kopi tanpa ampas

Bagi sebagian orang, ampas bisa menjadi salah satu yang dicari saat meminum kopi. Namun, sebagian lainnya lebih suka dengan kopi tanpa ampas karena memberikan sensasi minum kopi yang clean dan lebih nikmat.

Beruntung para produsen kopi sachet ternyata cukup memperhatikan hal ini. Jadi untuk Sedulur yang suka dengan kopi tanpa ampas tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan yang bisa dibeli di toko maupun warung. Kira-kira apa saja rekomendasi merk kopi tanpa ampas terbaik yang bisa Sedulur coba? Simak berikut ini!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Kopi Kemasan Botol Kafein Tinggi Terenak!

Apa itu Kopi Tanpa Ampas?

Pexels

Kopi tanpa ampas adalah jenis kopi yang diolah sedemikian rupa sehingga ampasnya hilang. Ini biasanya dicapai dengan menggunakan metode penyaringan atau proses instan. Ada beberapa cara untuk membuat kopi tanpa ampas. Salah satunya adalah menggunakan mesin kopi otomatis atau manual yang dilengkapi dengan penyaring. Cara lain adalah menggunakan kopi instan yang tidak meninggalkan ampas.

Kualitas kopi tanpa ampas sangat bergantung pada biji kopi yang digunakan dan metode pembuatannya. Pada dasarnya, jika menggunakan biji kopi berkualitas tinggi dan proses pembuatan yang tepat, kopi tanpa ampas bisa sama enaknya dengan kopi biasa. Jumlah kafein dalam kopi tanpa ampas umumnya sama dengan kopi biasa, asalkan Sedulur menggunakan jumlah kopi yang sama dalam proses penyeduhan. Namun, beberapa kopi instan mungkin memiliki kafein yang lebih sedikit dibandingkan kopi biasa.

Sebenarnya ampas kopi tidak berbahaya. Malah ampas kopi berdasarkan penelitian yang ada, ternyata bermanfaat untuk kesehatan karena kaya antioksidan. Namun, jika Sedulur memiliki masalah pencernaan, sebaiknya menghindari kopi dengan ampas karena biasanya punya kadar gas yang tinggi dan bisa memicu asam lambung.

Manfaat Minum Kopi

cara menghilangkan bau sepatu
Unsplash

Mengkonsumsi kopi merupakan budaya yang sudah sangat lama terbentuk. Namun, sudahkah Sedulur tahu apa saja manfaat dari minum kopi? Jika belum, simak beberapa manfaat minum kopi berikut ini.

  • Meningkatkan energi

Manfaat minum kopi yang pertama untuk membantu meningkatkan energi. Kopi dapat membantu orang merasa tidak terlalu lelah dan mampu bekerja lebih lama dibandingkan biasanya. Hal ini tak lepas dari kandungan kafein pada kopi. Kafein sendiri adalah zat psikoaktif mampu memberikan efek pada kemampuan fungsi otak. Banyak penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak seperti ingatan, suasana hati, kewaspadaan, konsentrasi, hingga kekuatan mental secara umum.

  • Menurunkan berat badan

Selain menjaga kesehatan organ tubuh, rupanya manfaat kopi bagi tubuh juga dapat mempertahankan berat badan ideal, bahkan ada kemungkinan kopi bisa membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini akan Anda dapatkan apabila mengonsumsi kopi tanpa gula supaya rendah kalori. Kandungan kafein dalam kopi diketahui juga mampu mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Inilah yang menjadi alasan mengapa mengonsumsi kopi dapat menjaga berat badan ideal.

  • Mencegah resiko diabetes tipe 2

Manfaat kopi untuk kesehatan selanjutnya adalah mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2. Pasalnya, mengonsumsi dua cangkir kopi per hari dapat membantu mencegah resistensi insulin. Hal ini dipercaya sebagai khasiat dari kandungan kafein di dalamnya. Sedulur dapat merasakan manfaat ini secara optimal jika tidak menambahkan gula atau jenis pemanis lainnya saat mengonsumsi kopi. Hal yang penting untuk diingat juga, apabila Sedulur telah mengidap diabetes, kopi adalah salah satu minuman yang perlu dikurangi. Ini karena kafein berisiko memengaruhi kadar gula darah.

Bahaya Minum Kopi Berlebihan

Manfaat minum air ketumbar
Unsplash

Namun, walaupun ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dari meminum kopi. Ada dampak buruk yang bisa muncul jika terlalu berlebihan meminum kopi lho. Berikut ini bahaya konsumsi kopi secara berlebihan.

  • Kandungan kafein yang berlebihan bisa menghalangi hormon yang menjaga elastisitas pembuluh darah. Ini bisa memicu terjadinya serangan jantung.
  • Mengalami insomnia atau gangguan tidur. Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi ternyata bisa memicu gangguan tidur jika diminum secara berlebihan.
  • Minum kopi berlebihan tidak baik untuk kehamilan. Sebenarnya mengonsumsi kopi saat hamil masih aman jika tidak berlebihan. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, maka dapat menyebabkan perkembangan bayi terhambat dan bahkan keguguran.
  • Bisa memicu munculnya gangguan lambung atau GERD. Kopi merupakan minuman yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Hal ini bisa memicu masalah lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Membuat gigi kuning. Senyawa tanin dan flavonoid yang ada pada kopi memang baik. Namun, terlalu banyak mendapatkan asupan mineral tersebut bisa membuat gigi menjadi kuning dan mudah berlubang lho.

BACA JUGA: 10 Cara Membuat Kopi Susu Enak Seperti Coffee Shop!

Tips Memilih Kopi Tanpa Ampas Sachet

Pinterest

Memilih kopi yang cocok memang tidaklah mudah. Sedulur harus bisa menyesuaikan dengan lidah, selera, dan kekuatan dari tubuh agar bisa minum kopi tanpa masalah. Begitu juga ketika harus memilih kopi tanpa ampas sachet instan yang dijual di toko kelontong dan warung.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menemukan kopi yang cocok dan nikmat ketika diminum. Apa saja tips memilih kopi tanpa ampas instan yang bisa dilakukan? Berikut ini caranya.

  • Cari tahu cara pengolahan kopi tersebut

Dalam mengkonsumsi kopi, Sedulur harus mengetahui bagaimana kopi instan tersebut diolah. Terdapat dua metode pengolahan yang biasa dipakai, yaitu spray dried dan freeze dried. Metode spray dried dilakukan dengan cara menyemprotkan konsentrat kopi cair ke udara kering bersuhu sangat tinggi (>250 °C) sampai menghasilkan kopi bubuk. Metode ini banyak digunakan oleh merek kopi instan di pasaran karena membutuhkan waktu yang singkat dan harganya yang terjangkau.

Metode yang kedua adalah freeze dried, yaitu pembuatan kopi dengan cara mengekstrak biji kopi sampai menjadi slushie dan didinginkan pada suhu minimal 40° di bawah titik beku. Perbedaannya dengan metode spray dried adalah, freeze dried memanfaatkan suhu yang sangat rendah. Berbeda dengan metode sebelumnya, metode ini memerlukan waktu yang lama, tenaga yang banyak dan juga harga yang mahal.

  • Pilih jenis kopi decaf

Kopi disebut sebagai minuman penghilang ngantuk karena kandungan kafein di dalamnya. Bukan hanya itu, efek kafein pada kopi juga dapat menghilangkan rasa sakit kepala. Sebenarnya, kafein tidak berbahaya pada tubuh. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak akan merangsang otak dan juga sistem saraf pada tubuh. Jika Sedulur penikmat kopi namun khawatir akan efek yang dihasilkan oleh kafein pada tubuh, pertimbangkanlah membeli kopi decaf.

Kopi decaf merupakan jenis kopi dengan 95% kandungan kafein yang telah dihilangkan. Hal ini tentunya memberikan pengaruh pada rasa kopi, mulai dari rasa yang tidak sepekat kopi biasanya serta tekstur yang sedikit lebih cair. Pilihan kopi decaf ini cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, anak-anak, maupun orang-orang dengan gangguan kecemasan dan gangguan tidur. Jika Sedulur menyukai rasa kopi yang pekat, mungkin kopi decaf ini akan terasa aneh ketika dikonsumsi.

  • Pastikan jenis biji kopi yang dipakai

Terdapat dua jenis biji kopi yang biasa digunakan dalam membuat kopi instan, yaitu biji kopi arabika dan robusta. Kopi dengan biji arabika memiliki rasa yang lebih lembut dan sedikit sentuhan manis. Seringkali ditemukan biji robusta dengan sentuhan rasa kacang-kacangan, buah, dan juga coklat. Kopi dengan jenis biji ini cocok dikonsumsi untuk penikmat kopi yang tidak terlalu suka minuman pekat.

Berbeda dengan biji kopi arabika, biji kopi robusta menghadirkan rasa yang yang lebih pekat dan kuat. Biji kopi jenis ini cocok dikonsumsi untuk penikmat kopi yang menyukai rasa pahit pekat pada kopi. Biasanya, kopi dengan biji robusta memiliki aftertaste kacang dan sedikit aroma kayu. Jika Sedulur menginginkan kopi yang lebih pekat, Sedulur bisa mencoba kopi dari Lampung, Bali, dan Flores, serta kopi yang berasal dari India, Vietnam, dan Jamaika.

  • Cek aroma kopi

Selain rasa yang pekat, aroma kuat pada kopi juga menjadi salah satu komponen yang digemari oleh banyak orang. Sama halnya seperti indomie, aroma kopi sangat kuat dan mampu tercium pada jarak yang lumayan jauh. Aroma pekat pada kopi menentukan kualitasnya. Kopi dengan kualitas bagus akan menghasilkan aroma khas yang akan tercium ketika pertama kali Sedulur menyeduhnya.

Bukan hanya khas, aroma kopi yang berkualitas tidak mudah hilang. Biasanya akan bertahan lama, sehingga orang-orang di sekitarnya dapat mencium aroma tersebut. Banyak pilihan kopi instan yang mengeluarkan aroma pekat ketika diseduh. Banyak juga yang tidak mengeluarkan aroma pekat, tergantung bagaimana kopi tersebut diolah dan tingginya kualitas biji kopi yang digunakan. Untuk itu, pilihlah kopi instan dengan aroma yang khas dan kuat ketika diseduh.

BACA JUGA: Mengenal Jenis Kopi di Indonesia Paling Enak dan Aman untuk Lambung

Rekomendasi Kopi Tanpa Ampas

Setelah mengetahui apa itu kopi tanpa ampas dan cara memilihnya. Berikut ini beberapa rekomendasi merek kopi tanpa ampas sachet instan yang bisa Sedulur beli langsung di toko kelontong dan  Aplikasi SuperAplikasi Super adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Dan, berikut ini rekomendasi kopinya!

1. Nescafe Classic

kopi tanpa ampas
Unsplash

Buat pecinta kopi tanpa ampas, rekomendasi pertama yang bisa diberikan adalah Nescafe. Merek kopi ini memiliki aroma yang khas dengan kadar kafein yang cukup tinggi. Sehingga cocok untuk Sedulur yang menyukai kopi dengan rasa pahit lekat dan bisa membuat tubuh tetap fresh seharian.

Salah satu varian terbaik kopi tanpa ampas dari Nescafe adalah jenis classic. Walaupun takarannya cukup sedikit, tapi rasa kopi ini enak dan lezat. Sedulur juga tidak perlu khawatir karena serbuk kopinya sangat mudah larut dalam air. Hal ini membuat Nescafe juga cocok untuk diminum dalam kondisi panas maupun dingin. Biasanya Nescafe hanya mengeluarkan produk kopi hitam saja, jadi tanpa susu. Bagi tidak begitu suka kopi hitam, bisa tambahkan sendiri ya.

2. Good Day

Good Day menjadi merek kopi tanpa ampas selanjutnya yang bisa Sedulur pilih. Kopi ini sudah cukup terkenal dan banyak digemari karena pilihan rasanya yang beragam dan enak. Kopi ini juga memiliki ampas yang sangat sedikit, jadi bisa disajikan dengan sangat mudah, baik panas maupun dingin. Kopi ini terbuat dari komposisi gula, krimer nabati, kopi instan, kakao bubuk, perisa sintetik alami dari kopi.

3. Tropicana Slim Cafe Latte

Sedulur penikmat kopi namun takut akan diabetes? Atau mencari kopi tanpa ampas yang bebas gula? Tropicana Slim Cafe Latte hadir untuk menjawabnya. Kopi instan satu ini memang diracik untuk memberikan rasa kopi yang enak namun tetap aman untuk dikonsumsi. Walaupun tidak mengandung gula pasir, kopi ini masih terasa manis. Diracik sebagai kopi sehat yang aman untuk dikonsumsi, Tropicana Slim Cafe Latte memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dibandingkan dengan pilihan kopi lainnya. Bukan hanya penderita diabetes, kandungan sehat di dalamnya juga aman untuk dikonsumsi ibu hamil.

4. NEO Coffee

Terbuat dari kombinasi biji kopi robusta dan arabika, Kopi Neo Tiramisu memiliki cita rasa kopi yang kuat dengan aroma begitu harum, meskipun sudah diolah dengan krimer nabati. Merk kopi tanpa ampas ini bisa diseduh dengan sangat mudah. Neo Coffee memiliki banyak varian rasa yang bisa dicoba. Jadi ketika Sedulur bosan dengan jenis kopi hitam biasa, bisa langsung merasakan rasa yang lain yang lebih segar. Banyaknya varian ini bisa membantu para pecinta kopi untuk memilih rasa sesuai seleranya.

5. Nescafe Gold

Buat pecinta kopi dengan rasa yang pekat dan kuat, Anda bisa mencoba NESCAFE GOLD Kopi Instan Kopi Hitam. Kopi instan ini menggunakan biji robusta yang dipanen langsung dari Lampung, sehingga menghasilkan kepekatan rasa yang otentik. Packagingnya juga terbuat dari botol, bukan sachet, sehingga mudah untuk disimpan. Selain tanpa ampas, NESCAFE GOLD Kopi Instan Kopi Hitam juga tidak mengandung gula, lho. Manis hingga kepekatan kopinya dapat Anda racik sesuai dengan selera. Kopi yang tidak mengandung gula ini cocok dan aman dikonsumsi untuk penderita lambung maupun diabetes.

6. Luwak Ice Koffie

Pexels

Selain identik karena harganya yang mahal, kopi Luwak juga diseduh dengan cara yang lebih kompleks dibanding pilihan kopi lainnya. Penyeduhan dengan filter serta tahapan lainnya dilakukan agar kopi Luwak menghasilkan citarasa yang kuat dan juga maksimal. Namun, jika Anda adalah penikmat kopi yang praktis seperti kopi instan, maka Anda bisa mencoba Luwak Ice Koffie. Cara penyajian kopi hitam ini sangat mudah karena sudah diproses dengan teknik khusus dalam pembuatannya. Untuk itu, Sedulur bisa membuat kopi tanpa ampas ini dengan air dingin dan air panas.

7. Kapal Api Grande

Kopi yang sudah lama ada di Indonesia ini dan paling terkenal sangat khas dengan kopi hitamnya. Kopi instan terbaik ini memang menjadi kopi idola bagi penikmat kopi. Pasalnya Kapal Api memiliki aroma yang khas juga sangat enak. Itulah kenapa hingga saat ini Kapal Api masih jadi idola untuk kopi instan yang beredar di pasaran. Kekentalan kopi dari Kapal Api memang sangat berkualitas, wangi kopinya dari biji kopi pilihan. Menjadikan Kapal Api sebagai kopi premium yang sangat unik dan menarik dari segi aroma dan rasa. Itulah kenapa Kopi Kapal Api ini paling laris di pasaran.

8. Indocafe Coffemix

Merk kopi instan tanpa ampas selanjutnya yaitu Indocafe Coffeemix. Menghadirkan varian kopi ala café di rumah bisa dengan memilih Indocafe sebagai produknya. Kopi instan satu ini juga hadir dengan menawarkan banyak varian rasa, seperti cappucino, latte dan sebagainya. Jadi penikmat kopi tidak akan bosan untuk merasakan berbagai varian dari Indocafe. Dalam penyajian Indocafe ini juga bisa terjadi dalam keadaan dingin menambahkan es batu pada minuman kopi. Ada pula yang tetap meminumnya dengan air panas untuk Indocafe itu sendiri.

9. TOP White Coffee

Kopi tanpa ampas dan gula TOP kopi sebagai merek kopi yang juga menawarkan beberapa varian kopi hitam ini juga sangat recomended bagi pecinta kopi. Dimana kopi instan ini beraroma khas menawarkan varian kopi murni, dengan susu hingga rasa lainnya. sehingga pecinta kopi bisa memilih kopi ini sebagai salah satu varian yang terbaik. Untuk bisa menikmati TOP kopi ini memiliki aroma yang khas, tinggal seduh dengan air panas. Dengan cita rasa yang ada pada TOP kopi ini membuat penikmat kopi merasakan sensasi yang berbeda. Jadi penikmat kopi jangan khawatir tentang adanya kopi ini sebagai kopi paling menarik yang layak dicoba.

10. Kopi Ya!

Salah satu jenis kopi yang populer di Indonesia adalah kopi Lampung. Hal ini tidak lepas dari karakter rasa dan aroma yang begitu khas. Jika Sedulur tertarik mencari jenis kopi bubuk tanpa ampas yang enak dan disukai banyak orang, maka bisa mencoba produk Kopi Ya!. Dengan harga per sachetnya yang murah dengan rasa yang mantap, kopi ini cocok Sedulur cicipi.

11. Kopi ABC

Terbuat dari campuran biji kopi pilihan yang berkualitas, Kopi ABC akan memberikan rasa kaya dan kuat yang tepat untuk menjadi saat bekerja. Tidak hanya itu, dengan sentuhan cita rasa pahit yang nikmat, produk ini akan memberikan pengalaman yang otentik. Sedulur dapat menikmati secangkir kopi tanpa ampas enak di rumah sendiri.

Demikian tadi deretan rekomendasi merek kopi tanpa ampas yang bisa Sedulur coba. Selain memberikan sensasi minum kopi yang lebih bersih, kopi tanpa ampas juga memiliki rasa yang lebih nikmat. Minuman ini juga cocok untuk Sedulur yang tidak ingin meminum kopi dengan kadar kafein yang terlalu tinggi.