutuskan untuk membuat mie sendiri. Ini merupakan gambatan modal yang sedulur perlukan.

BACA JUGA: 25 Ide Peluang Bisnis Online Tanpa Modal yang Menguntungkan

5. Pentingnya evaluasi usaha untuk kelancaran bisnis frozen food mie ayam

Indozone

Setelah Sedulurmengetahui kelebihan dari peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online ini sampai dengan analsisi modalnya, pastikan juga sedulur untuk jadwal evaluasi bisnis. Waktu untu evaluasi ini tidak boleh terlalu singkat, karena polanya juga belum terlihat. Apabila usaha frozen food sedulur masih, maka bisa mengambil rentang waktu evaluasi selama dua minggu sekali untuk melakukan evaluasi ini.

Peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online ini tentu masih terhitung usaha inovatif atau memilki kebaraun, semoga apa yang menjadi rencana sedulur dalam menjalankan usahan frozen berjalan lancar berdasarkan artikel ini tanpa takut memulai bisnis.

Jangan lupa seringlah melakukan riset agar usaha sedulur pun semakin maju sesuai perencanaan. Jadi, apakah sedulut akan segera menyamber peluang usaha frozen food mie ayam kemasan online ini?