isi warung sembako modal 2 juta

Sedulur tentu tidak asing dengan warung sembako. Sesuai dengan namanya, bisnis tersebut bergerak dengan menjual barang-barang keperluan sehari-hari terutama sembako alias sembilan bahan pokok. Menariknya, warung sembako ternyata bisa menjadi ide bisnis yang cukup menjanjikan untuk Sedulur coba. Terlebih Sedulur juga tidak memerlukan modal besar untuk memulai bisnis ini. Misalnya Sedulur bisa memulainya dengan isi warung sembako modal 2 juta rupiah.

Meski terlihat kecil, dengan modal hanya 2 juta rupiah, Sedulur sudah bisa menyediakan berbagai barang kebutuhan. Setelah mendapat keuntungan, Sedulur dapat menambah jenis barang dagangan yang dijual.

Ingin tahu barang-barang apa saja yang bisa dipilih sebagai isi warung sembako modal 2 juta? serta bagaimanakah tips untuk menjalankan bisnis warung sembako dengan modal terbatas? Untuk mengetahui jawabannya, Sedulur bisa menyimak informasi selengkapnya yang telah Super rangkum berikut ini.

BACA JUGA: Inspirasi Isi Paket Sembako Murah Untuk Berbagi dan Sedekah

-->

Mengenal sembako

isi warung sembako modal 2 juta
CNBC Indonesia

Pertama-tama, Sedulur perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sembako. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring, sembako merupakan bentuk akronim dari sembilan bahan pokok. Istilah ini merujuk pada sembilan bahan dasar yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

Ketentuan terkait sembilan jenis bahan pokok sendiri diuraikan dalam Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 pada 27 Februari 1998, yang meliputi beras, gula pasir, minyak goreng, daging sapi dan ayam, telur, susu, sayur dan buah, minyak tanah atau gas elpiji, serta garam beryodium.

BACA JUGA: Daftar Lengkap Harga Sembako Murah Terupdate 2022

Daftar isi warung sembako modal 2 juta

isi warung sembako modal 2 juta
Detik Finance

Telah diketahui bersama, sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok, yaitu bahan-bahan dasar yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Secara umum, kesembilan bahan pokok tersebut dibutuhkan oleh setiap masyarakat dari berbagai kalangan.

Sementara dalam menjalankan bisnis warung sembako, Sedulur perlu menyediakan bahan-bahan tersebut sebagai barang dagangang. Namun untuk memulai bisnis dengan modal 2 juta, Sedulur bisa memilih barang-barang tertentu saja.

Misalnya beras, gula, garam, minyak goreng, dan telur yang banyak dibutuhkan masyarakat dan juga cukup awet untuk disimpan. Sementara, bahan seperti daging dan sayuran bisa Sedulur lewatkan apabila belum memiliki tempat yang memadai untuk menyimpannya. Terlebih, Sedulur juga belum mengetahui secara baik bagaimana kondisi pasar yang menjadi target bisnis warung kelontong.

Di sisi yang lain, Sedulur juga bisa menambahkan barang-barang lain di luar sembako menurut keputusan menteri yang telah dipaparkan di atas. Contohnya ialah barang atau bahan makanan yang juga banyak dibutuhkan seperti mi instan, bumbu masakan, serta kopi dan teh mengingat barang-barang tersebut memiliki harga yang cukup terjangkau.

Berikut ini Super telah merangkum beberapa contoh isi warung sembako modal 2 juta yang bisa menjadi referensi Sedulur.

1. Beras

isi warung sembako modal 2 juta
Freepik

Barang yang pertama adalah beras. Seperti yang diketahui, beras merupakan makanan pokok yang banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, menyediakan beras sebagai barang dagangan di warung sembako tentu dapat mendatangkan keuntungan.

Sebagai permulaan, Sedulur bisa membeli 5 hingga 6 karung beras berukuran 5 kg. Adapun harga beras 5 kg saat ini berada di kisaran Rp 55 ribu sehingga modal yang dibutuhkan untuk membeli beras adalah sekitar Rp 330 ribu.

2. Garam

isi warung sembako modal 2 juta
Freepik

Berikutnya adalah garam beryodium, salah satu sembako yang juga banyak dibutuhkan terutama untuk menambah cita rasa masakan. Adapun Sedulur bisa membeli garam kemasan 250 gram dengan harga beli sekitar Rp 3 ribu. Sedulur bisa membeli sebanyak 20 bungkus sehingga modal yang diperlukan Rp 60 ribu saja.

3. Gula pasir

Freepik

Selain garam, gula pasir juga menjadi barang sembako yang banyak dibutuhkan masyarakat. Sedulur bisa menyediakan gula kiloan dengan ukuran 1 kilogram per bungkus dengan harga Rp 15 ribu. Sehingga Sedulur hanya membutuhkan modal sekitar Rp 150 ribu apabila ingin menyetok 10 kg gula. Di sisi lain, Sedulur bisa mendapatkan harga lebih murah apabila membeli gula curah yang kemudian dapat dikemas sendiri.

BACA JUGA: Fakta Sembako Dari Seluruh Dunia, Beda Sama Indonesia!

4. Telur

Freepik

Telur juga merupakan sembako yang banyak dikonsumsi masyarakat, baik dengan cara dicampurkan ke masakan ataupun dibuat menu tersendiri seperti telur dadar dan telur rebus. Sebagai modal awal, Sedulur bisa menyediakan 5 kg telur dengan harga per kilogramnya berada di kisaran Rp 25 ribu. Sehingga modal yang dibutuhkan untuk menyediakan telur adalah Rp 125 ribu.

5. Minyak goreng

Liputan 6

Minyak goreng sempat mengalami lonjakan harga beberapa waktu lalu. Namun kini Sedulur sudah bisa membelinya dengan harga sekitar Rp 15 ribu untuk ukuran 1 liter. Adapun Sedulur dapat menyediakan sebanyak 10 liter sehingga membutuhkan modal Rp 150 ribu.

6. Bawang

iNews

Sedulur juga dapat menyediakan bawang merah dan bawang putih yang merupakan bumbu dapur yang banyak digunakan dalam berbagai masakan khas Indonesia. Namun, mengingat bawang dapat membusuk jika disimpan terlalu, Sedulur bisa menyetok dalam jumlah terbatas, misalnya hanya 1 hingga 2 kilogram saja.

Adapun harga bawang merah saat ini berada di kisaran Rp 37 ribu. Sementara harga bawang putih ada di kisaran Rp 28 ribu. Jika ditotal, modal yang Sedulur perlukan untuk kulakan bawang merah dan bawang putih ialah Rp 65 ribu.

7. Susu

Freepik

Susu juga merupakan minuman bergizi yang masuk dalam sembilan bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Sedulur bisa menyediakan susu UHT full cream sebanyak 10 kotak berukuran 1 liter dengan harga masing-masing adalah Rp 18 ribu. Dengan begitu, Sedulur membutuhkan modal sebanyak Rp 180 ribu.

8. Mi instan

The Jakarta Post

Mi instan kerap dijadikan menu makan andalan ketika tidak memiliki banyak waktu untuk memasak ataupun saat dompet mulai menipis di akhir bulan. Oleh karena itu, menyediakan mi instan di warung sembako merupakan keputusan yang sangat baik mengingat makanan satu ini banyak dicari masyarakat.

Adapun Sedulur bisa membeli mi instan sebanyak 1 karton isi 40 bungkus dengan harga sekitar Rp 100 ribu.

9. Kopi dan teh

eMediHealth

Sedulur juga bisa menyediakan kopi dan teh sebagai barang dagangan mengingat kedua minuman ini juga banyak digemari masyarakat. Dalam hal ini, sedulur bisa menyediakan bujet sebanyak Rp 100 ribu saja untuk membeli beberapa merek kopi dan teh.

10. Gas elpiji

Kompas

Terakhir adalah gas elpiji berukuran 3 kilogram. Sebagaimana yang diketahui, penggunaan kompor masih menjadi primadona sebagian besar masyarakat di tengah mulai populernya kompor listrik. Sebab, kompor gas dinilai lebih mudah digunakan di samping harganya yang juga terjangkau. Hal itu pun menyebabkan kebutuhan akan gas elpiji juga cukup tinggi.

Adapun saat ini gas elpiji ukuran 3 kilogram dipatok pada harga sekitar Rp 23 ribu. Namun biasanya Sedulur bisa mendapat harga lebih murah apabila kulakan di pangkalan gas. Sementara itu, sebagai permulaan Sedulur dapat menyediakan lima tabung gas sehingga total modal yang dibutuhkan adalah sekitar Rp 115 ribu.

Apabila dihitung secara keseluruhan, jumlah modal yang Sedulur butuhkan untuk menyediakan barang-barang sembako di atas ialah sebanyak Rp 1.357.000 atau satu juta tiga ratus lima puluh tujuh ribu rupiah saja.

BACA JUGA: Omzetnya Bisa Ratusan Juta, Begini Tips Sukses Usaha Agen Sembako!

Tips memulai bisnis warung sembako modal 2 juta

Sebelum memulai bisnis warung sembako, tak ada salahnya Sedulur menyimak beberapa tips berikut ini sehingga dapat memiliki persiapan lebih di samping menambah wawasan. Berikut beberapa tips memulai bisnis warung sembako modal 2 juta yang sudah Super rangkum dari berbagai sumber.

1. Kelola bujet untuk isi warung sembako modal 2 juta

isi warung sembako modal 2 juta
Kompas.com

Bujet atau finansial menjadi masalah yang cukup krusial dalam memulai sebuah bisnis. Pertama-tama, Sedulur perlu menentukan bujet untuk modal sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan untuk membangun bisnis warung sembako. Bujet untuk modal ini bisa ditentukan seiring dengan melakukan observasi terkait kebutuhan yang diperlukan untuk memulai bisnis.

Hal berikutnya yang juga perlu menjadi perhatian ialah asal modal yang digunakan. Apakah modal tersebut berasal dari tabungan pribadi, hasil kerjasama dengan anggota keluarga lainnya, atau dari pinjaman. Sebab, asal modal ini akan berpengaruh pada pengelolaan keuangan warung sembako di kemudian hari.

2. Perhatikan lokasi warung sembako

Aceh Tribunnews

Lokasi warung sembako juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab, lokasi di mana warung sembako Sedulur dibuka akan berpengaruh pada keberhasilan warung tersebut. Bukan sekadar masalah hoki, pemilihan lokasi bisnis juga harus dipertimbangkan berdasar target pasar yang ingin dituju. Misalnya, warung sembako yang identik dengan barang-barang keperluan sehari-hari mungkin akan memiliki peluang lebih apabila berlokasi di dekat pemukiman.

Selain berkaitan dengan target pasar, pemilihan lokasi ini juga berhubungan dengan potensi persaingan dari bisnis serupa. Risiko tersebut tentu dapat terjadi apabila di lokasi di mana Sedulur akan membuka bisnis warung sembako sudah ada bisnis serupa yang cukup dikenal masyarakat sekitar.

3. Cari keunikan sekaligus nilai tambah untuk toko

berapa modal usaha toko kelontong
Finansialku

Masalah atau risiko seperti persaingan dengan bisnis serupa sebenarnya bisa diatasi apabila warung sembako milik Sedulur memiliki keunikan sekaligus nilai tambah yang tidak dimiliki bisnis lainnya. Misalnya, Sedulur membuka warung dengan jam operasional yang lebih panjang, baik itu buka lebih awal ataupun tutup lebih akhir daripada toko lain.

Selain itu, Sedulur juga bisa memiliki nilai tambah dengan menyediakan barang ataupun layanan yang tidak dimiliki toko lainnya. Contohnya menyediakan layanan pesan antar sehingga pembeli bisa memesan barang yang kemudian dikirim langsung ke rumah.

4. Tentukan harga jual secara cermat

berapa modal usaha toko kelontong
Detik Finance

Harga barang dagangan juga bisa menjadi faktor laris tidaknya sebuah warung sembako. Pasalnya, bukan tidak mungkin seorang calon pembeli telah melakukan survei harga ke sejumlah toko sebelum membeli sembako. Konsumen tentu akan memilih membeli barang di toko yang menawarkan harga lebih murah. Sehingga bisa dikatakan bahwa selain faktor kedekatan lokasi toko, harga juga menjadi penentu bagi seseorang untuk membeli suatu barang. Untuk itu penting bagi Sedulur untuk cermat dalam menentukan harga barang terlebih jika di sekitar lokasi warung juga terdapat warung lain yang menjual barang yang sama.

5. Pilih barang dagangan yang berkualitas

bisnis ritel adalah
Freepik

Sedulur yang kerap berbelanja khususnya barang-barang sembako tentu mengetahui bahwa ada beragam pilihan sembako untuk jenis yang sama. Sebagai contoh, ada beragam jenis beras di pasaran dengan harga dan kualitas yang berbeda. Meski harga murah kerap menjadi pertimbangan seseorang membeli barang, tidak sedikit pula yang lebih mengutamakan kualitas. Apalagi jika berkaitan dengan makanan yang akan dikonsumsi oleh keluarga. Oleh karenanya, menjual produk yang berkualitas dengan harga yang sesuai bisa menjadi daya tarik calon pembeli untuk berbelanja di warung sembako Sedulur.

6. Cari supplier yang terpercaya

Aplikasi Super

Untuk memperoleh sembako atau barang dagangan yang berkualitas, Sedulur perlu memutuskan secara bijak supplier yang akan diajak bekerja sama dalam bisnis warung sembako. Sebab, supplier ini akan memegang peran penting dalam isi warung sembako modal 2 juta milik Sedulur.

Bukan hanya soal kualitas barang, pemilihan supplier secara tepat juga bisa mendatangkan keuntungan berupa harga yang terjangkau. Dengan begitu, Sedulur bisa memperoleh barang dagangan dengan harga yang sesuai atau bahkan mendapatkan banyak potongan. 

7. Gunakan Aplikasi Super untuk kulakan warung sembako

Aplikasi Super

Bagi Sedulur yang masih bingung atau mengalami kendala dalam penyediaan barang dagangan, Super memiliki solusinya. Sedulur bisa membeli berbagai barang untuk isi warung sembako modal 2 juta di Aplikasi Super. Selain menawarkan harga yang murah, Aplikasi Super juga memiliki layanan berupa pengantaran barang sehingga Sedulur cukup memesan barang melalui aplikasi dan barang akan diantar sesuai alamat.

Adapun Sedulur dapat langsung mengunduh Aplikasi Super di Play Store. Selanjutnya, isi identitas untuk membuat akun dan setelah itu Sedulur dapat langsung berbelanja.

Demikian tadi ulasan mengenai isi warung sembako modal 2 juta. Dapat diketahui bahwa dengan modal terbatas Sedulur tetap bisa memulai bisnis warung sembako. Selain itu juga telah dipaparkan beberapa tips untuk memulai warung sembako modal 2 juta. Nah, semoga informasi ini dapat memberikan manfaat untuk Sedulur, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.