Jenis kopi di Indonesia

Ada cukup banyak jenis kopi di Indonesia yang terkenal dan sudah mendunia. Dari jenis kopi robusta sampai gayo khas Aceh. Walaupun minuman ini dominan rasa pahit, ada jutaan orang yang menyukainya.

Pengetahuan tentang jenis kopi nusantara menjadi hal yang penting untuk pecinta kopi, khususnya para barista. Selain itu, setiap jenis kopi memiliki tingkat keasaman yang berbeda sehingga akan berpengaruh pada takaran pembuatannya. Penasaran ada apa saja jenis kopi di Indonesia dan mana yang paling enak dan aman untuk lambung? Simak berikut ini yuk.

BACA JUGA: 20 Buah Berantioksidan Tinggi untuk Lawan Radikal Bebas

Jenis kopi paling populer

Membahas minuman satu ini, sepertinya harus memulai dari jenis kopi yang paling populer. Ada tiga tipe kopi yang banyak diminati dan menjadi komoditi perusahaan besar untuk menjadikan kopi sebagai minuman kemasan.

-->

Jenis kopi ini diantaranya ada arabika, robusta dan liberika. Setiap jenis memiliki ciri khas rasa dan teksuturnya masing-masing. Berikut ini penjelasannya.

1. Arabika

jenis kopi di Indonesia
Wikipedia

Jenis kopi yang pertama adalah arabika. Dilihat dari namanya, kopi ini ditemukan pertama kali oleh bangsa Arab di Ethiopia. Persebaran kopi arabika yang sangat luas, tidak lepas dari banyaknya pedagang dari jazirah arab yang berkelana ke seluruh dunia.

Salah satu fakta lain soal kopi arabika yaitu harganya yang mahal. Bahkan, bisa dibilang jika kopi ini memiliki nilai jual paling tinggi dibandingkan kopi lainnya. Jadi tidak heran jika banyak perusahaan minuman menjadikan varian kopi arabika menjadi salah satu produk utamanya.

Ada beberapa karakter kopi arabika seperti:

  • Hasil seduhan tidak terlalu kental.
  • Tingkat keasaman kopi tinggi.
  • Kafein lebih rendah.
  • Aroma kopi lebih wangi.

2. Robusta

jenis kopi di Indonesia
Craft Coffe Guru

Selanjutnya ada kopi robusta. Jenis kopi ini termasuk ke dalam varietas ccanephora. Kopi jenis ini memiliki jenis tumbuhan yang paling kuat dibandingkan jenis kopi lainnya. Dimana pohon kopi robusta bisa tahan dari hama seperti hypothenemus hampeii, himeleia vastatrix sampai coccus virdis.

Dilansir dari Gramedia Blog, kopi robusta memiliki sejarah yang panjang. Kopi ini banyak dikembangkan di negara seperti Vietnam dan Brazil. Namun, pada masa kolonial, pihak Belanda mulai mengenal kopi ini kepada masyarakat di Indonesia hingga akhirnya tumbuh subur.

Karakter robusta cenderung lebih unik dibandingkan dengan kopi arabika. Jadi tidak heran jika kopi ini juga dijadikan opsi oleh berbagai macam perusahaan serta coffe shop di dunia untuk dijadikan barang dagangan. Khususnya untuk varian menu kopi susu.

Beberapa karakter unik dari kopi robusta adalah seperti berikut:

  • Aroma yang kuat dan kasar.
  • Rasa pahit lebih tajam.
  • Hasil seduhan lebih kental.

3. Liberika

jenis kopi di Indonesia
De’Longhi

Jenis kopi paling populer ketiga adalah liberika. Mungkin bagi Sedulur yang awam dalam dunia perkopian, liberika menjadi jenis kopi yang jarang didengar. Namun, kopi ini termasuk yang paling digemari di seluruh dunia lho.

Kopi ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan kopi lainnya. Beberapa petani lantas menyebutnya sebagai excelsa karena ukurannya yang besar. Selain itu, salah satu yang membuat kopi ini termasuk dalam kategori kualitas tinggi adalah biaya produksinya yang mahal.

Liberika harus ditanam pada ketinggian 800 mdpl. Dimana kondisi yang sejuk ini membuat kopi lebih maksimal saat masak. Hasilnya pun sepadan dimana rasa kopi ini sangat istimewa.

Ada beberapa karakteristik utama dari jenis kopi liberika, seperti berikut ini:

  • Kadar kafein tinggi.
  • Rasa pahit dan seduhan kopi kental.
  • Tingkat keasaman tidak terlalu tinggi.
  • Terdapat sentuhan rasa smoky, nutty dan cokelat.

BACA JUGA: Daftar Harga Kopi Sachet Terbaru dan Terbaik 2022

Jenis kopi nusantara

Setelah mengenal beberapa jenis kopi yang populer di dunia. Sedulur pasti penasaran dengan jenis kopi nusantara yang tersebar di seluruh penjuru negeri.

Apalagi beberapa waktu terakhir, tren minum kopi sudah menjadi budaya baru yang mulai muncul di kalangan anak muda. Berikut ini beberapa jenis kopi nusantara tak kalah sedap dengan jenis kopi premium di atas.

1. Kopi Gayo

Kopi Gayo Aceh
Wikipedia

Jenis kopi di Indonesia yang paling terkenal adalah Gayo. Kopi ini berasal dari Aceh. Terletak di kawasan perbukitan Kota Takengon, membuat varian kopi ini memiliki cita rasa yang nikmat.

Pada tahun 2010, kopi gayo sempat menjadi salah satu varian kopi terbaik dari organisasi Fair Trade Coffe.

2. Kopi Toraja

Kopi lokal
Macleans

Membicarakan jenis kopi di Indonesia, maka tidak boleh melewatkan Toraja. Varian kopi ini dikenal memiliki rasa yang nikmat. Namun, tingkat keasamannya cukup tinggi sehingga kurang bersahabat untuk orang yang memiliki masalah lambung.

Salah satu keunikan dari kopi Toraja berasal dari teknik panen para petaninya. Mereka masih menggunakan sistem pertanian tradisional dengan teknik proses giling basah.

3. Kopi Flores Bajawa

Kopi Flores
Unsplash

Selanjutnya adalah kopi Flores Bajawa yang jadi salah satu ikon kopi nusantara. Kopi ini merupakan salah satu pengembangan dari Arabica di perkebungan desa Bajwa, Ngada, NTT.

Perkembangan kopi di tanah Flores sendiri cukup pesat. Hal ini tidak lepas dari kandungan tanah abu yang sangat cocok untuk budidaya kopi organik. Salah satu ciri rasa dari kopi flores adalah aroma smoky yang kental.

4. Kopi Preanger

Jenis kopi nusantara
Unsplash

Jenis kopi di Indonesia selanjutnya datang dari Priangan, Jawa Barat yang bernama kopi Preanger. Didatangkan saat masa kolonial Belanda, varian kopi ini jadi salah satu jenis kopi paling populer di Pulau Jawa.

5. Kopi Mandailing

Kopi nusantara
Unsplash

Varian kopi yang juga termasuk kopi nusantara adalah jenis Mandailing. Kopi ini ditanam langsung di wilayah Bukit Barisa, Sumatera Utara. Menurut catatan sejarah, produksi kopi Mandailing sudah dilakukan sejak tahun 1800-an lho.

BACA JUGA: Tips Usaha Memulai Warung Kopi Sederhana Modal Kecil

Kopi sachet paling enak

Dari jenis kopi di atas, maka bisa disimpulkan bahwa perusahaan minuman biasanya menggunakan kopi jenis Arabica dan Robusta sebagai bahan utamanya. Agar Sedulur tidak bingung, Aplikasi Super sudah mengumpulkan jenis kopi sachet yang cocok untuk Sedulur.

1. Kapal Api

Jenis kopi di indonesia
Kapal Api

Produk kopi sachet pertama yang bisa Sedulur coba adalah Kapal Api. Kopi satu ini sudah sangat terkenal dan banyak disukai oleh para pecinta kopi. Kapal Api sendiri banyak menggunakan biji Arabika sebagai bahan utamanya.

Namun, Kapal Api juga menyediakan banyak varian lain seperti Kopi Susu dan Kopi Mantap yang juga tak kalah enak. Harganya pun cukup terjangkau yaitu Rp 9.900 per bungkus.

2. Kopi ABC

Kopi ABC
Kopi ABC

Selanjutnya, kopi sachet enak yang tidak boleh dilewatkan adalah ABC. Ini merupakan variasi produk dari Kapal Api dengan rasa yang jauh berbeda.

Kopi ABC menggunakan biji kopi Bali yang dikembangkan di Pulau Dewata. Rasa pahitnya pas namun dengan tingkat keasaman yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, Kopi ABC banyak pilihan rasanya dari moka, kopi susu, sampai kopi gula aren.

Untuk 1 sachet varian Kopi ABC ukuran 30 gram bisa didapatkan dengan harga Rp 11.300 saja lho.

3. Good Day

Kopi Good day
Good Day ID

Selanjutnya ada kopi sachet yang banyak digandrungi anak muda, yaitu Good Day. Produk kopi satu ini mulai populer pada tahun 2001 lalu. Salah satu yang disukai adalah varian rasa cappuccino, freeze, sampai tiramisu.

Untuk harga kopi sachet Good Day cukup beragam, tapi kisaran harganya sekitar Rp 16.300 sampai Rp 18.300 per sachetnya.

4. Torabika

Kopi sachet paling enak
Torabika

Salah satu grup produk makanan dan minuman besar bernama Mayora juga tidak mau kalah dalam pasar kopi. Mereka mengeluarkan produk Torabika yang juga terkenal dengan kenikmatannya.

Varian kopi moka dan kopi susu jadi salah satu andalan Torabika untuk memuaskan para pelanggannya. Untuk harga kopi sachet Torabika, Sedulur bisa membelinya di kisaran harga Rp 11.200.

Kopi di atas dikenal memiliki rasa yang premium dan aman untuk lambung. Jika Sedulur seorang pecinta kopi dan tidak sempat untuk menggiling kopi sendiri, bisa lho mencoba membeli kopi sachet di atas langsung lewat Aplikasi Super.

Selain harganya yang terjangkau, membeli secara online juga sangat mudah dan banyak promo. Jadi buruan belanja deh.

Manfaat minum kopi

Manfaat minum kopi
Unsplash

Mengkonsumsi kopi merupakan budaya yang sudah sangat lama terbentuk. Namun, sudahkah Sedulur tahu apa saja manfaat dari minum kopi? Jika belum, simak beberapa manfaat minum kopi berikut ini.

  • Meningkatkan energi
  • Menurunkan berat badan
  • Mencegah resiko diabetes tipe 2
  • Mencegah penyakit otak
  • Meningkatkan mood

Bahaya minum kopi berlebihan

Bahaya minum kopi
Unsplash

Namun, walaupun ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dari meminum kopi. Ada dampak buruk yang bisa muncul jika terlalu berlebihan meminum kopi lho. Berikut ini bahaya konsumsi kopi secara berlebihan.

  • Kandungan kafein yang berlebihan bisa menghalangi hormon yang menjaga elastisitas pembuluh darah. Ini bisa memicu terjadinya serangan jantung.
  • Mengalami insomnia atau gangguan tidur. Kandungan kafein yang tinggi dalam kopi ternyata bisa memicu gangguan tidur jika diminum secara berlebihan.
  • Bisa memicu munculnya gangguan lambung atau GERD. Kopi merupakan minuman yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Hal ini bisa memicu masalah lambung jika dikonsumsi secara berlebihan.
  • Membuat gigi kuning. Senyawa tanin dan flavonoid yang ada pada kopi memang baik. Namun, terlalu banyak mendapatkan asupan mineral tersebut bisa membuat gigi menjadi kuning dan mudah berlubang lho.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang berbagai macam jenis kopi di Indonesia yang bisa Sedulur coba. Dari banyaknya varian kopi tersebut, juga dihasilkan macam-macam kopi sachet yang tak kalah enak dengan kopi tradisional.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.