Bisnis toko sembako

Bisnis toko sembako merupakan jenis usaha yang sangat potensial. Tak hanya dari segi keuntungan, bisnis toko sembako juga bisa bertahan dalam waktu yang lama. Alasannya sederhana, karena barang yang dijual merupakan barang kebutuhan untuk masyarakat.

Bagi Sedulur yang ingin mencoba bisnis toko sembako dan memiliki modal yang terbatas. Ada beberapa tips dan trik yang wajib diketahui, karena tak hanya bikin usaha lancar, Sedulur juga bisa mendapatkan banyak keuntungan lho. Penasaran? Mari simak ulasannya berikut ini.

BACA JUGA: 50+ Nama Usaha yang Bagus dan Artinya – Membawa Berkah

Persiapkan modal awal

Modal awal
Pexels

Untuk bisa memulai bisnis toko sembako, Sedulur tentu tetap memerlukan modal. Namun, modal ini bisa sangat fleksibel dan jumlah tidak harus besar kok.

-->

Misalnya, jika Sedulur hanya memiliki untuk berjualan sembako seperti beras saja. Maka fokuslah pada penjualan beras tersebut terlebih dahulu, jika keuntungan sudah meningkat dan penjualan sudah stabil. Mulai buat rencana mengembangkan barang jualan dengan hasil keuntungan yang sudah didapatkan sebelumnya.

Jadi Sedulur tidak perlu khawatir dan buru-buru dalam membuat bisnis toko sembako, karena berapapun modal yang dimiliki tetap bisa memulai usaha ini.

Tentukan tempat kulakan

Aplikasi Super

Jika modal sudah siap, maka langkah selanjutnya yang bisa Sedulur lalukan adalah mencari tempat kulakan sembako. Biasanya tempat kulakan ini bisa berasal dari distributor beras, minyak, telur dan sebagainya.

Mencari tempat kulakan dalam bisnis sembako ini merupakan salah satu kunci agar bisa meraih kesuksesan dalam usaha ini. Karena dengan menentukan tempat kulakan, Sedulur bisa mendapatkan harga barang yang lebih murah dari pada di pasaran. Dengan begitu, Sedulur bisa memberikan nilai tambah pada barang yang dijual agar bisa mendapatkan keuntungan.

Dalam memilih tempat kulakan juga tidak boleh sembarangan, carilah distributor yang memberikan kemudahan dan banyak fasilitas untuk Sedulur. Misalnya seperti Aplikasi Super, aplikasi ini bisa memberikan Sedulur kemudahan berbelanja hanya lewat ponsel saja. Selain itu, harga yang diberikan juga relatif murah dan bersaing.

tips bisnis sembako
Aplikasi Super

Sedulur juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya seperti fasilitas gratis ongkir dan diantar sampai depan rumah langsung. Udah murah, bikin untung melimpah. Menarik sekali bukan?

Bagi Sedulur yang ingin mencoba bisnis toko sembako dan tertarik berbelanja di Aplikasi Super, bisa langsung download saja aplikasinya di Play Store.

Pilih sembako berkualitas

Beras karya alam hijau
Karya Alam Hijau

Kunci bisnis toko sembako lainnya adalah barang yang dijual. Sedulur harus memastikan setiap barang yang dijual memiliki kualitas terbaik, sehingga para pelanggan tidak kecewa dengan barang yang sudah dibeli. Sembako yang berkualitas juga biasanya memiliki tingkat ketahanan baik. Sehingga bisa bertahan lama dan bisa disimpan sebagai stok untuk bisnismu.

 Beberapa pilihan sembako yang memiliki potensi besar untuk dijual di masyarakat adalah beras, minyak goreng, dan telur. Tiga jenis bahan pokok ini merupakan 

BACA JUGA: Sukses Usaha Toko Kelontong, Kisah Inspiratif Terbaik 13 Super Agen

Pastikan lokasi berjualan

Bisnis toko sembako
Aplikasi Super

Tips selanjutnya dalam bisnis toko sembako adalah memilih lokasi yang tepat. Untuk Sedulur dengan modal terbatas, tapi memiliki rumah yang berada di sekitar masyarakat. Hal tersebut bisa dimanfaatkan dalam dunia usaha.

Sedulur bisa menjadikan rumah Sedulur sebagai toko sembako kecil-kecilan sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sewa. Selain itu, dengan membuka toko di rumah, Sedulur bisa memiliki waktu bekerja yang lebih fleksibel.

Namun, bukan berarti dengan membuka atau menyewa tempat menjadi hal yang kurang baik. Dengan memiliki tempat khusus sebagai toko sembako, Sedulur bisa membuat banyak stok barang yang dijual sehingga keuntungan biasanya juga akan semakin besar.

Gunakan etalase

Bisnis toko sembako
Aplikasi Super

Etalase adalah peralatan yang wajib Sedulur persiapkan ketika ingin membuka toko sembako. Barang satu ini bisa membantu Sedulur untuk menata semua barang dagangan agar bisa dilihat dan dipilih langsung oleh pembeli.

Selain itu, etalase membuat kondisi toko menjadi lebih rapi dan tidak berantakan. Sedulur juga jadi mudah mencari barang sembako yang dicari sehingga tidak bingung dan repot ketika ada pelanggan.

Ada beberapa jenis etalase yang bisa Sedulur gunakan seperti etalase kaca, etalase kayu, atau juga etalase besi biasa. Sedulur bisa memilih etalase yang sesuai dengan budget atau kondisi toko Sedulur.

Atur tata letak barang jualan

Bisnis Toko Sembako
Aplikasi Super

Nah, setelah memiliki etalase dan lokasi yang tepat, Sedulur juga perlu untuk mengatur tata letak barang yang hendak dijual. Hal ini penting karena bisa memudahkan Sedukur dan juga bisa meningkatkan psikologis pembeli.

Misal Sedulur menempatkan telur dekat dengan minyak goreng. Secara tidak sadar, bisa memancing pembeli untuk membeli minyak goreng karena barang tersebut berguna untuk membuat makanan di rumah.

Begitu juga ketika Sedulur menjual bawang merah, maka besar kemungkinan para pelanggan juga membutuhkan bawang putih. Jadi tata letak barang ini tak hanya membantu dalam organisir barang jualan, tapi juga bisa memancing kaingin membeli dari para pelanggan.

BACA JUGA: 12 Barang yang Laris di Toko Kelontong

Riset harga jual dari kompetitor

Toko kelontong
Aplikasi Super

Tips selanjutnya, Sedulur harus memperhatikan lingkungan sekitar. Hal ini karena pasti ada toko sembako lain yang juga menjual barang yang mirip dengan Sedulur.

Untuk itu, diperlukan riset agar Sedulur bisa menentukan harga jual yang kompetitif. Menentukan harga jual semacam ini tak hanya menjaga ekosistem persaingan yang baik, tapi juga membantu Sedulur agar bisa mendapatkan hasil atau keuntungan yang lebih maksimal.

Siapkan promo untuk pelanggan

Belanja bulanan
Aplikasi Super

Biasanya awal toko buka, pela nggan banyak yang berdatangan. Namun, dengan seiringnya waktu, para pelanggan akan datang dan pergi. Nah, tips selanjutnya ini berkaitan tentang menjaga para pelanggan agar tetap setia berbalanja di toko Sedulur.

Salah satunya dengan memberikan promo menarik. Promo-promo ini bisa Sedulur berikan dalam tempo waktu sebulan sekali agar bisa menjaga jumlah pembeli yang datang.

Evaluasi barang jualan tiap bulan

Belanja bulanan
Aplikasi Super

Sepertinya sebuah perusahaan besar, Sedulur perlu melakukan evaluasi pada tiap barang yang dijual. Hal ini wajib dilakukan agar tidak ada barang yang tersisa dan tak laku.

Sedulur juga bisa mengetahui mana barang yang bisa distok lebih banyak karena diminati oleh masyarakat. Sedangkan barang-barang yang tersisa diberikan stok yang lebih sedikit dari sebelumnya.

Jangan lewatkan pembukuan

Akuntansi
Pexels

Terakhir adalah melakukan pembukuan atau pencatatan akuntansi. Tips ini penting banget agar Sedulur bisa mengembangkan bisnis toko sembako ke arah yang lebih baik dan lebih besar lagi.

Lewat pembukuan yang rapi dan teliti, Sedulur bisa mengetahui seberapa besar perputaran dalam bisnis toko sembako. Sedulur juga bisa menentukan langkah strategis apa yang bisa diambil ke depan.

Misalnya membuka cabang toko sembako di wilayah lain atau memperbesar toko dengan pilihan barang yang lebih variatif. Hal semacam itu bisa direncanakan dengan baik jika pembukuan usaha milik Sedulur juga dicatat dengan rapi.

Demikian tadi tips bisnis toko sembako yang bisa Sedulur coba. Tips di atas sangat fleksibel dan bisa dilakukan dengan urutan yang tidak sama karena itu semua tergantung kondisi usaha Sedulur. Namun, semoga dengan ulasan di atas Sedulur bisa memiliki pandangan soal bisnis satu ini ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.
 
Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.