Cara mengatasi lantai lembab

Apakah Sedulur tahu bahwa kelembaban pada lantai dapat mengakibatkan ketidaknyamanan, dan lebih parahnya berpotensi menyebabkan masalah kesehatan. Namun jangan khawatir, terdapat cara mengatasi lantai lembab yang telah teruji dan terbukti efektif.

Menariknya, semua cara mengatasi lantai lembab yang membandel dapat dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu bantuan ahli. Bagi Sedulur yang penasaran, yuk mari langsung kita simak pembahasan cara-cara tersebut!

BACA JUGA: 5 Ciri Telur Busuk dan Cara Memilih Telur Paling Baik

1. Menggunakan nat yang kedap air

cara mengatasi lantai lembab
Dekoruma

Pertama, cara mengatasi lantai lembab jika lantai sedulur menggunakan keramik adalah menggunakan nat keramik. Nat keramik adalah bahan yang digunakan untuk mengisi celah antara ubin keramik pada lantai. 

Nat berfungsi untuk menutup rongga yang sengaja ditinggalkan antara ubin. Selain itu, nat juga dapat menunjukkan seberapa kuat keramik yang digunakan. Nat yang kuat akan membuat keramik menempel dengan kuat dan tidak mudah lepas.

Jika lantai lembab disebabkan oleh air yang merembes dari dinding dan terkena percikan air dapat digunakan nat. Nat bisa menjadi solusi untuk membuat keramik tahan air, dan nat yang digunakan akan membuat keramik tahan air. 

Masalah rembesan pada keramik mungkin terjadi karena usia nat yang sudah tua. Seiring berjalannya waktu, fungsi nat sebagai pengunci ubin keramik menurun dan menyebabkan terbentuknya celah-celah di antara ubin.  Meskipun celah tersebut kecil, dampaknya sama dengan celah yang lebih besar, yaitu memungkinkan air untuk merembes melalui nat. 

Nat yang sudah usang juga dapat mengurangi keindahan keramik itu sendiri. Selain itu, menggunakan nat yang kedap air juga merupakan pekerjaan yang sekaligus memperbaiki konstruksi lantai yang buruk sedulur.

2. Memperbaiki konstruksi lantai yang buruk

cara mengatasi lantai lembab
iStock

Kedua, cara mengatasi lantai lembab meski kondisinya masih bagus, kemungkinan besar terdapat masalah dengan konstruksi lantai. Masalah ini biasanya terjadi dan muncul pada bangunan lama dan jarang ditemukan di bangunan modern.

Salah satu cara mengatasi lantai lembab adalah dengan membongkar konstruksi yang buruk. Semua bagian lantai yang tidak nyaman harus diperbaiki agar kondisi lantai menjadi lebih baik.

Cara yang bisa dilakukan adalah dengan membongkar lantai hingga mencapai dasar fondasi. Setelah itu, tuangkan pasir tebal dan lapisi dengan plastik. Kemudian, berikan lapisan spesi yang kedap air dengan perbandingan 1 pc diberi 2 pasir tebal dengan ketebalan 3 cm. Jika ingin lebih hemat, bisa menimbun tanah terlebih dahulu sebelum menutupinya dengan pasir.

3. Membuat parit di sekeliling rumah

cara mengatasi lantai lembab
iStock

Salah satu cara mengatasi lantai lembab adalah dengan membuat parit di sekitar rumah. Hal ini perlu dilakukan karena kemungkinan air merembes melalui celah-celah ubin di sekitar rumah jika sekelilingnya berupa tanah terbuka. 

Masalah dapat terjadi jika tidak ada parit di sekitar rumah atau jika parit yang ada tidak cukup dalam sehingga air tergenang dan masuk ke dalam rumah.  Solusinya adalah dengan membuat parit yang cukup dalam agar air dapat mengalir dengan lancar dan mencegah rembesan air pada lantai.

4. Memeriksa kondisi pipa air

cara mengatasi lantai lembab
iStock

Ketika mengalami lantai lembab, salah satu faktor penyebab terakhirnya adalah kondisi pipa air di dalam rumah. Letaknya yang tersembunyi membuat sedulur kadang tidak menyadari bahwa pipa tersebut bisa menjadi penyebab air merembes.

Pipa yang sudah lama digunakan dan terkena tekanan besar dapat mengalami kerusakan dan menyebabkan kelembaban serta rembesan air. Memeriksa kondisi pipa tersebut dapat menjadi solusi jika mungkin terdapat kerusakan atau kebocoran. Jika ditemukan kerusakan, sebaiknya pipa tersebut diganti dengan yang baru.  Hal ini bisa menjadi salah satu cara mengatasi lantai lembab yang membandel.

5. Meninggikan permukaan lantai

iStock

Sedulur tinggal di daerah yang sering tergenang air saat musim hujan, salah satu cara mengatasi lantai lembab adalah dengan meninggikan permukaan lantai. Hal ini disebabkan oleh tingginya air tanah di sekitar lokasi rumah yang bisa merembes melalui rongga-rongga pada lantai.

Untuk mengatasinya, tinggikan lantai minimal 10 hingga 30 cm dengan menimbun lantai terlebih dahulu dengan tanah, kemudian pasir, dan tutup dengan plastik sebelum memberikan lapisan spesi kedap air. Dengan cara ini, rembesan air pada lantai dapat diminimalisir sehingga lantai tidak lembab.

6. Menambah ventilasi udara

iStock

Cara mengatasi lantai lembab selanjutnya adalah memperhatikan ventilasi di dalam rumah. Ventilasi yang cukup dapat membuat udara di dalam rumah menjadi lebih sejuk, lancar dan tidak lembab. 

Kualitas udara juga semakin baik dengan ventilasi yang banyak dan tertata rapi. Selain itu, salah satu cara mengatasi lantai lembab adalah dengan memasang atap transparan. Hal ini dapat memaksimalkan masuknya cahaya matahari ke dalam rumah sehingga membuat lantai menjadi lebih kering dan suhu ruangan lebih stabil.

7. Menggunakan perekat ubin anti air

iStock

Oleh karena itu, penggunaan perekat ubin anti air dapat menjadi alternatif yang baik untuk mengatasi lantai lembab. Perekat ubin anti air memiliki sifat tahan air yang bagus dan dapat mengurangi risiko kerusakan pada masa depan. Selain itu, perekat ubin anti air juga memiliki daya rekat yang kuat, sehingga lantai yang terpasang nantinya akan lebih kokoh dan awet.

8. Perbaiki peralatan yang bocor

iStock

Kelembaban pada lantai dapat terjadi akibat dari peralatan atau komponen elektronik yang diletakkan di atasnya. Contohnya jika sebuah sofa terlalu besar untuk ukuran ruangan, aliran udara dalam ruangan bisa terhambat. 

Selain itu, jika terdapat kebocoran pada akuarium, kerusakan pada dispenser, atau pipa AC yang bocor, maka permukaan lantai juga dapat menjadi basah. Sedulur harus menemukan sumber masalah dan memperbaikinya dengan benar.

BACA JUGA: 6 Cara Menghilangkan Noda di Celana Putih, Tanpa Bekas

9. Memastikan tidak terdapat genangan di sekitar rumah

iStock

Kelembaban pada lantai juga dapat disebabkan oleh rumah yang berbatasan langsung dengan tanah atau lahan terbuka. Tanah terbuka dengan banyaknya genangan air dapat menyebabkan lantai menjadi lembab. 

Sebagai contoh, jika rumah Sedulur berdekatan dengan kebun atau ladang, kemungkinan besar dapat terjadi rembesan. Jika dibiarkan terus-menerus, kondisi ini dapat memburuk terutama pada sudut-sudut atau bagian yang berlekuk yang dapat menyebabkan terjadinya genangan air. 

Harus diingat bahwa rembesan dapat semakin parah, sehingga perlu memastikan bahwa tidak ada genangan air di sekitar rumah.

Sembilan cara di atas adalah cara untuk mengatasi lantai lembab yang tidak akan gagal. Penting untuk segera memperbaiki masalah yang terkait dengan kenyamanan lantai sebelum menjadi masalah yang lebih besar. 

Selain meningkatkan estetika rumah, lantai yang nyaman juga dapat menjaga keamanan penghuni rumah dari kuman dan penyakit. Apakah Sedulur siap untuk memperbaiki lantai Sedulur? Semoga artikel di atas dapat membantu, ya!