cara membersihkan lantai granit

Lantai granit merupakan lantai yang memiliki kilap yang memantul dan terlihat seperti kaca, hal tersebut dapat memberikan efek agar rumah terlihat lebih mewah. Bukan hanya itu, lantai granit juga lebih kokoh dalam menopang, karena dibuat melalui proses pemanasan yang tinggi.

Karena hal tersebut, membersihkan lantai granit perlu menggunakan cairan pembersih khusus lantai granit. Nah, bagi Sedulur yang di rumah menggunakan lantai granit, kita akan bahas bersama saat ini apa saja rekomendasi cairan pembersih lantai granit yang bisa Sedulur gunakan. Lantas apa saja rekomendasi cairan pembersih lantai granit yang dimaksud? Yuk, mari langsung kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Pembersih Lantai Terbaik, Pasti Bikin Kinclong!

1. Johnson Marble Klin

Slique

Rekomendasi cairan pembersih lantai granit yang pertama yaitu Johnson Marble Klin. Bagi Sedulur yang memiliki lantai granit yang kusam dan sulit dibersihkan, pembersih lantai ini bisa jadi pilihan sebagai solusi untuk masalah yang Sedulur alami.

Johnson Marble Klin memiliki pH yang seimbang dan bisa digunakan untuk berbagai jenis permukaan lantai selain granit, seperti keramik, vinyl, maupun teraso.

Produk pembersih lantai ini hanya memiliki 1 varian, sehingga tidak tersedia varian aroma lain yang bisa Sedulur pilih sesuai selera. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dalam kemasan 4 liter, yang dikemas dalam jerigen. Harganya mulai dari Rp100rb-Rp150rb.

2. MR. MUSCLE Marmer & Granit

The Spruce

Rekomendasi cairan pembersih lantai granit kedua yaitu produk dari Mr. Muscle. Sesuai dengan namanya, Muscle Marmer & Granit ini memang dirancang khusus untuk lantai granit, sehingga aman dan tidak akan mengikis permukaan.

Meskipun belum memiliki varian wangi khusus, namun produk ini memiliki klaim mampu menjadikan lantai lebih wangi, tampak bersih, dan bebas dari kuman penyebab penyakit, tanpa meninggalkan rasa lengket setelahnya.

Dengan kandungan paraffin wax sebanyak 7,3%, cairan pembersih ini juga berfungsi untuk melindungi lantai dari goresan dan memberi lapisan khusus supaya lantai tidak mudah kotor dan terhindar dari debu serta kusam. Produk ini dibanderol dengan harga Rp25rb-Rp50rb saja.

3. Primo Prime Floor

Bunnings

Rekomendasi cairan pembersih lantai granit selanjutnya yaitu Primo Prime Floor. Produk ini sangat cocok Sedulur gunakan terutama bagi kulit Sedulur yang mudah terkena iritasi. Produk ini juga memiliki klaim ramah lingkungan. Primo Prime Floor tidak memiliki kandungan phospate sehingga lebih aman bagi kulit sensitif.

Cairan ini juga diformulasikan agar lebih ampuh dalam mengangkat noda membandel, membunuh kuman, cepat kering, serta memiliki wangi yang menyegarkan. Kemasannya dirancang dengan botol yang memiliki tutup ulir, jadi lebih aman dan tidak mudah tumpah jika botol tidak sengaja jatuh.

Pada kemasannya tertera bahwa cairan pembersih ini tidak hanya dapat diaplikasikan pada lantai granit, tapi juga marmer, parquet, maupun lantai keramik biasa sekalipun. Produk ini bisa didapatkan dengan harga Rp65rb-Rp100rb

4. Fason Granit

Elegant Granites

Ada juga cairan pembersih lantai granit bernama Fason Granit. Kelebihan dari pembersih lantai granit ini yaitu memiliki daya bersih yang kuat, tidak bersifat mengikis atau merubah warna dan dibuat dengan formula yang ramah lingkungan.

Selain itu, jika dilihat dari kemasannya, produk ini menggunakan botol berbahan plastik yang memiliki tutup ulir untuk menjaga agar isi cairan tidak mudah tumpah. Mempunyai berat bersih sebanyak 400 ml, cairan pembersih ini dibanderol dengan harga yang masih relatif murah dan terjangkau.

5. Mill Floor Cleaner

Granite Gold

Mill Floor Cleaner bisa jadi rekomendasi cairan pembersih lantai granit yang Sedulur gunakan. Mill Floor Cleaner mempunyai formula yang menjadikannya sebagai produk multifungsi, sehingga tidak hanya dapat diaplikasikan pada lantai, tapi juga digunakan pada dinding, wastafel, bath up, ataupun kloset.

Selain itu, juga bisa diaplikasikan pada lantai selain granit, seperti vinyl, marmer, teraso, ataupun jenis lainnya. Produk ini juga menawarkan 3 varian aroma buah dan bunga berbeda yakni apel, lemon, dan lavender yang bisa Sedulur pilih sesuai selera.

Sedulur bisa membeli produk ini yang dikemas dengan jerigen 4 liter. Kemasannya menggunakan tutup ulir, jadi cairan pembersih pun dijamin tidak tumpah dan tetap aman. Harga pembersih lantai ini dibanderol mulai dari Rp35rb-Rp100rb saja.

6. Home Cleaning

Angi

Produk Home Cleaning ini juga dapat menjadi solusi pembersih bagi Sedulur yang memiliki kulit sensitif dan mudah terkena iritasi. Cairan pembersih Home Cleaning ini memiliki kandungan khusus yang lembut dan tanpa zat asam, sehingga tidak akan menimbulkan gatal maupun iritasi jika terkena kulit.

Selain bisa digunakan untuk membersihkan lantai granit, cairan pembersih ini juga bisa Sedulur gunakan untuk jenis lantai lainnya seperti marmer, terraso, vinyl, keramik, porselen, ataupun kayu.

Bahkan tidak hanya untuk membersihkan lantai, Sedulur dapat menggunakan produk ini untuk membersihkan fiber, logam, karpet, kaca, maupun plastik. Satu produk untuk banyak hal. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp50rb-Rp100rb saja.

BACA JUGA: 9 Cara Mengatasi Lantai Lembab, Anti Gagal dan Paling Ampuh!

7. Klin’s Pembersih Lantai

Home Lane

Sedulur juga bisa menggunakan cairan pembersih lantai granit Klin’s ini. Dengan kandungan special protection agent yang dimilikinya, Klin’s Pembersih Lantai ini dapat mengangkat debu, kotoran, dan noda membandel dengan lebih maksimal, sekaligus melindungi permukaan lantai dan membuatnya jadi lebih mengkilap.

Terdapat pula kandungan anti-bacterial yang menjadikan cairan pembersih ini juga ampuh untuk membunuh kuman penyebab penyakit, jadi lantai pun higienis. Bukan hanya untuk granit, cairan ini juga dapat digunakan untuk membersihkan permukaan lantai berbahan marmer dan teraso.

Cairan pembersih ini dikemas dalam kemasan botol yang dilengkapi dengan tutup ulir, sehingga lebih aman dari resiko tumpah jika tersenggol. Pembersih lantai ini dibanderol dengan harga Rp30rb-Rp90rb.

8. Fason Gratine

S Wash

Fason Gratine bisa jadi rekomendasi cairan pembersih lantai granit yang Sedulur gunakan. Jika Sedulur membutuhkan produk pembersih granit yang memiliki daya bersih kuat, Fason granit merupakan produk yang ideal. Produk ini memiliki kandungan yang lembut dan tidak mengikis ataupun mengubah warna permukaan granit, tetapi dapat mengangkat noda dengan lebih maksimal.

Tidak seperti pembersih lain yang dilarutkan dalam air, pembersih lantai ini cukup diaplikasikan dengan kuas pada noda yang ingin dihilangkan, sehingga jadi lebih mudah dan praktis. Meskipun begitu, Sedulur tetap harus menunggu untuk membiarkan produk bisa bekerja dengan maksimal.

Dilihat dari kemasannya, produk ini menggunakan botol berbahan plastik yang memiliki tutup ulir untuk menjaga agar isi cairan tidak mudah tumpah. Harga produk ini sekitar Rp30rb-100rb saja.

9. Bona Stone Tile & Lam Cleaner

The Spruce

Bagi Sedulur yang mencari cairan pembersih lantai granit yang ramah lingkungan, tidak meninggalkan bekas dan cepat kering, Bona Stone Tile & Lam Cleaner merupakan jawabannya. Namun produk ini memiliki harga yang relatif mahal.

Namun, ada harga ada kualitas. Cairannya mudah kering ketika digunakan, sehingga proses pembersihan lantai tidak akan memakan waktu yang lama.

Untuk pemakaiannya sendiri juga cukup mudah, yaitu Sedulur hanya perlu menuangkan cairan pembersih pada wadah semprot atau botol yang terdapat pada alat pel. Produk ini dapat membuat lantai ruangan menjadi lebih bersih, terlihat seperti baru dan tentunya tidak menimbulkan bekas.

10. Fason Limov

The Spruce

Fason Limov terbukti efektif membersihkan noda semen dan cat tembok yang tertinggal di lantai. Hasilnya juga berkualitas dan tidak merusak lapisan permukaan lantai berkat penggunaan bahan-bahan organik pada cairannya.

Selain itu berdasarkan uji laboratorium, produk ini juga mampu membunuh kuman dan bakteri penyebab bau tak sedap pada lantai; urinoir; kloset dan lain sebagainya. Productnation

11. Astonish Pro Granite

The Spruce

Rekomendasi cairan pembersih lantai granit selanjutnya yaitu Astonish Pro Granite. Salah satu brand pembersih lantai granite asal Inggris. Bisa jadi andalan Sedulur untuk membuat lantai granit tetap bersih. Produk ini memiliki kandungan khusus yang ampuh membersihkan.

Kandungan khusus tersebut di antaranya yaitu aliphatic hydrocarbon dan non-ionic surfactant yang mampu membuat lantai lebih bersih, bebas kuman, dan mengkilap seperti kaca. Produk yang satu ini juga memiliki kandungan parfum yang dapat membuat ruangan jadi lebih wangi, meskipun belum tersedia dalam beragam pilihan aroma.

Tak hanya bisa untuk lantai, cairan pembersih ini juga bisa Sedulur pakai untuk membersihkan kaca. Uniknya, Astonish Pro Granite sangat memperhatikan tampilannya dengan menggunakan botol sebagai wadahnya.

Tidak sampai disitu saja, botolnya juga dibekali dengan tutup fliptop sehingga lebih praktis ketika digunakan namun tetap aman saat ditutup. Sedulur bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp250rb hingga Rp400rb saja.

12. Bellinzoni Idea Gold

Natural Stone

Rekoendasi terakhir yaitu Bellinzoni Idea Gold. Bellinzoni Idea Gold termasuk merek pembersih granit terbaik yang memiliki formula nano teknologi. Cairan pembersih ini mampu melindungi lantai granit dan marmer dari berbagai macam jenis noda seperti bekas minyak, lemak, dan kelempaban.

Dengan kualitasnya yang bagus, tak heran kalau harga pembersih granit tersebut berkisar Rp1,1 jutaan. Perlu Sedulur ingat bahwa ada harga ada kualitas. Bagi Sedulur yang ingin mempertahankan kualitas granit rumah Sedulur, mengeluarkan uang untuk perawatan tentu hal yang wajar.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Keramik Lantai Dapur yang Tidak Licin

Tips memilih pembersih lantai granit yang bagus

Rollza

Ada beberapa hal yang perlu Sedulur perhatikan sebagai tips memilih pemberish lantai granit yang bagus. Selain mengetahui daftar produk rekomendasinya di atas, tentu Sedulur juga harus mengetahui bagaimana tips memilihnya agar tidak salah pilih. Berikut ini tips yang perlu Sedulur perhatikan, yaitu:

1. Jangan menggunakan pembersih lantai biasa

Jika Sedulur ingin membersihkan lantai granit, hal pertama yang perlu menjadi perhatian adalah pemilihan jenis pembersih. Dikarenakan material yang berbeda, Sedulur tidak bisa menggunakan pembersih lantai biasa yang sering digunakan. 

Sebab, kebanyakan pembersih lantai keramik mengandung bahan kimia yang dapat merusak permukaan granit. Bahkan, pembersih yang memiliki klaim ‘natural’ tetap memiliki bahan kimia yang mengandung asam dan memungkinkan terjadinya reaksi kimia yang dapat mengikis permukaan granit.

2. Pilih yang menggunakan pH seimbang

Granit merupakan jenis bebatuan alami, untuk itu jenis pembersih terbaik untuk membersihkan lantai granit adalah dengan memilih produk yang memiliki pH seimbang. Sedulur perlu memperhatikan kemasannya saat membeli.

Sebab, kebanyakan dari cairan pembersih lantai memiliki pH kurang atau lebih dari 7, yang bersifat korosif dan bisa merusak permukaan granit. Meski tidak merusak secara langsung, namun jika diaplikasikan secara berkelanjutan, permukaan lantai granit tentu akan terkikis.

3. Tentukan berdasarkan harga

Memiliki formula khusus, tak heran jika pembersih lantai granit memiliki harga yang cenderung mahal, terutama bila produk sudah dikenal. Meski begitu Sedulur tak perlu khawatir, karena Sedulur bisa mencari produk lain yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Biasanya produk yang lebih terjangkau memiliki kemasan jerigen, sehingga Sedulur bisa mendapat produk lebih banyak.

Jangan lupa juga untuk senantiasa menjaga kebersihan lantai granit Sedulur. Lakukan perawatan khusus karena lantai granit berbeda dengan jenis lantai lainnya. Aneka pembersih lantai granit di atas dibutuhkan untuk dapat membersihkan laintai granit.

Hidari juga meletakkan barang tajam di lantai granit Sedulur. Hal ini dikarenakan, barang dengan permukaan yang tajam dan kasar dapat menimbulkan goresan pada lantai keramik dan jika sudah muncul goresan, hal tersebut akan sulit dihilangkan dan membutuhkan bahan khusus untuk menghilangkannya. 

Artinya jika demikian, Sedulur akan membutuhkan biaya lebih hanya untuk menghilangkan goresan tersebut. Selain benda yang tajam dan kasar, Sedulur juga tidak disarankan ya untuk membersihkan dengan vacuum cleaner, sebab roda vacuum cleaner dapat menimbulkan goresan pada granit.

Nah itulah daftar rekomendasi produk cairan pembersih lantai granit yang bisa jadi rekomendasi untuk Sedulur gunakan. Jangan lupa perhatikan tips memilih pembersih lantai granit di atas agar Sedulur tidak salah beli cairan pembersih lantai, ya!