Bumbu spaghetti pedas

Pasta atau spaghetti merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Meskipun berasal dari Italia, menu satu ini bisa dijumpai dengan mudah baik di café maupun restoran. Namun, Sedulur juga bisa lho membuat pasta dengan bumbu spaghetti sendiri.

Cara membuat bumbu makanan satu ini juga tidak terlalu sulit karena bahan mentahnya banyak dijual di toko kelontong maupun toko modern. Nah, apabila Sedulur sedang mencari bumbu spaghetti yang tidak biasa dan cocok dengan lidah orang Indonesia cobain resep berikut ini yuk!

BACA JUGA: Resep Omurice, Nasi Goreng Omelet dari Jepang Enak & Mudah

Bahan dasar bumbu spaghetti

Bahan Bumbu Spaghetti
PinchofNom

Untuk bisa membuat bumbu spaghetti yang enak, Sedulur harus memiliki bahan yang fresh dan terbaik. Namun, tidak perlu khawatir karena bahan-bahan tersebut tidak perlu dibeli langsung dari Italia. Sedulur bisa menemukan semua bahan di pasar tradisional, toko kelontong, maupun tempat belanja online seperti Aplikasi Super.

-->

Beberapa bahan dasar untuk membuat bumbu spaghetti adalah sebagai berikut:

  • Bawang bombay
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Lada atau merica bubuk
  • Daging cincang
  • Garam
  • Saus bolognesse
  • Daun kemangi

Jangan lupa untuk mencari saus bologness, saus tomat dan saus sambal agar tekstur bumbu spaghettimu bisa lebih kental. Bumbu-bumbu ini juga perlu disesuaikan dengan selera masing-masing, misal untuk orang Jawa Timur, maka makanan yang disajikan harus pedas agar lebih nampol. Maka Sedulur bisa menambahkan beberapa bahan seperti cabe rawit atau paprika.

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Khas Bali Yang Halal, Rasanya Spesial!

Langkah pembuatan bumbu spaghetti

Bahan Bumbu Spaghetti
I Am Homesteader

Jika semua bahan sudah tersedia, maka sekarang waktunya untuk mengetahui langkah membuat bumbu spaghetti. Pada tahap ini, ada beberapa langkah yang perlu Sedulur lakukan seperti berikut ini:

  • Rebus atau kukus tomat sampai matang dan kulitnya mengelupas. Jika sudah blender halus tomat agar menjadi saus.
  • Siapkan beberapa bahan seperti minyak, bawang bombay dan bawang putih. Panaskan wajan dan mulai tumis dua bahan tersebut. Jika sudah wangi, Sedulur bisa masukkan daging cincang hingga warnanya berubah.
  • Apabila daging sudah wangi dan warnanya kecoklatan, mulai tambahkan garam, gula, dan merica. Aduk sampai bumbu merata. Jangan lupa untuk koreksi rasa agar tidak terlalu atau kurang asin. Sedulur juga bisa menambahkan irisan cabe rawit agar lebih pedas.
  • Masukkan tomat yang sudah diblender dan biarkan daging tercampur rata. Jika sudah agak mendidih, mulai masukkan daun kemangi agar saus bisa lebih wangi. Jangan lupa juga campur dengan saus bologness yang sudah dibeli.
  • Agar tekstur saus bumbu spaghetti bisa lebih kental, Sedulur bisa menambakan sedikit saus tomat atau cabe. Bila tidak punya, juga bisa menggunakan larutan tepung maizena.
  • Bila bumbu spaghetti sudah matang. Dinginkan dan siap disiram ke pasta yang Sedulur suka.

BACA JUGA: Menu Sarapan Populer dengan Sebutan American Breakfast

Jenis pasta

Jenis pasta
Clean Green Simple

Bumbu spaghetti pedas ini cocok dikombinasikan dengan beberapa pasta lainnya. Bila Sedulur bosan dengan spaghetti, ada beberapa jenis pasta yang bisa dicoba seperti berikut ini.

  • Pasta satu ini memiliki bentuk seperti mi kwitaw, yaitu pipih memanjang. Sehingga sensasi yang diberikan fettuchini tidak berbeda jauh dengan menyantap spaghetti.
  • Kalau pasta satu ini memiliki bentuk yang cukup unik, yaitu seperti kerang laut. Dimana ada gerigi yang mengitari ujungnya. Umumnya farfalle dipakai untuk menyantap bumbu pasta yang memiliki banyak tekstur.
  • Penne adalah jenis pasta berlubang, dinamai sesuai bentuknya yang seperti pena. Bentuknya hampir mirip dengan makaroni.

Demikian tadi ulasan lengkap tentang bagaimana cara membuat pasta spaghetti yang pedas dan enak. Jika Sedulur tertarik, jangan lupa untuk membeli bahan-bahannya di Aplikasi Super. Terdapat berbagai macam kebutuhan dapur seperti saus, bumbu kering, hingga pasta kemasan yang bisa dibeli.

Jangan khawatir, belanja di Aplikasi Super itu mudah dan murah kok. Cukup download aplikasinya di Google PlayStore, semua barang belanjaan Sedulur akan langsung diantar sampai rumah. Untungnya setiap transaksi pembelian bisa mendapatkan cashback dan gratis ongkir lho. Menarik sekali bukan? Jadi buruan pakai Aplikasi Super sekarang juga!